Skip to main content

Cara Memasak Sayur Sop Bening Sederhana Yang Enak

Cara membuat sayur sop bening sederhana yang enak - Musim seperti sekarang ini dengan hawa dingin yang menusuk tulang, pastinya kita semua ingin memakan sesuatu yang panas untuk menghangatkan badan. Mulai dari makanan dengan rasa manis sampai makanan berasa gurih. Lebih enak lagi jika makanan itu makanan berkuah. Dan akan lebih baik lagi kalau makanan itu bergizi dan bagus untuk kesehatan. Contohnya sop sayur. Bila mendengar kata-kata ini yang terlintas di pikiran pertama kali adalah keberagaman sayur yang berpadu dengan lezatnya kaldu ayam.



Cara Memasak Sayur Sop Bening Sederhana Yang Enak

Sungguh menggoda selera bukan? Nah buat kamu yang belum terlalu mahir memasak sop sayur, berikut adalah cara memasak sop sayur. Kira-kira apa aja sih yang perlu disiapkan dan dilakukan?
Yang pasti sebelum melakukan sesuatu, pasti ada dong yang perlu disiapkan. Sama halnya dengan memasak, kita juga perlu melakukan persiapan. Selain menyiapkan bahan, jangan lupa juga untuk menyiapkan alat yang digunakan. Tak hanya alat dan bahan, kamu harus punya keinginan untuk belajar memasak nih. Kalau alat ada bahan lengkap tapi nggak punya keinginan buat masak kan ya sama aja bohong.

Oke langsung aja kita bahas mengenai sayur sop. Makanan lezat dan bergizi satu ini mudah sekali loh cara membuatnya. Bahannya yang sederhana mudah untuk ditemukan. Begitu pula dengan bumbu-bumbu yang terjangkau dan mudah didapatkan. Selain bahan-bahannya yang berasal dari sayur-sayuran yang membuat makanan ini menjadi salah satu makanan sehat adalah karena kuahnya yang tidak berupa santan, melainkan berupa kuah bening yang menyegarkan.

Nah sebelum kita menyiapkan bahan yang diperlukan, kita harus menentukan dahulu akan memasak untuk berapa porsi? Berikut di bawah kita akan berbicara mengenai memasak sayur sop untuk 5 porsi. Bahan apa aja sih yang perlu disiapkan? Sebenarnya untuk bahan dasarnya, sayuran, itu bisa disesuaikan dengan selera.


Cara membuat sayur sop bening sederhana yang enak


Tapi disini yang akan dibicarakan adalah sayur sop dengan bahan:

1. Sayur wortel
2. Sayur kol
3. Sayur bunga kol
4. Seledri
5. Daun bawang
6. Bawang goreng
7. Bawang putih sejumlah 4 siung
8. Bawang merah sebanyak 2 siung
9. Garam secukupnya
10. Merica secukupnya
11. Penyedap rasa sesuai selera. Disini kita bisa gunakan royco varian ayam
12. Makaroni, bahan satu ini bisa ditambahkan bisa pula tidak. Jika ingin menikmati sayur sop tanpa nasi, sebaiknya tambahkan makaroni supaya tetap ada kandungan karbohidrat yang mengenyangkan.
13. Kaldu ayam

Nah bagi yang belum tau cara untuk membuat kaldu ayam, caranya cukup mudah loh. Siapkan bahannya terlebih dahulu. Apa sih bahan-bahannya? Yang jelas yakni ayam sebagai sumber kelezatan rasa dan beberapa rempah penambah aroma seperti daun jeruk maupun serai. Tak lupa siapkan juga bumbu agar kaldu yang dibuat semakin sedap. Tidak perlu susah-susah untuk bumbunya cukup simpel yaitu daun bawang dan bawang bombay.

Nah untuk cara membuatnya gimana sih? 


Langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah cuci bersih semua bahan-bahan yang sudah tersedia. Yang kedua yang harus dilakukan ialah merebus ayam dengan air secukupnya. Nah fungsi menambahkan rempah disini adalah untuk menghilangkan bau amis yang mungkin dapat timbul dari daging ayam tadi. Langkah ketiga yakni memasukkan bumbu dan rempah yang tadi sudah disiapkan. Tambahkan juga lada supaya rasanya lebih nampol.

Masaklah dengan api kecil. Setelah matang angkat dan saring kaldu. Ambil airnya saja sebagai kaldu. Nah kaldu pun sudah jadi. Meskipun untuk kaldu kita cukup membutuhkan air rebusan saja, tidak berarti bahan lain dibuang begitu saja. Seperti ayamnya yang masih dapat diolah lagi. Manfaatkan semua bahan yang ada. Bahkan ayam sisa pembuatan kaldu tadi bisa ditambahkan ke dalam sop sayur supaya lebih mantap. Tapi disini kita berbicara sop sayur tanpa daging ya. Kalau kamu ingin menambahkan daging ke dalam sop sayur bisa banget kok.


Baca Juga : Cara Membuat Nasi Liwet Yang Enak Dan Mudah


Kembali membicarakan sayur sop, sekarang kita akan masuk pada langkah-langkah memasak sayur sop. Setelah semua bahan yang dibutuhkan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan ialah memotong sayur-sayuran. Supaya lebih menarik, kamu bisa memotong sayur-sayuran menjadi bentuk-bentuk yang unik. Biasanya kalau memasak sop sayur untuk anak-anak bentuknya akan dibuat lucu. Contohnya seperti wortel yang dipotong dengan bentuk bunga.

Nah mungkin buat kamu yang masak sop sayurnya buat doi bisa kali ya dipotong berbentuk hati. Kemudian cuci semua bahan-bahannya. Setelah semua bahan sudah dicuci bersih, langkah kedua ialah menghaluskan bumbu-bumbu, yakni merica, bawang putih dan bawang merah. Dalam menghaluskan bumbu-bumbu kamu dapat menggunakan alat canggih penghalus bumbu. Namun tetap akan terasa lebih mantap jika dihaluskan manual menumbuk sendiri dengan tenaga menggunakan cobek dan ulekan.

Langkah ketiga ialah memasukkan kaldu ayam yang tadi telah dibuat ke dalam panci. Cukup tuangkan sebanyak setengah panci saja kemudian tambahkan air biasa ke dalam panci sampai hampir memenuhi panci.  Lalu masak panci di atas kompor. Langkah keempat ialah memasukkan merica, bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan tadi ke dalam panci.

Langkah kelima setelah memasukkan bumbu-bumbu ialah memasukkan potongan-potongan sayur bunga kol dan wortel sambil tetap mengaduk sop tersebut. Setelah kurang lebih 3 menit, masukkan potongan-potongan sayur kol ke dalam panci. Nah disini kenapa potongan sayur kol dimasukkan belakangan tidak bersamaan dengan potongan wortel dan potongan sayur bunga kol, ialah supaya sayur kol tidak terlalu kematangan nantinya serta masih terasa sedikit keras dan segar.

Nah setelah 2 menit memasukkan sayur kol, kemudian yang harus dilakukan ialah memasukkan garam dan penyedap rasa secukupnya dan sesuai selera. Untuk penyedap rasanya itu bisa ditambahkan atau tidak sesuai keinginan. Karena tadi sudah menggunakan kaldu, meskipun tidak menggunakan penyedap rasa pasti rasanya tetap sedap. Namun tentunya akan lebih mantap kalau ditambah penyedap rasa dong ya.

Untuk langkah keenam ini juga sesuai selera. Yakni memasukkan makaroni. Dalam menambahkan makaroni ini, dimasukkan ke dalam sop di saat-saat terakhir sop hampir matang. Kenapa sih? Supaya makaroninya tidak terlalu matang jadi tidak terlalu lembek. Tunggulah hingga sop sayurnya mendidih.

Langkah terakhir setelah sop sayurnya mendidih ialah menambahkan bawang dan daun seledri yang sudah dipotong kecil-kecil. Nah sop sayur pun siap dihidangkan. Namun biasanya kalau ada sop sayur, rasanya belum lengkap kalau belum ada sambal nih. Apalagi bagi para pecinta pedas. Kira-kira sambal apa aja sih yang cocok disajikan bersama sop sayur? Kamu bisa membuat sambal Lombok ijo, sambal merah, sambal korek, maupun sambal terasi. Sebenarnya tidak hanya sambal-sambal tersebut sih. Semua kembali lagi ke selera masing-masing. Tidak hanya sambal, sop sayur juga akan terasa lebih sedap didampingi kerupuk atau gorengan. Dan akan lebih komplit jika ditemani teh hangat segar manis. Nah gimana nih? Jadi pengen masak sayur sop dong pastinya.


Penutup

Demikianlah artikel tenatang cara membuat sayur sop bening sederhana yang enak, semoga teman teman semua dapat mengambil pelajaran dalam artikel ini, selamat mencoba