Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Hewan Vertebrata yang Anda Di Sekitar Kita Lengkap dengan Penjelasannya

Lompo.info - Contoh Hewan Vertebrata - Pada jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, Anda pasti sudah mempelajari jenis-jenis hewan, seperti hewan vertebrata. Masihkah Anda ingat apa itu hewan vertebrata dan contoh hewan vertebrata?

Contoh Hewan Vertebrata Beserta Penjelasannya

Hewan vertebrata disebut hewan bertulang belakang. Ciri hewan vertebrata adalah memiliki tengkorak untuk melindungi otak. Alat pernapasan berupa insang atau paru-paru. Hewan yang tergolong dalam jenis ini bersuhu tubuh panas, dan bersuhu dingin sesuai dengan keadaan lingkungannya. Tak ketinggalan, hewan vertebrata juga memiliki penceraan yang lengkap, mudai dari mulut sampai anus. 

Apakah Anda masih ingat, ada klasifikasi kelas pada hewan vertebrata? Ya, hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang bisa Anda klasifikasikan menjadi lima kelas, yaitu pisces, amphibia, reptilia atau reptil, aves dan mamalia?

Nah, berikut ini ada beberapa contoh hewan vertebrata yang ada di sekitar kita dan pernah Anda lihat. 

1. Burung


Contoh Hewan Vertebrata
Contoh Hewan Vertebrata



Bisa dikatakan burung adalah hewannya sejuta umat. Pasalnya, banyak orang yang gemar memilihara burung dengan berbagai jenisnya. Nah, ternyata, burung termasuk dalam golongan hewan vertebrata loh. 

Dari kelima klasifikasi kelasnya, burung termasuk dalam kelas aves. Di mana burung memiliki bulu yang bisa melindungi tubuhnya. Bulu tersebut juga bisa membentuk sayap, sehingga burung memiliki kemampuan untuk terbang. Dalam hal ini, tentu Anda tahu, kemampuan terbang yang dimiliki oleh burung digunakan untuk berpindah tempat. 

Nah, karena burung termasuk dalam kelas aves, maka burung bernafas dengan paru-paru. Di mana sistem pernapasan burung terbilang cukup kompleks, yaitu hidung, trakea, bronkus dan paru-paru. 

Dari ciri hewan vertebrata di atas, burung termasuk hewan yang berdarah panas atau bersuhu panas. Dalam hal ini suhu panas yang pada burung membuat burung bisa bertahan hidup. Kemudian, hewan darah panas atau ¬warm-blooded, termasuk burung, hidupnya menetap.

Sebagai contoh, jika burung berada di dalam keadaan atau cuacanya dingin, burung mampu menghangatkan dirinya sendiri. Dengan begitu, burung tidak perlu berpindah tempat pada tempat yang hangat.

Sebaliknya, burung juga tahan akan cuaca panas. Namun, berbeda dengan hewan berdarah panas lainnya, burung tidak mengeluarkan keringat saat berada di cuaca atau kondisi yang panas. Justru, mereka mengeluarkan panas pada tubuhnya lewat sistem pernapasannya.

Seperti yang Anda tahu, burung berkembang biak dengan cara bertelur. Nah, suhu panas yang burung miliki juga berperan penting dalam proses perkembangbiakkan. Suhu panas membantu burung untuk mengerami telurnya. Sehingga, telur tersebut mampu menetas dengan baik.  

2. Ayam

Contoh hewan vertebrata yang ada di sekitar kita dan sering kita temui adalah ayam. Sama halnya dengan burung, ayam juga termasuk dalam golongan kelas aves. Yang mana ayam adalah hewan berbulu dan memiliki sayap. Walaupun memiliki sayap, ayam tidak memiliki kemampuan terbang. Kenapa bisa begitu?

Ayam memiliki ukuran tubuh yang besar jika Anda bandingkan dengan sayapnya. Sehingga, dengan tubuh yang tidak ideal dengan sayapnya, ayam tidak mampu mengepakkan sayapnya untuk terbang seperti burung. Kalaupun ayam memaksakan sayapnya untuk terbang, justru bulu pada sayap akan rontok dan mengakibatkan ayam terjatuh.

Berikutnya, ayam juga termasuk dalam hewan berdarah panas. Sehingga, ayam mampu menghangatkan tubuhnya sendiri saat kondisi dingin dan tidak perlu berpindah tempat.

Saat menghadapi cuaca panas, sama seperti burung, ayam tidak berkeringat, tetapi cara mengeluarkan suhu panasnya berbeda. Ayam akan membasahi kepalanya. Kemudian, melebarkan sayap atau membuat sayap berdiri, jadi suhu panas akan menguap. Cara lainnya yaitu, ayam akan menempel pada bagian kandang yang dingin. Terakhir, ayam akan terengah-engah untuk mengeluarkan suhu panas saat suhu udara tinggi.

Karena masih dalam kelompok aves, cara berkembang biaknya ayam pun bertelur. Suhu panasnya pun berguna untuk mengerami telur, agar telur menetes dengan baik. 

3. Ikan

Anda sering menjumpai ikan bukan atau bahkan mungkin saja Anda memelihara ikan, baik ikan hias maupun  ikan yang bisa dikonsumsi. Nah, ikan termasuk dalam hewan vertebrata loh. Namun, berbeda dengan kedua contoh hewan vertebrata di atas, ikan termasuk dalam klasifikasi kelas pisces.

Hewan yang tergolong dalam kelas pisces, habitat atau tempat hidupnya di dalam air. Kemudian, alat pernapasannya bukanlah paru-paru, melainkan insang. Lalu, ada sirip atau ysng digunakan untuk berenang atau bergerak.

Ikan termasuk dalam golongan hewan berdarah dingin atau poikiloter. Hewan berdarah dingin adalah hewan yang suhu tubuhnya sama dengan habitatnya, dan tubuhnya tidak bisa menghasilkan panas. Jadi, saat habitatnya bersuhu tinggi, seperti di siang hari, suhu tubuh ikan pun meningkat. Sebaliknya, di malam hari, suhu habitatnya akan menurun atau dingin, suhu tubuh ikan pun akan menurun karena menyesuaikan suhu dingin tersebut.

Selanjutnya, ikan berkembang biak dengan cara bertelur. 

4. Katak

Hewan yang memiliki warna hijau maupun coklat tersebut adalah contoh hewan bertulang belakang yang masuk dalam klasifikasi atau golongan amphibia. Di mana ciri-ciri hewan amphibia adalah hewan tersebut mampu hidup di dua habitat, yaitu darat dan air. 

Kemudian, katak juga termasuk dalam jajaran hewan berdarah dingin, sehingga suhu tubuh katak sama dengan suhu lingkungannya. Dalam hal ini, saat udara panas katak akan berpindah ke air. Semantara itu, saat suhu udara atau lingkungannya dingin, katak akan memilih tinggal di darat.

Berbeda dengan hewan lainnya, katak bisa bernafas melalui insang, paru-paru dan kulit. Tentu masing-masing alat pernapasan tersebut digunakan dalam kondisi yang berbeda.

Insang digunakan sebagai alat pernapasan saat katak berbentuk kecebong. Lalu, paru-paru dan kulit sebagai alat pernapasan katak saat katak memasuki fase dewasa. Di mana paru-paru digunakan saat katak berada di darat. Sedangkan, saat di air, katak bernafas menggunakan kulit.

Hewan yang dapat hidup di dua habitat ini, berkembang biak dengan cara bertelur, tetapi pembuahannya terjadi di luar.

5. Buaya

Contoh hewan vertebrata berikutnya adalah buaya. Meskipun buaya bisa hidup di air dan darat, dan berdarah dingin, klasifikasi kelas pada hewan vertebrata, buaya termasuk dalam golongan reptil. Buktinya, ada perbedaan buaya dengan katak.

Jika Anda lihat dari bentuk fisiknya, kulit buaya bersisik. Kemudian, buaya juga bertelur, tetapi proses membuahinya di dalam atau secara internal. Perbedaan lainnya yang terlihat adalah buaya hanya menggunakan sepasang paru-paru untuk bernafas. Tidak seperti katak dewasa yang menggunakan paru-paru dan kulitnya untuk bernapas.

Seperti penjelasan di atas, hewan berdarah dingin, suhu tubuhnya sesuai dengan lingkungannya. Lalu, bagaimana caranya agar buaya bisa bertahan hidup di suhu atau cuaca panas dan dingin?

Pada cuaca dingin, buaya akan berjalan dengan cepat untuk berada di tempat yang ada sinar mataharinya. Sebaliknya, saat cuaca pana, buaya akan bersembunyi di tempat yang sesuai dengan suhu tubuhnya. Saat berada di cuaca panas atau terkena sinar matahari, untuk mengeluarkan suhu tubuhnya, buaya akan membuka mulutnya dalam waktu yang cukup lama.

6. Sapi

Pasti Anda sudah sangat mengenal hewan yang bernama sapi bukan? Hewan yang biasanya untuk berqurban ini, adalah hewan vertebrata, tetapi masuk dalam klasifikasi kelas mamalia. Sapi juga termasuk contoh hewan vertebrata lainnya yang berdarah panas. Sehingga suhu tubuhnya stabil.

Hewan mamalia disebut juga hewan menyusui. Pasalnya, hewan mamalia memiliki kelenjar susu yang biasa terdapat pada bagian perut ataupun dada. Gunanya tentu saja untuk menghasilkan susu, dan menyusui anaknya.

Hewan mamalia, salah satunya sapi, memiliki rambut yang menutupi seluruh tubuhnya. Di mana rambut tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi diri dari cuaca panas ataupun dingin.

Kemudian, berbeda dari kelima contoh hewan bertulang belakang di atas, salah satu hewan mamalia ini berkembang biak dengan melahirkan atau disebut vivipar. Namun, alat pernapasannya sama dengan beberapa hewan vertebrata lainnya, yaitu paru-paru.

Demikian contoh hewan vertebrata yang Anda kenali dan berada di sekitar Anda. Semoga dengan informasi di atas, pengetahuan Anda tentang jenis hewan bisa bertambah.