Skip to main content

Cara Ngepost Di Instagram

Cara Ngepost di Instagram - Beredarnya media sosial di kalangan masyarakat bukan menjadi hal yang asing atau aneh lagi. Aplikasi media sosial yang banyak beredar sejak tahun 2010 ialah Instagram. Instagram merupakan aplikasi yang cukup populer dan hampir setara dengan youtube, facebook, dan whatsapp. Instagram menjadi aplikasi yang berguna untuk mengupload foto serta video di setiap akun penggunanya. Aplikasi instagram ini, bisa dikatakan merupakan aplikasi yang dikombinasi dari facebook serta twitter. Salah satu fitur yang hampir mirip adalah fitur repost atau ngepost ulang. Jika di aplikasi Twitter repost disebut dengan retweet, maka sebagai pengguna instagram kita ingin juga bisa merepost ulang sesuatu yang kita inginkan. Pada dasarnya, merepost foto dan video di instagram belum bisa dilakukan dengan cara menekan suatu tombol layaknya retweet pada twitter. Untuk cara ngepost di instagram sesuatu di timeline atau beranda kita sendiri, diperlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Maka, di sini akan diterangkan macam-macam cara ngepost di instagram.


Cara Ngepost Di Instagram



Cara Ngepost Di Instagram



1. Ngepost Foto dan Video di Instagram Secara Manual dengan Smartphone


- Buka aplikasi Instagram di smartphone.

- Kemudian masuk pada akun instagram yang akan digunakan untuk memposting. Jika belum mempunyai akun instagram, silakan buat terlebih dahulu.

- Jika sudah masuk, tekan tombol pada bagian tengah bawah berbentuk kotak plus.

- Di situ kita bisa memilih foto mana yang akan diposting atau diupload sesuai keinginan.

- Jika telah memilih foto mana yang akan diposting, ada menu untuk melakukan pengeditan croping, saturasi, pencahayaan, gradiasi, dan lainnya. Ada juga menu untuk mengganti filter pada foto postingan yang sudah dipilih.

- Setelah selesai melakukan pengeditan, klik tombol panah di bagian kanan atas untuk lanjut.

- Pada bagian berikutnya, di sini kita bisa mengisi kata-kata atau caption untuk foto postingan kita, memberikan lokasi, serta menge-tag atau menandai teman-teman kita.

- Jika dirasa sudah, klik Bagikan untuk membagikan postingan foto kita agar bisa dilihat oleh orang lain.



2. Ngepost Foto dan Video di Instagram Melalui PC atau Komputer


a. Dengan menggunakan web browser

- Buka instagram.com di mesin pencarian PC atau komputer kita (disarankan buka melalui google chrome).

- Klik kanan lalu pilih inspect atau dengan cara mudahnya klik tombol CTRL + Shift + I, maka akan muncul tampilan Inspect pada google.

- Berikutnya, klik Toogle Device toolbar (ikon berbentuk seperti tablet dan mobile) atau dengan cara mudahnya tekan CTRL + Shift + M.

- Pilih tab Responsive atau bisa juga mengubahnya dengan mengklik pilihan device (perangkat smartphone) sesuai keinginan. Untuk diketahui, setiap device memiliki ukuran layar yang berbeda-beda.

- Berikutnya, akan muncul tampilan dengan fitur untuk memposting atau mengupload foto dan video instagram seperti halnya yang ada di smartphone.

- Jika ingin memposting foto di instagram, pilih atau klik ikon kamera. Setelah itu, akan muncul tampilan baru yang akan mengarahkan kita ke berkas penyimpanan pada PC untuk memilih foto mana yang ingin diposting.

- Tunggu proses pemindahan foto hingga selesai (jika tidak berhasil, coba ulangi lagi).

- Lalu, setelah foto yang dipilih dapat diunggah atau dipindah ke instagram, kita bisa melakukan pemotongan foto atau merotasi foto.

- Selanjutnya, tambahkan caption sesuai keinginan.

- Jika foto dirasa sudah siap upload atau posting, klik Bagikan.

- Proses memposting foto di instagram melalui PC sudah selesai.


b. Dengan menggunakan emulator android

Biasanya orang-orang yang tidak memiliki aplikasi instagram di smartphone mereka, memilih menggunakan emulator android di komputer atau PC mereka sebagai solusinya. Aplikasi yang sering dipakai sebagai emulator adalah aplikasi Bluestacks.

- Unduh aplikasi Bluestacks di PC, tetapi untuk yang sudah ada aplikasi Bluestacks bisa langsung dibuka.

- Abaikan saja pilihan mengenai lokasi.

- Berikutnya, klik Continue di bagian kiri bawah.

- Login atau masuk melalui akun google yang sudah kita punya.

- Tinjau persyaratan layanan, pilih setuju, kemudian klik OK.

- Centanglah pada tanda kotak yang ada sebagai opsional atau pilihan.

- Setelah itu, klik next dan masukkan nama kita.

- Jika telah selesai masuk pada aplikasi Bluestacks, pilih ikon folder dari menu yang ada di sebelah kiri dan pilih foto dari PC kita.

- Di bawah “Complete using Action”, pilihlah instagram dan login menggunakan rincian yang ada pada smartphone.

- Lalu, aplikasi instagram akan muncul pada dekstop PC kita seperti memakai smartphone.

- Berikutnya, kita bisa mulai memilih foto yang ingin diupload dengan melakukan cara yang sama seperti menggunakan instagram pada umumnya.


Baca Juga : Cara Download Video di Instagram Dengan Sangat Mudah


3. Ngepost Foto dan Video Postingan Milik Orang Lain dengan Menggunakan Aplikasi Tambahan



a. Repost For Instagram

- Download aplikasi Repost For Instagram di aplikasi Play Store.

- Kemudian buka aplikasi tersebut dan buka feed instagram kita melalui aplikasi ini.

- Tap tombol titik tiga pada sudut kanan atas foto atau video yang ingin direpost.

- Pilih “Copy Share URL”

- Selanjutnya, buka Repost For Instagram dan secara tidak langsung nama pengguna akun akan muncul di dalam bar repost.

- Pengguna bisa menambahkan caption dari postingan asli atau bisa juga menghilangkannya dengan mengganti kata-kata sendiri.

- Jika sudah selesai, tap tombol Repost. Maka, foto yang ingin kalian repost tadi telah terupload.

b. InstaRepost

- Download aplikasi InstaRepost di aplikasi Play Store.

- Kemudian buka aplikasi tersebut, masuk ke akun instagram, dan cari postingan yang ingin direpost.

- Klik tiga titik di pojok kanan postingan.

- Pilih “Salin URL”.

- Berikutnya, kita akan diarahkan kembali ke aplikasi InstaRepost yang akan muncul pilihan Repost Now untuk merepost postingan tersebut.

- Selanjutnya, kita akan diarahkan ke halaman di mana bisa mengedit postingan tadi, menyimpan postingan, atau merepostnya.

- Lalu, kita akan dibawa masuk ke Instagram untuk mengedit foto serta caption dari postingan pilihan.

Selain memposting atau ngepost foto melalui 3 cara di atas, kita bisa juga memposting foto melalui instastory atau cerita kita. Tetapi jika memposting foto pada instastory sifatnya hanya sementara, berbeda dengan postingan asli yang bisa dilihat kapan pun pada profil kita. Karena pada instastory, kita hanya mampu melihat selama 24 jam atau 1 hari saja. Tetapi saat ini, instagram telah memiliki fitur untuk menyimpan kumpulan instastory lama dengan menggunakan fitur sorotan atau highlight, yang isinya adalah instastory pilihan keinginan pengguna akun agar bisa dilihat orang lain.


Penutup





Itulah cara ngepost di instagram dengan mudah baik melalui smartphone dan PC atau komputer.  Semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin menambah pengetahuan dan wawasannya tentang pengembangan aplikasi instagram. www.lompo.info