--> Skip to main content

Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar - Saat tengah melakukan penyusunan sebuah makalah, proposal ataupun buku, Anda pasti juga disibukan dengan pencarian contoh kata pengantar yang tepat. Meskipun terdengar sepele, faktanya bagian ini sangat penting dan harus ada dalam setiap karya tulis.

contoh kata pengantar


contoh kata pengantar


Pengertian Kata Pengantar

Pada bagian awal halaman sebuah karya tulis apapun, Anda pasti akan menemukan kata pengantar di sana. Tahukah mengapa harus ada dan terletak di depan? Anggap saja ini merupakan kata pembuka selayaknya surat cinta yang membuat tulisan menjadi lebih manis dan menarik.

Selain ungkapan-ungkapan tersebut, tujuan utama pemberian kata pengantar di awal karya tulis adalah, untuk memberitahu pembaca jika penulis telah melalui banyak hal. Bahkan dalam penyusunannya pun pasti telah melibatkan banyak pihak.

Arti Kata Pengantar Menurut KBBI

Definis kata pengantar sendiri sebenarnya merupakan sebuah paragraf pembuka yang biasa diletakkan di halaman awal. Keberadannya tentu sangat penting dan dalam penyusunan setiap karya tulis diharuskan ada.

Sedangkan menurut KBBI sendiri terdapat versi pengertian, yakni berdasarkan penggalan suku katanya. Di antaranya terdiri dari kata dasar yaitu “kata dan pengantar atau antar”. Artinya merupakan sebuah nomina dengan makna pembimbing, orang atau alat pengantar.

Sedangkan menurut pandangan umumnya adalah pendahuluan. Jadi dari sini dapat disimpulkan bahwa kata pengantar adalah, untaian kalimat berisikan ungkapan pembuka serta gambaran umum suatu karya tulis dengan singkat, padat dan jelas.

Seberapa Pentingkah Adanya Kata Pengantar ini?

Mungkin banyak yang bertanya apakah sebegitu pentingnya kehadiran sebuah kata pengantar dalam tiap karya tulis. Apalagi isinya juga cenderung sama saja. Jawabannya sangalah penting karena paragraf pembuka ini berguna untuk sapaan dan wujud rasa syukur telah berhasil menyusun tulisan.

1.      Pengantar Kepada Pembaca

Seperti yang telah dijelaskan bahwa kata pengantar memiliki fungsi khusus untuk setiap tulisan. Kehadirannya meskipun jarang dianggap tetapi sangatlah penting. Salah satunya ialah sebagai media untuk mengantarkan pembaca kepada isi dari karya tulis tersebut.

Sebab, dalam kata pengantar nantinya juga akan dicantumkan mengenai judul dan sedikit uraian. Salah satunya yaitu mengenai pihak yang terlibat hingga tantangan dalam menyelesaikan tulisan. Dari sini para pembaca bisa sedikit memperoleh gambaran tentang karakter si penulis di dunia nyata.

2.      Wujud Rasa Syukur

Penulis pasti menyadari bahwa dalam menyelesaikan karya tentu tidak bisa tanpa adanya campur tangan orang lain. Baik sebagai inspirasi atau mungkin hanya mendukung dengan membuatkan kopi tatkala begadang menyelesaikan tulisannya.

Jadi, dalam kata pengantar ini Anda juga akan menemukan beragam ucapan rasa syukur hingga terimakasih kepada para pihak yang terlibat. Selain itu, tentunya kepada Tuhan yang telah melancarkan segala prosesi hingga menjadi satu karya utuh.

3.      Media Persuasif

Percaya atau tidak bahwa secara tidak langsung kata pengantar berfungsi sebagai media persuasif kepada para pembaca. Yakni untuk mempengaruhi supaya yang membaca tertarik dan penasaran dengan isi dari karya tulis tersebut.

Hal tersebut lantaran pada kata pengantar akan dicantumkan sedikit mengenai gambaran umum dari isi tulisan. Mungkin istilah mudahnya adalah “spoiler”.

4.      Profesionalitas

Memang sudah menjadi ketetapan umum jika kata pengantar wajib ada dalam setiap karya tulis apapun. Tidak hanya yang berbau ilmiah, buku-buku sastra pun tentu memiliki paragraf pembuka seperti itu.

Sebab, kata pengantar selain memiliki fungsi di atas, ia juga sebagai wujud kredibilitas dan profesionalitas dari karya tulis tersebut. Bahkan bisa jadi keberadaan dari paragraf ini juga bentuk penghargaan untuk si penulis itu sendiri.

Mengenal Struktur Umum dari Kata Pengantar

Selayaknya bentuk tulisan lainnya, kata pengantar pun memiliki struktur baku yang telah ditetapkan dengan jelas. Secara umum ada tiga penyusun yang pasti ada pada paragraf tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:

1.      Pembuka

Bagian pertama dari kata pengantar seperti bentuk tulisan lainnya, yaitu adanya paragraf pembuka. Lumrahnya, kalimat-kalimat tersebut akan berisi beragam ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa hingga setiap yang terlibat dalam penyusunannya.

Sedangkan banyaknya pembuka pada kata pengantar ada dua paragraf. Kemudian setiap ucapan rasa syukur dan terimakasih yang disampaikan juga memiliki urutan. Hal ini tergantung dari seberapa besar pengaruhnya terhadap karya tulis tersebut.

2.      Isi Kata Pengantar

Mungkin jika dalam film atau serial drama, bagian isi dalam kata pengantar ini seperti triller yang memberikan spoiler pada pemirsa. Dalam paragraf ini pun biasanya penulis akan mencantumkan sedikit tentang isi karya tulisnya dimulai dengan judul.

Hanya saja perlu diingat, bahwa pembahasannya sedikit saja dan tidak usah terlalu detail. Hal yang terpenting yakni makna dan maksudnya tersampaikan, serta cukup membuat pembaca penasaran karena memiliki sedikit gambaran.

3.      Penutup

Sebuah paragraf atau karya tulis apapun tidak akan lengkap tanpa adanya penutup, karena akan terasa digantungkan dan tidak nyaman dibaca. Begitu pula dengan kata pengantar ini. Biasanya yang dicantumkan berupa harapan penulis, kekurangan, permohonan maaf hingga ucapan terimakasih.

Penulisan penutup ini secara umum penulis akan menyampaikan secara tersirat maupun tersurat. Dengan begitu, harapan serta potensi yang akan diperoleh setelah membaca karya tulis tersebut. Sedangkan permohonan maaf mungkin untuk menghindari jika terjadi kesalahpahaman dengan isi tulisan tersebut.

Jangan Tulis Ini Dalam Kata Pengantar!

Mungkin bagian kata pengantar ini terdengar sepele bagi sebagian orang hingga dalam penyusunannya pun terkesan acak-acakan dan yang penting jadi. Padahal hal ini cukup penting apalagi terkait kredibilitas dan profesionalisme si penulis.

Secara tidak langsung hal ini juga akan membangun personal branding untuk penulis bahwa mereka totalitas dan serius dalam menyelesaikan karya tulisnya. Sayangnya, sebagian orang kerap kali memasukkan kata-kata tidak perlu lantaran kurang memperhatikan.

1.      Terlelu Berbelit-belit

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kata pengantar berfungsi sebagai pembuka atau pendahuluan sebelum memasuki bacaan utamanya. Untuk itu dalam penulisannya tidak perlu terlalu panjang dan yang penting maksud utama tersampaikan dengan baik.

Cukup sampaikan kata pengantar dengan kalimat yang jelas, padat dan singkat. Jika terlalu berbelit-belit dan susah untuk mudah dipahami, maka pembaca akan mudah bosan dan tidak mau melanjutkan bacaannya.

2.      Ucapan Terimakasih Berlebihan

Mungkin memang benar jika dalam setiap proses pembuatan karya tulis banyak menemui beragam rintangan sulit. Hingga akhirnya para penulis merasa sangat bersyukur dan berterimakasih pada banya orang.

Secara tidak sadar bahkan menuliskan terlalu banyak nama di bagian kata pengantar. Padahal hal tersebut tidak perlu dilakukan. Cukup mencantumkan nama yang berkontribusi paling besar dan barulah perwakilan di antara mereka.

3.      Bahasa Informal

Perlu diingat bahwa kata pengantar masih menjadi bagian dari sebuah karya tulis. Terlebih paragraf ini berguna sebagai ungkapan rasa syukur dan terimakasih kepada setiap pihak yang terlibat. Untuk itu sebisa mungkin tetap menggunakan bahasa formal.

Meskipun banyak ditemui yang menuliskannya dengan gaya bahasa casual dan infomal, tetapi tetap jangan melupakan penggunaan bahasa formal. Sebenarnya sah-sah saja, namun tulisan akan terkesan profesional dan baik tatkala masih dalam kaidah bahasa baku.

Tips Membuat Kata Pengantar


Mungkin untuk sebagian orang pembuatan kata pengantar terdengar sepele, bahkan tidak jarang hanya tinggal copy paste dari karya-karya sebelumnya. Padahal seharusnya hal seperti ini dapat dibuat sendiri dengan mudah dan benar tentunya.

Untuk itu, supaya lebih mudah dalam menuliskan sebuah kata pengantar sebaiknya memperhatikan beberapa tips, di antaranya adalah tidak menulis kalimat yang berbelit-belit. Artinya usahakan menggunakan bahasa baku, sederhana dan padat makna.

Kemudian bagian terpenting yang sering terlupakan adalah mengucapkan terimakasih kepada terlalu banyak orang. Padahal hal ini cukup mengganggu dan tidak perlu terlalu detail. Penulisan bagian ini cukup pihak yang paling terlibat dan juga perwakilannya.



Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Dalam penulisan halaman pengantar ini tetap tidak lepas dari struktur utamanya. Diawali dengan pembukaan yang berisi ucapan syukur kemudian isi dengan ungkapan terimakasih dan terakhir adalah penutup. Supaya lebih mudah, berikut ini beberapa contoh kata pengantar yang baik:

1.      Contoh Kata Pengantar Makalah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya. Tak lupa ucapan syukur karena kemudahan-Nya sehingga bisa menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Tanpa pertolongan dan kasih sayang-Nya tentu mustahil untuk merampungkannya.

Shalawat serta salam juga tak lupa senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW sehingga bisa menantikan syafaatnya di akhirat kelak. Alhamdulillah hingga saat ini penulis diberikan limpahan nikmat sehat baik secara fisik maupun akal pikiran sehingga mampu menyelesaikan makalah dengan judul “Pengaruh Penggunaan Bahasa Sarkasme di Dunia Maya”.

Tak lupa penulis juga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat, baik secara jasa maupun materi. Terlebih kepada bapak dan ibu guru/dosen serta kedua orang tua. Tanpa mereka makalah ini pun jauh dari kata selesai.

Tentu sejauh ini penulis juga menyadari jika masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna untuk makalah ini. Untuk itu, kritik dan saran akan sangat membantu Kami dalam segala hal. Harapan Kami semoga karya tulis ini bisa menjadi inspirasi maupun tambahan wawasan bagi para pembaca.

Demikian yang dapat penulis sampaikan. Semoga apa yang tertuang di sini bisa menjadi manfaat bagi banyak orang.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kediri, 03 Agustus 2020

Penyusun

2.      Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT karena telah memberikan rahmat serta inayah-Nya sehingga Kami diberikan kesabaran dan ketekunan dalam menyelesaikan skripsi yang berjudul “Anlisis Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar”. Tidak lupa shalawat dan salam penulis haturkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Ditulisnya skripsi ini dengan maksud sebagai prasyarat untuk memenuhi mata kuliah serta ketentuan kelulusan pada jenjang perkuliahan Strata 1 Universitas Negeri Malang. Tentu dalam setiap langkah penyusunan skripsi ini tak lepas dari bantuan berbagai pihak apalagi dalam membantu menhadapi setiap hambatan dan tantangan yang datang.

Dengan sepenuh hati penulis mengucapkan rasa sykur dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak terkait, yaitu:

1.      Kedua orang tua yang telah memberikan dorongan moral, doa dan juga material.

2.      Kepada dosen pembimbing yang telah membimbing dan memberikan banyak wawasan hingga terselesaikannya skripsi ini.

3.      Serta tidak lupa juga kepada semua pihak yang terlibat dalam penelitian dan dengan ikhlas dan sabar mau meluangkan waktunya,

Berdasarkan penyusunan skripsi ini tentu penulis menyadari jika masih banyak kekurangan yang ditemui. Entah itu dari segi kualitas maupun kuantitas yang disajikan dalam bentuk laporan ilmiah ini.

Akhir kata, penulis juga berharap semoga apa yang tertuang di sini bisa menjadi manfaat bagi orang lain kedepannya. Serta kepada semua pihak yang terlibat agar mendapatkan balasan setimpal di kemudian hari. Sekian dan terimakasih.

Malang, 03 Agustus 2020

Penyusun

4.      Contoh Kata Pengantar Laporan Magang


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah dan segala puji syukur Kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Hanya kepada-Nya tempat Kami mengucap syukur dan mengadu segala masalah hingga diberikan limpahan kasih sayang-Nya sehingga terselesaikannya laporan magang dengan tepat waktu yang berjudul “Kualitas Pelayanan Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) di Kabupaten Kediri”.

Tentu tak lupa ucapan syukur dan shalawat serta salam kepada junjungan nabi besar, Muhammad SAW karena syafa’atnya. Serta sebagai junjungan yang senantiasa memberikan petunjuk dan perlindungan kepada kebenaran. Penulis juga senantiasa berterimakasih kepada banyak pihak yang terkait dalam penyelesaian laporan magang ini.

Terutama kepada kedua orang tua yang telah memberikan dukungan moral dan do’anya. Terimakasih juga selalu penulis haturkan kepada perusahaan terkait sehingga terbantunya laporan magang ini sampai selesai.

Di samping itu, penulis juga menyadari jika masih terdapat banyak kekurangan sehingga jauh dari kata sempurna setiap data maupun tulisan yang dibuat. Oleh karena itu, Kami sangat terbuka apabila terdapat kritik maupun saran dari para pembaca. Tentu harapannya memperoleh kritikan yang membangun serta saran kostrukstif.

Demikian yang dapat penulis sampaikan. Semoga laporan magang ini suatu saat nanti bisa bermanfaat untuk para pembaca serta dapat menjadikannya inspirasi. Terimakasih.

Kediri, 03 Agustus 2020

Penyusun

5.      Contoh Kata Pengantar Buku

Pada tahun 2006 kabupaten Merangin melakukan pemantauan sehingga memperoleh pencapaian pada kegiatan pembanunan kesehatan. Pencapaian tersebut diungkapkan dalam bentuk laporan profil kesehatan 2007 yang memberikan data-data terkait informasi pencapaian Indonesia Sehat 2010 (IS 2010), Merangin Sehat 2008 dan juga Stadar pelayanan minimal.

Pada kesempatan kali ini Kami ucapkan segala puja puji dan rasa syukur yang tiada henti kehadirat Allah SWT karena telah melimpahkan kasih sayang dan nikmat-Nya sehingga bisa menyelesaikan buku ini. Sholawat serta salam juga senantiasa Kami lantunkan untuk nabi Muhammad SAW.

Tentu dalam penyusunan satu buku utuh ini menemui banyak rintangan dan masalah. Untuk itu, Kami mengucapkan beribu terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan telah memberikan dukungannya. Baik secara moral maupun materi. Selebihnya Kami ucapkan permohonan maaf karena tak bisa menyebutkan satu persatu pada pihak yang terlibat.

Buku yang berhasil Kami susuk ini tidak bisa dipungkiri jika masih memiliki banyak kekurangan di sana-sini. Untuk itu, jika berkenan Kami sangat menantikan kritik dan saran membangun dari para pembaca.

Dalam penyusunan buku ini pun Kami juga memiliki harapan besar pada setiap kata yang teruntai. Semoga apa yang tertuang di sini bisa menjadi amalan jariyah bagi penulis dan mampu memberikan pengetahuan baru untuk para pembaca.

Sekian dan terimakasih.

6.      Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur selalu terlimpahkan dan Kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Berkat-Nya Kami bisa merasakan nikmat dan hidayah-Nya sehingga bisa menyelesaikan penyusunan proposal penelitian dengan judul “Analisis penyakit obesitas yang menyerang siswa sekolah dasar negeri di kabupaten Yogayakarta” tepat waktu.

Penyusunan proposal penelitian ini bertujuan dalam rangka melakukan analisi terkait obesitas yang menyerang anak-anak. Tentu dalam hal ini penulis juga menghadirkan solusi dalam mencegah penyakit yang sebenarnya berbahaya ini namun kerap kali disepelekan.

Kemudian terselesaikannya laporan penelitian ini tentu tak lepas dari campur tangan berbagai pihak yang telah bersedia memberikan jasa maupun materinya. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan terimakasih kepada:

a.      Kedua orang tua dan teman-teman maupun saudara yang telah memberikan dukungan moral dan selalu memanjatkan doa untuk penulis. Tanpa doa mereka mustahil rasanya proposal ini bisa terselesaikan dengan baik.

b.      Bapak Dr. H. Rustam Maulana, M.Si, selaku rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

c.      Bapak Dr. H. Wachid Pudjianto, M.gz, selaku dekan di fakultas Bahasa dan Sastra di Universitas Yogyakarta.

d.      Ibu Elok Suci Hayati, S.S selaku dosen pembimbing yang telah berjasa banyak dalam memeberikan arahan, nasihat, kritik dan seran serta morivasi dalam penulisan proposal penelitian ini sehingga bisa diselesaikan dengan baik.

e.      Seluruh dosen di jurusan Bahasa Indonesia yang telah memberikan ilmu dan wawasannya kepada Kami.

f.       Seluruh teman-teman angkatan 2019 karena kehadirannya yang saling membantu dan mendukung dalam segala hal.

g.      Serta tentunya kepada semua pihak yang terlibat namun tidak bisa penulis sebutkan semuanya.

Tentunya dalam penyusunan proposal penelitian ini masih jauh dari kata sempurna dan memiliki kekurangan diberbagai sisi. Oleh karena itu, penulisa akan sangat senang jika pembaca atau siapapun bersedia untuk memberikan kritik dan sarannya yang membangun. Hal ini merupakan wujud bahan evaluasi diri supaya menjadi lebih baik kedepannya.

Akhir kata, penulis banyak berharap semoga semua ide-ide maupun hasil penelitian yang tertuang di sini bisa menjadi masukan ataupun tambahan wawasan bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Yogyakarta, 03 Agustus 2020

Penyusun

7.      Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam atas limpahan taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan karya ilmiah dengan kesabaran ekstra yan berjudul “Teknik Polas Asuh Pada Bayi dan Cara Mengatur Pola Makan yang Benar” secara tepat waktu dan maksimal.

Sholawat serta sala selalu tercurahkan kepada junjungan nabi besar, Muhammad SAW karena telah menerangi dunia dengan ilmu yang beliau ajarkan. Tak lupa doa-doa yang selalu terpanjatkan untuk kedua orang tua, keluarga maupun teman-teman tercinta.

Dalam penulisan karya ilmiah ini didasari atas rasa semangat yang menggebu karena mengetahui masih rendahnya tingkat kesehatan balita di Indonesia. Tentu, penulis sebagai salah satu yang belajar di bidang ini merasa miris sehingga ingin menemukan solusi atas masalah tersebut.

Apalagi salah satu penyebab utama rendahnya kesehatan bayi karena pola asuh dan pola makan masih kurang memadai. Dalam karya ilmiah ini juga disajikan data-data akurat dari berbagai pihak seperti dinas kesehatan, dinas sosial dan juga dinas ketahanan pangan. Tentu dukungan dan bantuan mereka sangat dibutuhkan di sini sehingga bisa terelesaikannya karya ilmiah ini.

Penulis telah berusaha maksimal dalam pengerjaan karya ini hingga selesai. Meskipun begitu masih banyak ditemui kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Untuk itu, penulis mengharapkan keikhlasan pembaca dalam memberikan kritik dan saran yang membangun demi evaluasi diri kedepannya.

Demikian yang bisa disampaikan. Semoga apa yang tertuang di sini bisa menjadi amalan jariyah dan mampu diterima oleh masyarakat maupun pembaca dalam menambah wawasan terkait kesehatan bayi. Akhir kata sekian dan terimakasih

Yogyakarta, 03 Agustus 2020

Penulis

8.      Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

KATA PENGANTAR

Seala puji syukur telah Kami panjatkan kepada Allah SWT karena atas nikmat dan hidayahnya sehingga laporan praktikum ini bisa selesai dengan baik dan tepat waktu. Sholawat juga selalu Kami panjatkan kepada nabi Muhammad SAW.

Laporan praktikum yang Kami susun berjudul “Analisis DNA Babi dengan Spektrofotometer UV-Vis” dalam rangka pemenuhan tugas mata kuliah Bioteknologi. Tak lupa Kami juga ingin menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada beberapa pihak karena telah terlibat dalam penyusunan laporan ini, khusunya kepada:

a.      Rista Anggraini, M.Gz selaku instruktur laboratorium yang selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada Kami.

b.      Maulana Ibrahim selaku asisten laboratorium yang telah bersedia membantu Kami dan memberikan arahan serta masukan hingga terselesaikannya laporan ini.

c.      Kedua orang tua serta teman-teman yang sudah memberikan dukungan moril dan memberikan doanya.

Laporan praktikum yang Kami susun tentu masih memiliki kekurangan dan Kami menyadari hal tersebut. Oleh karena itu, Kami sangat terbuka apabilaada dari pihak pembaca ataupun lainnya mau memberikan kritik dan saran.

Demikian patah dua patah yang sanggup Kami ucapkan semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. Terimakasih.

Malang, 03 Agustus 2020

Penulis


9.      Contoh Kata Pengantar Untuk PKL

Puji dan syukur selalu Kami panjatkan atas limpahan rahmat dan rizky yang selalu diberikan oleh Allah YME sehingga Kami bisa menyelesaikan laporan praktik kerja lapangan di PT Amerta Indah Otsuka dalam rangka program kerja nyata.

Ditulisnya laporan praktik kerja lapangan ini dalam rangka pemenuhan prasyarat untuk memperoleh gelar Diploma Empat di Polinteknik Negeri Jember. Tentu dalam penyusunannya tak lepas dari berbagai pihak yang terlibat baik secara jasa maupun materi.

Untuk itu, penulis ingin mengucapkan beribu terimakasih kepada berbagai pihak yang terkait, khusunya kepada:

a.      Bapak Okta Pringga S.Si, M.Si sebagai dosen pembimbing dan telah mencurahkan waktu serta tenaganya untuk memberikan saya araha, kritik da saran serta berbagai wawasan baru lainnya.

b.      Bapak Wachid Harianto yang telah memberikan bimbingan selama progam praktik kerja lapangan.

c.      Adiba Reza dan Aditya Hermawan sebagai pasangan atau tim dalam praktik kerja lapangan.

d.      Tak lupa Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada kedua orang tua, teman maupun saudara yang telah memberikan dukungan moral maupun materi.

Penulis hanya mampu berharap semoga semua kebaikan di atas dibalas dengan setimpal oleh Allah SWT serta apa yang saya lakukan bisa menjadi manfaat bagi orang lain khususnya dalam bidang pengembangan ilmu. Akhir kata, terimakasih.

Jember, 03 Agustus 2020

Penyusun

Bagaimana? Cukup mudah bukan pembuatan kalimat seperti ini? Supaya tidak bingung, di dalam artikel ini juga telah disediakan banyak contoh kata pengantar sebagai referensi. Anda juga bisa mempelajari struktur kalimatnya supaya bisa menyusun dengan baik dan benar.
Newest Post