Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Artikel Yang Baik Dan Benar

Lompo.info - Contoh Artikel Yang Baik Dan Benar -  Contoh artikel dapat dengan mudah kita temui terutama di media-media massa. Teks artikel adalah tulisan lengkap yang memiliki beberapa struktur. Struktur tersebut antara lain adalah  judul, pendahuluan kemudian penyajian masalah, pembahasan, dan terakhir yaitu penutup. 


Contoh Artikel Yang Baik Dan Benar
Contoh Artikel Yang Baik Dan Benar



Kebanyakan artikel ada dalam berbagai surat kabar atau tabloid maupun majalah. Berbeda dengan berita, teks artikel sebagian besar tidak terkait antara isi tulisan dengan sumber berita sehingga informasi yang ada dalam teks artikel tak akan basi.

Berdasarkan penjelasan yang ada di kamus besar bahasa Indonesia, kata artikel mempunyai arti atau pengertian sebagai suatu karya tulis yang lengkap. Misalnya sebagai contoh artikel yaitu laporan berita atau bisa juga esai yang ada di dalam majalah maupun surat kabar dan lainnya.


Arikel Ilmiah dan Artikel Non Ilmiah


Mengutip dari sebuah buku berjudul Teknik Penulisan Berita, Feature dan Artikel, oleh penulis Prof. Drs. M. Atar Semi. Beliau menerangkan dalam buku tersebut bahwa artikel memiliki dua jenis, yang terdiri dari artikel ilmiah dan artikel non-ilmiah.


1. Artikel Non-ilmiah


Artikel non-ilmiah dapat kita artikan sebagai sebuah tulisan tentang bagaimana pandangan mengenai sesuatu yang lahir sebagai bentuk ekspresi dan kreativitas dari penulis. 

Maka dari itu, artikel non ilmiah ini memiliki tujuan yaitu untuk menghibur dan juga menumbuhkan daya imajinasi pembaca. Karena biasanya, artikel non ilmiah ini memang kita tulis dari pendapat pribadi atau pun hasil wawancara kepada responden yang siifatnya subjektif. 

Dalam segi kepenulisan, artikel non ilmiah ini tetap mematuhi sumber acuan untuk penulisan artikel pada umumnya, meskipun pengulasan data tidak sama dengan artikel ilmiah.


2. Artikel Ilmiah


Sedangkan untuk artikel ilmiah ialah tulisan yang berisi informasi faktual dan juga  objektif yang bisa kita gunakan untuk melakukan tindakan atau pegangan, dan bahan perbandingan, bahkan juga untuk menambah pengetahuan kita.

Artikel ilmiah ialah sebuah karya ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan kita tulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Contoh artikel ilmiah dapat kita tulis dengan mengikuti kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang benar.

Penulisan artikel ilmiah ini biasanya kita gunakan untuk menjadi sebuah referensi baru, bisa juga kita kaji secara ulang, dan didiskusikan lagi, baik secara lisan maupun dengan tertulis.

Artikel ilmiah juga termasuk bentuk tulisan yang berisi laporan sistematis mengenai hasil suatu kajian atau hasil dari penelitian yang penulis sajikan dengan jenis ilmiah tertentu. Artikel ilmiah adalah bagian dari karya ilmiah yang menyajikan fakta umum dan tertulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. 

Bahasa penulisan artikel ilmiah adalah bahasa yang konkret, gaya bahasa formal, teknis, dan dukungan fakta umum. Untuk menulis artikel ilmiah juga perlu memperhatikan tata cara penulisan dan contoh artikel ilmiah yang baik dan benar.

Berikut ini terdapat beberapa tata cara penulisan artikel ilmiah yang perlu kita perhatikan urutan babnya, yakni:


1. Judul artikel.

2. Nama penulis.

3. Abstrak dan kata kunci.

4. Pendahuluan.

5. Metode penelitian.

6. Hasil penelitian.

7. Pembahasan.

8. Kesimpulan dan saran.

9. Pernyataan ucapan terimakasih

10. Daftar pustaka.


Ciri-Ciri Teks Artikel


Dalam contoh artikel nantinya akan kita temukan ciri-ciri khusus artikel. Di bawah ini merupakan ciri-ciri penulisan teks artikel yang diringkas ke dalam 5 ciri, yaitu:

1. Dibuat secara ringkas, padat, dan jelas, tujuannya agar pembaca mudah memahami isinya

2. Terdapat fakta maupun opini yang disampaikan secara objektif dan dilengkapi data-data yang valid sebagai pendukung

3. Penggunaan bahasa formal maupun tidak formal, tergantung dari tiap-tiap penulis

4. Metode penulisan artikel dibuat secara sistematis

5. Bersifat faktual dan informatif. Memaparkan informasi dasarnya dari hasil penelitian yang kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan


Bagaimana Langkah-Langkah Menulis Artikel?


Pahamilah terlebih dahulu langkah-langkah penyusunannya sebelum menulis artikel. 

Berdasarkan kutipan dari buku Teknik Penulisan Berita, Feature, dan Artikel, karya dari Prof. Drs. M. Atar Semi, beliau menuliskan ada 10 langkah yang perlu kita lakukan sebelum menulis teks artikel.

1. Mulailah memilih topik atau gagasan.

2. Anda perlu mengetahui dan memahami pembaca.

3. Pelajarilah segi teknis penerbitan.

4. Mulailah menulis dengan outline.

5. Buatlah tulisan dengan paragraf yang berbobot.

6. Gagasan pokok tersajikan secara eksplisit.

7. Berikanlah ilustrasi yang menarik dan baru agar menjadi artikel yang menarik.

8. Gunakanlah bahasa yang hidup.

9. Menutup tulisan artikel dengan paragraf yang kuat.

10. Kemudian sunting tulisannya dengan teliti.


Contoh Artikel 

Berikut ini kami berikan contoh artikel populer mengenai meditasi yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuat contoh artikel yang baik dan benar 

Manfaat Melakukan Meditasi

Meditasi ialah cara kita melatih dan memahami pikiran, perasaan, juga sensasi fisik sehingga kita bisa memahaminya lebih baik. Meditasi melatih untuk fokus kepada satu titik, di sana kita akan mendapatkan petunjuk atau jawaban dari apa yang kita pertanyakan, serta energi positif yang dapat membantu kontrol emosi.

Tujuan dari meditasi adalah meningkatkan kesadaran, mengendalikan pernapasan, mengakibatkan terjadinya relaksasi lalu menenangkan, memfokuskan kesadaran pada sesuatu yang sedang dilakukan, melepas semua beban negatif juga menjadi rileks.

Kutipan dari alodokter.com ada banyak manfaat meditasi yang perlu Anda ketahui, antara lain adalah:

1. Mengelola Stress

Ketika keadaan menjadi sulit pasti pikiran menjadi terganggu. Pikiran yang terganggu tidak menutup kemungkinan Anda akan stres karena terus-menerus memikirkannya tanpa menghadapinya. Kemudian jika sudah stress, tanpa Anda sadari maka aktivitas lainnya akan terganggu. 

Maka dari itu stres perlu kita kelola, melalui meditasi ini adalah salah satu cara yang tepat untuk mengelola stress. Teknik yang bisa kita coba yaitu meditasi kesadaran (mindfulness meditation) karena dapat menurunkan kadar hormon kortisol ketika merasa tertekan atau stres. 

2. Mengatasi gangguan kecemasan dan depresi

Rutin melakukan meditasi dapat mengurangi kadar sitokin yang terlepas sebagai respons terhadap stress. 

3. Mengendalikan emosi

Jika merasa tidak bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor di tempat yang ramai, bisa jadi Anda tidak memiliki kontrol emosi yang baik. Melakukan meditasi dapat meredakan gangguan kecemasan, menjadi lebih tenang, merasa bahagia, dan berpikir positif, serta bisa meningkatkan kinerja otak.

4. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata stres berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga menyebabkan kerja jantung meningkat. Kondisi seperti itu bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung. Bermeditasi mampu membuat lebih rileks dan tidak mudah stres sehingga tekanan darah akan tetap stabil.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin melakukan meditasi dapat mengalami peningkatan antibodi atau zat pembentuk kekebalan tubuh. Rutin bermeditasi juga dapat membantu menangkal penyakit dan infeksi.


Contoh Artikel Singkat tentang Lingkungan


Contoh Artikel Yang Baik Dan Benar
sumber: criarcomo.blogspot.com