Cara Membuat Ayam Goreng Gurih Dan Renyah Untuk Pemula

Cara Membuat Ayam Goreng Gurih Dan Renyah Untuk Pemula

Cara membuat ayam goreng gurih dan renyah untuk pemula - Setiap makhluk hidup memang membutuhkan makan untuk kelangsungan hidup mereka. Maka dari itu seseorang pasti akan berusaha untuk bekerja demi kelangsungan hidup mereka. Seperti yang lainnya bahwa setiap orang pasti memiliki makanan favorit mereka masing-masing sesuai dengan kesukaannya ataupun seleranya.



Cara Membuat Ayam Goreng Gurih Dan Renyah Untuk Pemula

Salah satu makanan yang terkenal didunia ialah ayam goreng. Ayam goreng merupakan salah salah satu makanan yang sebagian negara ada. Ayam goreng juga banyak diminati oleh orang Indonesia. Walaupun di Indonesaia banyak dijual ayam goreng disetiap daerahnya namun, tidak semua cita rasa ayam goreng tersebut sama.


Cara Membuat Ayam Goreng Gurih Dan Renyah Untuk Pemula


Banyaknya penjual ayam goreng tersebut membuat banyak inovasi-inovasi yang dikembangkan dengan bahan dasar ayam misalnya sebagai berikut ini.


1. Ayam geprek 


Untuk pembuatan ayam geprek sendiri sama halnya seperti ayam goreng. Namun membedakannya hanya setelah ayam tersebut digoreng dengan tepung, ayam tersebut lalu di geprek (dimemarkan). Dan biasanya dicampur dengan sambal sesuai selera Anda.


2. Ayam geprek keju


Untuk ayam geprek keju sendiri sama seperti ayam geprek diatasi yang membedakan hanya pemberian keju diatasnya. Jadi setelah ayam tersebut selesai dibuat sebelum disajikan diberi serutan keju. Terserah keju apa saja yang akan digunakan namun jika ingin yang lebih enak bisa gunakan keju mozzarella.


3. Ayam ungkep


Untuk pembuatan ayam ungkep membagi sedikit harus diperhatikan. Mengapa? Ini karena pembuatan ayam ungkep tersebut menggunakan bumbu-bumbu tradisional yang beragam yang disatukan padukan sehingga menciptakan rasa yang lezat. Ayam ungkep ini biasanya dibuat oleh orang Jawa saat memiliki hajat ataupun acara.


4. Sate ayam


Sate sendiri memang bukan inovasi dari ayam goreng namun taukah Anda jika ternyata ada sate goreng. Jadi, pembuatannya tidak dibakar namun digoreng menggunakan teflon yang telah diberi margarine. Sate sendiri memang menjadi suatu makanan yang saat ini banyak digemari.



Baca Juga : Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Yang Enak Dan Mudah


5. Ayam fillet


Untuk pembuatan ayam fillet sendiri memang sangat mudah mengapa? Ini karena Anda hanya tinggal memfillet atau memilih daging ayamnya saja. Atau sering disebut ayam tanpa tulang. Jadi, cara memasak Kanya mudah Anda hanya tinggal mengiris daging ayam tersebut tipis-tipis lalu membalurinya tepung dan digoreng.

Inovasi-inovasi dari ayam tersebut memang sangat banyak. Selain yang disebutkan di atas saja masih banyak lagi olahan atau inovasi dari ayam goreng tersebut. Untuk itu inilah resep atau cara pembuatan ayam goreng ungkep yang enak dan pastinya dapat dibuat dirumah.

Bahan-bahan
1. Ayam 1kg

Bumbu kasar
1. Serai 2 lembar
2. Daun jeruk 4 lembar
3. Jeruk nipis 1 buah

Untuk bumbu yang dihaluskan
1. Bawang putih 6 biji
2. Bawang merah 7 biji
3. Ketumbar bubuk
4. Kemiri 3 biji
5. Kunyit satu ruas jempol
6. Jahe satu ruas jempol
7. Lengkuas satu ruas jempol
Penyedap rasa garam,  gula pasir bisa ditambahkan sesuai selera.

Cara pemhuatannya.:

1. Cuci dahulu ayam tersebut sampai bersih. Setelah dicuci beri perasaan air jeruk untuk menghilangkan bau amis. Setelah diberi perasan tinggalkan ayam dan berpindah ke bumbu-bumbunya.

2. Untuk bumbunya, haluskanlah semua bumbu-bumbu halus diatas. Anda bisa menggunakan blender ataupun diuleg menggunakan cobek. Terserah tergantung kesukaan Anda, ingin memakai blender atau cobek. Jika menggunakan blender campurkan sedikit minyak supaya tidak banyak air yang digunakan.

3. Setelah bumbu telah dihaluskan masukkan bumbu tersebut ke penggorengan atau wajan. Namun, sebelumnya beri minyak dahulu dan masukkan bumbu halus tersebut. Nyalakan kompor dan goreng bumbu sebentar saja lalu beri air secukupnya untuk mengungkap atau merebus ayam tersebut. Setelah itu masukkan bumbu kasar seperti halnya serai dan daun jeruk.

4. Setelah bumbu mendidih masukkan ayam tersebut lalu kecilkan api. Pemasukan ayam saat air sudah mendidih ini untuk mengurangi bau amis yang timbul dari ayam tersebut walaupun telah menggunakan jeruk. Setelah ayam dimasukkan kecilkan api lalu tutup dan biarkan bumbu menyerap dan ayam empuk dengan sendirinya.

5. Jika air tinggal sedikit dan bumbu sudah mengental, matikan api dan siapkan penggorengan atau wajan yang telah diberi minyak.

6. Lalu goreng ayam ungkep tersebut dan nikmati kelezatan rasa yang ayam ungkep buatan Anda sendiri. Selamat mencoba semoga ayam ungkep buatan mu berhasil dan enak. Itulah cara pembuatan ayam ungkep yang sering dijual dibeberapa daerah di Jawa. Banyak orang Jawa yang menjual ayam ungkep ini. Tidak jarang pula banyak orang-orang yang menggunakan ayam ungkep sebagai suatu hidangan yang sering disajikan di acara yang mereka buat. Wajar jika ayam ungkep ini disajikan di suatu acara. Mengapa?

 Ini karena cita rasa yang kaya akan rempah-rempah lah yang membuat banyak orang menyukai ayam tersebut. Dengan adanya ayam ungkep ini menambah kekayaan kuliner Nusantara yang kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah memang menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia. Bahkan dahulu Indonesia dijajah oleh negara lain berkat rempah-rempah yang dimiliki Indonesia. Indonesia memang terkenal akan rempah-rempahnya yang beragam. Jadi, tidak jarang jika banyak masakan di Indonesia yang penuh dengan rempah-rempah.

Rasanya pun juga pas di lidah orang Indonesia yang dari dulu sudah memakan makanan yang kaya akan rempah-rempah. Bahkan banyak orang luar negeri yang memuji masakan Indonesia yang memiliki rasa yang berbeda dari makanan mereka di negaranya. Mereka menyukai beberapa makanan Indonesia yang dicampur oleh beraneka ragam rempah-rempah Indonesia. Di Indonesia sendiri tiap daerah telah memiliki makanan khas masing-masing jadi, jika Anda berlibur ke daerah lain Anda harus mencoba makanan khas di daerah tersebut. Dan biasanya makanan khas daerah tersebut juga dimasak dengan beraneka ragam rempah-rempah.

Rempah-rempah Indonesia juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berhubung rempah-rempah yang  ada di Indonesia sangat banyak maka akan dibahas 2 rempah-rempah yang kaya akan manfaat. Inilah manfaat dari rempah-rempah tersebut  bagi tubuh manusia.


1. Kunyit 


Salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk pembuatan ayam ungkep ini ialah kunyit. Rempah-rempah berwarna kuning ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Kunyit memiliki zat antioksidan yang dapat bermanfaat untuk  melindungi tubuh Anda dari radikal bebas dan dapat mengurangi resiko kangker yang akan ditimbulkan. Kunyit juga dapat menjaga kesehatan hati, metabolisme lemak, menurunkan kadar kolesterol serta meningkatkan ekskresi bilirubin dan kelenjar empedu.


2. Ketumbar


Mungkin bagi kalian yang jarang berada di dapur akan berfikir bahwa ketumbar sama dengan lada karena bentuknya hampir sama. Namun ternyata pendapat Anda salah, keduanya berbeda. Untuk ketumbar lebih kecil ketimbang lada. Manfaatnya pun berbeda, untuk timnas sendiri memiliki vitaminK yang bermanfaat untuk membangun massa tulang. Dibiji ketumbar  sendiri memiliki banyak senyawa dan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Ketumbar juga ternyata bisa digunakan untuk meredakan muntah, masuk angin, wasir, influenza atau pilek, tekanan darah tinggi dan radang lambung.


Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara membuat ayam goreng gurih dan renyah untuk pemula, semoga teman teman semua dapat terbantu dengan adanya artikel ini, selamat mencoba.