Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Lompo.info - Contoh Proposal Penelitian -  Pada umumnya, setiap proposal memiliki spesifikasi dari tujuan pembuatannya masing-masing. Karena, seperti yang umum pahami, bahwa proposal tersebut terdiri dari berbagai jenis. Oleh karena itu, Anda yang sedang meneliti suatu hal, tentu akan sangat membutuhkan contoh proposal penelitian.


Contoh Proposal Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif
Contoh Proposal Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif 



Anda dapat membuat proposal berdasarkan tujuannya yaitu sebagai penjabaran dari penelitian yang akan terlaksana. Untuk itu, Anda wajib memerhatikan struktur proposal yang baik, serta membuat isinya sesuai dengan tujuan pembuatannya.


Pengertian Proposal dan Tips Membuatnya

Secara umum, proposal dapat berarti sebagai dokumen usulan dari sebuah proyek penelitian. Dalam hal ini, proposal layaknya sebuah rencana kerja yang bersifat formal serta penjabaran dalam bentuk rancangan jelas.

Sedangkan secara khusus, proposal dapat juga memiliki arti sesuai dengan penggunaannya. Misalnya saja, dokumen rancangan ataupun usulan yang akan berguna untuk sebuah rencana penelitian dan lain sebagainya.

Biasanya proposal penelitian oleh para mahasiswa ataupun peneliti buat untuk tujuan penelitian. Namun, pembuatan proposal itu sendiri wajib sesuai standar, seperti bahasa, kutipan, hingga tanda bacanya harus Anda perhatikan dengan baik.

Jika proposal yang Anda buat nantinya tidak sesuai dengan standar, baik dari segi bahasa, kutipan, hingga tanda bacanya, maka nilainya bisa saja tidak seperti harapan. Untuk itu, Anda harus membaca contoh proposal penelitian dengan teliti sebelum mulai membuatnya.  


Struktur Penulisan Proposal

Sebelum membuat proposal penelitian itu sendiri, wajib bagi Anda untuk memerhatikan struktur penulisan yang harus terpenuhi. Struktur penulisan tersebut terdiri dari beberapa susunan, yaitu:

Judul proposal yang akan Anda buat

Pendahuluan yang berisi tentang tujuan atau latar belakang, serta rumusan masalah penelitian

Teori-teori

Metode penelitian yang Anda pakai

Jadwal melaksanakan penelitian

Data pribadi dari peneliti ataupun pembuat proposal yang terlibat

Daftar kegiatan secara rinci


Tips Membuat Proposal yang Baik dan Benar

Simak beberapa tips di bawah ini yang dapat membuat tulisan Anda sesuai dengan contoh proposal penelitian yang baik dan benar.

1. Tentukan Cakupan Penelitian

Sesuai contoh proposal penelitian, sebelumnya harus membuat cakupan penelitian yang hendak Anda lakukan. Anda dapat memulainya dengan menemukan topik-topik yang menarik sebanyak-banyaknya.

Dari data tersebut dapat memilih salah satu topik menarik dan pastikan sudah sesuai dengan ilmu yang Anda kuasai. Pilih topik yang paling menarik menurut Anda, hal ini bertujuan untuk menjaga semangat selama proses pembuatan proposal tersebut.

Setelah memilih salah satu topik, Anda dapat melanjutkannya dengan menentukan cakupan penelitian. Dengan demikian, Anda juga sudah dapat membuat rumusan masalah dalam penelitian hingga menjadi lebih spesifik.

2. Rumusan Tujuan dan Masalah dalam Penelitian

Tips selanjutnya sesuai dengan contoh proposal penelitian yang benar adalah membuat rumusan tujuan dan masalah. Anda dapat memulainya dengan membuat rumusan masalah terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat melanjutkannya dengan tujuan penelitian.

Namun, tidak masalah juga apabila Anda ingin memulainya dengan urutan yang berbeda. Misalnya saja memulainya dengan membuat tujuan penelitian, kemudian melanjutkan dengan rumusan masalah.

Karena antara rumusan masalah dan tujuan penelitian tersebut materinya saling berhubungan. Karena itu, dapat Anda lakukan dengan teknik penyusunan proposal yang paling mudah.

Dengan rumusan masalah tersebut Anda dapat menentukan tujuan penelitian dan begitupun sebaliknya. Kemudian Anda dapat membuatnya lebih spesifik lagi agar makin mudah menjalankan penelitian ke depannya.

3. Menentukan Kajian Literatur

Kajian literatur penting untuk menentukan karena akan Anda butuhkan dalam proses penelitian tersebut. Karena itu, Anda perlu menemukan literatur yang sesuai dengan topik sehingga bisa menjadi referensi. Hal ini sudah sesuai dengan contoh proposal penelitian yang benar.

Perlu Anda ketahui, proses menemukan literatur tersebut bisa saja membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan semua hasil yang Anda temukan nantinya wajib tercantum di dalam proposal penelitian.

Data tersebut ada dengan tujuan untuk membuat pembaca proposal dapat memahami jenis penelitian yang Anda lakukan.

4. Menentukan Metode Penelitian

Pada umumnya tersedia beragam metode penelitian yang dapat Anda pilih. Untuk itu, Anda dapat menentukan sendiri metode yang akan running. Ada baiknya Anda memilih metode yang paling sesuai untuk penelitian yang efisien.

Topik pilihan Anda sebelumnya akan menentukan metode penelitian yang pas Anda gunakan. Karena, metode yang sama belum tentu cocok untuk topik penelitian yang berbeda. Setelah menentukan metodenya, Anda dapat menuangkan dalam isi proposal penelitian.

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan konsultasi dengan pembimbing apabila bingung untuk menentukan sendiri. Tujuannya agar Anda dapat mengetahui jenis-jenis metode yang telah ada atau hasil rekomendasi banyak orang serta cara memilihnya.

5. Menulis Proposal yang Informatif dan Singkat

Dari contoh proposal penelitian dapat Anda simpulkan bahwa penulisannya wajib singkat, padat dan jelas. Walaupun demikian, proposal tersebut harus informatif dan menggunakan bahasa yang formal.

Jika Anda menyimak contoh dengan teliti, bentuk proposal itu sendiri meyerupai makalah. Karena itu proposal penelitian dapat digolongkan sebagai karya tulis ilmiah.Harapannya proposal yang Anda buat dapat menjelaskan penelitian secara singkat dan informatif.

6. Membuat Proposal Sesuai dengan Format

Untuk beberapa keperluan, format pembuatan proposal penelitian sudah ditentukan. Misalnya saja proposal penelitian untuk skripsi dan lain sebagainya. Karena itu, Anda perlu mengikuti format yang ada sesuai dengan tujuan proposal penelitian yang Anda buat.

Hal ini sangat penting untuk memerhatikan, karena apabila penulisan tidak sesuai dengan format hanya akan menyebabkan proposal tersebut tertolak. Untuk itu, penting bagi Anda mengikuti format penulisan sesuai dengan contoh proposal penelitian yang ada.

7. Perhatikan Penulisan Proposal

Setelah memenuhi semua hal di atas yang sesuai dengan contoh, namun semua itu belum cukup. Anda wajib memeriksa kembali penulisan proposal secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk membuat proposal tersebut makin sempurna.

Perhatikan setiap kata dan perbaiki kesalahan dalam penulisan yang Anda temukan. Hal ini tentunya akan memudahkan pembaca memahami isi proposal penelitian yang Anda susun. Serta secara otomatis Anda termasuk orang yang teliti dalam hal kepenulisan.

Pada intinya, penulisan proposal yang baik dan benar merupakan tulisan dengan rumusan kegiatan jelas, menjelaskan pihak pembuat proposal itu sendiri, tujuan penulisannya jelas, serta tulis dengan bahasa baku yang sistematis sehingga mudah paham.

Lain daripada itu, proposal penelitian yang benar struktur penulisannya harus jelas. Serta hal yang sangat penting adalah isi dari proposal penelitian harus dapat tervalidasi atau pertanggungjawabannya jelas oleh pihak pembuat itu sendiri. 


Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

  •  Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif Tentang Pemilihan Umum Silahkan Klik Di Sini.

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

  • contoh proposal penelitian kualitatif Silahkan Klik Disini


Kesimpulan

Setelah mengetahui contoh proposal yang baik dan benar, Anda sudah dapat membuatnya dan memerhatikan tips di atas. Dengan demikian, proposal Anda bisa sesuai dengan standar penulisan yang benar.

Jika masih bingung, Anda dapat mencari referensi proposal penelitian dari berbagai sumber yang biasanya tersedia di perpustakaan atau Anda dapat menemukannya secara online agar lebih praktis dan tidak butuh waktu lama.

Ada banyak contoh proposal penelitian yang dapat Anda jadikan referensi serta mudah dipahami. Anda hanya perlu mencarinya berdasarkan tujuan penulisan proposal sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan. Selamat mencoba!