Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar

Lompo.info - Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar -  Anda apa itu daftar riwayat hidup? Dokumen ini biasanya dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, mendaftar beasiswa, program magang dan masih banyak lainnya. Daftar riwayat hidup seringnya disamakan dengan CV atau curriculum vitae. Mungkinkah keduanya memang sama? Lalu seperti apa contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar? 


Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar
Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar


Melihat sekilas, memang terdapat kemiripan antara CV dan daftar riwayat hidup. Tingkat kemiripannya mencapai 90%, lho! Karena memang informasi yang tercantum dalam CV biasanya juga tercantum dalam daftar riwayat hidup.

Perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan pun tak jarang meminta kedua dokumen ini sebagai persyaratan administrasi. Antara CV dan daftar riwayat hidup memuat informasi yang cenderung sama. 

Wajar jika banyak orang merasa bingung membedakan keduanya. Namun, jika dilihat lebih jeli dokumen ini memang dua hal yang berbeda. Pertama, mari kita tinjau dari definisinya terlebih dahulu.

Curriculum Vitae atau CV adalah dokumen penting yang memuat riwayat hidup seseorang. Informasi yang terdapat pada CV meliputi data diri, pengalaman kerja, dan riwayat pendidikan. 

Selain itu CV juga memuat rangkuman prestasi. Seperti pencapaian, sertifikasi, keterampilan yang Anda kuasai, dan sejumlah informasi lain yang sifatnya menjual. Lantas bagaimana dengan daftar riwayat hidup?

Mengutip dari banyak sumber, daftar riwayat hidup adalah dokumen singkat yang memuat informasi-informasi besar. Artinya, dokumen ini juga menceritakan informasi tentang karir, pengalaman kerja, prestasi atau pencapaian seseorang.

Namun bedanya, format penulisan daftar riwayat hidup cenderung naratif atau bercerita. Mengisahkan perjalanan seseorang dari awal hingga ia berada pada posisinya saat ini. 

Dari sini, kita sudah mendapat sedikit gambaran terkait apa yang membedakan antara CV dan daftar riwayat hidup. Lebih jelasnya, kami telah merangkum poin-poin singkat yang bisa meningkatkan pemahaman Anda.


Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Benar dan Bedanya dengan Curriculum Vitae


Pada saat melamar pekerjaan, ada sejumlah berkas yang harus Anda lengkapi. Umumnya adalah Curriculum Vitae atau CV, ijazah pendidikan terakhir, portofolio, dan daftar riwayat hidup. 

Banyak orang beranggapan bahwa CV dan daftar riwayat hidup itu sama saja. Ketika perusahaan meminta keduanya, banyak yang bingung bahkan hanya menyertakan salah satu saja. Padahal jelas keduanya dokumen yang berbeda.

Berikut kami merangkum sejumlah perbedaan antara CV dan daftar riwayat hidup, juga contoh daftar riwayat hidup yang benar. 


Antara CV dan Daftar Riwayat Hidup, Ini Perbedaannya

Pertama, mari kita tinjau perbedaan CV dan daftar riwayat hidup terlebih dahulu. Guna membedakan CV dan daftar riwayat hidup, kita bisa meninjaunya dari beberapa aspek sebagai berikut.

1. Penulis

Perbedaan pertama terlihat dari penulisnya. CV adalah dokumen berisi informasi-informasi penting yang kita tulis sendiri. Menggunakan gaya bahasa formal, singkat, padat dan jelas. Sedangkan daftar riwayat hidup adalah tulisan yang penulisnya adalah orang ketiga.

Formatnya naratif, bercerita menggunakan gaya bahasa yang lebih santai. Daftar riwayat hidup ditulis sedemikian rupa, dengan tujuan supaya pembaca tertarik dan akhirnya menemukan esensi dari orang yang diceritakan.

Daftar riwayat hidup bisa kita sebut sebagai biografi ataupun autobiografi. Sehingga tidak selalu ditulis oleh orang ketiga. Anda bisa menulisnya sendiri, namun tetap menggunakan gaya penulisan yang naratif. 

Informasi yang harus tercantum dalam daftar riwayat hidup cenderung lebih detail daripada informasi pada CV. Meliputi informasi pribadi seperti nama, umur, tempat tanggal lahir, alamat, kebangsaan hingga status agama.

Selanjutnya juga menyertakan informasi pendidikan, pengalaman kerja dan tanda tangan. Sedangkan informasi yang tercantum dalam CV lebih fokus pada keterampilan atau skills seseorang.

Beberapa informasi penting dalam CV adalah data diri berupa nama, profesi, deskripsi singkat dan nomor telepon atau email. Kemudian memuat pengalaman kerja, pendidikan terakhir, daftar prestasi atau penghargaan, dan informasi tentang skills juga penguasaan bahasa. 

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa CV memang dokumen singkat yang memuat sejumlah informasi pribadi dengan tujuan fokus pada keterampilan dan pengalaman kerja seseorang. 

2. Fungsi dan Kegunaan

Biasanya CV dan daftar riwayat hidup dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Namun nyatanya, tidak sebatas itu lho! Kegunaan CV lebih sempit daripada daftar riwayat hidup. CV kita gunakan untuk melamar pekerjaan, freelance atau program beasiswa.

Sedangkan daftar riwayat hidup memiliki kegunaan yang lebih luas. Dapat digunakan untuk melamar pekerjaan, mendaftar program beasiswa, dan biasanya tercantum dalam karya tulis. 

Coba buka salah satu buku yang ada di rumah Anda. Pada halaman terakhir, Anda bisa menemukan salah satu contoh daftar riwayat hidup milik penulisnya. Khusus kasus ini, yang menulis daftar riwayat hidup adalah pihak penerbit. 

Selain pada buku, contoh daftar riwayat hidup juga dapat kita temukan pada laman website perusahaan atau instansi. Biasanya riwayat hidup yang tertera adalah riwayat hidup pemimpin perusahaan, founder atau CEO.

Itulah dua aspek yang dapat ditinjau untuk menemukan perbedaan nyata antara CV dan daftar riwayat hidup. Berdasarkan dua aspek tersebut, bisa disimpulkan bahwa CV tujuannya memang fokus untuk melamar pekerjaan, program beasiswa atau program magang. Sedangkan daftar riwayat hidup kegunaannya lebih kompleks daripada CV. 


Menulis Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Bagaimana cara menulis daftar riwayat hidup dengan benar? Anda bisa mengawalinya dengan mencantumkan beberapa informasi berikut ini. 

1. Identitas Pribadi

Contoh daftar riwayat hidup yang benar adalah memuat identitas pribadi. Tanpa identitas pribadi, dokumen yang Anda tulis tentunya tidak bernilai. Informasi yang dapat Anda tuliskan pada bagian ini meliputi nama, umur, tempat tanggal lahir, status keluarga, kebangsaan, agama, dan alamat jelas.

Anda bisa menambahkan informasi lain yang sekiranya penting, seperti jumlah saudara, tinggi badan dan lainnya. Hindari mencantumkan informasi tidak penting yang tidak perlu diketahui pembaca.

2. Riwayat Pendidikan

Selanjutnya, ceritakan riwayat pendidikan Anda dengan jelas. Mulai dari pendidikan awal sampai pendidikan terakhir. Lebih baik jika Anda turut mencantumkan tahun selesainya pendidikan.

Karenanya judulnya riwayat pendidikan, maka tulis berjenjang dari paling rendah sampai paling tinggi.

3. Pengalaman Organisasi

Selain mencantumkan riwayat pendidikan, pada contoh daftar riwayat hidup yang baik biasanya tercantum informasi tentang pengalaman organisasi. Anda dapat menceritakannya dengan singkat, baik itu organisasi dalam lingkup pendidikan ataupun eksternal.

4. Pengalaman Kerja

Selanjutnya adalah menuliskan pengalaman kerja. Sama seperti riwayat pendidikan, tulis secara berjenjang. Untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menuliskan pengalaman magang pada bagian ini. Pengalaman freelance juga bisa Anda cantumkan pada bagian ini. 

5. Prestasi

Bagian selanjutnya adalah menuliskan prestasi, penghargaan atau sertifikasi yang berhasil Anda raih. Informasi ini tentunya menjadi nilai tambah nantinya jika daftar riwayat hidup Anda gunakan untuk melamar pekerjaan, atau program beasiswa. 

Tuliskan informasi-informasi tersebut dengan gaya bahasa yang menarik supaya pembaca tertarik menelusuri daftar riwayat hidup Anda, dan berhasil menemukan insight nya.


Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar


DATA PRIBADI


Nama Lengkap : ABD ASIS

Tempat & tanggal lahir : Makassar 27 – 01 - 1991

Alamat  : Jln manasaja

Jenis Kelamin  : Laki - Laki

Status Perkawinan : Belum Menikah

Agama : Islam

No Telp : 082271149146

Email  : abdasis@gmail.com

Pendidikan Formal:

1996 – 2002  : SDN 7

2005 – 2005  : SMPN 7

2005 – 2008  : SMAN 7

2008 – 2013  : UIN ALAUDDIN


Pendidikan Informal:

2015   : Kursus Menjahit

2015  : Kursus Bahasa

2017  : Kursus Matematika


Pengalaman Kerja:

2015-2016  : Bekerja Di Sales di PT Suka suka


Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat ini dengan cukup singkat dan padat sesuai dengan daftar riwayat hidup saya. Adapun tujuan dari penulisan daftar riwayat hidup ini adalah sebagai data untuk mempertimbangkan lamaran kerja yang saya ajukan ini. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami sampaikan terima kasih.


Makassar, 27 Januari 2017


[Abd Asis]


Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan terkait perbedaan CV dan daftar riwayat hidup. Juga poin-poin penting yang harus tercantum pada contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar.