Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Alat Musik Ritmis Lengkap

Lompo.info - Contoh Alat Musik Ritmis - Alat musik merupakan alat yang dapat mengeluarkan suara ketika Anda memukul, memetik dan meniupnya. Bahkan jenis alat musik sangat beragam terutama di Indonesia, seperti beberapa contoh alat musik ritmis tradisional hingga modern sebagai salah satu jenis yang masih populer.


Contoh Alat Musik Ritmis
Contoh Alat Musik Ritmis



Sebenarnya tanah air memiliki beragam jenis alat musik tradisional yang masih orang-orang rawat dan pergunakan hingga sekarang. Hal tersebut bertujuan agar anak-anak para penerus bangsa mengenal budaya dan alat musik tradisional yang sering orang gunakan sejak dulu.

7 Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional

Perlu Anda ketahui alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada tetapi bisa menghasilkan irama. Meskipun begitu, alat musik ritmis memiliki peran yang cukup penting termasuk berbagai alat musik ritmis tradisional.

1. Kendang 

Siapa yang tidak mengenal kendang? Tentu sudah banyak orang yang pernah melihat atau menggunakan alat musik kendang. Kendang sendiri termasuk alat ritmis tradisional yang masih berguna hingga sekarang di berbagai pentas musik.

Sebagai contoh alat musik ritmis yang masih tersedia hingga sekarang, kendang memang cukup populer di masyarakat. Memiliki bentuk seperti tabung dan tertutup membran kulit pada kedua sisi yang bisa Anda pukul menggunakan tangan atau stick mallet.

2. Gong 

Alat musik ritmis tradisional yang tidak asing lagi adalah gong, biasanya ukuran gong ini termasuk paling besar ketimbang alat musik lainnya. Anda bisa menemukan gong ini dalam set gamelan atau saat ritual dan upacara oleh budaya tertentu.

Gong termasuk alat musik ritmis tradisional yang terbuat dari tembaga, semakin besar ukuran gong maka semakin panjang bunyinya. Cara membunyikan alat musik gong adalah dengan memukul menggunakan tongkat khusus agar mengeluarkan bunyi yang keras.

3. Bonang

Alat musik ritmis tradisional berikutnya adalah bonang, nama bonang sebenarnya sudah populer sejak dulu dan masih terpakai hingga sekarang. Meskipun begitu, tidak jarang masih banyak orang yang tidak mengenal alat musik ini hingga cara memainkannya.

Sebenarnya contoh alat musik ritmis tradisional satu ini tidak asing lagi bagi masyarakat yang sudah mengenal gamelan. Bentuk bonang seperti gong dengan ukuran kecil dan terbuat dari tembaga serta tongkat memukul bonang juga lebih kecil. 

4. Bedug

Tidak hanya gong yang memiliki ukuran besar, tetapi juga ada alat musik bedug yang termasuk alat musik ritmis tradisional. Keberadaan bedug mungkin lebih mudah Anda temukan di masjid-masjid tempat ibadah.

Akan tetapi, bedug sendiri sebenarnya tidak hanya berguna untuk di masjid saja melainkan juga termasuk alat set gamelan. Bentuk bedug hampir sama dengan kendang tetapi ukurannya jauh lebih besar dan tersedia tongkat besar untuk membunyikan bedug tersebut.

5. Rebana 

Apa saja macam alat musik ritmis? Tidak jarang pertanyaan tersebut kerap membuat orang-orang penasaran. Ada banyak contoh alat musik yang termasuk ritmis tradisional dan masih berfungsi hingga saat ini.

Rebana juga termasuk contoh alat musik ritmis tradisional yang masih populer hingga sekarang untuk mengiringi lagu Islami. Bentuk rebana seperti kendang tetapi lebih pendek 7cm dan cara memainkannya cukup dipukul dengan tangan.

6. Saron

Alat musik saron juga termasuk alat musik tradisional jenis ritmis yang bisa Anda jumpai dalam set gamelan. Alat musik saron sendiri memiliki bentuk yang unik karena terdapat tujuh barang perunggu yang terpada pada bingkai kayu resonansi.

Ada banyak macam alat musik yang unik dan menarik seperti alat musik saron satu ini yang tidak kalah dengan alat musik lainnya. Untuk membunyikan saron, Anda bisa menggunakan stick mallet seperti palu dan memukulnya pada saron

7. Tifa

Dan contoh ritmis tradisional lainnya juga ada tifa, mungkin nama tifa masih asing terdengar di telinga. Meskipun begitu, alat musik tifa sudah ada sejak dulu dan masih berfungsi hingga saat ini yang berbentuk seperti drum tetapi dengan satu kepala.

Contoh alat musik ritmis satu ini berasal dari Maluku dan termasuk sebagai alat musik perkusi pukul. Bentuk tifa hampir serupa dengan kendang, tetapi hanya bagian atas yang tertutup membran kulit dan bagian bawah terbuka.


7 Contoh Alat Musik Ritmis Modern

Mungkin Anda hanya mengetahui adanya alat musik ritmis tradisional saja, padahal juga ada alat musik ritmis modern. Sebenarnya alat musik ritmis modern tidak jauh berbeda dengan tradisional hanya saja bentuknya yang lebih kekinian.

1. Drum Set

Jenis alat musik ritmis modern yang pertama adalah drum set, alat musik satu ini sangat familiar di acara pentas musik. Meskipun sering menjumpai alat musik satu ini, namun tidak jarang banyak yang tidak tahu jika drum termasuk alat musik ritmis.

Drum set sendiri terdiri dari beberapa komponen yang masing-masing dapat mengeluarkan bunyi dengan memukulnya. Adapun alat untuk memukul drum set ini biasanya menggunakan stik drum, baik untuk drum akustik ataupun drum elektrik.

2. Triangle

Selain drum, triangle juga termasuk ke dalam contoh alat musik ritmis versi modern yang memiliki bentuk unik. Sama seperti namanya, alat musik ritmis satu ini berbentuk segitiga dengan sudut terbuka pada salah satu sisinya.

Alat musik triangle ini cukup berbeda dengan alat musik lainnya karena memiliki bentuk yang sederhana. Tidak hanya itu saja, cara memainkannya juga tergolong sederhana dengan memukul alat musik menggunakan stik kecil.

3. Tamborin

Macam alat musik ritmis modern saat ini sangat banyak dan mungkin sering Anda temui atau bahkan menggunakannya. Akan tetapi, beberapa alat musik hanya tersedia saat upacara atau ritual adat tertentu sehingga sakral.

Untuk jenis ritmis modern ada tamborin atau yang memiliki nama lain “krecekan" yang tidak kalah unik dari triangle. Tamborin berbentuk bingkai yang berisi beberapa pasang metal jingles yang akan berbunyi saat menggerakkannya dengan memukul ke tangan.

4. Octoban dan Timpani

Contoh alat musik ritmis lainnya ada juga octoban dan timpani, kedua alat musik ritmis ini memiliki bentuk yang berbeda. Meskipun begitu, masing-masing alat musik memiliki peran berbeda sesuai dengan keperluan.

Untuk alat musik octoban sendiri memiliki bentuk tabung panjang dan Anda bisa menjumpainya di drum set. Sedangkan timpani berbentuk mangkuk yang berperan sebagai instrumen musik dalam orkestra atau marching band.

5. Shaker dan Cymbal

Keanekaragaman alat musik tanah air tentu menjadi kekayaan tersendiri yang patut dijaga dan rawat sepanjang masa. Alat musik ritmis lainnya juga ada shaker yang merupakan alat musik berisi partikel kecil dan bisa berbunyi saat mengocoknya.

Bahkan juga ada alat musik cymbal yang termasuk dalam salah satu komponen pada drum set. Anda bisa memainkan cymbal dengan cara memukulnya menggunakan stik drum seirama dengan memukul komponen lainnya.

Sekian beberapa contoh alat musik ritmis mulai yang tradisional hingga jenis yang modern dan cara memainkannya yang unik. Dengan begitu, alat musik tradisional akan tetap ada dan masyarakat kenal meskipun banyak alat musik modern yang hadir.