Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Cv Lamaran Kerja Menarik

Lompo.info -  Contoh Cv Lamaran Kerja Menarik - Melamar pekerjaan selalu meninggalkan cerita yang berkesan. Ada yang sudah melamar puluhan kali namun tak kunjung mendapat panggilan dari rekruter. Kira-kira dimana letak salahnya? Coba perhatikan, sudahkah Anda menggunakan contoh CV lamaran kerja yang menarik?  

Rekruter punya segudang alasan untuk menggagalkan Anda ketika melamar pekerjaan. Alasan ini bisa saja sepele, sering kita abaikan karena terlanjur menganggapnya tidak penting dan luput dari pengamatan rekruter. Contohnya adalah surat lamaran kerja dan CV atau Curiculum Vitae.

Tak sedikit pelamar kerja yang tidak memperhatikan bagaimana cara mereka menulis kedua dokumen tersebut. Menulis asal-asalan saja, tidak sesuai dengan format. Perlu kita ketahui, CV dan surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang membuka jalan menuju perusahaan.

Rekruter akan mengenal kita melalui surat lamaran kerja dan CV yang kita kirimkan. Berdasarkan kedua dokumen tersebut rekruter kemudian memutuskan apakah kita layak mendapat kesempatan bekerja atau tidak. 

Ketika masalahnya ada pada penulisan CV, rekruter sudah pasti menggagalkan Anda dalam proses seleksi. Kesempatan ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan maksimal. Bagaimana caranya membuat CV yang menarik perhatian rekruter sekaligus mampu menampilkan siapa diri Anda sebenarnya. 

Berikut, kami merangkum sejumlah informasi terkait bagaimana contoh CV lamaran kerja menarik yang membantu Anda mendapat panggilan interview dari rekruter. 

Contoh CV Lamaran Kerja Menarik dan Cara Membuatnya

Banyak sekali contoh CV lamaran kerja menarik yang bisa Anda tiru format penulisannya. Namun secara umum, ada tiga format CV yang disukai oleh rekruter. Tiga format tersebut adalah CV kronologi terbalik, kombinasi dan CV fungsional.

Anda bebas menggunakan format yang mana. Sesuaikan saja dengan kebutuhan juga posisi yang ingin dilamar. Masing-masing format tersebut menyajikan kelebihan juga kekurangan masing-masing. Lebih jelasnya, mari simak informasi berikut ini. 

1. Format CV Kronologi Terbalik

Pertama, mari kita kupas bagaimana menulis CV format kronologi terbalik. Format ini disusun dengan urutan informasi pribadi dan deskripri diri secara objektif. Mulai dari nama, ketertarikan dalam suatu bidang dan pengalaman kerja yang menjadi highlight.

Setelahnya, Anda bisa menjabarkan pengalaman kerja secara rinci. Urutkan mulai dari yang terbaru sampai pengalaman-pengalaman sebelumnya. Lebih optimal ketika Anda menuliskan pengalaman paling relevan dengan posisi yang Anda lamar saat ini. 

Selesai dengan pengalaman kerja, selanjutnya adalah menuliskan riwayat pendidikan. Formatnya sama, pendidikan terakhir dituliskan terlebih dahulu, disusul dengan pendidikan sebelumnya.

Terakhir, sertakan pula keterampilan atau skill yang Anda miliki. Skill yang dicantumkan harus relevan dengan posisi yang Anda lamar. Misalkan Anda ingin melamar sebagai digital marketing, contoh skill yang bisa Anda tambahkan adalah public speaking, kemampuan menulis SEO atau lainnya. 

Menulis CV dengan format kronologi terbalik akan memudahkan rekruter untuk membaca informasi yang ingin Anda sampaikan. CV format inipun ramah terhadap mesin ATS atau Applicant Tracking System. 

Format ini fokus pada skill juga pengalaman kerja yang Anda punya. Sehingga paling cocok untuk Anda yang sudah senior dan punya pengalaman expert dalam suatu bidang. Sehingga CV format ini tidak cocok untuk fresh graduate yang minim pengalaman kerja. 

2. CV Format Fungsional

Contoh CV lamaran kerja menarik berikutnya adalah CV format fungsional. Format ini menonjolkan keterampilan atau skills yang Anda punya. Jadi cocok untuk siapa saja, baik itu seorang profesional yang punya banyak pengalaman, atau fresh graduate yang baru akan melamar pekerjaan. 

CV format fungsional diawali dengan informasi pribadi. Seperti nama, bidang keahlian atau kompetensi yang Anda kuasai, pengalaman kerja, alamat email atau nomor telepon pribadi. 

Setelahnya, tuliskan keterampilan yang Anda punya. Sajikan berdasarkan kategori masing-masing. Misalkan Anda punya keterampilan menggunakan tools design, maka jabarkan software apa saja yang sudah Anda kuasai.

Selain keterampilan menggunakan tools dan software, Anda juga bisa memasukkan keterampilan berbahasa pada bagian ini. Selanjutnya, tambahkan portofolio atau catatan projek yang pernah Anda kerjakan.

Pastikan Anda menyertakan portofolio yang relevan dengan keterampilan yang sudah Anda cantumkan sebelumnya. Dengan begitu, rekruter akan percaya bahwa Anda memang benar terampil dalam bidang tersebut. 

CV format ini fokus menampilkan keterampilan yang Anda punya. Tidak harus memiliki pengalaman kerja. Namun sayangnya, rekruter biasanya meragukan skills yang Anda cantumkan. 

Penjelasan portofolio projek yang sudah dikerjakan pun tidak cukup. Anda bisa mensiasatinya dengan menyertakan sertifikat yang relevan. 

3. CV Format Kombinasi

Format CV yang menarik bagi rekruter selanjutnya adalah format kombinasi. Ini merupakan gabungan antara format kronologi terbalik dan format fungsional. Dengan ini, Anda bisa menampilkan pengalaman kerja sekaligus keterampilan yang Anda punya.

Format penulisannya mulai dari penjelasan informasi pribadi, seperti nama, pengalaman kerja, kemampuan atau bidang keahlian dan alamat pribadi. Kemudian menjelaskan pengalaman kerja. 

Aturannya sama, urutkan dari pengalaman terbaru dan paling relevan dengan posisi yang ingin Anda lamar. Setelah menjabarkan pengalaman kerja, selanjutnya tambahkan riwayat pendidikan.

Terakhir, tambahkan keterampilan atau skills yang Anda miliki. Pastikan skills relevan dengan posisi yang Anda lamar, ya! Dengan format ini, Anda bisa menonjolkan skills sekaligus pengalaman kerja yang Anda miliki.

Sehingga memudahkan rekruter ketika melakukan proses scanning. Kelemahan format ini adalah tidak semua skills bisa Anda cantumkan dalam CV. Usahakan hanya skills yang relevan saja. Selain itu CV tidak boleh lebih dari satu lembar.

Karena formatnya kombinasi, jenis CV ini cocok untuk seorang profesional yang ingin mengembangkan karir di tempat kerja baru. Juga cocok untuk fresh graduate yang memiliki pengalaman bekerja paruh waktu dan keterampilan selama masa perkuliahan. 

Itulah tadi beberapa contoh CV lamaran kerja menarik yang bisa Anda ikuti format penulisannya. Masing-masing dapat Anda gunakan ketika melamar kerja. Sesuaikan saja dengan pengalaman yang Anda miliki juga posisi yang Anda inginkan.

Dari ketiga format tersebut, tidak ada yang lebih baik antara satu sama lain. Karena memang CV bersifat umum dan bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan selain melamar pekerjaan.  

Tips Supaya CV Menarik Bagi Rekruter

Selain fokus dalam memilih jenis CV lamaran kerja yang tepat, ada banyak hal lain yang patut jadi perhitungan dalam menulis CV. Salah satunya adalah membuatnya dalam desain yang menarik.

Daripada hanya kertas polos biasa, akan lebih baik jika Anda membuat CV dengan desain-desain yang menarik. Gunakan warna yang tepat, font standar, bila perlu tambahkan ikon untuk memperjelas informasi yang ingin Anda sampaikan.

Poin paling pentingnya, bagaimana Anda bisa membuat CV yang sifatnya ATS friendly. Artinya, CV Anda terbaca dengan baik oleh software ATS sehingga berpeluang mendapat panggilan interview.

Mengapa CV Anda harus ATS friendly? Pertama, sebagian besar perusahaan-perusahaan besar sudah menggunakan ATS dalam menyeleksi CV dari kandidat pelamar kerja. Kemudian, ATS adalah sistem yang bekerja menggunakan mesin. 

Secara otomatis, ATS akan membaca CV, kemudian mensortirnya untuk menemukan CV yang paling relevan dengan lowongan pekerjaan yang tersedia. Ketika CV Anda lolos dari penyaringan ATS, besar kemungkinan Anda mendapatkan panggilan kerja dari rekruter. 

Jadi, sudah tahu kan apa pentingnya mempelajari contoh CV lamaran kerja menarik sekaligus ATS friendly? Setelah ini, Anda bisa menulis CV sendiri dan menggunakannya untuk melamar kerja. 

Contoh Cv Lamaran Kerja Menarik

Contoh Cv Lamaran Kerja Menarik
Contoh Cv Lamaran Kerja Menarik