Skip to main content

Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan

Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan - Ternyata dengan anda membiasakan diri anda untuk naik turun tangga akan banyak manfaat bagi kesehatan anda dan tidak hanya itu ternyata naik turun tangga juga bisa cara yang sangat efektif untuk menggantikan waktu olahraga anda setiap hari. Nah, apa saja sih manfaat naik turun tangga bagi kesehatan anda? nah,  mari kita simak jawaban di bawah artikel berikut.

Menurut badan kesehatan dunia atau biasa di sebut dengan who menganjurkan setiap orang untuk berolahraga setiap hari minimal 150 menit dalam seminggu dan dalam 150 menit itu, anda dapat bagi bagi menjadi beberapa sesi untuk setiap harinya, setidaknya anda perlu untuk berolahraga sekitar 30 menit dalam setiap harinya.

Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan


Meski demikian, tidak semua orang memiliki waktu untuk berolahraga di setiap harinya dan jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, silahkan anda mensiasatinya dengan cara lain. Ada banyak cara lain yang bisa anda lakukan untuk mensiasati waktu olahraga anda salah satunya adalah dengan anda membiasakan diri anda untuk mengakses tangga di berbagai fasilitas umum yaitu seperti di kantor, di pusat perbelanjaan, atau anda juga bisa naik turun tangga anda di rumah.


Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan


Berdasarkan hasil penelitian, jika anda rajin untuk naik turun tangga setiap harinya anda akan mendapat ataupun memproleh bebera manfaat seperti berikut ini :


1. Menguatkan Otot dan juga Tulang 


ketika naik-turun tangga, otot dan juga tulang di semua badan turut beroperasi aktif, mulai dari otot kaki, paha, tangan, sampai punggung. Pergerakan ini membikin otot dan juga tulang jadi lebih tangguh dan juga sehat. kepadatan tulang pula bakal tumbuh, alhasil menghindari resiko osteoporosis. 

beberapa penelitian membuktikan kalau lansia yang teratur olahraga (termasuk naik-turun tangga) kelihatan lebih fit dan juga bisa melaksanakan kegiatan setiap hari dengan bebas.

2. Mengendalikan Gula Rarah 


rutinitas naik-turun tangga pula nyatanya bagus diaplikasikan oleh para pengidap diabetes. Ini karna ketika naik-turun tangga, otot rangka beroperasi aktif dan juga memakai gula sebagai daya, alhasil kadar gula darah dapat jadi lebih stabil. 

tidak cuma melindungi stabilnya gula darah, kerap naik-turun tangga ataupun melaksanakan olah raga teratur pula bisa meredakan kadar kolesterol dalam darah. Ini bagus untuk menghindari penyakit kardiovaskuler. 


3. Memelihara Kebugaran Otak 


riset teranyar mengungkapkan kalau rutinitas naik-turun tangga bisa memaksimalkan kebugaran otak. perolehan riset itu membuktikan kalau orang yang kerap naik-turun tangga bakal mendapati penuaan otak lebih lamban dari orang yang sedikit naik-turun tangga. 

Orang yang kerap naik-turun tangga ataupun teratur olahraga pula kelihatan bisa bebas dari kepikunan, serta ada kontemplasi dan juga kapasitas ingat yang lebih bagus. 


4. Menjaga Mempertahankan Kesehatan Mental 


ketika naik-turun tangga, badan membebaskan hormon endorfin yang memasok perasaan suka dan juga hening. Hormon ini pula bisa membenarkan keadaan batin, alhasil membikin kamu lebih fokus dan juga kontemplasi ketika beroperasi, serta enggak gampang stres. 


5. Menurunkan Berat Tubuh 


melaksanakan olah raga dan juga kegiatan jasmani dengan cara teratur, termasuk naik-turun tangga, bisa menambah metabolisme dan juga pembakaran lemak. dengan begitu, cadangan lemak badan juga bakal menurun. efek ini melahirkan naik-turun tangga menjadi salah satu olah raga yang bagus untuk menurunkan berat tubuh. 

tidak cuma itu, olah raga teratur pula dapat menolong menambah daya tahan, alhasil badan lebih bugar dan juga lebih berenergi. 

telah melimpah data yang membuktikan kalau naik-turun tangga ialah olah raga yang bagus untuk kebugaran. Oleh karna itu, ayo mulai biasakan naik-turun tangga untuk mencapai bermacam khasiat itu.


6. Menguatkan jantung dan juga paru-paru 


bermacam riset sudah memperlihatkan kalau rutinitas naik-turun tangga bermanfaat untuk kesehatan jantung. kegiatan ini termasuk dalam latihan kardio yang bisa menambah fungsi jantung dan juga paru-paru, alhasil peredaran darah dan juga zat asam ke semua badan jadi lancar. 

akhirnya, orang yang kerap naik-turun tangga bakal bebas dari resiko penyakit jantung dan juga hipertensi.


7. menurunkan resiko stroke 


sebuah riset menuturkan kalau kegiatan tubuh, serupa naik tangga, bisa menurunkan resiko timbulnya penyakit stroke. 

Dalam riset itu, dikenal kalau orang yang membiasakan diri naik-turun tangga 3-5 kali sepekan ada resiko terhantam stroke sampai 30% lebih kecil ketimbang orang yang sedikit olahraga.



Newest Post