Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Singkat Yang Benar

Lompo.info -  Contoh proposal kegiatan adalah dokumen yang diajukan penyelenggara untuk menjadi acuan kegiatan. Proposal berisi rencana kegiatan berupa gambaran waktu, tempat, peserta, panitia, hingga rencana anggaran pada kegiatan yang akan diadakan.


Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Singkat Yang Benar
Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Singkat Yang Benar



Membuat proposal harus jauh-jauh hari sebelum kegiatan terlaksana. Ini bertujuan agar bisa mendapat izin lebih cepat dan mendapat dukungan sponsor. Membuatnya juga harus mengikuti kaidah ilmiah dalam karya tulis yang benar.


Ciri Proposal Kegiatan Secara Umum

Salah satu ciri contoh proposal kegiatan adalah memiliki bahasa yang tertata rapi dan mudah Anda pahami. Secara garis besar ciri proposal kegiatan seperti berikut:

1. Memiliki latar belakang kegiatan, maksud dan tujuan dari kegiatan

2. Terperinci dan sistematis menjelaskan kegiatan

3. Mencantumkan penanggung jawab dengan jelas, apakah perorangan atau kelompok

4. Menyebutkan pihak yang menjadi tujuan apakah sponsor atau mitra kegiatan

5. Menyusun proposal jauh hari, misalnya sebulan sebelum kegiatan agar pihak sponsor memiliki waktu untuk memperimbangkan

6. Menyebutkan tujuan proposal secara spesifik dan merupakan pemberitahuan awal kegiatan

7. Menggunakan bahasa persuasif untuk meyakinkan pihak yang akan berpartisipasi dalam kegiatan

8. Umumnya, proposal memiliki sifat bisnis guna menjalin kerjasama



Struktur Proposal Kegiatan Yang Baik Dan Benar

Selain ciri proposal, struktur dalam contoh proposal kegiatan hal penting untuk menunjang layak tidaknya sebuah proposal. Struktur proposal merupakan tubuh dari proposal itu sendiri. Berikut adalah struktur proposal yang benar dan menarik.

1. Sampul Proposal

Bagian pertama yang terlihat dari proposal adalah sampul. Bagian ini pada contoh proposal kegiatan judul kegiatan, logo, dan nama yang menyelenggarakan kegiatan.

Menuliskan judul dan mencantumkan nama harus memperhatikan sistematika dan estetika agar menarik dan jelas agar pihak sponsor tertarik. Selain memilih warna sampul, meletakkan huruf dan ukuran yang proporsional merupakan hal penting di bagian ini.

2. Pendahuluan

Di bagian ini terdapat dua hal penting, yaitu latar belakang dan tujuan umum dari kegiatan yang akan terlaksana.

3. Latar Belakang Kegiatan

Dalam sebuah contoh proposal kegiatan yang benar, Anda harus menyebutkan alasan dan hal-hal yang melatarbelakangi kegiatan tersebut. Secara umum menggambarkan kondisi terkini dan tujuan umum dari kegiatan hingga mengerucut sesuai tema.

4. Tujuan Kegiatan

Anda harus menuliskan dengan jelas apa yang menjadi tujuan kegiatan. Hindari kata-kata bias atau analogi-analogi, tetapi memuat tujuan yang menjadi goals dari kegiatan itu. Mengharapkan keterlibatan pihak sponsor dalam kegiatan, bisa menekankan pada bagian ini.

5. Isi Proposal

Isi proposal adalah bagian yang sangat penting, karena di bagian inilah sponsor mengetahui perannya. Anda sebagai penyelenggara juga menentukan kegiatan yang akan ada pada bagian isi.

Bagian isi dalam contoh proposal kegiatan adalah bagian yang memuat segala hal yang terkait kegiatan, seperti:

Tema Kegiatan, untuk mengetahui jenis kegiatan yang akan ada

Macam-Macam Kegiatan, dalam kegiatan nanti acara apa saja yang akan peserta ikuti. Misalnya menginap, games, diskusi, dan lain-lain

Peserta, memuat nama-nama peserta dan secara langsung memuat jumlah yang mengikuti kegiatan

Peralatan yang harus ada, merupakan peralatan yang seharusnya ada untuk mendukung kegiatan pada setiap sesi dalam acara. Misalnya spanduk, transportasi, sound system, tenda, dan lain-lain.

Waktu dan Tempat Kegiatan, merupakan hal sangat vital dalam proposal. Pada bagian ini Anda harus menyebutkan apakah ini agenda tahunan, bulanan, atau lainnya. Menyebutkan dengan jelas tempat kegiatan akan berlangsung, agar semua pihak yang terlibat menyiapkan diri lebih maksimal.

Susunan Acara dan Penanggung Jawab, bagian yang menggambarkan tahap demi tahap kegiatan akan berlangsung, termasuk pembagian waktu. Setiap acara akan melakukan apa, durasi, dan siapa saja yang mengambil bagian akan tergambar dengan jelas.

Kepanitiaan, merupakan pihak yang menjadi sumber informasi untuk setiap acara dalam kegiatan.

Anggaran. Anda harus menyebutkan secara terperinci besaran dana yang harus ada dan keperluannya untuk apa. Hal ini perlu agar setiap penanggungjawab bisa menghitung keperluannya. Demikian juga dengan pihak donatur atau sponsor bisa mengetahui dan memperkirakan kesanggupannya. 

6. Penutup Proposal

Membuat penutup dalam contoh proposal kegiatan adalah ciri proposal yang benar dan baik. Pada bagian ini, Anda bisa menyebutkan keinginan dan harapan untuk mendapat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. 

Bagian penutup merupakan hal menentukan ketika Anda mengajukan proposal ke pihak lain. 



Contoh Proposal Kegiatan Di Sekolah, Perkemahan Akhir Tahun

Jika Anda akan melaksanakan perkemahan akhir tahun dan membuat proposal berikut contohnya. Contoh proposal kegiatan adalah proposal kegiatan sekolah yang berguna untuk menyusun rencana perkemahan akhir tahun. 

Sebenarnya ada beberapa kegiatan di sekolah yang biasa memakai proposal, seperti acara tutup tahun ajaran sekolah, perkemahan akhir tahun, widyawisata, dan lain-lain.

Berikut contoh proposal perkemahan akhir tahun, dengan susunan yang secara umum dan isinya, seperti berikut:

1. Latar Belakang

Dalam bagian ini sebutkan apa yang menjadi latar belakang acara ini diadakan. Latar belakang sering terkait dengan alasan diadakannya sebuah kegiatan. 

Perkemahan akhir tahun akan ada sebagai bagian dari program gerakan pramuka dan mendekatkan murid ke alam. Kegiatan ini juga untuk mengembangkan minat dan bakat murid serta menjalin keakraban.

2. Tujuan Kegiatan

Sebagai ajang memupuk nilai-nilai Pancasila dan disiplin peserta

Mengembangkan minat dan bakat peserta

Meningkatkan kepedulian pada alam dan berlatih menjaga lingkungan

Menjaga dan meningkatkan persatuan dan keakraban peserta

3. Dasar Pelaksanaan Kegiatan

Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

4. Nama Kegiatan

“Perkemahan Akhir Tahun (sebutkan nama sekolah)”

5. Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Cantumkan kapan waktu melaksanakan kegiatan ini, mulai dari hari, tanggal, bulan tahun, dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan.

6. Peserta Kegiatan

Kegiatan perkemahan akhir tahun (sebutkan nama sekolah) dengan peserta seluruh siswa kelas akhir (sebutkan berapa orang), pendamping dan pembina (sebutkan berapa orang), dan panitia (sebutkan berapa orang).

7. Kepanitiaan

Panitia kegiatan adalah siapa yang mengorganisir kegiatan dan penanggung jawab. Misalnya Gerakan Pramuka (sebutkan namanya) dan penanggung jawab di atasnya.

8. Susunan Acara Kegiatan

Susunan acara terdiri dari rincian waktu, jenis kegiatan, penanggungjawab, dan lokasi. Bagian ini tidak menjadi satu dalam lembar proposal, tetapi terlampirkan di halaman tersendiri.

9. Rencana Anggaran Kegiatan

Sebutkan rincian kebutuhan dan memerlukan dana berapa. Sebutkan juga sumber dana tersebut. Seperti menyewa tenda berapa, apakah dari sponsor atau mandiri atau sudah ada dari pemilik bumi perkemahan. Bagian ini juga ada dalam lembaran terpisah, seperti susunan acara.

10. Penutup

Demikian proposal ini dibuat dengan harapan dapat mewujudkan tujuannya dan dapat berjalan dengan lancar. Mengharapkan dukungan dari berbagai pihak demi kelancaran kegiatan.

(Tempat membuat proposal), tanggal dan bulan serta tahun

Ketua Sekretaris


Mengetahui,

Ketua Osis

Penutup 

Demikian contoh proposal kegiatan sekolah yang dapat Anda jadikan acuan. Jika Anda merencanakan membuat  kegiatan acara akhir tahun, maka contoh proposal di atas dapat menunjang kelancaran pekerjaan Anda.