Skip to main content

Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Yang Enak Dan Sederhana

Cara membuat sayur lodeh terong yang enak dan sederhana - Sayur lodeh ialah sajian sayur rumahan yang sering dibuat oleh para ibu rumah tangga untuk keluarganya. Alasaannya karena sayur lodeh ini mudah dibuat, rasanya enak, dan bahan bahan yang dibuat mudah didapat dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Selain itu cara pembuatannya pun juga sederhana, sama seperti cara membuat sayur sop.



Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Yang Enak Dan Sederhana

Meskipun cara pembuatannya sangat sederhana, rasa sayur lodeh sangat di jamin dan menggugah selera makan Anda. Karena berkuah sayur ini juga terasa segar saat dimakan saat masih panas. Bahan pembuatan sayur lodeh sendiri saat ini tidak ada keharusan atau dengan bahan bahan tertentu, biasanya sayur lodeh ini dibuat dan disesuaikan dengan selera pembuat masing masing. Hal ini menyebabkan munculnya jenis jenis sayur lodeh berdasarkan bahan pembuatannya. Namun yang menjadi ciri dari sayur lodeh yaitu santan.

Santan sendiri akan memberikan rasa gurih terhadap suatu masakan. Santan ialah suatu cairan atau air perasan daging buah kelapa yang sebelumnya diparut kemudian disiram air hangat lalu diperas akan keluar sari daging kelapa. Pembuatan santan untuk sayur lodeh pun beragam ada yang hanya santan cair dan ada pula yang berupa santan kental. Air yang digunakan untuk memnuat santan pun juga beragam, ada air dingin dan air hangat sesuai selera pembuatnya. 


Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Yang Enak Dan Sederhana


Bahan bahan yang dibutuhkan :


- Melinjo secukupnya
- Daun melinjo 100 gram
- Satu buah labu siam atau seckupnya
- Kacang panjang 100 gram
- Satu buah terung
- Satu buah jagung manis ( potong sesuai selera )
- Santan kental 100 mili
- Daun kol secukupnya
- Potongan wortel


Bumbu – bumbu sayur lodeh : 


Bawang putih 3 siung atau sesuaikan selera
Bawang merah 6 butir atau sesuai selea
Kemiri 3 butir atau secukupnya saja
1 sdt ketumbar
1 sdm garam scukupnya
1 sdm gula pasir
Bumbu pelengkap secukupnya
Satu buah cabai merah
Tiga buah cabai hijau
1 cm lengkuas
Satu lembar daun salam
Satu buah tomat (bahan opsional)


Cara pembuatan atau cara memasak sayur lodeh :


Persiapan bahan :

Pertama siapkan alat dan bahan untuk memasak

Siapkan satu buah labu siam, kupas kemudian bersihkan hingga tidak ada getah yang menempel pada buah. Selanjutnya potong dadu atau sesuai keinginan Anda.

Ketiga potong – potong kacang panjang dengan ukuran urang lebih 2 cm atau satu setengah ruas jari.

Bahan selanjutnya yaitu terung, Anda bisa gunakan terung ungu atau hijau sesuai dengan keinginan Anda. Potong terung seperti dadu.

Untuk jagung manis dapat dipotong biasa agar lebih segar rasanya ketimbang harus di pipil.

Daun kol dipotong tidak terlalu kecil dan tidak terlali lebar agar saat dimakan diimulut langsung pas.

Potong wortel dengan ukuran dadu pula.


Baca Juga : Cara Membuat Ayam Goreng Gurih Dan Renyah Untuk Pemula


Cara membuat :

1.  Haluskan semua bumbu, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, garam dan gula pasir.

2. Selanjutnya iris miring atau serong cabai hijau dan merah serta tomat jika ingin ditambahkan menjadi 4 bagian atau bagian yang lebih kecil.

3. Kemudian msukkan santan yang sudah disiapkan kedalam panci, rebus bersama bumbu halus yang telah disiapkan, aduk aduk hingga mendidih.

4. Setelah itu masukkan lengkuas, jagung dan wortel yang sudah dipotong.

5. Tunggu sampai bahan sedikit empuk, kemudian baru masukkan labu siam, melinjo dan kacang panjang.

6. Masukann bahan bahan terakhir yaitu kol, daun melinjo, terung, cabai merah, cabai hijau dan tomat.

7. Masak kembali hingga matang dan mendidih dan pastikan semua bumbu meresap.

8. Angkat dan sajikan bersama tempe goreng atau ikan asin dan nasi hangat.

Apabila Anda bosan dengan masakan rumah yang itu itu saja, Anda bisa membuat sayur lodeh ini saja. Disamping harga dari bahan – bahannya yang relatif murah dan terjangkau serta mudah di dapat, cara pembuatannya pun mudah dan sederhana sayur ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita. Karena bahan bahan yang digunakan sangat beragam. Mulai dari santan, santan berguna sebai protein atau lemak baik bagi tubuh kita.

Lemak yang terkandung didalam santan tidak membahayakan tubuh karena lemak jenis ini mudah untuk larut didalam air. Selain itu lemak ini juga cepat menghasilkan energi dan mempercepat metabolism didalam tubuh. Santan  mengandung asam lauric yang lebih mirip lemak baik dalam ASI, bukan lemak jahat pada daging. Oleh sebab itu disarankan untuk membuat santan sejara alami saja dan tidak membeli kemasan kecuali memang terpaksa tidak ada kelapa atau susah mendapatkan kelapa.

Sebenarnya santan kelapa ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bukan hanya itu saja masih banyak manfaat santan yaitu mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh kita misalnya kaya zat besi, magnesium, fosfor, potassium, tembaga, float dan seng serta vitamin A, D, E, K dan B16 juga ada didalam santan.

Masih banyak kandungan santan yang dapat kita temukan didalam santan yaitu dapat mencegah penuaan karena mengandung antioksidan, dapat menjaga kekebalan didalam tubuh, dapat memelihara keindahan rambut, dan dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Bahan selanjutnya untuk sayur sayuran mengandung vitamin yang beragam. Khusus untuk bahan labu siam sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bagi tubuh manusia yang pertama labu siam ini sangat baik untuk ibu hamil jika dikonsumsi secara cukup. Mengapa baik bagi kesehatan ibu hamil?

Karena labu siam sendiri memiliki kandungan float atau vitamin B yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi calon ibu bayi dimasa kehamilannya. Kandungan float ini sangat berperngaruh bagi kehamilan calon ibu, karena beberapa penelitian apabila seorang ibu hamil mengalami kekurangan float akan mengakibatkan masalah bagi kesehatan bayi atau dapat menimbulkan kecacatan pada bagian tabung saraf, masalah pada jantung, atau bahkan dapat mengalami keguguran.

Selain itu labu siam juga dapat menjaga kolesterol dalam tubuh. Labu siam yang mengandung sedikit kalori dan tidak mengandung lemak jenuh sehingga dapat membuat tubuh Anda terjaga kadar kolesterolnya dari batas normal. Masih banyak pula manfaat labu siam bagi kesehatan tubuh diantaranya yaitu dapat mengontrol tekanan darah tinggi, dapat mengatasi anemia atau kekurangan darah, dapat menangkal radikal bebas serta dapat menjadi makanan anti kanker.

Belum semua bahan yang dapat diketahui manfaatnya bagi tubuh. Bukankah hal yang menyenangkan apabila kita mengkonsumsi saur yang enak dan mengandung banyak manfaat bagi tunuh. Tidak hanya kenyang kita juga tetap terjaga kesehatannya. Jadi tunggu apa lagi segera buatlah sayur lodeh yang sehat dan mengenyangkan untuk keluarga Anda.


Penutup


Demikianlah artikel tentang Cara membuat sayur lodeh terong yang enak dan sederhana ini semoga teman teman semua dapat mengambil pelajaran dari artikel ini dan selamat mencoba.