Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis


Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis - Permainan bulu tangkis sudah menjadi olahraga yang banyak dilakukan dan ditekuni oleh sebagian masyarakat Indonesia. Dengan banyaknya orang yang menyukai dan menikmati permainan bulu tangkis membuat bulu tangkis berkembang dengan sangat pesat di Indonesia. Banyak atlet bulu tangkis profesional yang lahir dan tumbuh di Indonesia dan juga mereka pasti pernah belajar teknik dasar permainan bulu tangkis. Contohnya saja atlet Taufik Hidayat yang sudah banyak mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan setiap piala kejuaraan bulu tangkis yang ia dapatkan. Selain itu ada Susi Susanti yang juga tak kalah membangakan untuk ikut mengharumkan nama bangsa. Selain para atlet senior tersebut, sekarang banyak juga atlet bulu tangkis muda yang terus berjuang untuk bisa mengharumkan nama bangsa. Seperti pasangan ganda putra putra Kevin Sanjaya dan Gideon yang terus bersinar dengan segudang prestasinya. Teknik dasar permainan bulu tangkis Dalam permainannya bulu tangkis mememiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang atlet buku tangkis. Apa saja teknik dasar tersebut? 


Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis


Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis



Berikut ini adalah penjelasan dari teknik tekniknya :

1. Teknik Memegang Raket


Dalam memegang raket terdapat dua teknik yang bisa digunakan dalam permainan. Teknik tersebut yaitu :

- Pegangan Forehand

Pegangan forehand bisa dilakukan pada tangan kanan ataupun kiri. Hal ini tergantung dengan kebiasaan dan kekuatan dari tangan Anda. Untuk melakukan pegangan forehand letakkan raket dengan posisi miring. Pegang ujung raket dengan posisi seperti sedang berjabat tangan dengan orang lain. Jari-jari posisinya memegang raket dengan posisi ibu jari lurus.

- Pegangan Backhand

Untuk penggunaan dalam pegangan backhand juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Pegangan ini bisa dilakukan pada tangan kanan ataupun kiri sebisa Anda. Beda dari pegangan backhand dan forehand adalah letak dari ibu jari dan telunjuk, pada pegangan backhand ibu jari dan telunjuk posisinya lebih dekat. Sedangkan untuk cara pemenangan yang lainnya sama dengan cara memegang raket pada peregangan forehand. Coba praktekkan cara pemegangan ini dan rasakan perbedaan dari kedua pegangan pada raket di atas.


2. Teknik Pukulan Dalam Bulu Tangkis


Dalam memukul shuttlecock, terdapat beberapa jenis pukulan yang bisa dilakukan oleh para atlet sebagai dasar dari permainan bulu tangkis. Apa saja jenis dari pukulan tersebut? Berikut ini penjelasan dari satu per satu jenis pukulan tersebut.

a. Pukulan Service

Pukulan ini dilakukan sebagai tanda dimulainya permainan bulu tangkis. Dalam melakukan pukulan service bisa dilakukan dengan dua macam cara yaitu backhand dan forehand. Pukulan service backhand digunakan saat Anda sedang bermain dengan formasi ganda. Sedangkan untuk service forehand bisa Anda gunakan saat Anda bermain dengan formasi tunggal.




b. Pukulan Smash

Pukulan ini digunakan saat Anda menerima shuttlecock dengan pola lambung yang tidak begitu jauh dari daerah net. Anda bisa melakukan pukulan smash untuk mematikan lawan Anda, karena pukulan smash merupakan sebuah pukulan yang kuat dan sulit untuk dibendung oleh lawan.

c. Pukulan Lob

Pukulan Lob digunakan untuk melambungkan shuttlecock jauh ke area belakang lapangan. Dalam memukul Anda harus mengontrol kekuatan Anda, jika Anda memiliki kekuatan yang besar maka jangan terlalu banyak mengeluarkan tenaga Anda tersebut. Jika hal itu terjadi, maka shuttlecock malah akan melambung jauh dan keluar dari garis lapangan.

d. Pukulan Dropshoot

Pukulan yang bercirikan mengarahkan shuttlecock ke area dekat net ini, sering digunakan untuk mengelabuhi lawan. Dengan adanya pukulan dropshoot lawan akan terkecoh dengan pergerakan kita. Selain itu, pukulan dropshoot juga banyak digunakan untuk melatih ketepatan seorang atlet dalam menembakkan shuttlecock ke arah yang ditujunya.


3. Gerak Kaki Dalam Permainan Bulu Tangkis


Dalam bergerak, setiap langkah yang ada pada permainan bulu tangkis memiliki perhitungan tersendiri. Hal ini, digunakan untuk membuat seorang atlet dapat meguasai arena lapangan bulu tangkis yang mereka gunakan untuk bermain. Adapun hitungan langkah untuk permainan bulu tangkis ialah dengan hitungan berapa langkah untuk kebelakang, samping, maupun ke depan dari posisi tengah. Langkah yang Anda lakukan bisa Anda sesuaikan dengan panjang kaki dan kemampuan melangkah diri Anda sendiri. Dalam melangkah Anda harus bisa cepat dan gesit, agar shuttlecock bisa terus Anda kejar.

Untuk bisa menguatkan otot kaki Anda maka saat pemanasan Anda perlu untuk melakukan latihan lari dengan jarak yang jauh. Selain untuk melatih kekuatan dari otot kaki, lari juga bisa digunakan untuk mengukur ketahanan diri Anda dalam bermain bulu tangkis dengan durasi yang lama. Selain itu untuk meningkatkan kegesitan Anda bisa melakukan skipping yang juga nantinya bermanfaat untuk menambah tinggi badan. Lakukanlah latihan-latihan di atas dan Anda bisa menguasai lapangan saat bermain.


4. Posisi Badan Di Permainan Bulu Tangkis


Dalam permainan buku tangkis posisi badan sangat berpengaruh untuk keseimbangan diri. Dalam permainan atlet buku tangkis yang sudah profesional, posisi badan saat bermain bulu tangkis sangatlah diperhatikan. Posisi badan juga akan mempengaruhi kelincahan gerak dari atlet tersebut.

Anda bagi yang masih pemula mungkin merasa jika posisi badan ini merupakan hal yang sepele. Namun jika Anda sudah cukup mahir untuk bermain bulu tangkis maka Anda akan merasakan perbedaan dari posisi badan yang asal-asalan dan posisi badan yang baik sekaligus benar. Jika Anda salah dalam menempatkan posisi dari badan Anda ini, bisa saja Anda mengalami cedera yang fatal pada saat bermain bulu tangkis.

Untuk menghindari penyesalan di akhir jika terjadi suatu kesalahan yang mengakibatkan cidera fatal. Maka Anda perlu untuk mengetahui peperti apa dan bagaimana posisi badan yang benar saat melakukan permainan bulu tangkis.

Saat Anda berada di lapangan bulu tangkis posisi badan yang siap adalah dengan berdiri dengan lebih Utut sedikit ditekuk ke depan, sehingga terkesan sedang sedikit berjongkok. Hal ini digunakan untuk mempermudah pergerakan langkah Anda untuk berpindah posisi. Selain itu, kaki Anda juga akan terasa lentur dan tidak akan merasa terkejut ketika mengalami perpindahan yang mendadak. Posisi berdidi sedikit jongkok ini bisa mengurangi resiko cidera yang bisa menyerang bagian kaki Anda.

Sedangkan untuk posisi raket, saat Anda mengerakkan raket harus dalam satu kali gerakan yang gesit dan lincah. Jika Anda masih pemula maka cobalah untuk melemaskan otot-otot pada tangan Anda dengan gerakan memukul menggunakan raket tanpa menggunakan shuttlecock terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk membuat otot tangan Anda lemas dan terbiasa untuk memukul dalam satu gerakan yang lincah dan cepat. Setelah anda cukup mahir maka cobalah untuk melakukan pemanasan dengan melakukan lob-lob tinggi untuk membuat tangan Anda menjadi semakin kuat dan lincah.

Jika Anda dalam posisi akan melakukan pukulan smash, maka Anda harus benar-benar memperhatikan apakah tumpuan kaki yang Anda siapkan sudah benar. Jangan sampai Anda salah dalam pendaratan jika Anda melakukan pukulan dengan melompat. Meskipun hasil dari pukulan melompat sangat bagus, namun Anda harus memiliki teknik tersendiri untuk bisa menjadikanya bagus. 


Penutup


Itulah teknik dasar bermain bulu tangkis, semoga teman teman semua dapat mengambil pelajaran dari artikel ini dan selamat mempelajarinya. - Lompo.info