Cara Menyimpan Foto di Instagram

Cara Menyimpan Foto di Instagram

Cara Menyimpan Foto di Instagram - Memiliki momen yang berkesan dan indah pastinya ingin dimiliki semua orang. Terutamanya dengan mengabadikan foto atau video untuk dijadikan suatu kenangan. Tak sedikit orang banyak yang mencari alternatif penyimpanan foto mereka dengan mengunggahnya di media sosial yang sedang populernya. Salah satu media sosial tersebut adalah instagram. Instagram merupakan media sosial yang memiliki fitur atau fungsi untuk mengupload atau memposting foto dan video orang-orang. Foto-foto yang ada di instagram juga banyak yang menarik. Instagram sangat banyak digemari oleh banyak kalangan, baik dari anak-anak maupun orang dewasa. Instagram memang media sosial yang sangat melaju pesat sejak dikeluarkan pada 6 Oktober 2010 oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Kemunculan instagram pada dunia mayamendapat antusias yang baik dari masyarakat. Fitur di instagram sedikit mirip dengan fitur yang ada di Facebook, tetapi sebagai pembeda, instagram lebih memfokuskan pada fitur membagikan foto dan video daripada hanya status berupa tulisan-tulisan. Instagram juga menjadi media sosial yang menduduki peringkat keempat sebagai media sosial yang paling sering digunakan setelah Youtube, Facebook, dan Whatsapp. Seperti yang kita ketahui, instagram mempunyai fungsi membagikan atau mengupload foto dan video. Tetapi apa fungsi lain dari instagram sendiri? cara menyimpan foto di instagram, berbagai foto dan video melalui status atau instastory, serta sebagai media chatting kepada pengguna lain melalui Direct Message (DM). Instagram juga mempunyai fungsi menyimpan status atau instastory yang sudah lama atau yang terbaru melalui sorotan atau highlight yang terdapat pada profil pengguna. Sering kali foto yang ada di instagram begitu menarik untuk diambil atau disimpan. Tahukah kalian, bagaimana cara menyimpan foto dan video di instagram yang telah kita dibagikan? Ada berbagai cara untuk menyimpan foto dan video orang lain atau milik kita sendiri ke dalam penyimpanan telepon kita atau pada aplikasi instagram itu sendiri. Ingin tahu lebih lanjut, mari simak cara menyimpan foto di instagram berikut ini :


Cara Menyimpan Foto di Instagram


1. Menyimpan Foto dengan Aplikasi Tambahan


a. InstaSave for Instagram

Menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Cara yang pertama pastikan kita memiliki aplikasi InstaSave for Instagram di smartphone, jika belum ada download saja melalui Google play store atau App store. Kemudian, klik tanda titik tiga pada postingan atau foto yang ingin disimpan, lalu, pilih “Copy share URL”. Setelah itu, buka aplikasi InstaSave dan salin URL tersebut, maka secara otomatis kita bisa menyimpan foto atau video tersebut.

b. InstaSave

Aplikasi ini fungsinya hampir sama seperti aplikasi InstaSave for Instagram. Yang menjadi sedikit pembeda antara InstaSave dengan InstaSave for Instagram adalah jika setelah kita mengopi share URL foto atau video yang diinginkan, maka secara otomatis foto atau video tersebut langsung terdownload. Ini membuat aplikasi InstaSave sebagai aplikasi yang efektif.


Baca Juga : Cara Upload Foto di Instagram Lewat PC


2. Menyimpan Foto melalui Browser atau Situs


a. Save From Net

Situs ini sering digunakan untuk mendownload video dari Youtube. Tapi setelah dicoba-coba, situs ini bisa digunakan untuk menyimpan foto serta video pada sebuah postingan. Caranya cukup mudah, kita salin saja URL pada postingan yang ingin disimpan seperti cara sebelumnya. Setelah URL tersalin, salin URL pada kotak yang tersedia, dan akan muncul tampilan foto atau video yang URLnya sudah disalin tadi. Setelah mendownload, otomatis foto atau video akan tersimpan pada penyimpanan kita.


b. Mozilla Firefox

Kita bisa menyimpan foto atau video Instagram secara mudah dengan melalui browser Firefox. Caranya adalah dengan pertama salin URL pada foto yang ingin disimpan. Lalu, paste atau salin link tersebut di Browser tersebut. Kemudian, kita akan diarahkan ke instagram yang URL nya sudah disalin tadi. Klik kanan gambar tersebut, dan pilih Simpan Gambar. Maka secara otomatis gambar tersebut sudah tersimpan di penyimpanan kita.

c. Downloadgram

Situs Downloadgram adalah situs khusus yang digunakan untuk menyimpan foto dari Instagram. Caranya, pertama, klik ikon titik tiga di bagian atas foto yang ingin disimpan. Kemudian, klik pilihan Copy Link. Lalu, buka downloadgram.com di browser. Paste atau salin link foto yang ingin disimpan tadi, lalu tap download. Tunggu hingga proses loading selesai. Berikutnya, akan muncul tombol untuk simpan foto instagram. Tap download image untuk simpan foto ke penyimpanan smartphone kita. Ketika proses download selesai, foto yang sudah dipilih tadi otomatis tersimpan ke penyimpanan.


d. Dinsta

Sama seperti situs lainnya, pertama, kita salin terlebih dahulu URL foto yang akan disimpan. Kedua, buka situs dinsta.com pada mesin pencarian, lalu tempelkan link URL foto dari instagram tersebut. Kemudian, klik Go. Berikutnya, akan terbuka suatu halaman yang menampilkan dua cara untuk menyimpan foto. Cara pertama, klik kanan pada foto tersebut, dan pilih “Simpan foto sebagai” atau bisa juga klik tombol  download. Foto akan secara otomatis tersimpan pada penyimpanan smartphone kita.


3. Menyimpan Foto Instagram dengan Fitur Saved Photos


Fitur Saved Photos adalah fitur dari aplikasi instagram itu sendiri. Caranya sangat mudah, kita tinggal memilih ke foto yang ingin disimpan. Selanjutnya, di bagian kanan bawah foto terdapat ikon saved photos seperti pita, langsung klik atau tekan saja. Otomatis foto tersebut akan tersimpan. Untuk melihat semua foto yang tersimpan caranya mudah sekali. Pertama, buka profil akun instagram kita, lalu, tap ikon untuk Saved Photo atau Collections. Di situ kita bisa melihat kumpulan foto yang sudah disimpan.


4. Menyimpan Foto dengan Cara Screenshot


Cara yang satu ini adalah cara yang cukup efektif karena menggunakan fitur screenshot adalah fitur yang sudah banyak dimiliki semua smartphone. Untuk bisa menyimpan foto instagram dengan cara ini adalah dengan langkah-langkah :

- Pilih foto pada instagram yang menurutmu menarik atau foto instagram pilihanmu.
- Langsung saja kita screenshot foto tersebut.
- Setelah discreenshot, otomatis foto tersebut akan tersimpan pada penyimpanan kita.

Tiap smartphone mempunyai cara yang berbeda untuk melakukan screenshot. Kebanyakan smartphone melakukan screenshot dengan menekan tombol volume dan power secara bersamaan. Foto yang dihasilkan dari screenshot biasanya setelah dipotong atau dicrop akan mendapat foto dengan hasil yang sedikit pecah.

Bila kita sering mengambil foto orang lain pada instagram untuk tujuan komersial atau menggunakan foto yang diambil tersebut untuk menghasilkan uang dengan cara masing-masing., kita harus lebih berhati-hati. Bisa saja foto yang kita ambil, pemiliknya mengetahui dan menuntut kita ke meja hukum. Ada baiknya sebelum kita mengambil foto tersebut, kita izin terlebih dahulu kepada si pemilik.

Demikianlah artikel tentang cara menyimpan foto di instagram yang mudah dan efektif. Semoga artikel ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bisa menambah wawasan serta pengetahuan pembaca dan pengguna instagram. Lompo.info