Skip to main content

Cara Membuat Tempe Bacem Sederhana Yang Enak Dan Nikmat

Cara membuat tempe bacem sederhana yang enak dan nikmat - Jika mendengar kata tempe, pastinya yang dipikirkan pertama kali adalah makanan desa yang sangat sederhana dan tidak begitu menarik. Bahkan ada pula yang merasa enggan memakan tempe karena terlalu biasa saja. Padahal dibalik kesederhanaan, tempe mempunyai khasiat yang bermacam-macam loh. Secara garis besar tempe dikenal baik untuk kesehatan. Nah sebenarnya dibalik kesederhanaan tempe itu di dalamnya punya manfaat apa aja sih?



Cara Membuat Tempe Bacem Sederhana Yang Enak Dan Nikmat

Pertama tempe mengandung zat besi yang berguna untuk menyebarkan oksigen dalam sel darah merah menuju seluruh sel-sel dalam tubuh. Kedua vitamin, tempe mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Ketiga mineral, tempe mengandung mineral mikro mineral makro. Keempat asam lemak, tempe mengandung asam lemak yang dapat membuat netral efek negatif sterol. Kelima protein, kandungan protein dalam tempe dapat mengobati diare. Keenam superoksida desmutase, kandungan ini menjadikan tempe bagus dikonsumsi oleh penderita jantung karena superoksida desmutase mampu mengendalikan radikal bebas. Keenam kalsium, kandungan kalsium dalam tempe baik untuk mencegah osteoporosis.

Berbicara mengenai tempe yang banyak pendapat tentangnya yang menyatakan bahwa tempe itu sangat sederhana dan kurang menarik, mungkin mereka belum tau perkembangan di dunia masak memasak nih. Banyak para chef maupun koki yang berusaha menciptakan makanan-makanan lezat bahkan dari bahan dasar yang sederhana. Tempe ini contohnya. Saat ini sudah banyak sekali makanan-makanan hasil olahan dari bahan dasar yang menjadi makanan unggulan loh. Bahkan ada pula makanan olahan dari tempe yang naik daun dan dijadikan peluang untuk berbisnis kuliner. Misalnya olahan tempe menjadi tempe geprek. Selain tempe geprek, Kira-kiraapa aja sih makanan olahan tempe yang menggugah selera? Kamu bisa mengolah tempe menjadi perkedel tempe, sambal tempe, tempe Bacem, kering tempe, tempe burger, gulai tempe, maupun pecak tempe.

Yang menjadi nilai lebih dari selain khasiatnya yang beragam dengan mudahnya pengolahan, makanan olahan tempe juga cocok dikonsumsi dalam keadaan apa saja dan dimana saja. Cuaca dingin ditemani mendoan tempe panas menjadikan suasana jadi nikmat. Cuaca panas sambil memakan tempe bacem juga pas banget. Tidak hanya itu, tempe juga punya nilai plus karena keberadaannya yang mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun di swalayan-swalayan.
Berbicara mengenai makanan olahan tempe, yang akan kita bahas disini ialah tempe bacem. Nah punya bayangan nggak sih kayak apa tempe bacem itu? Terbayang nggak gimana lezatnya bumbu yang merasuk sampai bagian paling dalam dari tempe itu sendiri.

Ketika berbicara  mengenai rasa yang merasuk, pastinya tidak jauh dari hal durasi memasak yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Tapi tenang aja, meskipun agak lama, namun cara memasaknya bisa dibilang cukup mudah kok. Gimana sih cara masaknya? Untuk cara pengolahannya sendiri bisa dengan cara digoreng maupun tanpa digoreng. Dan untuk soal rasanya, kamu bisa mengatur sesuai selera. Kamu bisa membuat varian rasa manis pedas maupun gurih manis. Bahkan terdapat banyak macam dari makanan tempe bacem loh. Seperti tempe bacem Jawa, tempe bacem manis gurih, tempe bacem Langsung aja nih berikut dibawah adalah cara memasak tempe bacem secara umum.


Baca Juga : Cara Memasak Sayur Sop Bening Sederhana Yang Enak


Yang harus dilakukan pertama ialah ialah menyiapkan bahan-bahannya. Biasanya sebelum menyiapkan bahan, kita perkirakan dahulu akan membuat makanan untuk berapa porsi. Jika bingung menentukan ingin memasak seberapa banyak, takut jika memasak dengan porsi sedikit akan kurang dan jika memasak dengan porsi besar tidak akan habis sekali makan, tenang saja untuk makanan tempe bacem ini, kita bisa kok membuat dalam porsi besar sekaligus karena makanan satu ini terbilang makanan awet tahan lama dan pastinya kualitas rasa yang tetap lezat alias tidak harus habis sekali makan.


Cara Membuat Tempe Bacem Sederhana Yang Enak Dan Nikmat


Apa aja sih bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat tempe bacem? 


1. Siapkan tempe sebagai bahan utama dalam memasak kali ini. Karena ada berbagai macam tempe, lebih baik jika menggunakan tempe yang dibungkus dengan daun, karena lebih baik jika tempe itu difermentasi dalam bungkus alami. Nah disini kita akan membuat tempe bacem dengan menggunakan tempe berbentuk limas segi empat yang dibungkus daun. Cukup siapkan 10 biji.

2. Daun salam sebanyak 2 lembar saja. Selain ampuh membuat masakan jadi makin sedap, daun salam juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah loh.

3. Daun jati sediakan 1 lembar saja

4. Lengkuas, sediakan kira-kira dengan ukuran 3 cm saja.

5. Garam sebanyak 1 1/2 sendok teh atau bisa disesuaikan dengan selera

6. Gula merah sejumlah 1 sendok makan

7. Sediakan margarin sebanyak 2 sendok makan

8. Air kelapa muda, sediakan 500 ml saja


Untuk bumbu halusnya ada sendiri nih. Apa aja ya sih? 


Bumbu halusnya simpel banget kok. Cukup sediakan bawang putih sejumlah 4 siung, kemiri sebanyak 2 buah, bawang merah sebanyak 6 buah, ketumbar sejumlah setengah sendok teh.
Nah setelah bumbu-bumbu lengkap tersedia, sekarang ialah saatnya masuk pada cara memasaknya. Langkah kedua ialah menjadikan bahan-bahan jadi siap dipakai. Maksudnya gimana sih? Sebelum digunakan, beberapa bumbu perlu diolah sebelum digunakan supaya lebih mantap.


Apa aja sih?


Untuk daun jati, sobek-sobek daunnya supaya warnanya lebih keluar. Nah bagi yang belum tau, daun jati ini bagus untuk menahan makanan agar tidak cepat basi. Untuk lengkuasnya, memarkan terlebih dahulu. Dan yang terakhir untuk kemirinya, disangrai dahulu.

Setelah semua bahan siap digunakan langkah ketiga ialah menghaluskan bumbu halusnya. Setelah selesai dihaluskan dan tercampur sempurna, campurkan dengan tempe  yang sudah diolesi dengan mentega beserta air kelapa. Campurkan juga dengan daun jati, daun salam, gula merah, garam,  dan lengkuas. Masak diatas api, sambil diaduk-aduk. Masak terus sampai bumbu-bumbu meresap sampai bagian paling dalam dari tempe itu sendiri. Tandanya gimana sih kalo sudah siap matang? Tunggu sampai warna tempe itu beubah menjadi agak kecoklatan. Setelah dirasa matang, angkat lalu tiriskan.

Namun mungkin sekarang ini sudah jarang orang yang membuat tempe bacem menggunakan gula merah, rata-rata orang sekarang lebih sering menggunakan kecap yang lebih praktis. Namun meskipun praktis, tentunya tetap rasanya berbeda, pastinya lebih mantap kalau menggunakan gula merah dong. Bahkan dalam penggunaan air kelapa dalam memasak tempe bacem, sekarang pasti sudah jarang yang menggunakannya. Banyak yang lebui suka mnggunakan air biasa yang lebih mudah didapatkan. Meskipun demikian, memang masih banyak juga yang menggunakan air kelapa. karena memang pengaruhnya yang lumayan besar pada kualitas rasa.

Sampai di sini sebenarnya tempe bacem sudah siap dihidangkan. Namun banyak juga yang mengolah lagi tempe bacem ini. Contohnya digoreng untuk dijadikan lauk pauk. Selain untuk lauk-pauk. Tempe bacem goreng juga bisa dan cocok kok dimakan langsung sebagai camilan sore misalnya.


Penutup

Demikianlah artikel tenatang cara membuat tempe bacem sederhana yang enak dan nikmat semoga teman teman semua dapat mengambil pelajaran dari artikel ini, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua, selamat mencoba.