Skip to main content

Cara Menyembuhkan Varises Dengan Cepat

Cara menyembuhkan varises dengan cepat - Varises adalah suatu kejadian yang terjadi pada pembuluh darah Vena, baik itu pembengkakan ataupun pelebaran yang terjadi akibat menumpuknya darah didalam pembuluh tersebut. Pembuluh darah Vena yang memiliki warna biru gelap ataupun ungu dan juga tampak bengkak, ini menandakan bahwa adanya penyakit varises.


Cara Menyembuhkan Varises Dengan Cepat


Semua pembuluh darah Vena yang terdapat di dalam tubuh dapat terkena varises dan yang paling sering kena itu di area betis, karena Adanya tekanan yang besar pada saat kita berdiri dan juga berjalan. Selain di betis, varises juga bisa timbul di area kerongkongan, anus,rahim dan juga panggul dan ini disebut varises esofagus.

Dibanding pria, wanita lebih sering terkena varises di betis ataupun ditungkai. Faktor lain yang menyebabkan meningkatnya resiko seseorang terkena varises adalah  berat badan berlebih atau biasa disebut obesitas, faktor keturunan, usia dan juga area kerja yang menuntut orang berdiri dalam waktu yang lama.


Cara Menyembuhkan Varises Dengan Cepat


Tidak membutuhkan penanganan medis secara khusus jika penyakit varises tersebut tergolong ringan, namun bila varises tersebut sudah menyebabkan komplikasi atau menimbulkan gejala, maka mungkin perlu dilakukan tindakan medis. Pengobatan varises yang bisa dilakukan, terbagi dalam beberapa metode diantaranya adalah : 

- Terapi laser

Jika varises berukuran kecil, anda bisa menggunakan terapi laser, untuk mengecilkan dan juga menghilangkan verises tersebut. Pengobatan dengan cara terapi laser ini yaitu  dengan cara menyuntikkan sinar laser ke arah pembuluh darah yang mengalami varises.

- Skleroterapi

Metode pengobatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan khusus ke dalam pembuluh Vena sehingga pembuluh darah akan menyusut ataupun mengempis dan ini dilakukan untuk mencegah komplikasi dan juga meredakan nyeri.

- Endoskopi Pembuluh Vena

Metode ataupun cara ini dilakukan jika varises telah menyebabkan ulkus pada bagian tungkai dan jika pengobatan lain sudah tidak efektif lagi, maka dilakukanlah metode ini.


Pencegahan varises



Untuk mengurangi resiko munculnya varises, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan, diantaranya adalah 


- Jangan menggunakan hak tinggi bagi wanita dalam waktu yang lama.

- Olahraga secara rutin dan menjaga agar berat badan selalu ideal

- Makan makanan yang rendah garam dan tinggi serat

- Jangan terlalu lama duduk ataupun berdiri, usahakanlah untuk bergerak tiap beberapa menit.

 - Ketika anda berbaring, gunakan lah bantal untuk menyangga kaki anda, agar posisi kaki anda lebih tinggi. 





Penyebab Varises


Penyebab terjadinya varises ini adalah pembuluh darah Vena yang melebar, yang disebabkan oleh  penumpukan darah di dalam area pembuluh Vena, dan ini terjadi akibat lemahnya ataupun rusaknya katup vena, sehingga darah akan kembali atapun berbalik arah dan  itu yang menyebabkan penumpukan di dalam area Vena.


Gejala penyakit varises


Gejala awal varises ini di tandai dengan beberapa hal, diantaranya yaitu tampak bengkak ataupun menonjol pembuluh vena, di permukaan kulit dan juga warna pada pembuluh Vena akan berwarna biru gelap ataupun ungu.

Beberapa gejala yang timbul akibat dibiarkannya varises dalam waktu yang lama, meskipun varises itu sebelumnya tergolong varises ringan adalah : 

- Terjadinya kram otot pada kaki terutama di malam hari

- Pada area sekitar varises terjadi perubahan warna kulit

- Area kaki dan juga pergelangannya terjadi pembengkakan 

- Tampak kering dan juga terasa gatal kulit pada area yang terkena varises

- Di bagian tungkai akan terasa nyeri, panas dan juga berdenyut

- Terasa berat dan juga tidak nyaman kaki ketika di gerakkan

Orang yang tempat tinggalnya di daerah yang memiliki cuaca yang hangat akan lebih terasa gelaja varises ini dan juga ketika penderita ini berdiri terlalu lama. Untuk sedikit meredakannya, anda bisa lakukan jalan kaki santai selama beberapa menit atau pun anda bisa berbaring dengan kaki yang disangga bantalan.Ketika anda menstruasi atau pun hamil, gejala varises ini akan semakin memburuk. 

Jika terjadi pengerasan pada pembuluh Vena atau perdarahan ataupun peradangan kulit dan juga luka terbuka di dekat pergelangan kaki, segera hubungi dokter. Di takutkan ini adalah gejala penyakit vaskular serius yang dimana membutuhkan penanganan medis.


Penutup


Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang cara penyembuhan varises, semoga teman teman semua dapat mengambil manfaat dari artikel ini, selamat membaca.