--> Skip to main content

Gunung Tertinggi Di Indonesia

Gunung tertinggi di indonesia - Tidak hanya kaya akan laut dan pulau, Indonesia juga merupakan negara dengan jumlah gunung terbanyak. Setidaknya ada lebih dari 400 gunung yang terbentang di sepanjang wilayah Indonesia.  100 di antaranya bahkan merupakan gunung berapi aktif. Tak heran, kekayaan alam Indonesia menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan dari berbagai negara di dunia.

Gunung Tertinggi Di Indonesia
gunung tertinggi di indonesia


Dari ratusan gunung yang ada di Indonesia, bahkan ada yang menjulang hingga ketinggian hingga 4000 meter di atas permukaan laut (ke atas). Nyalakan bukunya Keajaiban Indonesia: 71 Keajaiban Indonesia (2013) Oleh Sugeng HR, ada dua jalur pegunungan utama yang menjadikan Indonesia pegunungan tinggi, yaitu Samudra Pasifik dan lingkungan Mediterania.


Jadi apa puncak gunung tertinggi di negara ini?  Agar tidak penasaran, berikut 10 gunung tertinggi di Indonesia


1. Gunung Puncak Jaya


Gunung tertinggi di Indonesia ada di Papua, artinya Gunung Puncak Jaya atau juga dikenal sebagai Jaya Wijaya.  Puncak Jaya adalah bagian dari Pegunungan Suderman di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.


Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut, sehingga dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia.  Saat ini, Gunong Jia juga telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.


Selain itu, gunung ini juga merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.  Salah satu hal yang menarik dari Puncak Jaya adalah gletser atau padang salju yang tidak terjamah oleh orang lain di Indonesia.  Salju di puncak gunung ini abadi atau selalu ada.


2. Puncak Gunung Mandela


Selain Puncak Jaya, Papua juga memiliki gunung lain yang menjulang tinggi, yaitu Gunung Puncak Mandala, di Kabupaten Bintang.


Dengan ketinggian 4.760 meter di atas permukaan laut, Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya.  Gunung Puncak Mandala merupakan rangkaian Pegunungan Jayawijaya.

Nama lain gunung ini adalah Juliana Top atau Puncak Juliana yang terkenal pada masa penjajahan Belanda.


Seperti Puncak Jaya, Puncak Mandala tertutup salju.  Namun karena pemanasan global, salju di Pancak Jia perlahan mulai menghilang.


3. Puncak Gunung Trikura


Pada derajat ketiga, gunung tertinggi di Indonesia pun masih berasal dari tanah Papua, yaitu Gunung Puncak Trikora.  Gunung ini terletak di Papua bagian barat pada ketinggian 4.750 meter di atas permukaan laut.


Gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti Hutan Montaigne, Hutan Ericaus dan Hutan Diprocerp Atas.  Titik awal untuk mendaki gunung ini adalah di kota Danny di Lembah Baliam Wamna.


4. Gunung Ngga Pilimsit

Pada masa penjajahan Belanda, gunung ini bernama Gunung Eidenburg.  Sekarang namanya Gunung Noga Filimmit. Gunung ini terletak di provinsi Papua di pegunungan Maok.  Ketinggiannya mencapai 4.717 meter di atas permukaan laut. 


5. Gunung Kerinci


Tidak hanya di Papua, pegunungan tinggi juga ada di wilayah lain di Indonesia.  Salah satunya adalah Gunung Crinchi yang terletak di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Jambi. Gunung Kerinci termasuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat.  Berbeda dengan tiga gunung di atas, Gunung Crinchi merupakan gunung berapi aktif. 

Dengan ketinggian mencapai 3.805 meter, gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Bagi yang ingin mendaki, jalur termudah untuk mendaki Gunung Krinci adalah melalui desa Krasik Tuo yang berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.


6. Gunung Rinjani


Gunung Rijani terletak di utara provinsi Lombok, sebelah barat Nusa Tangra.  Gunung ini juga menjadi gunung favorit bagi para pendaki gunung karena keindahan panorama alamnya. Seperti Gunung Crinchi, Gunung Rijani adalah gunung berapi aktif.  Terakhir meletus pada 2009-2010.


Di ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, Gunung Rijani memiliki danau kawah biru yang menjadi daya tarik wisata.  Danau ini berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dengan nama Segara Anak. Untuk mendaki gunung ini, pendaki biasanya diarahkan ke jalur jerat yang lebih mudah.


7. Gunung Semeru

Berikutnya adalah Gunung Semeru.  Gunung ini terletak di Jawa bagian timur, memanjang persis di dua provinsi, yaitu Malang dan Lumjang. Gunung Semeru merupakan gunung berapi aktif yang baru saja meletus pada awal Desember 2021. Ketinggian Gunung Samaro mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut dan merupakan yang tertinggi di pulau Jawa.


Gunung ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.  Puncak Gunung Semeru dikenal sebagai Mahameru dan memiliki kawah yang disebut Jonggring Saloko. Gunung Samaro juga menjadi objek wisata favorit di Jawa Timur.  Rute termudah untuk ditempuh adalah di Tumpang, Kabupaten Malang.  Di sekitar gunung ini terdapat hutan pinus, hutan pinus, Danau Rano Combo dan perbukitan yang ditumbuhi bunga edelweis.


8. Gunung Sanggar


Gunung Sanggar merupakan gunung tertinggi kedua di NTB.  Ketinggiannya mencapai 3.564 meter di atas permukaan laut.  Gunung ini masih berada di jajaran pegunungan Rinjani dengan keindahan alam yang masih terjaga.  Belum banyak orang yang mencapai gunung.



9. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Provinsi Enrekang.  Dengan ketinggian hingga 3.478 meter di atas permukaan laut, Latimojong merupakan gunung tertinggi di Sulawesi.  Gunung Timojong memiliki puncak yang dikenal sebagai Rante Mario.


10. Gunung Slamet


Setelah Gunung Semaru, gunung tertinggi kedua di pulau Jawa adalah Gunung Slamet.  Gunung ini terletak di Provinsi Jawa Tengah dan melintasi 5 kabupaten yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Pemalang.


Gunung Salemet mencapai 3.428 meter di atas permukaan laut dan juga memiliki kawah yang aktif hingga saat ini. Mendaki gunung ini ada banyak kabut tebal sehingga beberapa pendaki mengalami kesulitan.  Selain itu, di kaki gunung juga banyak terdapat kawasan wisata salah satunya Wisata Baturaden.


Salam Lompo


cool hit counter