Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Puisi Pendek Tentang Keluarga Kecilku

Lompo.info -Contoh Puisi Pendek - Siapa yang tidak pernah membaca atau menulis puisi? Pasti semua orang pernah membaca atau bahkan menulis puisi sendiri. Meskipun begitu, masih banyak orang yang kesulitan dalam membuat puisi sehingga bisa melihat berbagai contoh puisi dari berbagai sumber.


Contoh Puisi Pendek Tentang Keluarga Kecilku
Contoh Puisi Pendek Tentang Keluarga Kecilku



Tidak jarang membuat puisi bisa menjadi sarana untuk mengungkapkan perasaan saat senang, sedih, atau sedang kasmaran. Bahkan menulis puisi dapat menjadi kegiatan positif untuk mengisi waktu luas sekaligus mengasah kemampuan agar bisa mengikuti kompetisi.


Apa Itu Puisi?

Mungkin Anda sudah pernah membaca atau menulis puisi, namun pertanyaan apa itu puisi sering tersirat dalam benak. Puisi adalah serangkaian kata yang membentuk teks atau karangan sebagai bentuk ungkapan pikiran atau perasaan yang mengutamakan keindahan dari kata-kata tersebut.

Puisi sendiri termasuk sebuah karya sastra yang banyak orang gandrungi karena menggunakan bahasan yang indah serta imajinatif. Kata-kata yang tertulis merupakan ungkapan perasaan atau pikiran penyair yang tertulis menggunakan kata indah berbeda dengan bahasa sehari-hari.


Bagaimana Ciri dari Puisi?

Saat melihat beberapa contoh puisi dari buku atau website tentu sekilat semua puisi tersebut terlihat sama atau tidak memiliki perbedaan. Meskipun begitu, puisi pada umunya memiliki ciri-ciri sebagai berikut yang harus Anda perhatikan:.

1. Puisi yang baik harus menggunakan rangkaian kata yang indah dan imajinatif sehingga menyentuh pembaca.

2. Selain menggunakan bahasa atau kata yang indah, ciri-ciri puisi yang lain adalah terdiri dari baris dan bait.

3. Menggunakan diksi yang memperhatikan sajak serta rima.

4. Menggunakan majas yang memiliki makna kias.

5. Memiliki amanat yang bisa menjadi pelajaran bagi para pembaca nantinya.


Apa Saja Bentuk Puisi?

Rangkaian kata dalam puisi memang sangat indah bahkan lebih menyentuh dari bahasa yang Anda gunakan sehari-hari. Selain itu, puisi sendiri sebenarnya tersedia dalam beberapa bentuk sebagai berikut:

1. Puisi Lama

Anda bisa menemukan contoh puisi dalam bentuk lama, puisi lama masih terikat dengan aturan-aturan dalam penyusunan puisi. Aturan tersebut meliputi persajakan, jumlah kata dalam setiap larik, pengaturan larik, serta musikalitas.

2. Puisi Baru

Selain bentuk puisi lama, adapula bentuk puisi baru yang sudah tidak terikat dengan peraturan dalam menciptakan puisi. Sehingga pembuatan puisi menjadi lebih bebas tanpa harus memperhatikan persajakan ataupun larik dari puisi tersebut.


Jenis-jenis Puisi

Tidak hanya bentuk puisi saja yang beragam tetapi jenis puisi juga lebih beragam sehingga Anda harus mempelajarinya. Jenis-jenis puisi sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu puisi lirik, naratif, dan puisi deskriptif yang memiliki bentuk berbeda satu sama lain.

Dari ketiga jenis dari puisi tersebut tentu memiliki ciri dalam penulisan yang berbeda, bahkan makna dari puisi juga berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui dan mempelajari tentang puisi agar lebih mudah menciptakan karya sendiri.

Puisi Lirik

Meskipun sekilas semua puisi sama, namun puisi memiliki bentuk dan jenis yang terbagi menjadi berbagai macam. Selain bentuk yang terbagi dua, jenis dari puisi sendiri juga lebih beragam ketimbang bentuk puisi tersebut.

1. Serenada

Kata “Serenada" memiliki arti nyanyian, Serenada termasuk jenis sajak yang bisa menjadi nyanyian indah. Ada banyak contoh puisi Serenada, warna di belakang Serenada menjadi lambang dari sifat puisi cinta tersebut seperti sedih, senang, kecewa, dan lainnya.

2. Elegi

Selanjutnya adalah puisi elegi yang termasuk ke dalam jenis puisi lirik dan menjadi ungkapan duka dari penyair. Salah contoh puisi elegi adalah karya Asrul Sani yang berjudul “Elegi Jakarta" yang menunjukkan duka penyair terkait Kota Jakarta.

3. Ode

Ode juga termasuk jenis puisi lirik yang tidak kalah menarik dari Serenada dengan rangkaian kata-kata indah dalam puisi. Puisi ode ini berisi pujian yang tertuju untuk seseorang, suatu hal atau keadaan tertentu.

Puisi Naratif

Menurut jenisnya, puisi juga memiliki jenis lain yaitu puisi naratif yang berisi penjelasan serta cerita dari penyair. Puisi naratif ini terbagi menjadi dua macam, yaitu puisi romansa dan puisi balada yang sama indahnya.

1. Romansa

Untuk jenis puisi romansa menjadi ungkapan kisah percintaan yang tertuang dalam bahasa romantis yang indah serta menyentuh. Contoh puisi romansa sangat banyak sehingga lebih mudah Anda temukan baik dari buku atau website.

2. Balada

Tidak jauh lebih menarik dari puisi romansa adalah puisi balada yang menceritakan mengenai tokoh pujaan atau orang-orang perkasa. Meskipun sekilas terlihat berbeda, tetapi penggunaan bahasa dalam puisi balada tetap saja indah dan imajinatif.

Puisi Deskriptif

Jenis puisi lainnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis puisi deskriptif, puisi satu ini bertujuan untuk memberikan kesan pada suatu sesuai pandangan. Baik kesan terhadap benda, suasana, serta peristiwa atau keadaan yang terlihat oleh penyair.

1. Kritik Sosial

Jenis puisi deskriptif ini terbagi menjadi dua macam, salah satunya adalah puisi yang bertema kritik sosial atau ketidakpuasan. Penyair menuangkan perasaan tidak puas terhadap seseorang atau keadaan ke dalam rangkaian kata puisi.

2. Satire

Contoh puisi berdasarkan bentuk dan jenisnya sangat beragam sehingga tidak sulit untuk membuatnya sendiri. Jenia deskriptif yang lain adalah puisi satire, ungkapan tidak puas dalam puisi dengan cara menyindir atau mengatakan keadaan yang sebaliknya.


Unsur Pembangun dalam Puisi

Mungkin beberapa orang menganggap menulis dan membaca puisi adalah hal yang mudah sehingga siapa saja bisa melakukan hal tersebut. Tentu saja salah, terdapat beberapa unsur pembangun puisi agar kesan dari puisi tersebut sampai kepada pembaca.

1. Unsur Fisik

Unsur yang pertama adalah unsur fisik, pembaca tentu akan lebih mudah mengenali unsur ini secara langsung. Untuk unsur fisik ini terdiri dari empat macam, yaitu majas, irama, kata berlambang, dan kata konotasi.

Biasanya unsur fisik ini menggunakan majas untuk menciptakan kesan, irama untuk memberikan jiwa dalam sebuah puisi. Selain itu, dari contoh puisi tentu anda akan melihat penggunaan kata konotasi dan kata berlambang yang memiliki fungsi masing-masing.

2. Unsur Batin

Selain unsur fisik, terdapat pula unsur batin dalam sebuah puisi yang tersembunyi di balik unsur fisik. Untuk mengetahui atau mengenali unsur ini, Anda perlu memahami terlebih dahulu isi dari masing-masing puisi.

Unsur batin puisi terbagi menjadi 4 bagian, tema yang mengungkapkan pokok persoalan, perasaan penyair, amanat atau pesan yang penyair sampaikan. Selain itu, terdapat pula penggunaan nada sebagai ungkapan sikap dan suasana sebagai gambaran keadaan jiwa pembaca.


Contoh Puisi Pendek Berjudul Keluarga Kecilku

Keluarga kecilku..

Ada tawa dan kehangatan di balik duka

Ada harapan di dalam impianku

Tak mampu aku rangkai kata-kata

Tuk tunjukkan bahagianya hatiku

Berdiri mendampingi setiap langkah dengan cinta

Terima kasih atas semua berkat kehadiranmu

Terima kasih keluarga kecilku.. 


Demikian pengertian dan berbagai hal yang berkaitan dengan puisi termasuk contoh puisi pendek yang menyentuh hati. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung dan kesulitan lagi untuk merangkai kata-kata indah nan menyentuh menjadi sebuah puisi.