Skip to main content

Menorrhagia Adalah Gejala Penyebab Pengobatan

Menorrhagia Adalah Gejala Penyebab Pengobatan

Menorrhagia (haid berlebihan) adalah keluarnya darah haid secara berlebihan ataupun dalam jumlah yang banyak dan selama masa haid, jumlah rata-rata darah yang dikeluarkan adalah 20-40 ml dan juga seorang wanita dianggap mengalami haid berlebihan jika kuantitas darah yang dia telah keluarkan berkisar antara 60-80 ml. Pada setiap wanita, berbeda beda jumlah darah menstruasi ataupun haidnya jadi sebenarnya jumlah tersebut tidak bisa kita jadi kan patokan pasti, namun untuk memudahkan mengenali kondisi seperti ini anda bisa memperhatikan berapa banyak jumlah pembalut yang anda habiskan ataupun seringnya darah menembus pakaian anda karena darah haid anda sudah tidak tertampung lagi oleh pembalut. Kemudian dari tanda tersebut, kamu bisa membandingkannya dengan haid yang sebelumnya ataupun haid yang biasanya dan jika anda merasa khawatir mengalami haid yang sangat berlebihan, maka sebaiknya silahkan anda temui dokter. 


Gejala Menorrhagia

Selain masa perdarahan yang cukup lama ataupun terlalu banyaknya darah yang dikeluarkan, menstruasi yang berlebihan juga bisa disertai oleh gajala lainnya yaitu  seperti rasa nyeri dan umumnya dikenal dengan istilah nyeri haid ataupun dysmenorrhea.

ketika dinding rahim berkontraksi dan menekan pembuluh darah di sekitarnya, ini, umumnya terjadi pada penderita Dismenore dan akibatnya pasokan oksigen berhenti dan juga menyebabkan munculnya rasa nyeri dan juga selain itu, beberapa gejala lainnya juga akan muncul diantara nya , merasa lemas ataupun nafas pendek dan juga tanda tanda tanda anemia.

haid berlebihan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari wanita yang mengalaminya, baik secara emosi, sosial, ataupun psikis, meskipun haid ini tidak selalu menjadi tanda suatu yang serius.

jika Anda perlu mengganti pembalut setiap 1-2 jam, mengalami perdarahan di luar masa menstruasi ataupun setelah menopause, sebaiknya disarankan anda temui dokter


Penyebab Menorrhagia

Tidak semua penyebab menorrhagia ataupun haid yang berlebih dapat di identifikasi, namun ada beberapa yang umumnya menjadi pemicunya, seperti di bawah ini :

- Sindrom ovarium polistik

- Fibroid rahim, ini merupakan tumor jinak yang terdapat pada rahim

- Radang panggul, ini misalnya karena infeksi pada organ reproduksi, baik itu pada rahim, saluran telur ataupun indung telur.

- Endometriosis, yaitu dimana kondisi ketika jaringan dari lapisan dinding rahim ataupun endometrium tumbuh di luar rahim.

- Kanker, ini seperti kanker rahim ataupun serviks

- Efek samping obat, yaitu seperti obat antiradang, antikoagulan, obat hormon dan juga penggunaan pil KB ataupun IUD (intrauterine contraceptive devices).

- Gangguan pembekuan darah, misalnya anda terkena penyakit von wilebrand

- Gangguan pada ovarium, ini dapat menyebabkan siklus hormon dan proses ovulasi tidak terjadi sebagaimana mestinya.

- Adenomiosis, yaitu dimana pertumbuhan jaringan endometrium ke dalam dinding otot rahim

- Hipotidoidisme, ini adalah dimana kondisi kelenjar tiroid tidak mampu lagi memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup.

- Polip serviks ataupun polip rahim, ini adalah dimana pertumbuhan jaringan tambahan pada dinding serviks ataupun dinding rahim.


Pengobatan Menorrhagia

Pengobatan menorrhagia bertujuan untuk menghentikan  ataupun menurunkan volume perdarahan yang banyak, pengobatan juga dilakukan untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi besi dan pengobatan menorrhagia juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup si penderitanya dan jika dokter sudah tidak mencurigai adanya masalah yang serius yang bisa menyebabkan menorrhagia ataupun kondisi tersebut sudah tidak mengganggu aktivitas sehari hari penderitanya maka pengobatan sudah tidak perlu dilakukan lagi.

Dengan Obat Obatan dan juga operasi ini adalah dua cara untuk mengobati menorrhagia, tetapi obat obatan lah yang sering di jadikan pilihan utama, terutama bila pemeriksaan masih berjalan dan juga belum menunjukkan hasil yang pasti mengenai penyebab menorrhagianya dan dokter akan memberikan obat jika pasien tidak merasakan gejala apapun yang mengarah pada kondisi serius.

inilah beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk menangai penyakit menorrhagia :

- Pil kontrasepsi kombinasi
- Obat antiinflamasi nonsteroid
- Tablet asam traneksamat.
- LNG-IUS (levonorgestrel-releasing intrauterine system)
- Analog GnRH-a (gonadotropin releasing hormone analogue)
- Progestogen suntik dan norethisterone


Baca Juga :

Metformin Adalah, Dosis Dan Efek Samping
Trigliserida tinggi - Penyebab, dan Cara mengobati

Newest Post