Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Cerpen Singkat, Pengertian, Struktur, dan Ciri Bahasanya

Lompo.info - Contoh Cerpen Singkat - Cerpen atau cerita singkat adalah karya tulis yang sudah menemani kita sejak dulu. Banyak sekali contoh cerpen singkat yang bisa ditemukan dalam buku pelajaran di sekolah dasar. Sampai sekarang pun, masih banyak buku cerpen yang menarik untuk dibaca.


Contoh Cerpen Singkat
Contoh Cerpen Singkat



Cerpen adalah karya sastra yang menceritakan kisah fiksi dalam tulisan singkat, ringkas dan padat. Merupakan karangan prosa fiktif yang bentuknya naratif dan lebih pendek daripada novel. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian cerpen adalah kisahan pendek tidak lebih dari 10.000 kata yang meninggalkan kesan tunggal, dominan dan terpusat pada satu tokoh dalam satu situasi. 

Sesuai dengan namanya, cerpen adalah cerita singkat yang bisa kita tamatkan dalam sekali duduk. Permasalahannya pun cenderung sederhana, tidak kompleks dan penuh plot twist sebagaimana permasalahan dalam novel. 

Sebagai karya sastra, cerpen adalah jenis tulisan yang terikat. Baik itu struktur, maupun gaya bahasa. Supaya lebih mengenal apa itu cerpen, mari kita simak informasinya berikut ini.


Contoh Cerpen Singkat dan Panduan Bagaimana Menulisnya Sendiri

Berbicara tentang cerpen seperti bernostalgia, kembali mengulang kenangan masa kecil. Zaman dahulu, cerpen bisa kita temukan dalam buku pelajaran sekolah. Bahkan menulis contoh cerpen singkat menjadi salah satu pekerjaan rumah anak sekolah pada zaman dahulu.

Saat inipun kita bisa menjadi seorang penulis cerpen, lho! Media sosial dan internet menjadi platform yang sangat mumpuni untuk menuangkan karya sastra cerpen. Terkait penulisan cerpen, ada sejumlah aturan yang mengikat. Apa sajakah aturan tersebut? Mari kita simak mulai dari unsurnya terlebih dahulu.

Unsur-Unsur Cerpen Singkat

Setiap contoh cerpen singkat pastilah mengandung unsur-unsur penulisan. Unsur ini terbagi menjadi dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. 

Unsur Intrinsik Cerpen

1. Tema

Tema adalah ide yang mendasari cerita. Unsur ini termasuk dalam kategori intrinsik. Tema pada cerpen berbeda dengan judul. Kesalahan pemahaman yang masih banyak terjadi adalah menganggap tema dan judul itu sama.

Padahal keduanya berbeda. Tema cerpen singkat dapat berupa asmara, sosial, budaya, lingkungan sekolah, keluarga, lingkungan pertemanan dan masih banyak lainnya. 

2. Tokoh dan Penokohan

Tokoh adalah pelaku cerita. Sedangkan penokohan adalah karakter dari pelaku cerita tersebut. Ada dua karakter atau penokohan dalam cerita, yaitu antagonis yang berperan sebagai orang jahat, dan protagonis yang berperan sebagai orang baik. 

Penokohan dalam cerita tidak dituliskan secara eksplisit, melainkan implisit melalui dialog ataupun penjabaran latar. 

3. Latar

Ada yang tau apa itu latar cerita? Latar juga termasuk dalam unsur intrinsik. Latar cerita terbagi menjadi beberapa jenis, dapat berupa latar tempat, waktu kejadian, ataupun latar peristiwa.

Contoh latar adalah waktu pagi hari, di halaman sekolah, saat hujan turun. Berdasarkan contoh tersebut, bisa kita simpulkan bahwasanya latar adalah suasana ketika cerita tersebut terjadi. 

4. Alur

Unsur cerpen singkat selanjutnya adalah alur atau timeline cerita. Alur pada cerpen dapat berupa maju mundur, alur maju, atau bahkan campuran keduanya. 

5. Sudut Pandang

Sudut pandang menjelaskan peran sang penulis cerita. Apakah menjadi tokoh utama sebagai aku, tokoh kedua, atau bahkan tokoh ketiga sebagai dia atau mereka. 

6. Amanat

Unsur intrinsik yang terakhir adalah amanat. Amanat merupakan pesan yang akan disampaikan penulis melalui sebuah cerita. 

Unsur Ekstrinsik

Jadi, ada 6 unsur intrinsik sebuah cerpen singkat. Ketika menulis cerpen, unsur-unsur ini wajib ada dalam tulisan Anda. Selain 6 unsur tadi, ada unsur lain yang datangnya dari luar cerita. Lebih akrab disebut sebagai unsur ekstrinsik, yang meliputi.

1. Latar Belakang Penulis

Apakah latar belakang seorang penulis memberikan pengaruh signifikan pada karya cerpen mereka? Tentu saja iya. Penulis bisa menyampaikan pandangan atau sikapnya melalui cerita yang mereka tulis.

Salah satu contoh penulis cerpen legendaris yang bersikap seperti ini adalah Ahmad Tohari. Melalui tulisannya, kita bisa menemukan bahkan turut merasakan bagaimana latar belakang atau kondisi yang ia rasakan pada saat itu. 

2. Keadaan Sosial Politik Masyarakat

Selain latar belakang pribadi penulis, keadaan sosial politik masyarakat ternyata menjadi unsur yang turut membangun cerpen. Misalkan saja kondisi krisis ekonomi pada tahun 1998. Berlatarkan peristiwa tersebut, banyak sekali cerita bahkan novel yang dilahirkan.

Selain menjadi karya sastra, tulisan-tulisan tersebut menjadi media penggambaran situasi, sejarah pada masa tersebut. 

Ciri-Ciri Cerpen

Itulah unsur-unsur yang bisa kita dapatkan pada contoh cerpen singkat yang benar dan memenuhi kaidah penulisan karya sastra. Unsur ini juga bisa kita temukan pada karya sejenis, misalkan novel.

Namun jelas antara novel dan cerpen adalah dua jenis tulisan yang berbeda. Lantas bagaimana cara kita membedakan antara novel dan cerpen? Cara paling mudah adalah memperhatikan cirinya. Lalu, apa sajakah ciri-ciri sebuah cerpen? 

1. Latar Belakang Peristiwa Sederhana

Pertama, latar belakang cerita bukan sesuatu yang berat. Artinya cerpen seringkali diangkat dari kisah dan peristiwa yang kita temukan dalam kegiatan sehari-hari.

2. Penggambaran Tokoh Singkat

Ciri kedua tidak menggambarkan tokoh dengan detail. Ini jelas sekali perbedaannya dengan novel. Pada novel kita bisa menemukan penjabaran tokoh secara rinci, bagaimana postur tubuhnya, atau warna rambut, bahkan kopi favoritnya. 

Pada cerpen, deskripsi tokoh tidak terlalu detail, namun tetap mampu menggambarkan bagaimana karakternya.

3. Menggunakan Diksi Sederhana

Ciri cerpen yang ketiga adalah penggunaan kata-kata sederhana. Diksi pada cerpen umumnya mudah untuk kita pahami. Sesuai dengan namanya, cerita singkat yang bisa tamat dalam satu kali duduk saja.

Lain halnya dengan novel. Kebanyakan novel memakai diksi yang mengharuskan pembaca memikirkannya terlebih dahulu baru bisa memahami maksud dari penulis.

4. Alur Cerita Tidak Kompleks

Perbedaan lain antara novel dan cerpen adalah alur ceritanya. Cerpen hanya menceritakan satu alur, atau satu peristiwa saja. Sedangkan novel mengisahkan berbagai peristiwa.

Pada novel, bukan sesuatu yang aneh ketika masing-masing tokoh memiliki latar cerita yang berbeda. 

5. Tidak Lebih dari 10.000 Kata

Namanya saja cerpen, cerita singkat. Tentulah tulisannya dibuat singkat tidak lebih dari 10.000 kata. Cerpen biasanya terdiri dari beberapa paragraf saja. Tidak menghabiskan berpuluh lembar kertas untuk menuliskannya.

Itulah tadi 5 poin yang sekiranya dapat menggambarkan apa perbedaan cerpen dan novel. Dari sudut pandang mata manusia, cerpen dan novel bisa kita bedakan dari tebal halamannya. Buku yang memuat kumpulan cerpen biasanya tipis, hanya puluhan halaman saja. Sedangkan novel memiliki jumlah halaman yang tebal.

Sekarang, sudah jelas kan apa saja yang menjadi pembeda antara novel dan cerpen? Informasi tadi akan sangat membantu Anda jika tertarik menulis cerpen. Hasil tulisannya, dapat Anda bagikan melalui blog pribadi, media sosial, atau platform khusus.


Contoh Cerpen Singkat Tentang Tugas Kelompok

Hari ini saya ada tugas kelompok dan anggota kelompok saya adalah Tarif Sita Rizki dan Tarif. Enam dari kami ditugaskan untuk memberikan presentasi tentang materi yang disiapkan oleh guru kami. Saya sangat senang berada di kelompok orang yang menurut saya dapat bertanggung jawab atas pekerjaan ini tetapi rasa bahagia saya hilang karena beberapa dari mereka tidak bertanggung jawab dan menganggap pekerjaan ini sangat tidak penting. 

Dimulai ketika ketua kelompok C meminta kami semua untuk mendiskusikan misi kami. Awalnya semua setuju tapi Rizki dan Fares tidak datang dan tidak ada kabar sampai mereka berkumpul. Kami semua mencoba menghubunginya tetapi tidak bisa. Ini kencan pertama kami jadi kami berdua sabar.

 Tapi sayangnya mereka berdua lelah setelah tiga pertemuan tugas kelompok dan kami akhirnya berbicara di telepon seluler. Saya yakin Rizki dan Farizi akan dikeluarkan dari grup dan tidak lolos. Ancaman ini membuat Roopa menjauh dari Rizuki dan Fariz dan keduanya datang untuk pertemuan berikutnya. Setelah beberapa hari kerja kelompok hari ini kami akan mempresentasikan hasil diskusi kami. Kami semua tampil baik dan mendapat nilai bagus.


Demikianlah informasi terkait contoh cerpen singkat yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat ya!