Skip to main content

Cara Menghilangkan Embun Di Jam Tangan

Cara Menghilangkan Embun Di Jam Tangan - Jam tangan merupakan salah satu benda paling penting yang harus dimiliki oleh seseorang. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki aktifitas padat, jam tangan mampu menjadi salah satu solusi agar dapat membagi waktu dan kegiatan dengan baik. Fungsi utama dari jam tangan sendiri yaitu untuk menunjukan waktu kepada para penggunanya. Namun, dapat dikatakan bahwa jam tangan merupakan salah satu benda yang juga harus dijaga serta dirawat dengan baik. Berbagai masalah mulai dari ringan, seperti jam tangan yang memiliki baterai rusak hingga masalah besar seperti jam berembun menjadi beberapa contoh masalah yang sering dialami oleh sebuah jam tangan. Untuk itu, cara menghilangkan embun di jam tangan ini menjadi salah satu cara melakukan perawatan menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh Anda semua pemilik jam tangan. Lalu, adakah solusi untuk cara menghilangkan embun di jam tangan ? Ini dia jawabannya.

Cara Menghilangkan Embun Di Jam Tangan


Cara Menghilangkan Embun Di Jam Tangan


1. Bongkar jam pada bagian kaca lalu jemur diarea yang cukup hangat.



Cara menghilangkan embun pada jam tangan yang pertama adalah dengan cara membongkar jam tangan yang Anda miliki. Umumnya pada bagian belakang jam terdapat sekrup kecil, Anda hanya harus membukanya menggunakan obeng yang cocok dengan bentuk sekrup. Selain itu, bukalah kaca pada bagian depan jam tangan, Anda bisa menghilangkan embun pada kaca dengan tisu, cukup lap pada bagian yang terdapat embun lalu keringkan jam tangan tersebut ditempat yang cukup hangat seperti di dekat perapian, di belakang kulkas, di taman belakang rumah, dan tempat hangat lainnya. Hal ini berguna untuk menuntaskan embun pada jam tangan yang Anda miliki, sebab cuaca hangat dan udara yang mengalir dapat menguapkan embun yang terjebak pada bagian dalam perangkat jam.


2. Hair Dryer


Apakah Anda memiliki hair dryer di rumah ? Anda bisa memanfaatkan hair dryer tersebut untuk menghilangkan embun pada jam tangan. Caranya cukup mudah, Anda hanya harus mengatur hair dryer pada tingkat panas paling rendah. Lalu, mulailah untuk mengeringkan jam tangan Anda, sebelumnya pastikan untuk mengatur jarak hair dryer dengan jam tangan agar jam yang Anda miliki tidak terkena paparan suhu yang cukup panas dari hair dryer.


3. Beras


Apakah Anda pernah mendengar bahwa handphone yang tercelup di dalam air dapat diatasi dengan cara merendamnya pada sebuah tempat berisikan beras ? Ternyata, hal tersebut juga berlaku untuk jam tangan yang berembun. Beras memang dikenal dapat menyerap air dengan sangat baik. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan beras untuk menghilangkan embun pada jam tangan yang Anda miliki, yaitu dengan cara merendam jam tangan yang sebelumnya telah dibuka pada bagian kaca atau bagian atas jam.


Baca Juga : Cara Mengatasi Insomnia Secara alami


4. Sinari dengan lampu


Cara menghilangkan embun berikutnya adalah dengan menjemur jam di bawah lampu yang menyala. Anda bisa memanfaatkan lampu meja atau pun lampu bohlam dirumah. Cukup sinari jam dengan lampu hingga embun di dalamnya menghilang.


5. Lilin


Cara menghilangkan embun pada jam tangan yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan lilin. Anda bisa memanfaatkan lilin dirumah untuk menghilangkan embun pada jam tangan dengan cara, nyalakan lilin terlebih dahulu, kemudian letakan jam tangan berembun didekat lilin tersebut. Tunggu hingga embun pada jam tangan berkurang, Anda harus cukup sabar dalam menunggu embun pada jam tangan hilang, sebab cara ini sedikit memakan waktu untuk benar-benar menghilangkan embun yang ada pada jam tangan.


Berbicara mengenai masalah besar yang dialami oleh sebuah jam tangan yaitu berembun, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang membuat bagian dalam jam tangan berembun adalah kelembaban. Kelembaban bahkan diduga menjadi musuh terbesar dari sebuah jam tangan. Kelembaban dapat menyerang jam tangan sesorang terutama yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi serta daerah yang memiliki suhu udara dingin. Penyebab lain yang merupakan turunan dari kelembaban sendiri yaitu masuknya air pada bagian dalam jam tangan. Apabila suhu di sekitar jam tangan merupakan suhu yang rendah dan cukup untuk dapat membuat bagian dalam jam tangan tersebut lembab, maka pada bagian jam tangan akan mengikuti suhu area sekitar. Tak dapat dipungkiri bahwa lembabnya jam tangan akan membuat bagian jam tangan tersebut berembun. Ditambah lagi apabila terdapat air yang masuk pada jam tangan, maka pada saat area sekitar jam tangan memiliki suhu yang sedikit naik, hal tersebut dapat menyebabkan jam tangan yang Anda miliki menguap dan menimbulkan embun kembali.

Apabila embun yang ada pada jam tangan tidak terlalu parah, maka embun tersebut dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi jika embun pada bagian dalam jam tangan tidak juga mau mengering, maka hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang cukup serius pada perangkat jam tangan yang Anda miliki. Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan beberapa penyebab yang akan membuat jam tangan Anda berembun agar Anda dapat menghindarinya dikemudian hari. Penyebab dari jam tangan yang berembun adalah sebagai berikut :


1. Terendam Air


Penyebab jam berembun yang pertama yaitu terendam air. Apabila jam tangan yang Anda miliki tidak memiliki tanda atau tag bertuliskan water resistant, maka jangan sekali-kali Anda memberanikan diri untuk menggunakan jam tangan tersebut di dalam air. Sebab, tentu saja hal tersebut akan merusak jam tangan yang Anda miliki. Water resistant sendiri merupakan sebuah label yang umumnya dapat ditemukan pada bagian belakang jam tangan. Tag bertuliskan water resistant ini menandakan bahwa jam tangan yang Anda miliki dibuat dari bahan-bahan anti air, sehingga apabila Anda ingin menggunakan jam tangan tersebut dalam keadaan basah, maka jam tangan yang Anda miliki tidak akan mengalami kerusakan.


Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami


Meskipun memiliki tag water resistant, hal tersebut bukan berarti jam tangan Anda dapat bertahan lama dari masalah semacam berembun. Setiap merk dan tipe jam tangan water resistant pasti memiliki kekuatan yang berbeda-beda untuk bertahan pada saat terendam air. Maka dari itu, Anda harus mengenali berapa lama jam tangan Anda dapat bertahan. Sebab, apabila Anda membiarkan jam tangan yang Anda miliki berada di dalam air lebih dari batas waktu ketahanan, maka bisa saja rendaman air tersebut akan menimbulkan embun pada bagian dalam jam tangan.


2. Kehujanan


Penyebab dari jam berembun yang kedua yaitu kehujanan. Pada saat cuaca disekitar Anda hujan secara terus menerus, maka tidak menutup kemungkinan bahwa cipratan air hujan akan mengenai jam tangan Anda pada saat beraktifitas diluar rumah. Apabila cipratan air hujan tersebut dibiarkan terus menerus, jam tangan Anda bisa saja menjadi berembun dan menyebabkan kerusakan pada perangkat bagian dalam jam.


3. Kepanasan


Embun dapat terjadi karena adanya uap air yang masuk dan terperangkap pada bagian dalam jam tangan. Embun tersebut tidak dapat keluar, sebab terhalang oleh kaca pada jam tangan. Kembali lagi pada faktor suhu di sekitar jam tangan, kepanasan pun dapat menjadi faktor lain mengapa embun bisa terjadi pada sebuah jam tangan. Apabila jam tangan yang Anda miliki terbiasa berada dalam suhu yang cenderung dingin, lalu Anda berpergian ke daerah yang panas, maka embun bisa saja terbentuk sebab adanya penguapan yang terjadi karena suhu panas.


Penutup

Demikianlah artikel yang membahas tentang cara menghilangkan embun di jam tangan, semoga dengan adanya artikel ini, teman teman semua sudah bisa menghilangkan embun di jam tangan. Lompo.info