Usaha Yang Cocok Untuk Pelajar Sma Terbaru

Usaha Yang Cocok Untuk Pelajar Sma Terbaru

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenai usaha yang cocok untuk pelajar sma terbaru dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata usaha yang cocok untuk pelajar, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai usaha yang cocok untuk pelajar sma terbaru ini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat Menbaca.



Usaha Yang Cocok Untuk Pelajar Sma Terbaru

Sebagai pelajar, kita dituntut untuk bisa aktif dan kreatif agar bisa mandiri dan tidak banyak mengandalkan orang tua. Sekarang tak sedikit pelajar yang mulai melakukan bisnis atau usaha kecil-kecilan dengan bekal kreativitas, dan berani mengambil resiko. Banyak pelajar yang ingin memiliki pemghasilan atau pemasukan sendiri tanpa membebankan orang tua. Bisnis atau usaha yang cocok untuk pelajar pun sangatlah banyak dan beragam.

Ada yang harus menggunakan banyak modal, menggunakan modal secukupnya, bahkan ada pula yang tidak membutuhkan modal. Sudah banyak kita dengar di televisi maupun berita-berita tentang pelajar yang sukses dan berhasil dalam membentuk bisnisnya mulai dari hal terkecil sekali pun.


Usaha Yang Cocok Untuk Pelajar Sma Terbaru


Di sini akan dipaparkan beberapa peluang bisnis atau usaha apa saja yang cocok dirintis oleh pelajar dan mudah dijalankan.


1. Berjualan Alat Tulis Kantor atau Peralatan Sekolah (ATK)


Usaha ini benar-benar cocok untuk dimulai dan dikembangkan oleh sejumlah pelajar yang ingin menambah pemasukan. Pasalnya, alat tulis atau peralatan sekolah merupakan kebutuhan yang paling dicari oleh para pelajar atau siswa. Kita bisa menjualnya langsung kepada teman-teman di sekolah kita atau bisa menyebarkan sebuah brosur berisi produk apa saja yang dijual beserta harganya. Jika ingin mendapat perhatian lebih, pelajar bisa menjual peralatan sekolah dengan desain atau bentuk yang unik supaya banyak diminati.


2. Berjualan Pulsa Elektrik


Usaha berikutnya adalah dengan berjualan pulsa elektrik. Bisnis yang satu ini tentunya tidak ribet dan juga tidak menganggu kegiatan pembelajaran di sekolah. Sebagai pelajar, kita bisa memulai bisnis ini dengan menggunakan modal yang kecil dan bisa mendapat keuntungan setiap transaksinya sebesar 500 sampai 2000 rupiah. Usaha ini sangat cocok bagi pelajar karena banyak pelajar sekarang yang mempunyai smartphone atau ponsel dan membutuhkan pulsa untuk telepon, sms, dan kuota internet.


3. Usaha Jasa Desain Grafis


Bagi pelajar yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam hal desain grafis, mungkin membuka usaha jasa desain grafis bisa menjadi alternatif untuk menambah pemasukan. Usaha ini menuntut keterampilan pelajar dalam mengoperasikan software seperti Photoshop dan Corel Draw. Usaha ini bisa mendapat untung yang besar karena konsumen akan membayar mahal untuk mendesain kaos atau mendesain website, jasa edit foto, atau pun jasa desain lainnya.


4. Menjadi Penulis Lepas


Jika seorang pelajar mempunyai kegemaran dalam hal menulis, usaha atau bisnis yang satu ini sangat cocok. Menjadi penulis lepas tidak memerlukan modal uang cukup dengan modal memiliki kemampuan mengembangkan ide melalui sebuah tulisan. Bentuk tulisan yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari artikel umum, puisi, cerpen, esai, dan masih banyak lagi. Usaha ini bisa dilakukan di mana saja dan waktunya ditentukan sesuai permintaan konsumen membutuhkannya kapan.


5. Usaha Jasa Fotografi dan Video


Pelajar yang mempunyai kemampuan dalam hal fotografi bisa memanfaatkan kemampuannya untuk dijadikan usaha. Pastilah banyak orang yang suka sekali difoto apalagi hasil foto tersebut bagus menurutnya. Usaha ini bisa berjalan atau berpotensi besar bila dikembangkan dengan serius. Untuk memulai usaha ini, ada baiknya mempunyai keahlian dalam menyusun atau menata gambar serta video.


Baca Juga : Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Terbaru


6. Endorser di Instagram


Melakukan usaha ini, pelajar tidak harus menjadi selebgram atau selebriti instagram yang mempunyai ratusan ribu pengikut. Walaupun kita hanya mempunyai beberapa ribu pengikut atau followers pun sudah bisa memulai bisnis endorsment. Kini, berbagai perusahaan sudah mulai menerapkan strategi micro-infuencer dengan merangkul akun-akun kecil yang memiliki seribu sampai 10 ribu followers. Tarif untuk endors memang murah tetapi usaha ini sudah cukup lumayan untuk menambah pemasukan.


7. Menjadi Seorang Youtuber


Anak-anak zaman sekarang pastinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya teknologi. Seiring berjalannya teknologi, mereka juga mulai memahami dan menguasai dunia media sosial. Daripada hanya sekedar menjadi pengguna biasa, pelajar bisa mulai berkarya sambil mencari uang dengan memanfaatkan platform melalui media sosial.

Media sosial yang cukup populer adalah youtube. Kalian bisa membuat sebuah video yang menarik seperti video tutorial, vlog, video cover musik, video reaction, dan jenis video lainnya. Jika dirasa penonton (viewers) dan subscriber mencapai ribuan, kalian bisa memonetasi akun youtube kalian.


8. Menjual Makanan


Bisnis atau usaha di bidang kuliner sangat menjanjikan untuk menambah pemasukkan. Pasalnya, jika menjual makanan pelajar bisa menjual makanan atau jajanan dengan sangat beragam, seperti bakso bakar, risoles mayo, donat, martabak mini, cilok, keripik atau jajanan-jajanan kecil lainnya. Makanan yang dijual juga tidak menggunakan modal yang besar.

Menjual makanan bisa juga didasari karena sedang tren atau populernya suatu makanan di kalangan masyarakat saat itu. Makanan yang dijual juga bisa dikreasikan dengan sekreatif dan seunik kita supaya dapat menarik perhatian dan daya minat orang lain untuk membelinya. Usahakan makanan yang dijual terjangkau sesuai dengan kantong pelajar, supaya teman-teman di lingkungan kita banyak yang mau membeli.


9. Menjadi Reseller


Jika kalian seorang pelajar yang ingin membuka usaha tanpa mengeluarkan modal mungkin usaha ini bisa menjadi solusinya, yaitu menjadi reseller. Reseller adalah seseorang atau pun kelompok yang memiliki tujuan menjualkan atau mempromosikan barang dagangan orang lain dengan mengambil sedikit keuntungan dari penjualan yang didapat.

Reseller biasanya menjual barang lebih mahal dari barang dagangan yang asli karena tujuan mereka menjual lebih tinggi untuk mengambil untung dari harga yang sebenarnya. Reseller bisa disebut juga bawahan dari pedagang asli. Semakin banyak pedagang asli mendapat reseller, semakin banyak pula dagangan mereka dikenali banyak orang di berbagai tempat. Ada 2 tipe reseller, yaitu reseller yang hanya mempromosikan tetapi tidak langsung mengantar atau mengirim barang ke pembeli, dan ada juga reseller yang harus mengambil barang kepada pedagang dan mengantarkan barang pesanan langsung kepada pembeli.


10. Menjadi Guru Les SD atau SMP


Bagi pelajar SMP yang memiliki kemampuan lebih dalam suatu pelajaran, mungkin dapat memanfaatkan sebuah peluang yaitu dengan menjadi guru les SD. Semisal, kalian memiliki kemampuan dalam pelajaran matematika, kalian bisa membuka les-lesan khusus pelajaran matematika. Jika kalian memiliki kemampuan dalam mata pelajaran lain, kalian bisa menambahkan mata pelajaran tersebut dalam bimbingan belajar tersebut. Sama halnya dengan pelajar SMP, pelajar SMA atau SMK yang memiliki kemampuan dalam mata pelajaran khusus, bisa membuka les-lesan atau bimbingan belajar untuk anak SD dan SMP.

Anak SMA berpeluang banyak mendapat murid karena lingkupnya lebih luas dalam mengajar. Bagi anak SMK, kalian mungkin bisa memanfaatkan kemampuan kalian untuk membuka kursus, contohnya pelajar yang ahli dalam bidang komputer bisa membuka kursus komputer. Tarif yang dipasang bisa disesuaikan dengan jam mengajar atau hal tertentu yang menjadi pertimbangan.


Akhir Kata


Peluang usaha bagi pelajar sangatlah banyak jika kita mau mencarinya dan serius dalam mengembangkannya. Tak sedikit remaja pelajar sukses mengembangkan bisnis atau usahanya dengan baik. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan untuk membuka sebuah usaha dan dapat bermanfaat untuk ke depannya.