Skip to main content

Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Terbaru

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenai usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa terbaru dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa terbaru ini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat Menbaca.



Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Terbaru

Sebagai mahasiswa tentunya tidak memiliki banyak waktu untuk bersantai-santai. Waktu yang dipergunakan habis untuk mengerjakan tugas, mengerjakan skripsi, merevisi laporan atau tugas, dan sebagainya. Mahasiswa juga sering menghabiskan uang saku mereka untuk kebutuhan sehari-hari, serta mencetak banyaknya tugas berlembar-lembar.

Untuk menanggulangi rasa cemas dan khawatir jika uang saku mereka habis dengan cepat, mahasiswa sering mencari solusi mendapatkan uang dengan berbagai cara. Solusi atau cara yang biasanya mahasiswa lakukan adalah dengan membuka sebuah usaha kecil-kecilan. Salah satu peluang usaha atau bisnis yang menjanjikan para mahasiswa adalah membuka usaha dengan berjualan makanan dalam artian bisnis kuliner.

Bisnis atau usaha kuliner tidak membutuhkan banyak modal yang besar, hanya terbilang minim. Mahasiswa hanya perlu memiliki keterampilan dan mempelajari tentang cara memulai bisnis atau usaha kuliner agar bisnis yang dirancangnya menjadi bisnis yang dapat berkembang dan potensial.


Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Terbaru


Berikut akan dituturkan berbagai macam usaha kuliner yang cocok dijadikan usaha sampingan oleh para mahasiswa :


1. Tahu Crispy


Makanan yang satu ini tentunya tak asing lagi. Semakin majunya perkembangan zaman, maka sekarang sudah banyak beredar makanan olahan dari tahu yang dibuat sedemikian rupa agar mendapatkan banyak peminat dan omset yang lumayan. Tahu crispy selain cara pengolahannya mudah, usaha ini bisa dikembangkan dengan menerapkan berbagai varian rasa pada tahu crispy tersebut.


2. Piscok (Pisang Coklat)


Usaha kuliner satu ini juga sangat cocok untuk para mahasiswa yang sibuk dengan tugasnya. Pasalnya, makanan ini hanya menggunakan bahan dasar pisang yang mudah untuk ditemukan di pasar atau supermarket. Piscok juga sudah banyak dikenali di kalangan masyarakat dan sangat digemari karena rasanya yang manis dengan sedikit gurih. Walaupun nilai jualnya tidak terlalu besar, namun penjual piscok biasanya mendapatkan omset ratusan rupiah per harinya karena tingginya peminat.


3. Keripik Pedas


Keripik pedas merupakan sebuah makanan ringan yang dibuat menggunakan bahan dasar seperti singkong, talas, kentang, dan yang lain-lain. Usaha kuliner keripik pedas terbilang mudah dan murah dilihat dari bahan membuatnya dan modal yang sedikit. Keripik pedas sudah banyak dijual di pasaran, di berbagai toko, yang menjadi kesukaan atau kegemaran banyak orang karena rasanya yang enak. Keripik pedas sering dijadikan tambahan saat sedang makan makanan yang berkuah seperti soto, mie rebus, bakso, dan lainnya. Mahasiswa yang tidak punya waktu untuk menjualkan secara langsung keripik pedas ini, bisa melakukan kerja sama pada pedagang makanan soto, bakso dalam membantu memasarkan usaha keripik pedas tersebut.


4. Donat


Makanan ini merupakan makanan yang banyak digemari mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa, maupun lansia. Donat adalah makanan jajanan roti yang memiliki ciri khas dengan lubang di tengahnya. Tetapi selain donat pada umumnya, ada donat yang tidak memiliki lubang pada tengahnya.


Baca Juga : Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa Tanpa Modal Terbaru


Biasanya donat tersebut berisi selai rasa coklat, stroberi, bluberi, atau biasanya donat diberi sebuah hiasan atau topping di atasnya. Donat juga terbilang usaha kuliner yang tidak memerlukan modal besar dan makanan ini sudah memiliki peminat yang banyak.


5. Cilok 


Banyak orang yang sudah mengenal makanan atau jajanan yang satu ini dengan bentuk bulatnya. Cilok adalah singkatan dari “Aci dicolok” yang artinya makanan ini dimakan dengan cara menusukkan cilok tersebut menggunakan sebuah lidi atau tusuk gigi. Cilok biasanya berisi sebuah daging atau telur. Usaha kuliner satu ini cocok untuk mahasiswa karena jika dijual akan banyak peminat yang membeli dan pastinya laris.


6. Tahu Bulat


Kita pastinya tak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Jajanan dengan berbahan dasar tahu ini memiliki bentuk bulat yang khas dan banyak digemari masyarakat. Umumnya tahu bulat dijual di atas mobil dan biasanya digoreng dadakan saat ada yang membeli. Tahu bulat juga bisa dijual dengan campuran berbagai rasa seperti keju, pedas, barbeque, balado, dan rasa lainnya. Tahu bulat biasa dijajakan dengan menggunakan mobil pick-up dan menarik perhatiannya dengan bernyanyi.


7. Pisang Nugget


Usaha kuliner satu ini juga sedang populer di kalangan masyarakat. Pisang nugget merupakan jajanan yang dikreasikan dengan berbagai topping rasa seperti coklat, vanilla, keju, mint, anggur, stroberi, dan biasanya diberi topping tambahan seperti marshmellow, oreo, atau pun biskuit. Usaha yang satu ini juga tidak mengeluarkan modal yang besar dan mudah dibuat oleh para mahasiswa. Pisang nugget sering dijual per box yang minimal harganya kisaran dari 10 ribu hingga 25 ribu rupiah. Mahasiswa bisa menjualnya dengan sistem pre-order atau sistem memesan terlebih dahulu agar tidak kewalahan jika mendapat pesanan banyak.


8. Risoles Mayo


Bagi penyuka makanan yang satu ini pasti setuju kalau mahasiswa menjual risol mayo untuk menambah pemasukkan. Risoles mayo merupakan makanan yang digoreng dengan isian daging, telur sosis, atau isi buah. Risols mayo isian daging biasanya diisi daging ayam, untuk risoles mayo rasa telur sosis pastinya dengan bahan sosis dan telor, dan untuk risoles mayo isi buah biasanya diisi dengan buah nanas yang dipotong kecil-kecil. Mayo yang dibuat bahannya juga mudah atau kalau ingin tidak repot, bisa membeli mayo instan di toko-toko.


9. Sempolan Ayam


Bahan dasar untuk membuat sempolan ayam hanya dengan menggunakan aci atau tepung tapioka dan ayam. Makanan ini dibuat seperti sate dengan ditusuk menggunakan lidi. Biasanya sempolan ayam diberi tambahan saus sambal. Harga jual sempolan juga tidak terlalu mahal karena biasanya dijual dengan kisaran harga seribu hingga 2 ribu per satu tusuknya. Sempolan ayam ini juga tak mengeluarkan modal yang begitu banyak karena yang dibutuhkan hanya tepung dan daging ayam bukan daging sapi.


10. Martabak Mini


Banyak orang yang membuka usaha martabak biasa dan itu akan sedikit memberatkan mahasiswa dalam hal modal. Solusi bagi mahasiswa yang ingin membuka usaha kuliner martabak ada baiknya membuka usaha martabak mini. Penggemar atau penyuka martabak yang tidak bisa memungkiri pesona martabak mini. Martabak mini juga dibuat dengan menggunakan topping yang beraneka macam, yaitu rasa coklat, coklat keju, coklat kacang, dan yang lainnya. Bagi yang ingin mencicipi kelezatan martabak mini ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal layaknya membeli martabak berukuran besar.


11. Bakso Bakar


Usaha kuliner ini sering dijumpai di pinggiran jalan. Bakso bakar membutuhkan bahan yang tidak begitu sulit, hanya membutuhkan bakso sebagai bahan utamanya. Mahasiswa yang ingin membuka usaha ini harus mengusahakan peralatan sederhana untuk berjualan bakso bakar yaitu panggangan. Bakso bakar juga biasa dipanggang dengan kecap serta saus sambal untuk memberikan rasa pedas. Bakso bakar ini cocok untuk mahasiswa karena jajanan atau makanan ini sangat laris di pasaran dan banyak diminati masyarakat khususnya pelajar.


Akhir Kata


Demikianlah rekomendasi usaha makanan yang cocok dan pas untuk para mahasiswa yang tentunya dapat mengasah kemampuan berwirausaha dan mendapatkan uang tambahan atau pemasukan tambahan tanpa menyusahkan orang tua. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca.