Skip to main content

Cara Memasak Tumis Kangkung Yang Enak Dan Mudah

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenai cara memasak tumis kangkung yang enak dan mudah dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata kangkung, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai cara memasak tumis kangkung yang enak dan mudah ini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat Membaca.



Cara Memasak Tumis Kangkung Yang Enak Dan Mudah

Memasak memang dianggap sebagai pekerjaan wanita. Seorang wanita diharuskan atau bahkan selalu disuruh untuk bisa memasak. Walaupun begitu sebenarnya memasak sudah menjadi naluri seorang wanita. Biasanya untuk seorang wanita yang telah memasuki masa matang sekitaran umur 17 tahun sudah mulai bisa memasak. Mengapa? Karena memang sudah kodrat wanita akan bisa memasak walaupun harus diajari atau melihat cara memasak lewat internet terlebih dahulu. Tidak ada suatu hal yang tidak bisa Anda lakukan kecuali Anda malas. Memasak memang dianggap menjadi pekerjaan wanita. Namun, ternyata banyak pria juga senang memasak. Bahkan Anda dapat melihat jika koki-koki terkenal kebantakan ialah seorang pria.

Menu makanan yang dapat dimasak pun beragam misalnya saja untuk salah satu menu makanan yang terkenal di Indonesia terutama di rumah makan ataupun restaurant yaitu tumis kangkung. Kangkung memang sering digunakan menjadi salah satu menu dirumah makan.


Cara Memasak Tumis Kangkung Yang Enak Dan Mudah


Inilah salah satu resep dan cara memasak tumis kangkung yang dapat Anda praktekkan dirumah.

Untuk bahan-bahannya ialah:

1. Kangkung 1 atau 2 ikat

2. Bawang putih 2 butir

3. Bawang merah

4. Gula (gula Jawa atau gula putih terseah tergantung selera)

5. Garam secukupnya

6. Cabe


Cara memasaknya.

1. Petik kangkung menjadi lebih kecil  dari sebelumnya. Lalu cuci dahulu kangkung, bawang merah, bawang putih, dan cabe. Setelah dicuci iris bawang putih, bawang merah dan cabe.

2. Setelah itu siapkan wajan dan beri sedikit air. Setelah minyak panas masukkan bawang putih dan bawang merah dahulu sambil di bolak balik. Setelan sudah berbau baru masukkan cabe tersebut.

3. Setelah itu masukkan kangkung yang akan dimasak tersebut lalu masukkan pula garam dan gula tadi. Dan tunggu beberapa menit untuk menunggu hingga matang. (Tips untuk penggunakan gula, jika Anda menyukai kangkung berwarna hijau segar, gunakan gula putih namun jika Anda ingin memiliki cita rasa yang beda gunakan gula jawa.)

4. Setelah matang angkat dan taruh di piring ceper untuk menambah kesan indah. Itulah cara memasak tumis kangkung yang sangat sederhana dan pastinya memiliki cita rasa yang enak pula. Walaupun begitu namun kangkung hanya bisa dimasak sekali. Jadi, setelah dimasak harus segera dihabiskan dan tidak dapat dipanaskan kembali. Mengapa? Ini karena zat yang ada didalam kangkung akan melepas nitrat yang malah dapat membuat racun.

Bahkan juga akan memicu kanker jika dimakan. Sebenarnya tidak hanya kangkung yang tidak boleh dipanaskan ada beberapa sayuran hijau dan jamur yang tidak dapat atau tidak boleh dipanaskan. Misalnya saja bayam, brokoli dan sawi. Sayuran tersebut tidak dapat dipanaskan karena memang akan membuat racun yang berakibat buruk untuk kesehatan Anda.



Baca Juga : Cara Memasak Sarang Walet Yang Benar



Selain memiliki dampak positif ternyata kangkung juga memiliki dampak negatif jika salah dalam pengolahannya. Namun, taukah Anda jika ternyata kangkung dapat ditanam melalui hidroponik? Salah satu penemuan ilmu pengetahuan yang saat ini sedang banyak digunakan dan dikembangkan. Hidroponik ialah salah satu cara untuk membudidayakan tanaman menggunakan media air tanpa tanah yang mementingkan atau mengunggulkan kebutuhan nutrisi untuk tanaman.

Adanya teknologi ini untuk tanaman membuat para petani tidak perlu bersusah payah memiliki lahan yang luas karena sistem ini dapat digunakan dengan bertumpuk dan tidak memerlukan lahan yang luas dengan hasil yang sama seperti penggunaan lahan. Teknologi tersebut saat ini telah dikembangkan di Jepang atau bahkan telah berhasil digunakan. Dengan pemakaian teknologi ini membuat Anda tidak perlu khawatir jika tidak ada kangkung.

Bahkan jika Anda memiliki lahan yang tidak terpakai dibelakang atau di depan rumah Anda. Anda juga dapat memanfaatkannya dengan mencoba menanam hidroponik tersebut. Walaupun terlihat mudah namun ternyata menanam dengan metode ini juga harus dipelajari terlebih dahulu dan tidak instan. Ada beberapa tips dan trik yang harus diperhatikan untuk dapat berhasil dalam menanam kangkung secara hidroponik.

Cara merawat nya pun juga akan mempengaruhi hasil panen kangkung tersebut. Apabila salah perawatan maka hasil panennya pun jugaakan buruk atau bahkan hanya kecil-kecil saja. Kangkung memang menjadi suatu sayuran yang banyak digemari di masyarakat. Tidak hanya itu kangkung juga menjadi salah satu sayuran hijau yang kerap sekali diperlombakan dan menjadi bahan pokok untuk peserta lomba tersebut.


Manfaat Kangkung Untuk Mengatasi Berbagai Macam Penyakit


Selain kangkung memang memiliki banyak mineral, ternyata masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dari kangkung sendiri misalnya sebagai berikut ini.


1. Mencegah penyakit diabetes


Ternyata kangkung mampu menangkal oksidasi yang menyebabkan diabetes. Adanya penelitian dan penemuan mengenai kangkung terbukti pada tahun 2013 yang mengatakan bahwa ada sebuah penelitian dari seorang ibu hamil.  Sel-sel oksidasi tersebut mampu membunuh atau menangkal sel-sel yang akan memicu diabetes pada tubuh ibu hamil dan janinnya.


2. Untuk kesehatan mata 


Tidak banyak diketahui bahwa ternyata sayur kangkung dapat menjaga kesehatan mata Anda. Kangkung memiliki banyak vitamin A yang sangat bermanfaat untuk mata Anda. Bahkan ternyata kangkung bermanfaat untuk melindungi kornea dan lapisan tipis pada mata dari suatu bakteri ataupun virus yang ada di mata. Banyaknya kandungan mineral pada kangkung juga menyebabkan mata Anda tidak cepat kering dan meningkatkan cairan pada mata.


3. Mengurangi akan kemungkinan dehidrasi


Hal ini pasti merupakan salah satu manfaat dari kangkung berkat mineral kangkung yang sangat banyak. Jadi, tidak dipungkiri jika kangkung memang menjadi salah satu sayur yang memungkinkannuntik mengatasi dehidrasi.


4. Terhindar ataupun mengatasi penyakit anemia


Anemia menang sering dialami banyak orang didunia. Namun tenang, ternyata saat ini penyakit tersebut dapat diatasi dengan memakan kangkung. Yang menyebabkan kangkung dapat mengatasi penyakit ini karena kangkung mengandung zat besi dan fosfor yang bagus untuk membentuk sel darah merah di tubuh Anda.


5. Terhindar dari radang tenggorokan


Selain semua hal diatasi Anda juga harus mengetahui informasi ini, mengenai radang yang dapat disembuhkan dengan kangkung. Dengan konsumsi kangkung yang seimbang ternyata dapat menyembuhkan radang yang disebabkan oleh suatu bakteri yang dapat menyebabkan tenggorokan sakit untuk menelan, nyeri dan lainnya.

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki kangkung. Dengan ini dapat dipastikan jika kangkung telah memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh Anda. Selain hal tersebut ternyata kangkung juga dapat dimasak menjadi berbagai jenis masakan.

Yang paling terkenal untuk olahan kangkung ialah tumis kangkung. Tumis sendiri ialah cara memasak menggunakan minyak sedikit. Untuk tumis kangkung sendiri ialah salah satu olahan yang paling terkenal di Indonesia. Banyak rumah makan yang menambah kangkung sebagai salah satu menu tambahan untuk menemani menu utama. Namun, perlu Anda ingat juga bahwa cita rasa suatu masakan tidak selalu sama dan pastinya berbeda-beda, tergantung siapa yang memasaknya.  Dengan ini banyak orang yang berusaha memasak kangkung dengan citarasa yang enak dan memiliki ciri khasnya masing-masing.


Akhir Kata


Demikianlah artikel tentang cara memasak tumis kangkung yang enak dan mudah, semoga teman teman semua dapat mengambil pelajaran dari postingan saya ini, selamat mencoba.