Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Iklan Produk Yang Mampu Menarik Perhatian

Lompo.info - Contoh Iklan - Seluruh masyarakat tentu sudah mengenal tentang sebagai media untuk mempromosikan baik barang atau jasa tertentu. Bahkan ada banyak contoh iklan yang menarik dan kreatif sehingga mampu mencuri perhatian masyarakat luas.

Meskipun begitu, masih jarang orang yang paham tentang iklan secara keseluruhan hingga jenis-jenisnya yang berbeda. Dengan mengetahui berbagai jenis iklan yang beredar di masyarakat tentu lebih mudah untuk membedakan sekaligus membuatnya sendiri ketika memerlukan.

Pengertian Iklan

Iklan bukanlah hal yang asing bagi sebagian besar masyarakat, namun sebagian masyarakat hanya mengetahui bahwa yang terlihat atau terdengar. Lantas, apa itu iklan? Tentu masih banyak orang yang tidak paham terkait pengertian dari iklan.

Iklan adalah sebuah pesan yang tertulis maupun secara lisan dengan tujuan untuk mendorong para audiens agar tertarik. Dalam hal ini mendorong audiens agar tertarik untuk membeli produk atau jasa yang termuat dalam pesan tersebut.

Penyampaian iklan biasanya melalui sebuah media seperti media massa atau Koran, radio, atau bisa juga melalui televisi. Sehingga akan lebih mudah untuk Anda mendapatkan contoh iklan yang kreatif dan menarik untuk mempromosikan barang atau jasa.

Jenis Iklan Berdasarkan Media

Banyak iklan yang mungkin Anda sudah lihat dan dengar setiap hari, baik mempromosikan barang atau jasa dengan berbagai jenis. Bahkan beragam iklan saat ini lebih menarik dan kreatif seiring perkembangan teknologi yang menjadi lebih modern.

Akan tetapi, masih jarang orang yang paham jenis dari iklan tersebut sehingga tidak bisa membedakan atau lebih menganggap semua iklan sama. Pasalnya, jenis iklan berbagai macam baik dari segi media, fungsi, maupun tujuan penyampaiannya ke masyarakat.

1. Media Cetak

Jenis yang pertama adalah jenis berdasarkan media, yaitu media cetak yang popular sejak dulu di kalangan masyarakat. Untuk iklan media cetak ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu iklan kolom, iklan baris, dan iklan tampilan yang memiliki ketentuan masing-masing.

Selain itu, cara pembuatan dan pemasangan dari iklan media cetak ini dengan cara dicetak sehingga lebih mudah. Penasaran dengan iklan media cetak? Anda bisa menemukan contoh iklan satu ini pada majalah, Koran poster, selebaran, atau bulletin, salah satunya adalah iklan lowongan pekerjaan.

2. Internet

Tidak hanya iklan media cetak saja yang termasuk iklan berdasarkan pada jenis media, melainkan juga terdapat iklan internet. Internet sendiri bukan lagi hal asing karena sebagian besar masyarakat sudah mengetahui bahkan menggunakan internet untuk berbagai keperluan.

Jenis iklan internet menggunakan internet sebagai sarana untuk menyampaikan pesan berisi promosi atau informasi. Contoh iklan internet ini antara lain iklan endorsement, iklan sponsor, iklan berbentuk, dan lainnya yang ada di media sosial atau blog.

3. Elektronik

Masih banyak lagi jenis iklan berdasarkan media, ada juga iklan eletronik selain iklan internet yang sering beredar di masyarakat. Untuk jenis iklan satu ini biasanya menggunakan alat eletronik guna menyampaikan promosi atau informasi.

Bisa melalui iklan di televisi yang menampilkan suara dan visual atau melalui radio yang menggunakan suara tanpa menampilkan visual. Contoh iklan elektronik ini antara lain iklan layanan masyarakat untuk mengenal lingkungan atau iklan minuman dan makanan di televisi.

4. Luar Ruangan

Dan jenis iklan berdasarkan media yang terakhir adalah iklan luar ruangan atau biasanya Anda temukan di luar rumah atau di jalanan. Pasalnya, jenis iklan satu ini menargetkan audiens yang berada di luar ruangan untuk tertarik membeli atau menggunakan produk dan jasa tertentu.

Sebenarnya iklan luar ruangan ini sama seperti iklan media cetak, namun sering kali orang-orang mengkategorikannya sendiri. Sehingga tidak sulit untuk menemukan contoh iklan luar ruangan ini, seperti yang terpajang pada baliho, poster, atau selebaran.

Jenis Iklan Berdasarkan Fungsi

Mungkin semula, semua orang menganggap bhakwa semua iklan yang terlihat atau terdengar sama saja karena tujuannya untuk promosi. Tentu hal tersebut tidak slaah, namun iklan sendiri memiliki jenis masing-masing yang bisa terlihat dari cara penyampaian.

Selai iklan berdasarkan media, terdapat juga jenis iklan berdasarkan fungsi yang masih berkaitan dengan iklan media. Contoh iklan berdasarkan fungsi juga sudah banyak beredar di masyarakat sehingga tidak akan sulit untuk mengenalinya.

1. Layanan Masyarakat

Ada banyak jenis iklan yang sering beredar di tengah masyarakat, salah satunya adalah iklan layanan masyarakat. Biasanya pihak instansi layanan masyarakat yang sering menggunakan jenis iklan layanan masyarakat ini untuk menyampaian pesan atau informasi secara jelas.

Fungsi iklan layanan masyarakat ini biasanya untuk sosialisasi, peringatan atau mengingatkan, dan dorongan akan hal tertentu. Contoh dari iklan layanan masyarakat ini seperti himbauan mengenal dan waspada terhadap wabah penyakit, pentingnya hidup sehat, atau tentang bahaya narkoba.

2. Pengumuman

Selain iklan layanan masyarakat, ada juga iklan pengumuman yang termasuk sebagai jenis iklan berdasarkan fungsinya. Iklan pengumuman berisi sebuah informasi atau pemberitahuan untuk kalangan audiens tertentu guna mendapatkan informasi terkait kejadian atau kegiatan tertentu.

Ada banyak jenis iklan yang mungkin sering Anda temui sehingga menganggap bahwa semua jenis iklan sama saja. Namun, dengan melihat contoh iklan pengumuman ini tentu Anda akan lebih mudah membedakan dengan jenis iklan yang lain.

3. Permintaan

Ada pula jenis iklan permintaan yang juga termasuk dalam jenis iklan berdasarkan fungsinya, iklan permintaan. Jenis iklan permintaan ini bisanya berisi tentang penawaran atau mengajak audiens untuk bekerjasama seperti iklan lowongan pekerjaan.

Pasalnya, alasan menggunakan iklan permintaan ini karena suatu pihak tengah membutuhkan barang atau jasa dari pihak lain. Dengan begitu, pengiklan bisa mengajak audiens agar tertarik memenuhi kebutuhannya terkait barang atau jasa dan tenaga pekerja sesuai kebutuhan.

4. Niaga

Dan jenis iklan terakhir berdasarnya fungsinya adalah iklan niaga atau iklan penawaran yang biasanya berisi penawaran terkait produk atau jasa. Dengan menggunakan jenis iklan ini, Anda bisa memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat luas.

Tujuan dari iklan ini adalah agar masyarakat yang menjadi target mau membeli atau menggunakan produk yang tertera dalam iklan. Contoh iklan niaga ini antara lain iklan penjualan makan atau minuman, iklan kosmetik, atau iklan promo lainnya. 

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

Selain itu, adapula jenis iklan berdasarkan tujuannya kepada masyarakat atau audiens tertentu sehingga lebih efisien. Jenis iklan berdasarkan tujuannya terbagi menjadi dua jenis, yaitu iklan komersial dan iklan non komersial.

1. Komersial

Jenis yang pertama adalah iklan komersial, tujuan iklan komersial tidak lain untuk mendapatkan keuntungan dari pejualan produk atau jasa. Iklan komersial terbagi lagi menjadi tiga macam, yaitu iklan konsumen, iklan bisnis, dan iklan profesional.

2. Non Komersial

Iklan non komersial berlawanan dengan iklan komersial, pasalnya iklan komersial tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari audiens. Iklan non komersial bertujuan untuk memberikan informasi atau pemberitahuan kepada masyarakat tentang suatu hal.



Contoh Iklan Produk Milo


contoh iklan
contoh iklan sumber : publikasimedia.com



Demikian penjelasan singkat tentang pengertian, jenis, dan contoh iklan yang singkat dan menarik untuk menjadi referensi. Tidak perlu kesulitan lagi untuk membedakan dan membuat iklan sesuai kebutuhan serta keinginan.