Skip to main content

Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Biasa

Cara membuat bakso sapi dengan blender biasa - Siapa sih yang tidak suka daging sapi? Terdengar aneh bukan jika ada orang yang tidak begitu suka masakan daging sapi murni. Namun nyatanya memang ada orang-orang yang mau memakan daging sapi jika itu sudah diolah dan tidak berupa daging sapi lagi. Contohnya seperti abon, sosis, nugget, dan bakso. Nah berbicara mengenai makanan olahan daging sapi, saat musim dingin seperti ini rasanya paling cocok menyantap bakso sapi panas dengan ditemani segelas teh hangat. Apalagi dimakan ketika lapar melanda. Selain sangat lezat, bakso sapi juga cocok untuk mengenyangkan perut.



Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Biasa

Sekarang ini jika kamu ingin menikmati bakso sapi, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya dimana-mana dengan banyaknya penjual-penjual bakso yang tersebar di seluruh tanah air tercinta ini. Namun terkadang antara membeli dan membuat sendiri, rasanya tetap lebih mantap jika membuat bakso sapi dengan tangan dan dengan kreasi sendiri kan?

Nah buat kamu yang ingin membuat bakso sapi tapi belum tau bagaimana cara membuatnya, tenang aja berikut ini dibawah ialah cara membuat bakso sapi. Bagi yang nggak mau ribet-ribet harus menggilingkan daging sapinya ke penggiling dulu, nggak usah panik, disini akan dipaparkan cara membuat bakso sapi tanpa harus ke penggiling kok. Cukup diblender saja di rumah.

Nah sekarang yang harus dilakukan sebelum memasak adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berhubung disini kamu akan membuat bakso sapi, maka bahan dasar yang harus kamu siapkan adalah daging sapi. Apakah hanya itu saja?


Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Biasa


Apa saja sih bahan yang diperlukan secara lengkap?

Bahan : 


1. Daging sapi sebanyak 250 gram

2. Tepung tapioka sebanyak 3 sendok makan

3. Putih telur sejumlah 1 butir telur

4. Baking powder sejumlah setengah sendok teh

5. Merica bubuk sejumlah setengah sendok teh

6. Garam sebanyak setengah sendok teh atau bisa diselaraskan sesuai selera

7. Es batu dengan seberat 35 gram atau setara dengan 4 es batu dengan ukuran 2×2 cm

8. Bawang putih bubuk sebanyak setengah sendok makan. Tapi kamu juga bisa menggantinya dengan bawang putih asli. Cukup sediakan bawang putih 2 siung. Lalu ditumbuk halus.

Kalau dipikir-pikir lagi dari bahan yang diperlukan saja sudah nampak mudah kan? Kamu bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional maupun di swalayan-swalayan. Lebih baik memilih bahan-bahan yang masih fresh. Seperti daging sapinya sendiri. Pilihlah daging sapi yang masih segar.
 Nah sekarang langsung saja mengenai cara membuat bakso sapinya.


Cara Membuatnya :


Langkah pertama yang harus dilakukan ialah mencincang daging sapi. Dalam mencing daging, usahakan mencincang dengan halus supaya memudahkan saat diblender. Selain daging sapi, haluskan juga es batu yang tadi telah disiapkan.

Dihaluskan disini bukan dicairkan loh ya. Kemudian langkah kedua ialah blender daging sapi dan es batu secara bersamaan. Blenderlah sampai halus. Setelah halus langkah ketiga yang harus dilakukan ialah menambahkan putih telur ke dalam adonan. Lalu blender lagi sampai halus. Sesudah menambahkan putih telur, langkah keempat ialah menambahkan tepung tapioka. Kemudian langkah keenam menambahkan bawang putih bubuk atau bawang putih yang telah ditumbuk ke dalam adonan. Setelah itu langkah ketujuh ialah menambahkan garam sesuai selera, merica yang telah disiapkan dan baking powder. Blender lagi sampai semua bahan tercampur. Siapkan baskom maupun semacamnya karena langkah selanjutnya memerlukan wadah besar untuk mengolah adonan.


Baca Juga : Cara Membuat Tempe Bacem Sederhana Yang Enak Dan Nikmat


Langkah ke delapan ialah menguleni adonan. Adonan yang tadi telah selesai di blender masukkanlah ke dalam wadah tersebut dan mulailah menguleni adonan. Uleni dengan telaten. Banting-banting adonan supaya semua bahan-bahan benar-benar menyatu dengan sempurna. Terus uleni dan banting adonan sampai tekstur adonan lembut selembut pasta. Langlah ke delapan setelah adonan jadi ialah membentuk adonan. Bentuk adonan bulat-bulat seperti bakso pada umumnya. Namun kamu juga berkreasi membuat bentuk-bentuk bakso sesuai kehendak. Namun ingat ketika membuat bentuk bakso, pastikan bentuk yang pas yang kira-kira jika dimasak bisa matang seluruh bagian termasuk bagian terdalamnya.

Langakah kesepuluh yang harus kamu lakukan ialah masak air sampai mendidih. Setelah air mendidih, kecilkan volume api. Kemudian masukkan adonan yang tadi telah dibentuk ke dalam air yang mendidih tadi. Tunggu bakso matang. Langkah kesebelas ialah mengangkat bakso yang telah matang. Nah gimana sih cara mengetahui bakso itu sudah matang atau belum? Cara mengetahuinya gampang banget. Bakso yang sudah mengapung, berarti bakso itu sudah matang dan siap diangkat.
Setelah bakso diangkat, langkah terakhir ialah memasukkan bakso tadi kedalam air es. Tau nggak si kenapa setelah diangkat dari air panas, bakso sapi ini langsung dimasukkan ke dalam air es? Supaya bentuk dari bakso sapi ini benar-benar jadi dan tidak mudah ambyar.

Biar bentuknya pakem lah intinya. Setelah beberapa saat, tiriskan bakso tadi dari air es. Sampai disini bakso sapi sudah siap jadi nih. Tapi meskipun sudah jadi, bukan berarti langsung dimakan begitu saja loh ya. Bakso sapi ini kemudian diolah lagi menjadi suatu makanan yang siap dihidangkan. Namun meskipun begitu bakso sapi yang belum diolah pun sudah bisa dimakan karena tadi telah melewati proses dimasak di atas kompor dengan direbus. Meskipun belum diolah pun bakso ini sudah lezat loh. Apalagi kalu diolah lagi.

Secara umum, bakso sapi ini akan diolah menjadi bakso kuah. Meskipun demikian, tak sedikit pula orang yang mengolah bakso sapi ini menjadi makanan selain bakso kuah seperti bakso goreng, keripik bakso, sate bakso, dan masih banyak lagi. Bahkan bakso sapi ini juga bisa dimasak dengan sayur-sayuran.

Saat ini sudah banyak macam-macam kreasi dari bakso, contohnya yang paling terkenal ialah bakso beranak. Siapa sih yang belum tahu bakso beranak. Terkenal dengan ukurannya yang jumbo mengenyangkan dengan isinya yang beraneka ragam. Ada orang yang membuat bakso beranak berisi bakso kecil-kecil dan telur. Ada pula yang membuat bakso beranak berisi daging. Nah meskipun bakso ini adalah makanan yang akrab kamu jumpai di Indonesia, namun nyatanya bakso sapi juga menjadi makanan terkenal di beberapa negara luar loh. Swedia contohnya. Disana kamu bisa menjumpai olahan bakso yakni bakso goreng ditemani kuah sedap campuran dari susu, kaldu dan tepung yang bernama kottbullar.

Tidak hanya di Swedia, di Jerman juga ada nih. Namanya konigsberger klopse. Di Jepang juga ada loh makanan olahan bakso sapi. Namanya tsukune, bakso sapi ini diolah dengan cara di bakar. Kamu bisa menemui tsukune ini di pinggir jalan di negeri sakura ini. Bakso satu ini disajikan bersama saus mentega dan bumbu lemon yang menggugah selera. Nah kalau kamu gimana nih? Coba deh buat kreasi dari bakso sapi ini. Siapa tau bisa jadi makanan populer dan membukakan peluang usaha kan?


Penutup

Demikianlan artikel kali ini yang membahas tentang cara membuat bakso sapi dengan blender biasa, semoga teman teman semua dapat mengambil pelajaran dari artikel ini dan semoga artikel ini dapat membantu banyak orang yang ini usaha bakso sapi, selamat mencoba.