Skip to main content

Cara Membuat Nasi Liwet Yang Enak Dan Mudah

Cara membuat nasi liwet yang enak dan mudah - Nasi liwet merupakan salah satu olahan nasi yang memiliki cita rasa gurih. Nasi liwet yang gurih ini memiliki rasa khas, bukan hanya sekedar rasa gurih yang biasa. Nasi liwet berasal dari Solo, makanan ini sangat populer di daerah Solo. Bahkan saat ini tidak hanya masyarakat Solo saja yang mengetahui apa itu nasi liwet. Masyarakat di seluruh nusantara sudah banyak yang mengetahui salah satu makanan tradisional ini. Jika Anda ingin makan nasi liwet, Anda bisa membuat sendiri di rumah tanpa harus pergi ke Solo. Cara memasak nasi liwet ada caranya tersendiri, caranya ada yang menggunakan cara tradisional maupun cara yang modern.



Cara Membuat Nasi Liwet Yang Enak Dan Mudah



Nasi liwet sebenarnya hampir sama dengan nasi gurih atau yang biasa disebut dengan nasi uduk. Cara membuat nasi liwet ini mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, bahan dan rempah-rempah yang digunakan juga banyak ditemukan di berbagai daerah. Di sekitar tempat tinggal Anda mungkin juga dapat ditemukan bahan dan rempah-rempah yang diperlukan. Rasa gurih pada nasi liwet berasal dari santan kelapa yang digunakan untuk memasak nasi liwet ini.

Nasi liwet membutuhkan bahan pelengkap supaya ketika menghidangkan masakan ini terasa sempurna. Bahan pelengkap yang digunakan untuk nasi liwet seperti potongan daging ayam, sambal, labu siam, dan pelengkap lainnya. Nasi liwet dapat ditambahkan dengan lauk maupun sayuran sesuai selera. Bahkan saat ini di restoran-restoran menyajikan nasi liwet dengan lauk ikan bakar, ayam goreng, krecek, ati ampela ayam,serta olahan ikan dan ayam. Nasi liwet juga bisa ditambahkan dengan lalapan seperti daun singkog, daun papaya, terong hijau, selada, tomat, dan lalapan yang lain. Tidak hanya nasi liwet yang berasal dari Solo saja yang terkenal, namun ada juga nasi liwet yang terkenal yaitu dari Sunda. Walaupun berasal dari daerah yang berbeda, nasi liwet tersebut tetap sama. Hanya berbeda bahan pelengkapnya yang menggunakan bahan pelengkap khas daerah masing-masing.

Saat ini Anda dapat membuat nasi liwet di rumah menggunakan rice cooker. Akan tetapi lebih terasa khas jika memasak nasi liwet menggunakan kastrol. Karena panci kastrol biasanya terbuat dari bahan aluminum yang tebal. Sehingga jika memasak nasi liwet menggunakan panci kastrol, akan menghasilkan kerak nasi liwet yang khas pada bagian bawah panci kastrol. Bedanya kalau dimasak menggunakan rice cooker tidak menghasilkan kerak di bawahnya. Lebih khasnya lagi, nasi liwet biasanya disajikan bukan menggunakan piring atau mangkok. Namun, nasi liwet disajikan menggunakan alas daun pisang.


Cara Membuat Nasi Liwet Yang Enak Dan Mudah


Jika di daerah perkotaan yang sulit untuk mendapatkan daun pisang, nasi liwet disajikan menggunakan alas yang berbahan alumunium, plastik, atau bisa juga berbahan rotan. resep untuk membuat nasi liwet sangat mudah dan sekali masak bisa dimakan oleh satu keluarga. Nasi liwet ini lebih nikmat jika dimakan ketika masih hangat.


Cara membuat nasi liwet rice cooker


Berikut ini resep membuat nasi liwet rice cooker:

Bahan dan rempah-rempah

4 cup beras (menggunakan takaran cup beras bawaan rice cooker)
5 cup air bening (menggunakan takaran cup beras dari bawaan rice cooker)
4 siung bawang merah
10 buah cabai rawit
2 batang serai
7 lembar daun salam
1 ons cumi asin
1/2 sendok makan margarin
1/2 sendok teh garam
1 sachet kaldu ayam bubuk
Minyak goreng secukupnya


berikut cara membuat nasi liwet rice cooker

- Cuci beras kemudian tambahkan air  (takaran air lebih banyak dari pada saat memasak nasi biasa), kalau terbiasa memasak nasi dengan mengukur takaran air dengan jari, ukuran airnya kira-kira dua garis jari tengah. Kemudian masukkan ke dalam rice cooker.

- Cuci hingga bersih cumi asin yang sudah tersedia, kemudian rendam menggunakan air panas kira kira sekitar 10 menit, jika sudah lalu iris dan sisihkan ke wadah yang berbeda.

- Irislah bawang merah, lalu geprek serai.

- Cuci cabai rawit dan daun salam sampai bersih.

- Lelehkan margarin dengan cara dipanaskan, kemudian tambahkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan atau wadah lainnya.

- Tumis bawang merah hingga berbau sedap, setelah itu masukkan cumi asin yang sudah di rendam tadi dan masak sebentar saja.

- Masukkan bawang merah yang sudah ditumis dan cumi ke dalam panci khusus bawaan rice cooker yang sudah diisi beras.

- Masukkan garam, kaldu bubuk, serai, cabai rawit, dan daun salam, aduklah sebentar lalu tutup dengan menggunakan daun pisang dan tutup juga rice cooker. Cara memasaknya seperti masak nasi biasa, dengan menekan tombol cook pada rice cooker tersebut.

- Tunggu hingga nasi matang, matikan api kemudian tunggu hingga 5-10 menit. Buka tutup rice cooker.
- Nasi liwet siap di hidangkan.


Baca Juga : Cara Membuat Makanan Ringan Yang Mudah Dan Murah


- Tambahkan dengan lalapan daun singkong, daun pepaya, labu siam rebus, terong hijau, dan sambal terasi atau sambal bawang tomat. Dan tambahkan juga lauk sesuai dengan selera Anda
Itu salah satu cara membuat nasi liwet,


Resep membuat nasi liwet jadul


berikutnya akan diberikan resep membuat nasi liwet jadul. Cara dan bahannya seperti di bawah ini:

Bahan dan rempah rempah:

500 gram beras
1 lembar daun salam
1 batang daun bawang diiris tipis
1 siung bawang putih yang diiris tipis
2 siung bawang merah yang diiris tipis
Cabai rawit utuh secukupnya, dan dapat ditambahkan dengan cabai merah keriting
1 buah tomat yang dibelah menjadi 2
2 siung bawang putih utuh
1 batang serai yang digeprek
1 sendok teh garam atau dapat disesuaikan dengan seler
1 sendok makan minyak goreng atau disesuaikan dengan kebutuhan
1 ekor ikan asin


Cara membuat:

- Cuci beras, kemudian masukkan ke dalam panic rice cooker.
- Tambahkan air secukupnya.
- Masukkan minyak goreng, bawang merah dan putih, serta garam. Lalu aduk rata.
- Masukkan semua bahan.
- Tutup rice cooker kemudian tekan tombol cook.
- Nasi liwet siap disajikan.

Di atas merupakan ulasan tentang nasi liwet, mulai dari asal mula nasi liwet, alat dan bahan yang digunakan untuk membuat nasi liwet, cara membuat nasi liwet, bahkan cara penyajian nasi liwet yang menggunakan alas daun pisang. Jika Anda ingin membuat nasi liwet, nah resep di atas dapat membantu Anda mulai mengetahui mulai dari persiapan yang harus dilakukan hingga proses penyajian setelah nasi liwet yang Anda bikin tersebut jadi.

Jangan takut mencoba masak nasi liwet, walaupun rasa nasi liwet yang Anda bikin rasanya tidak seenak nasi liwet yang dibikin oleh orang yang ahli membuatnya atau nasi liwet yang Anda beli di restoran restoring yang rasanya sudah tidak diragukan lagi. Apabila salah satu bahan yang sudah dijelaskan di atas tidak tersedia, maka Anda dapat membuat nasi liwet dengan bahan seadanya yang dapat Anda sesuaikan juga dengan bahan yang tersedia di sekitar tempat tingga Anda.


Penutup

Demikianlah cara membuat nasi liwet yang enak dan mudah, semoga teman teman semua dapat mengambil pembelajaran dari artikel ini, dan mudah mudahan artikel ini bermanfaat untuk semua orang yang membutuhkannya , selamat mencoba.