--> Skip to main content

Contoh Makalah Beserta Struktur Penulisannya

Lompo.info - Contoh makalah  Ini adalah sesuatu yang siswa cari cukup sering.  Apalagi penyusunan karya tulis ilmiah dalam bentuk artikel sudah menjadi bagian dari kehidupan kampus mahasiswa sebagai tugas kuliah. pada prinsipnya, makalah Adalah karya tulis ilmiah yang dibuat untuk menghasilkan suatu gagasan tentang suatu masalah tertentu.

Contoh Makalah Beserta Struktur Penulisannya
Contoh Makalah Beserta Struktur Penulisannya


Pengertian Makalah


Menurut salah satu tokoh sastra Indonesia, WJS Poerwadarminta, makalah Merupakan uraian tertulis yang dimunculkan dalam rangka pembahasan lain yang berkaitan dengan masalah.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah Adalah tulisan resmi tentang suatu subjek yang dimaksudkan untuk dibaca publik di pengadilan dan yang biasanya disiapkan untuk publikasi.


Selain itu, KBBI juga mendefinisikan makalah Sebagai artikel mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau kuliah.


Struktur Makalah


Sebagai karya ilmiah, penyusunan sebuah artikel tentunya harus mengikuti struktur dan aturan tertentu.  Selain itu, harus ada isu yang menjadi isu yang akan dibahas di surat kabar.


Anda dapat mengurutkan struktur makalah sebagai berikut:


Sampul Makalah/ Cover


Berisi identitas penulis, logo, tempat dan tahun terbit.  Penulisan biasanya menggunakan bagian tengah (center).


Kata Pengantar


Berisi ucapan selamat atau terima kasih dan terima kasih kepada pihak-pihak yang berkontribusi dalam penulisan surat kabar.


Daftar Isi


Memuat informasi tentang halaman dan judul/subtitle pada halaman tertentu.


Bab I: Pendahuluan


Bab 1 ini biasanya terdiri dari tiga subjudul, yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.  Latar berisi data atau fakta yang berkaitan dengan suatu masalah yang akan dibahas dalam artikel.  Kata-kata masalah berisi pertanyaan yang akan dijawab dalam artikel.  Sedangkan tujuan mengandung manfaat karya tulis.


Bab II: Pembahasan

Bab ini berisi uraian utama dari masalah yang dibahas dalam artikel yang diadaptasi untuk Bab I. Bab ini biasanya mencakup landasan teori untuk pemecahan masalah.


Bab III: Penutup


Bab penutup biasanya berisi kesimpulan dan saran dari permasalahan yang dibahas pada bagian pembahasan.


Daftar Pustaka


Berisi referensi yang digunakan sebagai sumber atau bahan penelitian dalam penulisan artikel.  Referensi dapat berupa jurnal, buku atau data dan fakta valid lainnya.


Lampiran


Berisi semua gambar/gambar/grafik atau data yang mendukung pembuatan makalah.


Contoh Makalah


Contoh Cover Makalah


***


MAKALAH PENGANTAR SOSIAL


“DINAMIKA MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN”


(Logo Universitas)


Disusun oleh:


Fakultas


UNIVERSITAS


(Tahun)




Contoh Kata Pengantar Makalah



Kata Pengantar


Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya sehingga tulisan ini dapat dipusatkan dengan judul “Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan”.  Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi baik materi maupun pemikiran.


Penyusunan artikel ini bertujuan untuk memenuhi nilai tugas dalam mata kuliah pengantar antropologi.  Selain itu, tujuan dari artikel ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca.


Karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman, kami yakin masih banyak kekurangan dalam artikel ini.  Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi keutuhan artikel ini.


Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.


(Tempat), (Tanggal, bulan, dan tahun)


(Tanda tangan)


Penyusun




Contoh Daftar Isi Makalah




Daftar Isi


Kata Pengantar…………………………………………………………………(Halaman)


Daftar Isi…………………………………………………………………………….(Halaman)


BAB 1 PENDAHULUAN………………………………………………….(Halaman)


1.1 Latar Belakang…………………………………………………………….(Halaman)


1.2 Rumusan Masalah……………………………………………………..(Halaman)


1.3 Tujuan……………………………………………………………………………(Halaman)


BAB 2 PEMBAHASAN……………………………………………………(Halaman)


2.1 Pengertian Dinamika ……………………………………………………… (halaman)


2.2 Definisi perusahaan (. (Halaman)


2.3 Mendefinisikan Budaya ………………………………………………… (Halaman)


2.4 Memahami Dinamika Masyarakat dan Budaya ……………… (Halaman)


2.5 Persepsi Spesifik Mengenai Masyarakat yang Berubah ………………… .. (Halaman)


2.6 Contoh persepsi khusus tentang perubahan masyarakat dan budaya ……………………………………………………………………………………………………… ……… ……… … ………………… (Halaman)


BAB 3 PENUTUP………………………………………………………………….(Halaman)


3.1 Kesimpulan……………………………………………………………………. (Halaman)


Daftar Pustaka………………………………………………………………………(Halaman)


Contoh Bab I: Pendahuluan


BAB 1


PENDAHULUAN


Latar Belakang


Kebudayaan adalah keseluruhan cara hidup manusia.  Manusia memiliki salah satu ciri paling mendasar dari perubahan atau melakukan perubahan.  Perubahan tersebut tentunya mempengaruhi gaya hidup manusia dan masyarakat sekitarnya sehingga terjadi perubahan budaya atau yang disebut dengan dinamika budaya.  Dinamika kebudayaan merupakan suatu hal yang unik dan telah menarik perhatian para antropolog.  Para ahli melakukan banyak penelitian hingga lahir konsep-konsep dinamika budaya


Rumusan Masalah


Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dapat dirumuskan suatu topik yang disusun dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut:


Apa yang dimaksud dengan dinamika?

Apa yang dimaksud dengan masyarakat?

Apa yang dimaksud dengan budaya?

Apa yang dimaksud dengan dinamika masyarakat dan budaya secara umum?

Apa persepsi spesifik tentang perubahan masyarakat dan budaya?

Apa saja contoh dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan persepsi tersebut?


Tujuan


Tujuan dari artikel ini adalah sebagai berikut:


Isikan nilai tugas mata kuliah pengantar antropologi.

Menambah wawasan tentang dinamika masyarakat dan budaya.

Biasakan diri Anda dengan konsep perubahan masyarakat dan budaya.

Cari tahu contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang perubahan dalam masyarakat dan budaya.


Contoh Bab II: Pembahasan


BAB 2


PEMBAHASAN


Pengertian Dinamika


Dinamika adalah sesuatu yang memiliki arti kekuasaan, selalu bergerak, berkembang dan dapat menyesuaikan diri secara memadai dengan keadaan.  Dinamika juga berarti interaksi dan saling ketergantungan antara anggota kelompok dan kelompok secara keseluruhan.  Keadaan ini dapat terjadi karena selama ada kelompok maka semangat kelompok tersebut selalu ada dalam kelompok, sehingga kelompok bersifat dinamis, artinya sewaktu-waktu kelompok yang bersangkutan dapat berubah.


Pengertian Masyarakat


Perusahaan (sebagai terjemahan dari istilah perusahaan) adalah sekelompok orang yang membuat sistem semi-tertutup (atau semi-terbuka), di mana sebagian besar interaksi adalah antara individu dalam kelompok.  Kata “masyarakat” berasal dari kata Arab, musirak.  Lebih abstrak, masyarakat adalah jaringan hubungan antar entitas.  Masyarakat merupakan komunitas yang saling bergantung (interdependen).  Umumnya, istilah komunitas digunakan untuk merujuk pada sekelompok orang yang hidup bersama dalam komunitas yang terorganisir.


Pengertian Kebudayaan


Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa dan karsa manusia yang biasa disebut dengan karya dalam memenuhi kebutuhan hidup.


Kebudayaan juga dapat diartikan sebagai keseluruhan sistem, gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.


Contoh Bab III: Penutup


BAB III


PENUTUP


Kesimpulan


Dinamika masyarakat dan budaya adalah pergerakan atau peralihan budaya (termasuk pengetahuan, ide dan gagasan) atau kebiasaan orang membicarakan hal-hal lama ke hal-hal baru.


Internalisasi adalah proses yang panjang sejak seseorang dilahirkan sampai hampir mati, di mana ia belajar untuk menanamkan dalam kepribadiannya semua perasaan keinginan, nafsu dan emosi yang dia butuhkan sepanjang hidupnya.


Sosialisasi membawa kehidupan menjadi makhluk baru;  Bayi/lingkungan baru, proses sosialisasi ditentukan oleh struktur budaya dan sosial yang bersangkutan

demikian artikel ini salam lompo


Newest Post
cool hit counter