Cara Supaya Anak Tidak Ngompol Saat Tidur

Cara Supaya Anak Tidak Ngompol Saat Tidur

Lompo.info - Sebenarnya banyak sekali penyebab kenapa anak anda masih ngompol sewaktu ia tidur, maka dari itu bunda tidak perlu khawatir karena 90% anak berhenti ngompol dengan sendirinya ketika buah hati anda sudah menginjak usia 7 tahun dan anda tidak perlu khawatir ketika buah hati anda masih ngompol di bawah umur 7 tahun. Jika si kecil tidak berhenti ngompol juga setelah usianya menginjak 7 tahun, apa yang seharusnya di lakukan agar anak anda tidak ngompol lagi saat tidur ? berikut ini cara supaya anak tidak ngompol saat tidur.

Cara Supaya Anak Tidak Ngompol Saat Tidur



Cara Supaya Anak Tidak Ngompol Saat Tidur


Mungkin terlihat sederhana beberapa tips ini, namun bunda jangan cemas ataupun risau kerena cara dibawah ini cukup ampuh mengurangi kebiasaan ngompol anak anda saat mereka tidur.


#1. Jangan dimarahi


Memarahi anak anda karena ia gompol itu tidak ada gunanya karena ia tidak sengaja melakukannya, apa lagi saat ia sedang tidur, maka dari itu bunda perlu sabar dan memahami ketika si buah hati anda ngompol. Sebenarnya banyak sekali penyebab iya atau si buah hati anda itu ngompol dan sebagian besar bukanlah karena kesalannya, jadi jangan sampai anda itu melukai psikologis si buah hati hanya karena dia masih ngompol. 


#2. Kurangi makanan dan minuman ini


Kurangi jumlah air minum di malam hari dan selain itu, sibuah hati juga tidak mengomsumsi kafein, minuman soda, coklat dan juga jeruk setelah pukul 3 sore


#3. Biasakan sebelum tidur ke kamar mandi dulu


Temanilah anak anda buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur dan silahkan anda lakukan hal yang sama ketika iya terbangun di malam hari dan janganlah bunda sengaja membangunkannya ataupun menggendongnya  ke kamar mandi ketika iya masih ngantuk ataupun tidur karena ini takkan mengobati kebiasaannya mengompol.


#4. silahkan anda berikan reward


Memberikan reward sebenarnya bukanlah hal yang bijak kerena hal ini akan menimbulkan ketergantungan, tetapi tidak ada salahnya, cara ini di coba juga bun dan bunda juga bisa menggunakan kalender dan juga silahkan anda tempelkan stiker ataupun cap lucu jika si buah hati anda berhasil melalui malamnya tanpa mengompol lagi. nanti jika dia sudah mengumpulkan sikernya dalam jumlah  tertentu, setelah itu bunda dapat memberikannya reward ataupun hadiah yang bisa mendatangkan manfaat untuk si buah hati, dibandingkan anda memilih menghukum si kecil, metode ini jelas lebih ampuh.


#5. Perhatikan seberapa banyaknya air di diminumnya


Tidak berarti bunda perlu membatasi asupan air minumnya, hanya karena anak anda sering ngompol dan anak anda harus minum cukup air, apalagi jika cuaca cukup panas dan anak anda tergolong anak yang aktif dan silahkan anda berikanlah semangat ataupun dorongan untuk buah hati anda mengomsumsi lebih banyak air di waktu pagi yaitu sebanyak 40% dan juga siang sebanyak 40% dan sekitar 20% saja di malam hari dan silahkan anda amati apakah teknik ini berhasil ataupun tidak untuk meminimalisir ngompolnya.


Penutup

Demikianlah artikel kali ini yang membahas mengenai cara supaya anak tidak ngompol saat tidur, semoga dengan adanya artikel ini bunda bunda sudah tidak cemas dalam menghadapi masalah ini, dan selamat mempraktekkan.


Baca Juga :