Pekerjaan yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru

Pekerjaan yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenai pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa baru dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa baru ini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat Menbaca.



Pekerjaan yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru

Kerja sampingan? Yap, hal ini sering muncul dalam pikiran seorang pelajar atau mahasiswa. Keinginan ini timbul tidak hanya sekedar untuk memenuhi dan mencukupi uang jajan, akan tetapi juga bisa dijadikan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Terutama bagi anda seorang pelajar atau mahasiswa yang dituntut untuk hidup lebih mandiri dan jauh dari bantuan orang tua. Dalam hal ini, anda dituntut untuk bisa mengembangkan kreatifitas anda semaksimal mungkin dan memanfaatkan beluang yang ada. Selain itu, keinginan untuk tidak merepotkan orang tua dan sekedar meringkan beban orang tua menjadi salah satu alasan untuk mencari pekerjaan sampingan sambil kuliah.

Dengan melakukan pekerjaan ini, anda bisa berusaha mencari uang dengan keringat dan jerih payah sendiri. Maka, anda akan mengetahui betapa penuh tantangan dan betapa susahnya dalam mencari uang. Dengan bekal kreatifitas dan keterampilan yang anda miliki, dan segala bentuk resiko dan hambatan yang akan muncul.  Sehingga, setelah anda mengetahui betapa susahnya mencari uang, maka anda akan menjadi lebih bijak dalam mengelola uang, lebih hemat dan bisa menyesuaikan pemasukan dengan pengeluaran anda yang pastinya tidak terkendali bukan? Karena apa? Karena pasti anda akan bisa belajar membedakan mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang hanya termasuk keinginan, hehe. Tidak hanya itu, anda juga pasti akan lebih pandai dalam membagi waktu karena anda akan dituntut waktu kapan kuliah dan kapan anda harus bekerja. Tentunya hal ini tidak akan membuang waktu anda secara sia-sia.

Dapat disimpulkan, bahwa kerja sampingan sambil kuliah ini mempunyai banyak manfaat bukan? Tidak seperti yang banyak anggapan yang diketahui orang-orang yaitu hanya sebagai pengisi waktu luang. Dengan adanya hal ini, apabila anda memang serius pasti akan benar-benar mandiri dalam hal finansial. Tidak hanya itu, usaha kerja sampingan yang dilakukan bagi kalangan mahasiswa ini juga menguntungkan anda di masa yang akan datang, karena hal ini akan membantu anda mempersiapkan diri sebelum anda terjun ke dunia yang sebenarnya, yaitu dunia kerja.

Selain manfaat yang dapat kita nikmati, kerja sampingan ini juga akan mendatangkan banyak pengalaman dan banyak cerita bagi kehidupan kita selanjutnya bukan?


Pekerjaan yang Cocok Untuk Mahasiswa Baru


Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang macam-macam pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan keterampilan bagi mahasiswa. Diantaranya yaitu :


1. Bisnis pulsa


Sebagian mahasiswa memilih usaha ini karena memang tidak memerlukan banyak modal. Selain mudah dilakukan, bisnis ini juga mempunyai banyak peluang, apalagi dengan kondisi saat ini yang semuanya serba online bukan? Bisnis ini juga bisa mendatangkan banyak keuntungan jika anda serius dan dikelola dengan baik. Bisnis ya bisnis, teman ya teman.

Anda harus bisa membedakannya ya. Tidak hanya itu, keuntungan yang anda peroleh ini cukup lumayan karena dalam sekali penjualan anda akan mendapatkan kurang lebih Rp 500 sampai Rp 2000. Akan tetapi, dibalik banyak keuntungan yang diperoleh, usaha ini juga beresiko dengan adanya utang pembayaran, kadang hal ini terjadi dengan orang-orang terdekat sampai kita tidak enak hati untuk menagihnya bukan? Jadi anda harus banyak mempertimbangkannya yaa.


2. Les privat


Bisnis selanjutnya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan menjadi guru les privat kepada anak-anak usia SD, SMP atau SMA sesuai bidang yang ditekuni. Selain mendatangkan keuntungan yang lumayan, karena les privat ini kebanyakan menggunakan tarif per jam tergantung mata pelajaran dan tingkat pendidikannya. Tidak hanya itu, bisnis ini juga bermanfaat bagi anda untuk memperdalam materi tertentu dan meningat kembali materi-materi yang lalu. Biasanya bisnis ini akan laris di pertengahan tahun menjelang diadakannya ujian.


3. Jasa pengetikan dan Print


Selanjutnya, bisnis yang dapat anda lakukan adalah jasa pengetikan  dan print, karena merupakan bisnis yang menjanjikan. Terutama bagi anda yang bertempat tinggal di area kos atau area kampus, hal ini akan lebih banyak mendatangkan peluang untuk membuka usaha ini. Sejauh ini, banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan print dibandingkan harus mengerjakan sendiri, karena pasti akan memakan banyak waktu dan biaya.


Baca Juga : Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil


Dalam bisnis ini, anda hanya membutuhkan laptop atau komputer dan yang pasti sudah anda miliki sebagai kewajiban seorang mahasiswa bukan? Selain itu, anda juga harus memiliki keterampilan dalam mengetik dan memiliki printer.


4. Content Writer


Bisnis ini sangat menguntungkan terutama bagi anda yang punya hobby menulis cerita atau sejenisnya. Melalui bisnis kali ini, anda dituntut menulis cerita di berbagai media-media online. Anda bisa mencari lowongan atau informasi mengenai bisnis ini di internet. Biasanya, honor yang diperoleh per tulisan bahkan ada juga honor yang di dapat dari jumlah atau banyaknya kata.


5. Fotografer


Masih bicara dalam hal hobby, bekerja yang sesuai dengan hobby atau kegemaran anda asyik bukan? Yap, bisnis fotografer ini juga bisa ditekuni bagi anda yang gemar dalam kegiatan fotografi dan tentunya bagi anda yang mempunyai keahlian dalam mengambil gambar yang bagus, hehe. Modal yang anda butuhkan dalam usaha ini adalah camera dan perangkat lainnya. Job ini akan laris saat banyak acara pernikahan atau menjelang masa-masa wisuda.


6. Bisnis jasa desain grafis


Selain hobby, bagi anda yang mempunyai keahlian dalam bidang olah gambar atau grafis bisnis ini bisa menjadi ladang pendapatan anda. Bisnis ini menuntut keterampilan anda untuk mengolah software seperti photoshop, coreldraw dan masih banyak lagi. Hal ini bisa ditawarkan kepada sesama teman kuliah anda, dosen, bahkan masyarakat luar yang membutuhkan jasa olah grafis dan sejenisnya. Seperti contohnya jasa desain grafis, desain kaos, desain website, edit foto dll.


7. Blogger dan Programmer


Usaha selanjutnya yaitu bagi anda yang mempunyai keahlian dalam mengolah blog dan program tidak ada salahnya bila anda menjadikan keahlian anda untuk mencari uang bukan? Hal ini akan sangat menguntungkan bagi orang-orang yang membutuhkan karena tudak semua orang bisa dan menguasai mengenai bahasa dan perangkat lainnya dalam pemrograman.


8. Online shop


Selanjutnya, usaha yang bisa anda lakukan adalah berjualan online. Dalam hal ini anda bisa menjual berbagai macam barang atau barang-barang yang banyak dibutuhkan di kalangan teman-teman anda misalnya. Tidak hanya teman-teman anda, usaha ini juga tidak menutup kemungkinan untuk bisa di akses banyak orang di dunia maya.

Tidak hanya itu, dalam usaha ini anda juga tidak perlu mengkhawatirkan kerugian yang besar, karena sistemnya adalah reseller atau dropshipper. Sehingga barang-barang yang anda jual dengan sistem pre-order sehingga anda tidak akan kebanyakan menumpuk barang atau stok yang belum terjual.


Akhir kata


Bisnis-bisnis diatas akan berjalan dengan lancar apabila dikelola dengan baik, karena apabila anda serius dalam menjalaninya. Usaha ini akan mendatangkan banyak keuntungan dan manfaat bagi anda baik dimasa sekarang atau masa yang akan datang. Semoga bermanfaat 