Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk Dan Lembut

Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk Dan Lembut

Cara memasak rendang daging sapi agar cepat empuk dan lembut - Daging memang salah satu sumber protein untuk tubuh kita. Daging sendiri memang saat ini banyak sekali misalnya saja  daging sapi, kerbau, kambing dan lainnya. Untuk daging yang ada atau banyak dikonsumsi masyarakat umum ialah daging sapi dan kambing. Daging tersebut juga dapat dimasak beraneka ragam olahan masakan. Untuk daging sapi misalnya, Anda dapat memasak beragam masakan misalnya rendang, sambal goreng, sate, steak, dan masih banyak lagi.




Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk Dan Lembut

Walupun banyak sekali olahan dari daging, sampai saat ini pun masih banyak dikembangkan inovasi-inovasi dari daging tersebut. Tak terkecuali ada suatu perkembangan teknologi yang memanfaatkan suatu bahan selain daging untuk dijadikan daging dengan rasa dan bentuk yang hampir sama dengan daging. Hal ini diperkenalkan karena untuk menunjang kebutuhan daging yang semakin meningkat namun mengingat sumber daya hewani yang ada semakin kecil. Untuk itu ada inovasi tersebut untuk menunjang kebutuhan konsumen untuk daging.

Daging sendiri memang menjadi salah satu makanan yang sering disajikan di Amerik. Namun, berbeda untuk di negara Indonesia.  Di Indonesia biasanya sebagian besar rakyatnya akan menikmati daging sapi atau kambing bersama pada lebaran haji atau Idul Adha. Dan perayaan Lebaran haji ini disambut dengan menyembelih hewan kurban setelah melaksanakan  sholat Id berjamaah di masjid ataupun lapangan.

Dengan adanya suatu peranyaan lebaran haji, mengingatkan umat Islam mengenai sejarah nabi Ismail yang akan disembelih oleh ayahnya sendiri yaitu nabi Ibrahim. Dan ternyata nabi Ismail merelakan lehernya untuk disembelih oleh ayahnya karena memang itu semua semata-mata perintah dari Allah SWT. Namun, ternyata ada suatu keajaiban yang terjadi. Allah mengirimkan domba jantan disana dan menyuruh nabi Ibrahim untuk menyembelih domba tersebut untuk menggantikan nabi Ismail.

Maka dari itulah setiap tahunnya umat islam selalu merayakan hari Lebaran Haji atau Idul Adha. Pemotongan daging kurban ini bertujuan supaya seluruh masyarakt muslim dapat saling berbagi daging kurban dengan saudara-saudara muslim lainnya yang kurang beruntung. Menu untuk memasak daing sapi pun beraneka ragam. Salah satu yang terkenal di Indonesia adalah rendang.
Rendang adalah salah satu makanan khas yang terkenal dari daerah padang, Sumatra Barat. Rendang sendiri merupakan salah satu makanan yang memiliki cita rasa pedas dan yang pasti lezat untuk dinikmati.

Rendang sendiri dibuat dengan bumbu yang berasal dari berbagai macam rempah-rempah Indonesia yang  terkenal akan kelengkapannya. Masakan ini memang memiliki banyak sekali penggemarnya. Daging sapi yang dimasak dengan campuran rempah dan dimasak dengan waktu yang lama untuk menciptakan cita rasa daging yang empuk, lezat dan pastinya menggoda yang melihatnya. Walaupun masakan ini berasal dari Padang namun, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Padang hanya untuk memakannya. Anda dapat membeli rendang di rumah makan Padang yang sampai saat ini menyebar di banyak daerah di Indonesia.

Disana Anda dapat melihat berbagai macam makanan olahan Padang. Tidak hanya itu keuntungan makan di Padang ialah Anda dapat mengambil sendiri nasi yang akan Anda makan tersebut. Namun, bagi seorang wanita pasti juga ingin jika memasak rendang sendiri. Maka dari itu akan dibagikan resep atau cara untuk membuat rendang.


Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk Dan Lembut



Inilah resep dan cara untuk membuat Rendang.


Bahan –Bahan yang dibutuhkan :


1. Daging Sapi ½ kg

Bumbu halus:

1. Bawang Merah 10 siung
2. Bawang Putih 5 Siung
3. Jahe 1 ruas
4. Lengkuas atau laos 2 ruas
5. Kunyit  1 ruas
6. Kemiri 2 butir
7. Biji pala ¼ butur
8. Cabe merah 10-15 buah
9. Ketumbar bubuk ½ sdt

Bumbu Kasar: 


1. Daun salam 5 lembar
2. Daun kunyit 1 lembar
3. Sereh 3 batang
4. Daun jeruk 10 lembar
5. Kayu manis 1 batang kecil
6. Cengkeh 2
7. Kelapa 1 ½ butir
8. Garam secukupnya


Cara Pembuatan:


1. Pertama cuci dahulu daging dan bahan rempah-rempah tersebut.

2. Setelah dicuci blender atau tumbuk bumbu halus tersebut.

3. Setelah halus tumis bumbu halus tersebut hingga harum. Masukkan sereh, daun salam, daun jeruk dan daun kunyit lalu tuang santan 1 liter.

4. Masukkan daging dengan api kecil supaya bumbu meresap dan tekstur daging juga empuk. Setelah sekiranya  santan tinggal sedikit masukkan kembali untuk santan kentalnya.

5. Tunggu hingga warna kehitaman, setelah warna berubah seperti yang dinginkan. Angkat dan sajikan didalam mangkuk ataupun piring.

Itulah cara membuat rendang padang yang sering dijual rumah makan padang. Resep tersebut dapat Anda coba dirumah dengan memanfaatkan waktu luang dirumah. Dengan resep tersebut dapat dipastikan bahwa rasa yang dihasilkan saat membuat rendang tersebut enak dan pastinya lezat pula. Bagi Anda pecinta rendang memang sepertinya Anda juga harus belajar membuatnya. Bisa saja rendang dapat menghasilkan uang untuk Anda. Misalnya saja Anda belajar membuat rendang dan Anda titipkan ke rumah makan. Maka dari itu rendang juga dapat menjadi omset besar untuk pemilik warung makan tersebut.


Baca Juga : Cara Membuat Sayur Lodeh Terong Yang Enak Dan Sederhana


Dengan adanya masakan padang, saat ini banyak orang yang menggemari makanan tersebut. Bahkan warung padang sendiri terkenal jika nasinya banyak. Itulah yang menjadi ciri khas dari masakan padang. Selain itu Anda juga dapat merasakan perbedaan rasa dari rumah makan pdang yang satu dengan yang lainnya. Yang membuat banyak orang menyukai masakan padang salah satunya ialah banyaknya rempah-rempah yang dicampur kedalamnya. Sehingga menyebabkan timulnya cita rasa yang pas di lidah orang Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kekayaan budaya. Sama halnya untuk makanan, untuk makanan yang ada di Indonesia sendirimemang beraneka ragam tergantung daerahnya masing-masing. Di Indonesia setiap daerah memiliki makanankhasa masing-masing. Dengan banyaknya makanan khas di Indonesia menambah daya tarik wisatawan luar untuk dapat berkunjung dan menikmati masakan di Indonesia.

Sama halnya dengan rendang. Salah satu masakan yang banyak digemari dan pastinya juga sangat membuat banyak orang tergila-gila dengan rasanya. Salah satu olahan dari daging sapi ini memang membuat banyak orang jatuh hati untuk merasakannya.  Bahkan dapat dilihat jika warung padang yang ada di jawa sangat banyak dan mereka bersaing secara sehat.

Dengan ini dapat dipastikan jika rendang merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi kesukaan banyak orang di Indonesia. . Maka dari itu sampai saat ini banyak orang yang mendirikan usaha warung padang. Bahkan dapat dilihat jika warung padang yang ada di jawa sangat banyak dan mereka bersaing secara sehat. Sebenarnya tidak hanya rendang yang menjadi kesukaan banyak orang di Indonesia. Masih banyak lagi makanan khas Indonesia yang disukai banyak orang Indonesia.


Penutup


Demikianlah artikel tentang cara memasak rendang daging sapi agar cepat empuk dan lembut ini, semoga teman teman semua dapat mengambil pelajaran di artikel ini, dan selamat mencoba