--> Skip to main content

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar - dimulai dari awal dan diakhiri dengan salam. Gunakan bahasa dan ulasan standar untuk menghindari kesalahan ketik. Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Berisi informasi penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Oleh karena itu surat lamaran kerja harus disiapkan dengan benar dan akurat. Isi surat lamaran kerja dirancang dengan jelas dengan bahasa baku yang detail dan tidak berlebihan. 


Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar


Penting untuk menggambarkan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda sesuai dengan kebutuhan dan deskripsi pekerjaan Anda. Dengan surat lamaran kerja Anda memiliki kesempatan untuk mengungkapkan pengetahuan dan keterampilan Anda sehingga bos tertarik. 


Cara membuat surat lamaran kerja 


Cara membuat surat lamaran kerja dengan komponen sebagai berikut.

1. Alamat pengirim. Nama Alamat Nomor Telepon dan silahkan anda berikan alamat pengirim email akan ditampilkan di kanan atas pada surat lamaran pekerjaan anda. 

2. silahkan anda  tulisakan tempat di mana tanggal penulisan dibuat dan juga tulis sesuai dengan surat, Misalnya Jakarta 23 Desember 2021. 

3. Silahkan anda tulis nama orang di perusahaan target dan silahkan anda cantumkan alamat lengkap perusahaan dan nama orangnya dan silahkan anda berikan tambahkan HRD PT jika tidak ada yang namanya 

4. Silahkan anda tuliskan salam pembuka dan juga silahkan anda berikan kalimat dengan hormat di awal kalimat 

5. paragraf pembuka, nah disini anda bisa menjelaskan tentang di mana Anda dapat menemukan informasi tentang lowongan tersebut 

6. Paragraf kedua, silahkan berikan bagian ini Anda menjelaskan tujuan dari visi hal-hal yang mendukung kepentingan perusahaan. Jelaskan hubungan antara keterampilan dan deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan. 

7. Paragraf terakhir. Terima kasih dan berharap perusahaan akan mempertimbangkan lamaran pekerjaan. 

8. Salam penutup, silahkan anda gunakan salam yang sopan berikut contohnya: Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih

9. Gunakan sapaan yang sopan. Terima kasih atas perhatian Anda pada contoh. Tanda tangan Nama lengkap.


Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik


Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mengutip sebuah buku selama 15 menit untuk membuat surat pengantar yang efektif. Simak tips surat lamaran kerja yang menarik berikut ini. 

1. Tunjukkan identitas Anda dengan cara yang menarik. Menulis surat lamaran kerja dapat mengubah kinerja dan kemampuan Anda. Namun pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan tidak arogan. 

2. Menulis surat lamaran kerja yang menarik yang menyatakan minat pada suatu bidang yang berhubungan dengan deskripsi pekerjaan yang menarik. Akibatnya perusahaan lebih tertarik untuk memahami kandidat pekerjaan. 

3. Diskusi Kualifikasi Kinerja dan pengalaman memainkan peran penting dalam pencarian kerja. Sebutkan hasil dan pengalaman yang relevan sebagai bukti pendukung. Jika Anda bekerja di bidang penjualan jelaskan juga tujuan yang telah Anda capai seperti tujuan penjualan. 

4. Gunakan singkatan dan singkatan yang baku Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting. Kesalahan bahasa dapat mengurangi nilai surat pengantar. Jadi pastikan untuk menggunakan bahasa standar yang komprehensif dan padat. Pastikan tidak ada kesalahan ketik

5. Kalimat yang benar, kalimat yang berulang Hindari kalimat yang salah seperti salah ejaan atau salah tata bahasa. Jangan mengulang atau memperpanjang kalimat karena dapat membingungkan pembaca. 

6. Tujuan dan dasar lamara, jelaskan tujuan dan dasar lamaran untuk menyenangkan perusahaan. Sehingga perusahaan dapat mengukur seberapa besar komitmen dan kemitraan yang akan dimiliki. 

7. Kerapian, silahkan anda menggunakan huruf yang jelas mudah dibaca dan tidak terlalu besar. Surat lamaran biasanya menggunakan font Times New Roman ukuran 12 poin. Atur benda-benda dengan bagian penghubung kiri dan kanan. Jangan terlalu banyak kalimat dalam satu paragraf. Jaga agar proses tetap konsisten dan mudah dimengerti.


Contoh Surat Lamaran Kerja


inilah contoh surat lamaran kerja yang bisa menjadi acuan ataupun referensi untuk teman teman yang ingin melamar pekerjaan.

                                                       (silahkan anda tulis yaitu Nama Kota, Tanggal dan juga Bulan Tahun)

Kepada Yth. 
Nama Perusahaan misal pt ayam
Alamat Perusahaan misalnya jalan raya apa
 
Dengan hormat,
 
Saya yang bertandatangan di bawah ini, 
1. Nama Lengkap: abd asis hs
2. Tempat Tanggal Lahir: makassar 27 january 1991
3. Jenis Kelamin: laki laki
4. Pendidikan Terakhir: sma

Bersama surat lamaran kerja ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan Bapak/Ibu sebagai (contoh Posisi yang Dilamar). 

Sebagai alat ataupun bahan pertimbangan, saya akan lampirkan dokumen lengkap dibawah ini sebagai berikut 

1. Daftar Riwayat Hidup, 
2. Fotokopi Ijazah,
3. Fotokopi Transkrip Nilai, ini adalah ijazah terakhir
4. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja (dimana anda sebelumnya bekerja)
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6. Pas foto 3x4 terbaru. 

Demikianla surat lamaran pekerjaan ini saya tuliskan dan juga besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak/Ibu, Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih, Hormat saya, (Silahkan anda tulis nama lengkap)

Demikian salam lompo




cool hit counter