Skip to main content

Setting apn Indosat 4g Yang Benar

Setting apn indosat 4g agar internet cepat dan stabil - Hanya dengan sebuah apn intenet dapat terhubung secara baik. Jika internet mu tidak lancar jangan langsung mengkambing hitamkan sinyal sebagai tersangka eh penyebabnya. Jika didaerahmu biasanya internet lancar dan tiba tiba berubah menjadi lemot mungkin salah satu penyebabnya adalah apn yang tidak cocok. Apa sih apn itu?? Apn adalah Akses Point Name. Apn merupakan sebuah gerbang antara jaringan GSM,GPRS,3G serta 4G.




Setting apn Indosat 4g Yang Benar

Fungsi utama dari apn adalah menyambungkan perangkat yang kamu gunakan agar tetap terhubung dengan internet dengan baik dan stabil. Meskipun katu yang yang kamu gunakan sudah di registrasi namun jika belum dibuatkan apn maka data seluler tidak muncul. Disini saya akan menuliskan cara setting apn untuk paket data indosat 4g. Jika kita terbiasa membeli kartu Indosat maka hal yang harus kita lakukan pertama kali adalah meregistrasi kartu dengan nik#nokk# dan tara.....

Kartu perdana Indosat dapat langsung anda gunakan untuk berselancar di dunia internet. Berbeda dengan salah satu paket internet dari produk lainnya, yang harus memasukkan apn sendiri namun setting apnnya terdapat pada bungkus kartu tersebut jadi jangan risau dan bingung ya. Jika setting apn belum kita buat atau belum kita masukkan maka masalah yang muncul adalah saat kita mengharapkan data seluler maka simbol dari data seluler tidak akan muncul meskipun di status bar sinyal yang didapat sangat banyak otomatis kartu yang kita gunakan belum bisa digunakan untuk berhubungan dengan internet.

 Sebenarnya apn dari sebuah kartu Internet dapat menggunakan  apn dari kartu perdana lain namun akan lebih baik jika apn yang kita gunakan sesuai dangan kartu yang kita gunakan. Agar internet dapat wus wus.......heheh. simak baik-baik langkah-langkah untuk memasukkan apn pada kartu Indosat. Tidak ada salahnya kita mencoba hal baru agar kita mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang baru. Ok simak caranya disini.


Setting apn Indosat 4g Agar Internet Cepat Dan Stabil


Langkah pertama adalah dengan kita membuka dimana aih pan itu letaknya?? Bagi kalian yang belum tahu tata letak untuk mengati maupun membuat APN ok kita belajar dari itu dulu.

1. Langkah pertama yaitu buka settings di Smartphone anda atau cara lain yang cukup mudah adalah dengan menekan tanda data seluler di bar status

2. Lalu pilih jaringan seluler, jangan lupa untuk menjadikan kartu yang akan kita ubah sebagai jaringan selulert kartu yang dipilih karena jika tidak maka pilihlah Apn tidak akan muncul. jika kita menggunakan dual sim maka cara nya adalah dengan mengganti sim dan mengaktifkan kartu yang akan kita ubah sebagai jaringan seluler dari kartu Indosat yang kita gunakan

3. Klik kartu yang akan di ubah apn-nya, pilih Indosat

4. Lalu pilih Akses Point Name (APN)/ Nama Titik akses (APN)

5. Setelah itu klik bagian kiri yang terdapat tanda plus ( + ) untuk menambahkan setting apn
Ok disini memang kartu Indosat telah menyediakan apn khusus jadi jangan diubah ubah.


Dibawah ini adalah contoh setting  apn defaul yang langsung disediakan oleh indosat

Nama apn :indosat apn 1
APN : indosatgprs
Proxy :10.19.19.19
port : 8080
nama pengguna : indosat
kata sandi : indosat
server : kosongkan (tidak perlu di isi)
mmsc : kosongkan (tidak perlu di isi)
proxy mms : kosongkan (tidak perlu di isi)
port mms ; kosongkan (tidak perlu di isi)
mcc :510
MNC : 01
Jenis autentikasi :
Jenis apn : default,supl
protokol apn : ipv4
protokol roaming apn :ipv4


Setting apn Indosat 4g Sendiri


Sekarang kita akan membuat APN sendiri simak isian nya dibawah ini


Nama apn :indosat apn 2
APN : lte
pengaturan proxy dll tidak perlu disetting lagi

Nama apn :indosat apn 3
APN : internet
pengaturan proxy dll tidak perlu disetting lagi

Nama apn :indosat apn 4
APN : free
pengaturan proxy dll tidak perlu disetting lagi

Nama apn :indosat apn 3
APN : indosatooredoo.com
pengaturan proxy dll tidak perlu disetting lagi

• Mentari & Matrix

APN : indosatgprs

USER : indosat

PASSWORD : indosat

APN : http://www.indosat-m3.net, indosat, indosat3G
USER : gprs

PASSWORD : im3

Pilihan itu semua dapat kita pilih dan kita sesuaikan dengan kecepatan internet yang cocok untuk daerah kita karena tidak semua apn yang saya sediakan disini cocok dengan daerah anda,


Baca Juga :  Cara Menghilangkan Activate Windows


setting apn modem indosat ooredoo

profil name apn : indosatgprs
APN akses: indosatgprs
User Name : indosat
Password : indosat
proxy :10.19.19.19
port : 8080
Mnc :01
Access Number: *99#


cara agar dapat mengetahui kecepatan internet adalah dengan cara mendownload file dari cloud android di google drive maupun di penyimpanan file gratis seperti dropbox.

Saat apn diatas sudah anda gunakan anda tidak perlu melakukan test speed di internet, karena meskipun download ping tinggi namun tidak menjamin sped internet Anda cepat.
Pengertian fungsi APN

Harus kita pahami sebelum kita mengubah ubah setting APN kartu internet Anda. Ada beberapa pengertian tentang APN yang harus Anda pahami, agar kita tidak asal asalan dalam mengubah setting

APN  simak ilmunya di sini :

APN : Akses Point Name

Tipe APN : terdapat 4 APN yaitu ( Generik,Supl,Nms dan Wap )

MMSC : Multimedia Messaging Service dan diperlukan hanya saja diperlukan jika Anda menggunakan pesan teks atau MMS

Proxy : Operator seluler menyediakan proxy antara jaringan anda dengan internet.

Alasan pentingnya mengapa seringnya kita mengubah setting APN adalah terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam perubahan setting apn

Anda ingin bebas menggunakan operator apapun dengan kecepatan internet yang stabil

- Anda ingin ke luar area layanan penyedia dan ingin menghindari biyaya tambahan roaming data

- Mencari sinyal yang kuat yang mana daerah tersebut kurang mendukun mengenai kartu paket
internet yang kita gunakan.

Setting apn salah dan anda mendapatkan pesan kesalahan seperti "tidak dapat mengaktifkan data,Anda tidak berlangganan layanan data seluler dan lainnya"

Terdapat macam-macam struktur dari APN yang ada dan disini saya akan memberikan informasi kepada Anda mengenai hal itu

Operator identifier : memberikan pengertian mengenai paket operator spesifik tempat GGSN berada.
MCC : kode negara yang anda gunakan

MNC : kode jaringan yang mengetahui secara otomatis mengenai jaringan seluler yang anda gunakan.

Network identifier : bagian APN yang wajib digunakan oleh pengguna namun dalam penggunaannya hanya jika pengguna menginginkannya. Bertugas mendifinisikan jaringan external dimana GGSN( Gateway GPRS Support Node ) terhubung.
\

Penutup


Itulah informasi mengenai Setting apn indosat 4g agar internet cepat dan stabil semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kita semua. Banyak kekurangan dari penulisan. Penulis minta maaf sebesar-besarnya untuk para pembaca.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar