Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Pendidikan Dan Lingkungan

Lompo.info -  Contoh pidato persuasif bisa menjadi pilihan inspirasi Anda untuk membuat karya tulis dengan nuansa orasi. Pidato memiliki fungsi untuk mempermudah komunikasi antara pembicara dengan pendengarnya.


Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Pendidikan Dan Lingkungan
Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Pendidikan Dan Lingkungan



Melalui pidato, Anda bisa menyampaikan gagasan, ide dan konsep yang dimiliki kepada pendengar. Sehingga terjadi interaksi yang berkesinambungan. Nah, agar Anda tidak bingung cara membuatnya, bisa menyimak beberapa contoh pidato persuasif di dalam artikel ini.

Mengenal Apa Itu Pidato Persuasif

Sebelum membahas contoh pidato persuasif, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa sebenarnya pidato persuasif itu. Pidato sendiri memiliki banyak jenis, salah satunya yaitu pidato persuasif.

Sesuai dengan namanya, pidato persuasif berisi kalimat-kalimat yang membangkitkan emosi dan semangat pendengarnya, atau persetujuan dari pendengar kepada yang menyampaikan. Oleh karena itu, membutuhkan kemampuan dalam merangkai kalimat di dalam pidato persuasif.

Pidato persuasif berisikan himbauan atau ajakan, larangan serta saran kepada masyarakat untuk melakukan suatu kegiatan. Selain itu, pidato persuasif juga biasanya menjadi sebagai cara menggerakkan masyarakat untuk berbuat lebih kreatif demi sebuah kegiatan perubahan yang lebih baik.


Pengertian dan Struktur Pidato Persuasif

Pidato persuasif adalah presentasi yang isinya berupa ajakan kepada audiens target untuk melakukan sesuatu. Ketika seorang pembicara menyampaikan pidato pembicara harus menginspirasi audiens untuk memahami dan menerapkan ide-ide yang terkandung dalam pidatonya seringkali sebagai alat untuk menggerakkan masyarakat untuk bertindak atas isu-isu tertentu. Tetapi sering dikatakan bahwa apa yang dilakukan orang itu buruk jadi berhati-hatilah saat melakukannya.


Struktur dari Pidato Persuasif

Padahal seperti bentuk pidato lainnya pidato persuasif memiliki struktur yang diawali dan diakhiri dengan pernyataan pengantar. Bedanya pidato persuasif banyak yang menggunakan bahasa ajakan atau himbauan.


1. Bagian Pembukaan Pidato

Pengantar pidato diisi dengan salam awal diikuti dengan salam hormat kepada para tamu undangan. Kemudian isi pembukaan dengan mengungkapkan rasa syukur atas kelancaran acara. Biasanya pada bagian pembuka pembicara memberikan pendahuluan atau pengantar singkat tentang topik yang akan disampaikan.


2. Bagian Isi Pidato

Isi pidato persuasif harus mencakup ide alasan dan informasi atau fakta penting dan relevan. Efektif menggerakkan hati pendengar sehingga pendengar memiliki alasan yang kuat untuk mengikuti ketika ajakan atau himbauan dibuat. Data yang diberikan harus relevan dan dalam format data yang kuat. Jangan menggunakan data palsu untuk membenarkan segala cara membujuk orang lain untuk melakukan sesuatu.


3. Bagian Penutup Pidato

Bagian penutup merupakan bagian terpenting dari sebuah pidato persuasif atau persuasif. Karena pada bagian ini pembicara harus memberikan kesimpulan dan menegaskan ajakan yang ingin disampaikannya kepada audiens. Pada bagian penutup sebaiknya diakhiri dengan salam penutup mohon maaf atas segala kesalahan yang dilakukan dalam proses presentasi. .



Contoh Pidato Persuasif

Daripada bingung bagaimana cara membuat pidato persuasif, Anda bisa menyimak contoh pidato persuasif singkat di bawah ini. Berikut ini  contohnya berdasarkan beberapa tema:


1. Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Kebersihan Sungai

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati Bapak dan Ibu tamu undangan serta para hadirin.

Kehidupan masyarakat Jakarta khususnya di wilayah sungai Ciliwung sangat lekat dengan budaya sungai, sebagaimana yang terlihat pada pemukiman warga yang berada di pinggiran sungai.

Permukiman tradisional masyarakat Jakarta bisa temui di daerah yang aliran sungai besar maupun kecil. Pada permukiman di tepian sungai, berguna sebagai tempat mandi, cuci, MCK serta sebagai tempat menambatkan jukung.

Masyarakat yang tinggal di daerah tepian sungai, tidak hanya sebagai tempat mobilisasi manusia, melainkan juga tempat mandi, air minum dan lain-lain. Itulah mengapa, sungai harus selalu bersih, dengan cara tidak membuang sampah ke sungai dan tidak membuat MCK di pinggiran sungai yang bisa menjadi salah satu penyebab tercemarnya air sungai.

Pencemaran bukan hanya bakteri koli, berbagai limbah yang secara langsung maupun tidak langsung bisa membahayakan kesehatan masyarakat. Karena pemenuhan kebutuhan rumah tangga seperti minum bersumber dari air sungai.

Harapannya bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk membuat kamar mandi permanen. Agar tinja sebagai biang bakteri koli tidak merembes ke sungai. Berharap pula agar tidak membuang sampah di sepanjang aliran sungai.

Marilah bersama-sama kita menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, khususnya menjaga kebersihan sungai dengan tidak membiasakan buang sampah dan tidak buang air besar di sungai. 

Sekian dari saya. Terima kasih atas perhatiannya

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


2. Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Kesehatan Lingkungan Sekolah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Ibu Kepala SMA Kebangsaan Medan

Yang saya hormati Bapak Ibu guru serta staf SMA Kebangsaan Medan, dan yang saya sayangi teman-teman sekalian.

Pertama-tama marilah kita haturkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada pagi hari ini dalam memperingati Hari Lingkungan.

Kebersihan lingkungan adalah hal yang sangat penting untuk menjadi prioritas guna menjaga kesehatan diri sendiri serta lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan mencegah tersebarnya penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Lingkungan juga merupakan salah satu faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Guru serta siswa dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif, karena mendapat dukungan dari lingkungan yang nyaman.

Oleh karena itu, sebagai warga sekolah, marilah kita menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya. Selain itu juga tidak meninggalkan barang-barang di dalam laci, karena bisa menjadi sarang nyamuk.

Menjaga kebersihan lingkungan menjadi hal yang sangat penting, demi terciptanya lingkungan yang sehat dan nyaman.

Sekian pidato dari saya, semoga kita semua bisa menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terima kasih atas perhatiannya, apabila ada salah kata atau hal-hal yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


3. Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

Pada pagi yang cerah ini, marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul bersama di sekolah yang kita cintai ini.

Yang terhormat, Ibu Kepala Sekolah SMA Budi Murni Medan.

Yang saya hormati Bapak Ibu guru beserta staf SMA Budi Murni Medan, dan yang saya sayangi seluruh teman-teman sekalian.

Sebagai pelajar, sudah selayaknya kita semua mencintai ilmu pengetahuan yang sebagian besar tertuang di dalam buku-buku. Buku adalah jendela ilmu, karena melalui buku kita bisa meraup banyak ilmu, pengetahuan dan wawasan.

Jadilah generasi yang gemar membaca, karena membaca akan mendatangkan banyak manfaat seperti meningkatkan wawasan, kemampuan berpikir dan menambah peluang untuk sukses di masa depan. Membaca juga dapat menambah konsentrasi, daya ingat serta melatih kecerdasan memori kita. 

Semua tokoh besar nasional maupun dunia sudah pasti gemar membaca. Contohnya Bapak BJ Habibie yang memiliki koleksi 5.000 buku di perpustakaan pribadinya. Masih banyak tokoh lainnya yang gemar membaca dan patut untuk kita jadikan teladan.

Teman-teman, sejak saat ini marilah kita mulai membaca buku dan meninggalkan kegiatan yang menghabiskan waktu luang seperti bermain game atau bersenda gurau belaka. Semoga dengan gemar membaca buku, kita menjadi manusia yang lebih bermanfaat.

Sekian pidato singkat ini saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada salah kata atau hal-hal yang kurang berkenan.

Terima kasih,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


4. Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba

Pembukaan: Selamat pagi/siang/malam semuanya disini. Semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari hal-hal buruk yang merugikan kehidupan kita dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Saat ini banyak hal buruk yang menyebar di lingkungan kita terutama di kalangan anak muda. 

Salah satu masalah terbesar yang perlu kita hindari adalah terkait narkoba. Penyebarannya semakin meluas terutama di lingkungan pergaulan anak muda yang menjadi sasaran utama mereka. 

Isi: Kecanduan narkoba adalah masalah serius yang memerlukan tindakan tegas untuk menyingkirkan dan melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda dari zat ilegal ini. Karena jika sudah terpengaruh oleh narkoba menjadi sangat sulit bagi kita untuk keluar dari lingkaran setan ini Narkoba dalam narkoba tidak hanya membuat penggunanya ketagihan dan berhenti menggunakannya. 

Zat-zat berbahaya tersebut juga merusak sistem saraf dan membahayakan tubuh tanpa sepengetahuan kita.Selain itu tidak jarang kita menghadapi kejahatan atau kasus semacam itu karena hal yang satu ini. Katakanlah pencurian atau perampokan oleh orang yang kecanduan narkoba dan butuh uang secepatnya. 

Zat ilegal mengharuskan kita untuk berhati-hati dan menjaga diri kita sendiri dan orang yang kita cintai. Mari kita lakukan apa yang kita bisa untuk saling melindungi dan menjauhkan narkoba dari lingkungan kita. Yang ingin saya sampaikan kurang lebih saya mohon maaf dan semoga kita selalu aman dari segala hal yang berbahaya seperti narkoba.

Kesimpulan

Itulah 3 contoh pidato persuasif singkat yang bisa menjadi pilihan inspirasi untuk Anda. Mungkin bagi sebagian orang, pidato merupakan hal yang mudah dilakukan. Namun, tidak bagi sebagian lainnya yang menganggap pidato sebagai hal yang menakutkan.

Agar Anda siap untuk pidato dan tidak grogi di hadapan orang banyak, sebaiknya melakukan persiapan, seperti membuat teks naskahnya terlebih dahulu. Agar Anda bisa dengan leluasa menyampaikan hal-hal yang ingin disampaikan di khalayak ramai.

Nah, Anda bisa mempelajari 3 contoh pidato persuasif di atas sebelum tampil. Selain itu, Anda juga harus percaya diri menyampaikan apa yang ingin Anda sampaikan kepada khalayak ramai.

Demikianlah pemaparan contoh pidato persuasif singkat untuk Anda. Saat akan membuat pidato persuasif, pastikan Anda merangkai kalimatnya dengan menarik dan mampu mengajak masyarakat untuk melakukan hal yang lebih baik.


BACA JUGA :

 

 contoh pidato persuasif adalah
contoh pidato persuasif anti kekerasan anti tawuran
contoh pidato persuasif agama
contoh pidato persuasif anti tawuran
contoh pidato persuasif anti narkoba
teks pidato persuasif adalah
teks pidato persuasif anti kekerasan anti tawuran
contoh pidato persuasif tentang aturan sekolah tertentu yang perlu dikritisi
contoh pidato persuasif tentang antikekerasan dan antitawuran
contoh pidato persuasif tentang anti kekerasan anti tawuran singkat
contoh pidato persuasif beserta strukturnya
contoh pidato persuasif bahasa indonesia
contoh pidato persuasif bahaya merokok
contoh pidato persuasif bahaya narkoba
contoh pidato persuasif bullying
contoh pidato persuasif bertema pendidikan
contoh pidato persuasif bahasa inggris
contoh pidato persuasif berdasarkan strukturnya
contoh pidato persuasif bertema lingkungan
contoh pidato persuasif bahasa jawa
contoh pidato persuasif cinta tanah air
contoh pidato persuasif covid 19
contoh pidato persuasif tentang covid 19 beserta strukturnya
contoh pidato persuasif beserta ciri kebahasaan
contoh pidato persuasif dengan cara logika
teks pidato persuasif memiliki ciri-ciri sebagai berikut kecuali
teks pidato persuasif memiliki ciri-ciri sebagai berikut
contoh pidato persuasif singkat tentang covid 19
naskah pidato persuasif tentang covid 19
contoh contoh pidato persuasif
contoh pidato persuasif dan strukturnya
contoh pidato persuasif dengan tema pendidikan
contoh pidato persuasif di sekolah
contoh pidato persuasif dengan tema jangan buang sampah sembarangan
contoh pidato persuasif dengan tema pendidikan di era milenial
contoh pidato persuasif dengan tema kebersihan lingkungan sekolah
contoh pidato persuasif dalam bahasa inggris
contoh pidato persuasif dari tokoh terkenal
contoh pidato persuasif dengan tema pendidikan karakter
contoh pidato persuasif emosi
contoh pidato persuasif etika
contoh pidato persuasif etika emosi logika
contoh pidato persuasif tentang ekonomi
contoh pidato persuasif beserta etika emosi logika
contoh soal pidato persuasif essay kelas 9
contoh pidato persuasif dengan metode ekstemporan
contoh pidato persuasif tentang hemat energi
contoh kata emotif dalam pidato persuasif
contoh kalimat etika dalam pidato persuasif
contoh pidato persuasif globalisasi