Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Essay Yang Benar Dan Baik

Lompo.info - Contoh Essay Yang Benar Dan Baik - Essay merupakan sejenis karya tulis yang memuat fakta dan opini bersifat subjektif. Selain itu, essay juga dapat memuat tulisan dalam bentuk sastra, kritik, ataupun argumen yang berdasarkan realita. Anda dapat menemukan banyak contoh essay dari berbagai sumber.


Contoh Essay Yang Benar Dan Baik
Contoh Essay Yang Benar Dan Baik



Essay dapat berartikan juga sebagai karangan berbentuk prosa yang memuat persoalan berdasarkan buah pikir seorang penulis. Dengan demikian, dari pengertian essay tersebut Anda sudah dapat membayangkan bentuk tulisan seperti apa yang akan Anda buat.

Tujuan Menulis Essay

Setiap penulis tentu memiliki tujuan masing-masing dalam membuat sebuah tulisan. Demikian halnya dengan tulisan berjenis essay. Berdasarkan contoh essay, ada beberapa tujuan yang harus tercapai saat membuatnya. Simak ulasannya berikut ini:

1. Meyakinkan Para Pembaca

Menuliskan essay selain untuk menuangkan buah pikir, tujuannya juga untuk meyakinkan para pembaca. Ketika Anda membaca salah satu contoh essay, secara otomatis Anda akan merasa yakin terhadap topik yang ada pada tulisan tersebut.

Untuk melengkapi tulisan essay tersebut seorang penulis sebaiknya menyiapkan data ataupun fakta yang mendukung agar opini makin meyakinkan. Karena argumen dari penulis itu sendiri tidak dapat meyakinkan pembaca.

2. Penerimaan Sebuah Pendapat

Penulis pada umumnya akan menuangkan pendapatnya saat menuliskan sebuah essay. Namun, harus ingat bahwa penulisan essay bertujuan untuk membuat pembaca menerima pendapat dari penulisnya.

Karena itu, Anda wajib melengkapi data dan fakta saat menuliskan essay tersebut. Ketika Anda menggunakan data dan fakta yang akurat, dapat menjamin para pembaca bisa menerima pendapat pada essay tersebut dengan mudah.

3. Menginformasikan Sebuah Topik

Essay yang dapat dikategorikan baik jika berisi informasi dari sebuah topik pilihan, tersampaikan melalui opini, serta mengambil data berdasarkan penelitian. Dengan demikian, para pembaca bisa mendapatkan informasi secara utuh dan sesuai fakta.

Struktur Penulisan Essay

Selain tujuan penulisan, struktur essay juga penting untuk Anda perhatikan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak struktur penulisan essay yang sesuai dengan contoh berikut ini:

Pendahuluan

Dalam pembuatan essay, Anda dapat memulainya dengan menuliskan pendahuluan berdasarkan pendapat sendiri terkait topik yang telah dipilih. Melalui pendahuluan tersebut pembaca bisa mendapatkan sedikit informasi tentang isi essay itu sendiri.

Namun, pastikan Anda menuliskan pendapat yang berdasar pada data dan fakta sebenarnya. Dengan demikian, pendahuluan yang Anda tulis bisa sesuai dengan contoh essay.

Isi Essay

Setelah menuliskan pendahuluan, pada bab selanjutnya Anda dapat melanjutkan dengan pembahasan topik secara keseluruhan. Penting bagi Anda untuk menjabarkan topik tersebut dengan detail agar pembaca dapat memahaminya.

Pada isi essay tersebut Anda juga harus menuliskan data dan fakta yang akurat sesuai penelitian. Selain itu, Anda dapat menyertakan pendapat para ahli yang masih relevan dengan topik essay tersebut.

Data dan fakta yang akurat serta pendapat ahli tersebut dapat menjamin para pembaca meyakini topik sebuah essay.

Penutup/Kesimpulan

Pada bagian penutup, Anda dapat menuliskan kesimpulan dari seluruh pembahasan mulai dari pendahuluan hingga isi dari topik essay di atas. Anda dapat menuliskan rangkuman dari tulisan essay tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa penulisan bagian penutup yang benar dan sesuai dengan contoh essay adalah menuliskan kesimpulan tersebut secara singkat, padat, jelas, serta fokus pada topik.

Selain itu, Anda sebagai penulis dapat menambahkan saran terkait topik pada bagian penutup ataupun kesimpulan essay tersebut.

Essay yang merupakan opini sesuai fakta dapat Anda tuliskan dengan beragam jenis. Anda dapat memilihnya berdasarkan tujuan penulisan essay itu sendiri. 


 Jenis-Jenis Essay

Essay Cerita

Anda dapat memilih jenis essay cerita ketika akan menuliskan sebuah topik tentang barang ataupun profil seseorang. Sehingga, melalui essay yang Anda tuliskan tersebut pembaca dapat membayangkannya.

Misalnya saja, pembaca dapat membayangkan bentuk, suara, rasa, ataupun karakteristik khusus lainnya dari sebuah barang atau orang yang Anda jelaskan melalui tulisan essay cerita tersebut.

Jika Anda masih bingung dengan bentuk penulisan essay cerita, Anda dapat membaca beberapa contoh terlebih dahulu. Contoh essay cerita mudah Anda temukan, baik di perpustakaan ataupun di situs-situs khusus kepenulisan.

Essay Argumentatif

Essay argumentatif pada umumnya digunakan saat ingin menuliskan ide ataupun pandangan seorang penulis tentang sebuah permasalahan yang sedang berkembang di tengah masyarakat.

Berdasarkan kelengkapan data dan fakta akurat penulis dapat meyakinkan pembaca hingga akhirnya bisa sependapat dengan penulis terkait isu ataupun permasalahan tersebut. Contoh essay argumentatif dapat Anda temukan juga di perpustakaan atau sumber lainnya. 

Essay Deskriptif

Seperti namanya, essay deskriptif adalah tulisan yang menggambarkan objek secara apa adanya. Sehingga Anda dapat menggunakan gaya penulisan ini jika topiknya berhubungan dengan sebuah benda ataupun profil seseorang.

Anda dapat memberikan informasi kepada pembaca melalui essay deskriptif dengan cara memaparkan data dan fakta yang apa adanya sesuai dengan kondisi sebenarnya. Anda dapat membaca contoh essay deskriptif ini dari berbagai sumber dan bisa menjadi referensi.

Tajuk

Tajuk termasuk dalam jenis essay yang sering digunakan pada surat kabar. Dalam hal ini, tajuk menjadi wadah yang menampung pendapat dari para pembaca surat kabar itu sendiri. Misalnya ketika ada peristiwa yang sedang terjadi pembaca dapat menyalurkan pendapat.

Pada umumnya, topik yang sering menjadi pembahasan adalah seputar perekonomian dan politik. Namun, tak jarang topik lainnya juga bisa menjadi pembahasan yang menarik. Misalnya saja tentang gaya hidup, kesehatan dan lain sebagainya.

Topik tajuk tersebut dapat menyesuaikan dengan isu-isu yang sedang berkembang di tengah masyarakat. Dengan pemilihan isu hangat tersebut, pembaca akan makin bersemangat untuk ikut memberikan opininya.

Cuplikan Watak

Pada essay ini biasanya penulis memberikan informasi terkait watak seorang tokoh walaupun tidak secara keseluruhan. Penulisan essay berdasarkan data dari topik pembahasan yang telah terpilih.

Pribadi

Melalui essay pribadi ini, seorang penulis dapat menghadirkan sifat ataupun watak dari dirinya sendiri. Dalam hal ini, penulis bebas mengungkapkan pendapatnya terkait sebuah isu yang sedang hangat ataupun telah menjadi topik dari esai tersebut.


Reflektif

Apabila seorang pakar ataupun ahli menuliskan sebuah opini terkait berbagai hal seperti politik ataupun kebijakan pemerintah, maka tulisan tersebut merupakan essay reflektif.

Kritik

Pada essay ini akan memuat tentang kritik terhadap sebuah karya, mulai dari manfaatnya, kelebihan dan kekurangan, serta kebaikan dan keburukannya. Anda dapat menggunakannya untuk menuliskan pendapat terkait sebuah karya orang lain.

Artikel Penelitian

Artikel penelitian juga termasuk dalam jenis essay. Isi dari essay tersebut tentunya terkait dengan hasil penelitian seseorang. 

Kesimpulan

Berdasarkan informasi lengkap di atas, tentunya Anda berkemungkinan dapat membuat essay dengan mudah. Anda dapat memulainya dengan menentukan topiknya terlebih dahulu. Selain itu, Anda wajib membuat outline agar topik tulisan tidak melebar.

Hal-hal penting lainnya adalah mengumpulkan materi ataupun data pelengkap yang sesuai dengan fakta, membuat pendahuluan, menjabarkan isi, serta kesimpulan. Setelah selesai menulisnya, Anda wajib memastikan kembali tulisan tersebut sudah sesuai contoh essay.


Contoh Essay Yang Benar Dan Baik

Di era globalisasi ini perubahan gaya hidup telah mempengaruhi kebiasaan makan masyarakat dan memaksa mereka untuk mengonsumsi makanan cepat saji berkalori tinggi sebagai junk food. 

Inilah sebabnya mengapa obesitas meningkat di negara-negara berkembang. Makanan tidak sehat berkalori tinggi dan berlemak tinggi merupakan faktor penyebab utama dan preferensi makanan serta pasar makanan telah berubah dalam beberapa dekade terakhir.

 Ini didasarkan pada pilihan konsumen dan merupakan respons yang antusias. Konsumen merespon positif berbagai pilihan makanan yang dapat mereka pilih. Hal ini mengakibatkan asupan makanan mereka didominasi oleh kelompok makanan yang mereka pilih. 

Konsumen yang memilih pola makannya tanpa memperhatikan keseimbangan gizi dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Pola makan yang tidak seimbang ini dapat menyebabkan penyakit seperti aterosklerosis obesitas diabetes tekanan darah tinggi dan osteoporosis. 

Dengan menerapkan pola makan yang seimbang dapat mencegah penyakit tersebut. Nafsu makan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kondisi tubuhnya. Kebutuhan diet umumnya tergantung pada faktor-faktor seperti usia jenis kelamin tingkat aktivitas fisik berat badan dan tinggi badan. 

Akhirnya mengikuti gaya hidup sehat dengan memilih makanan bergizi dapat mencegah penyakit di masa depan sejak dini. Tubuh yang sehat dapat menghasilkan tenaga kerja yang lebih produktif. Oleh karena itu gaya hidup sehat harus didorong pada saat darurat.