Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli - Sejarah merupakan suatu kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dan sampai saat ini masih diingat. Pengertian sejarah menurut para ahli memang banyak sekali dari para ahli ataupun yang lainnya. Membahas mengenai sejarah memang banyak sekali yang dapat dibahas. Bahkan beberapa ahli pun juga mendefinisikan sejarah dengan pemikirannya masing masing. Tidak dipungkiri jika sejarah memang menjadi suatu hal yang dapat dipetik pelajaran untuk digunakan di masa depan. Dengan mempelajari sejarah Anda dapat selalu mengingat apa saja yang pernah menggagalkan Anda di masa lampau dan harus dihindari. Misalnya saja untuk sejarah kemerdekaan Indonesia. Dengan mengingat perjuangan pahlawan dalam mengusir penjajah menyebabkan Anda dapat memikirkan tentang kerasnya perjuangan penjajah dan hal-hal apa saja yang tidak boleh pahlawan lakukan saat menyerang penjajah. Semangat juang dan persatuan kesatuan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah memang telah terbayarkan dengan merdekanya Indonesia. Sejarah memang tidak boleh dilupakan begitu saja. Bahkan sejarah harus diketahui oleh masyarakat luas supaya mereka menghargai seseorang atau tokoh yang berjasa dalam peristiwa sejarah tersebut. Berikut ini adalah Pengertian sejarah menurut para ahli yuk  kita baca :

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli


Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli



Pengertian sejarah menurut beberapa ahli memang berbeda-beda namun memiliki inti yang sama jika sejarah ialah masa lampau. Inilah kesimpulan dari pengertian sejarah menurut beberapa ahli.

J.V. Bryce
Untuk kesimpulan sejarah menurut J.V. Bryce intinya ialah catatan pemikiran, perkataan dan perbuatan seorang manusia.

W.H. Walsh
Untuk kesimpulan  sejarah menurut W. H. Walah intinya ialah suatu catatan yang penting dan berarti bagi seseorang, yang berisi tindakan dan pengalaman penting pada masa lampau. Sehingga sejarah tersebut berisi cerita yang berarti.

Moh. Hatta
Untuk kesimpulan sejarah menurut Moh. Hatta intinya ialah pemahaman seseorang akan kejadian pada masa lampau yang berisikan problematik ataupun yang lainnya untuk dapat menjadi pelajaran seseorang dimasa yang akan datang.

J. Bank
Untuk kesimpulan  sejarah menurut J. Bank intinya ialah sejarah dapat membantu siswa dalam memahami perilaku seseorang di masa lampau, masa sekarang dan masa depan. Jadi, seseorang dapat membedakan perilaku seseorang atau manusia pada jaman dulu, saat ini dan kedepannya. Apakah ada perbedaan kemajuan atau malah kemunduran dari segi sikap, pemikiran, dan kelakuan.

Aristoteles
Untuk kesimpulan  sejarah menurut Aristoteles intinya ialah suatu kejadian yang tersusun secara kronologis, tercatat dan memiliki bukti dan rekod secara konkret yang terjadi pada masa atau waktu yang sama.

Abramiwitz
Untuk kesimpulan  sejarah menurut Abramiwitz intinya ialah runtutan peristiwa dalam suatu kejadian.

Benedetto Croce
Untuk kesimpulan  sejarah menurut Benedetto Croce intinya ialah kreasi jiwa atau spiritual seseorang yang muncul dalam hati ataupun pikiran orang jenius, seorang ahli ataupun budayawan yang mengutamakan suatu tindakan atupun agama.

W.J.S. Poerwodarminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia
Untuk kesimpulan  sejarah menurut W.J.S. Poerwodarminta intinya ialah sastra lama, kejadian lama yang memang terjadi saat itu dan juga merupakan ilmu pengetahuan.

Herodotus
Untuk kesimpulan  sejarah menurut Herodotus intinya ialah suatu kajian mengenai semua kejadian atau peristiwa yang dialami tokoh, masyarakat ataupun suatu peradaban.


Baca Juga : Contoh Proposal 17 Agustus yang Benar Dan Lengkap


R. Moh, Ali
Untuk kesimpulan  sejarah menurut R. Mph, Ali intinya ialah sejumlah cerita dan ilmu yang membahas mengenai perubahan, kejadian ataupun peristiwa yang berada di sekitar kita dan berupa realita atau kenyataan.

Ertis Stern
Untuk kesimpulan  sejarah menurut Ertis Stren intinya ialah sejarah dapat berubah-ubah seiring dengan waktu, harapan dan pemikiran dan rasa khawatir yang tumbuh kemudian dari sebuah persoalan hidup.

Kuntowijoyo
Untuk kesimpulan  sejarah menurut Kuntowijoyo intinya ialah sebuah sejarah bersifat ideografis, diakronis, unik dan empiris karena sebuah sejarah ialah penggambaran atau menceritakan suatu hal, berhubungan dengan waktu, berisi hal-hal yang unik, dan berdasarkan pengalaman seseorang yang nyata.

Sunnal dan Haas
Untuk kesimpulan  sejarah menurut Sunnah dan Haas intinya ialah pembelajaran kronologis dengan pengungkapan peristiwa secara sistematis.

Patrick Gardiner
Untuk kesimpulan  sejarah menurut Patrick Gardiner intinya ialah ilmu mengenai hal yang dilakukan seseorang.

Drs. Sidi Gazalba
Untuk kesimpulan  sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba intinya ialah masa lalu seseorang yang tersusun secara ilmiah dan lengkap meliputi fakta, masa, tafsiran dan penjelasan.

Roeslan Abdulgani
Untuk kesimpulan  sejarah menurut Roeslan Abdulgani intinya ialah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai sistematis perkembangan manusia di masalah lalu dan kejadian yang dialami.

Itulah beberapa pengertian sejarah menurut beberapa ahli baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah ialah suatu kejadian masa lampau yang dialami oleh seseorang atau manusia. Sejarah memang menjadi suatu hal yang dapat dan selalu menjadi pelajaran di masa depan oleh seseorang tersebut atau generasi penerusnya. Dengan ini tidak dapat dipungkiri bahwa sejarah merupakan bagian dari hidup manusia.

Tanpa adanya sejarah manusia tidak dapat berfikir dan merubah sikap ataupun perilaku mereka menjadi lebih baik lagi. Mereka hanya akan melakukan suatu hal sesuai dengan keinginan mereka tanpa tau bahaya apa yang sedang menghadang mereka kedepannya. Untuk sejarah yang harus selalu diingat ialah sejarah mengenai perjuangan pahlawan, sejarah kerajaan yang terbangun di Indonesia, sejarah masuknya agama Hindu-Budha, sejarah masuknya Islam, dan sejarah-sejarah lainnya.

Dengan pembahasan mengenai sejarah ini memang menjadi banyak yang beranggapan bahwa sejarah tidak perlu diingat-ingat. Memang tidak semua sejarah harus diingat namun paling tidak jika Anda mempelajari sedikit mengenai sejarah Anda akan mengerti maksud dari kejadian tersebut. Dengan ini maka seseorang akan berusaha untuk memperbaiki diri.

Inilah beberapa sejarah yang harus diketahui masyarakat Indonesia sebagai WNI. Sebagai WNI sudah sepantasnya jika kita mengetahui sejarah-sejarah mengenai negara kita.

1. Sejarah kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia
Sebelum Indonesia merdeka memang negara Indonesia masih berbentuk Nusantara yang terdiri dari banyak kerajaan-kerajaan. Dari Sabang sampai Merauke Indonesia pun telah memiliki banyak kerajaan yang telah ada. Sejarah kerajaan Hindu pertama di Indonesia ialah Kerajaan Kutai di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kerajaan ini merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Untuk kerajaan islam pertama yang berkembang di Indonesia ialah Samudra Pasai di pesisir pantai Sumatra. Kerajaan ini diperintah pertama oleh Sultan Malik As-Saleh. Kerajaan-kerajaan tersebut harus selalu diingat supaya menjadi kekayaan sejarah Indonesia.

2. Sejarah masuknya agama-agama di Indonesia
Adanya kerajaan di Indonesia juga mempengaruhi masuknya agama-agama di Indonesia. Agama yang berkembang di Indonesia ada karena perdagangan yang ada disetiap kerajaan. Dengan ini masuknya agama yang ada di Indonesia harus diketahui karena.ini merupakan cikal bakal agama ini berkembang di Indonesia.

3. Sejarah kemerdekaan Indonesia
Sejarah kemerdekaan memang menjadi tolak ukur negara tersebut untuk dapat menjadi negara yang bebas dari belenggu penjajah. Dengan pengetahuan sejarah kemerdekaan memungkinkan Anda untuk mengetahui perjuangan para penjajah dalam mempertaruhkan hidupnya demi merdekanya Indonesia.


Demikianlah artikel yang membahas tentang pengetian sejarah menurut para ahli, semoga teman teman semua dapat mengambil pelajaran dari artikel ini, selamat membaca - www.lompo.info