Teknik Bermain Bulu Tangkis Yang Benar

Teknik Bermain Bulu Tangkis Yang Benar

Teknik bermain bulu tangkis - Sebernarnya teknik bermain bulu tangkis, tidak begitu susah, bagi yang rajin mempelajarinya, tetapi juga tidak gampang, anda perlu berlatih berbulan bulan untuk mengusai teknik bermain bulu tangkis ini, biar bisa mahir bermain bulu tangkis. oke sebelum bermain ada baiknya anda terlebih dahulu mengetahui selak belut bulu tangkis ini. Bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat juga digunakan untuk menyalurkan hobi. Secara harfiah bulu tangkis terdiri dari dua kata, yaitu bulu yang memiliki arti bahan alat terbuat dari bulu angsa dan tangkis yang merupakan kata dasar dari gerakan inti permainan bulu tangkis yakni menangkis. Alat yang digunakan dalam permainan bulu tangkis berupa raket dan shuttlekock atau yang biasanya disebut dengan kok.



Teknik Bermain Bulu Tangkis Yang Benar


Banyak perbedaan pendapat tentang awal mula permainan bulu tangkis. Ada yang mengatakan bahwa bulu tangkis ada sejak 2000 tahun di Mesir Kuno. Namun ada juga yang mengatakan bulu tangkis berasal dari India dan daratan Tiongkok. Saat ini permainan atau olahraga bulu tangkis sudah terkenal di semua belahan dunia. Dan akhirnya bulu tangkis terkenal pada peradaban abad pertengahan di Inggris. Pada saat itu masyarakat menyebutnya dengan Battledore dan shuttlekock. Hingga permainan tradisional ini dipublikasikan sebuah majalah bernama Punch dan menyebabkan terkenalnya bulu tangkis di kalangan masyarakat.


Teknik  Bermain Bulu Tangkis Yang Benar


Pada awal karier, pemain bulu tangkis melewati masa-masa pelatihan dan pembinaan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mereka mengetahui hal-hal yang harus dilakukan serta membekalinya dengan ilmu pengetahuan sampai dia dianggap layak terjun ke pertandingan yang sesungguhnya. Yang menentZukan pemain sudah layak atau belum diterjunkan ke dalam pertandingan adalah pelatih atau lembaga yang telah membinanya. Dalam proses pelatihan dan pembinaan, pemain mendapatkan ilmu teori bermain bulu tangkis yang sesuai dengan aturan permainan dan juga praktik secara nyata. Terdapat beberapa teknik dasar dalam permainan olahraga bulu tangkis sebagai modal awal pemain untuk menjadi pemain profesional. Teknik-teknik dasarnya adalah sebagai berikut:


Teknik Memegang Raket Bulu Tangkis


Cara memegang raket merupakan teknik dasar dalam permainan olahraga bulu tangkis. Hal ini sangat mempengaruhi kualitas hasil pukulan. Sebaiknya untuk pemula jangan melanjutkan ke latihan tahap selanjutnya apabila belum menguasai teknik ini. Cara memegang raket dibagi menjadi dua, yaitu: teknik forehand dan teknik backhand. Teknik forehand dilakukan dengan cara seperti tangan sedang berjabat tangan, posisi kepala raket menyamping, antara ibu jari dengan jari telunjuk terdapat sela yang membentuk V, dan jari lainnya menggenggam raket.


Teknik Backhand Bulu Tangkis


Terdapat perbedaan antara teknik forehand dan teknik backhand. Jika tadi pada teknik forehand terdapat jarak antara ibu jari dan jari telunjuk, maka dalam teknik backhand posisi ibu jari dengan jari telunjuk lebih dekat. Posisi kepala raket menyamping, ibu jari dan empat jari lainnya sedikit terpisah, sehingga empat jari tersebut menggenggam raket semua. Teknik ini dapat dilakukan dengan tangan kanan maupun tangan kiri.


Teknik Pukulan Bulu Tangkis


Teknik yang biasa digunakan dalam permainan olahraga bulu tangkis adalah teknik forehand. Pukulan ini dilakukan dengan cara mengayunkan badan dari belakang ke depan raket. Posisi telapak tangan berhadapan dengan shuttlekock. Berikut ini adalah cara melakukan pukulan dengan teknik forehand:

Gunakan teknik forehand untuk memegang raket.
Badan dimiringkan ke sebelah kanan.
Kaki kanan di belakang sedangkan kaki kiri di depan dengan posisi menyilang.
Biarkan saja tangan bergerak ke bawah.
Bahu sambil digerakkan ke depan saat memukul.
Pukullah shuttlekock sekeras mungkin untuk mengalahkan lawan.


Posisi dan Sikap Badan


Tidak hanya kelincahan bermain yang perlu diperhatikan. Teknik dasar posisi dan sikap badan dalam permainan olahraga bulu tangkis juga perlu diperhatikan. Teknik ini merujuk pada konsep keseimbangan tubuh. Biasanya masyarakat biasa tidak terlalu memperhatikan konsep keseimbangan. Namun, bagi pemain bulu tangkis profesional hal ini sangatlah penting. Mereka gagal mendapatkan pukulan yang berkualitas biasanya disebabkan karena kurangnya keseimbangan.

Di bawah ini merupakan cara untuk memiliki keseimbangan yang baik:

- Tumpu badan menggunakan kaki kanan dan kaki kiri. Posisi seperti ini dilakukan saat      menyerang maupun bertahan.
- Buka kaki selebar bahu dengan posisi kaki sejajar atau kaki yang satunya agak dimajukan.
- Tekuk kedua lutut kemudian berdiri dengan ujung kaki supaya pinggang tetap tegak.
- Agar tangan yang sedang memegang raket bebas bergerak, maka letakkan lengan yang satunya di samping badan.



Baca Juga : 6 Cara Melakukan Push Up yang Baik dan Benar


Posisi Badan Saat Memukul


Dalam permainan olahraga bulu tangkis tidak hanya cara melakukan saja yang penting. Namun posisi pemain saat melakukan pukulan juga mempengaruhi hasil. Posisi badan yang benar saat melakukan pukulan yaitu dengan cara sebagai berikut:

Posisi badan menyamping ke arah net dan berada di belakang shuttlekock.
Posisi kaki yang ada di depan adalah kaki kiri.
Bahu kiri usahakan agak ditarik ke belakang.


Kelincahan Gerak


Kelincahan merupakan keahlian dasar yang harus dimiliki oleh pemain bulu tangkis. Tidak hanya keahlian tangan dalam memukul yang diutamakan pada olahraga ini. Namun juga keahlian pergerakan kaki sangat dibutuhkan. Karena pada saat melakukan olahraga bulu tangkis ini, harus ada keseimbangan antara tangan, kaki, dan tubuh. Hal ini berguna saat menyerang maupun bertahan.


Teknik Smash Bulu Tangkis


Smash merupakan salah satu teknik dalam permainan olahraga bulu tangkis yang bertujuan untuk menyerang dan mematikan lawan. Pukulan smash harus dilakukan dengan penuh tenaga untuk mengarahkan shuttlekock ke arah bawah area lawan. Untuk mendapatkan pukulan smash yang sempurna sebaiknya sambil melompat yang tinggi.


Teknik Servis Bulu Tangkis


Service dilakukan dengan cara mengarahkan shuttlekock ke sebelah kanan, kiri, depan maupun belakang pemain lawan. Service dibagi menjadi tiga teknik, yaitu:

Forehand tinggi
Forehand service
Backhand service


Pengembalian Service


Teknik pengembalian service juga harus dikuasai agar dapat bertahan dari serangan lawan. Teknik ini terbagi menjadi teknik dropshot dan setting. Gerakan yang perlu kita waspadai dalam pengembalian service adalah smash. Karena smash yang kekuatannya lemah dapat merugikan kita sendiri dan menguntungkan pemain lawan jika pemain lawan melakukan pembalasan.


Teknik Overhead Bulu Tangkis


Overhead dilakukan apabila shuttlekock mengarah ke belakang berdirinya tubuh. Overhead dilakukan dengan cara memukul tetapi gerakannya mirip seperti melempar. Raket dipegang menggunakan teknik forehand.


Teknik Dropshot Bulu Tangkis


Dropshot merupakan gerakan bulu tangkis yang hampir sama dengan smash namun gerakannya lebih halus. Dropshot juga bertujuan untuk menyerang dan mematikan lawan. Gerakkannya sebagai pengecoh karena pemain sudah melompat tinggi dan pemain lawan mengiranya akan melakukan smash padahal shuttlekock jatuh di dekat net dan gerakannya pun halus.

Hal-hal yang mempengaruhi pukulan dropshot:

Posisi tubuh
Perpindahan berat badan
Pegangan raket
Pergerakan kaki


Teknik Netting Bulu Tangkis


Netting adalah gerakan yang paling sulit dilakukan dalam permainan bulu tangkis. Para pemain nasional maupun internasional belum tentu berhasil melakukan netting ini. Karena netting bertujuan untuk menjatuhkan shuttlekock di area lawan sedekat mungkin dengan posisi net.


Penutup


Demikian artikel yang membahas tentang teknik bermain bulu tangkis yang benar, semoga ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda yang menyukai dunia olahraga bulu tangkis. Perhatikan setiap teknik-teknik yang sudah ditentukan.