Skip to main content

Metformin Adalah, Dosis Dan Efek Samping

Metformin adalah obat yang bisa munurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan juga obat ini bisa di komsumsi secara tunggal ataupun sendiri, dan di kombinasikan dengan obat anti diabetes lain ataupun di berikan bersama insulin. Untuk dosis metformin sendiri itu perlu di seimbangkan dengan jumlah atau jenis makanan yang di komsumsi serta intensitas olahraga dan juga aktivitas yang dilakukan, ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.




Metformin Adalah, Dosis Dan Efek Samping

Metforming dosis


Dosis penggunaan metformin itu sendiri berbeda beda tiap pasien karena tiap pasien akan di sesuaikan takaran penggunaan metforminnya, sesuai tingkat keparahan diabetes yang ia derita dan pasien juga harus di periksa riwayat kesehatan serta reaksi tubuhnya terhadap obat.

500-850 mg yang diminum 1-2 kali sehari, itu untuk dosis awal untuk orang dewasa dan dosis ini juga dapat ditingkatkan hingga 2-3 gram/hari dengan interval waktu 1 minggu dari dosis awal.

500 mg yang diminum 1-2 kali sehari, ini untuk dosis awal untuk anak-anak di atas 10 tahun dan juga
dosis ini dapat ditingkatkan secara bertahap hingga 2 gram setiap hari yang terbagi dalam 2-3 dosis
pemakaian serta Interval waktu antara dosis awal dengan dosis lanjutan minimal adalah 1 minggu.


Efek Samping



Metformin juga berpotensi menyebabkan efek samping sama seperti obat lain dan inilah beberapa efek samping yang paling umum terjadi saat si pasien mengomsumsi metformin ini :

- Penurunan nafsu makan
- muntah dan juga mual
- sakit perut
- suara serak dan juga batuk
- diare
- kram dan nyeri otot
- lemas dan mengantuk


Demikianlah artikel kali ini yang membahas mengenai metformin adalah, dosis dan efek samping nya semoga dengan adanya artikel ini teman teman dapat terbantu dengan masalah yang di hadapi . selamat membaca

Baca Juga :

Cara Supaya Anak Tidak Ngompol Saat Tidur
Pengertian Web Browser Lengkap