Cara Ternak Lele Yang Baik Dan Menguntungkan Untuk Pemula

Cara Ternak Lele Yang Baik Dan Menguntungkan Untuk Pemula

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenai cara ternak lele yang baik dan menguntungkan untuk pemula dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata ternak lele, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai cara ternak lele yang baik dan menguntungkan untuk pemula ini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat Menbaca.



Cara Ternak Lele Yang Baik Dan Menguntungkan Untuk Pemula

Lele, siapa yang tak kenal lele? Salah satu spesies ikan yang ada di dunia dengan ciri fisik tubuhnya yang agak memanjang dan memiliki tubuh yang licin. Memiliki sirip punggung dan sirip anus yang kadang kadang tidak menyatu dengan sirip ekor.

Kepala hewan satu ini juga tergolong keras, memiliki mata yang kecil dan memiliki mulut yang agak lebar atau moncong. Hewan ini juga dilengkapi dengan 2 pasang atau 4 buah sungut yang memudahkan bagi lele ini untuk bergerak di tempat yang gelap.

Di bagian sirip sirip dada ikan lele ini, terdapatnya patil atau duri dari tulang tulang yang bisa dikatakan tajam. Jika patil ini mengenai pada bagian tubuh dari manusia maka tak jarang manusia yang terkena patil dari ikan lele tersebut akan mengalami panas yang cukup tinggi. Jadi, berhati hatilah terhadap patil ikan lele yang satu ini. Walaupun hanya sepele tapi dampaknya tidak bisa dianggap sepele.

Terlepas dari hal tersebut, ikan lele sangat cocok untuk dibudidayakan. Pembudidayaan ikan lele ini tergolong mudah dan tidak ribet. Budidaya lele juga lebih mudah ketimbang budidaya ikan patin atau ikan tawar yang lain.


Cara Ternak Lele Yang Baik Dan Menguntungkan Untuk Pemula


Hal ini tentu nya menjadi peluang usaha bagi seseorang yang cerdas untuk membaca peluang usaha. Ternak lele bisa dijadikan pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama untuk sarana menghasilkan uang. Tentunya, hal ini juga perlu perhitungan yang matang. Jika Anda ingin budidaya lele, Anda harus memperhatikan hal hal di bawah ini :


Pemilihan bibit lele


Pemilihan bibit ini adalah langkah awal yang sederhana tapi harus di perhatikan. Pasal nya bibit ikan lele ini yang nantinya akan tumbuh dan berkembang di kolam yang telah Anda siapkan. Bibit ini juga akan mempengaruhi hasil pada saat panen nanti.

Bibit akan mempengaruhi kualitas ikan, kesehatan ikan, daya tahan ikan. Anda harus mendapatkan bibit pilihan atau bibit yang bermutu atau berkualitas tinggi agar nantinya dapat berkembang di dalam kolam.

Anda bisa membeli bibit kepada tempat budidaya lele yang sudah terjamin dan juga telah mendapatkan sertifikat. Bukan tanpa alasan , tempat yang punya sertifikat tersebut tentunya juga mempunyai ikan ikan lele yang bermutu tinggi. Dalam pemilihan bibit, Anda juga wajib melihat gerakan gesit dari sang bibit. Bibit yang sehat juga tentunya seperti manusia yang bergerak gesit.


Baca Juga : Cara Budidaya Kacang Panjang Yang Benar Agar Berbuah Lebat


Jangan pilih bibit bibit yang bergerombol. Lihat juga fisik nya pastikan Anda tidak memilih yang warna nya pucat, cacat fisik dan tidak mengambang. Hal lain yang harus Anda lihat adalah ukuran tubuh atau fisik dari ikan tersebut. Jika perkembangan nya baik tentunya ukuran dari bibit akan sama.

Jika terdapaukuran yang berbeda ini nantinya akan mempengaruhi pertumbuhan dari ikan. Karena yang besar akan menguasai kolam dan tidak menutup kemungkinan untuk memakan yang kecil. Sementara itu, yang kecil akan merasa terpojok kan.


Menentukan ukuran kolam dan kapasitas ikan yang akan ditampung.


Setelah memilih milih bibit yang akan dipakai. Hal yang harus di perhatikan adalah kapasitas ikan yang akan dimasukan ke dalam kolam tersebut. Sebagai Pembudidaya yang baik Anda harus tahu dan harus jeli untuk menentukan berapa jumlah ikan dalam satu kolam. Agar perkembangan ikan lele tersebut tidak terhambat.

Jika telah melakukan persiapan tersebut, maka Anda dapat melakukan budidaya ikan lele. Jika Anda tidak tahu mengenai budidaya ikan lele, di bawah ini akan ada cara budidaya ikan lele


Budidaya Ikan Lele dengan kolam terpal


Untuk membuat kolam lele Anda bisa menggali tanah atau bisa menggunakan bak yang sudah di semen dengan tutup terpal sebagai alasnya. Pembuatan kolam ini tergantung dari jumlah ikan yang akan di masukan ke dalam kolam. Biasanya untuk kapasitas 100 ikan lele akan dimasukan kedalam kolam ikan berukuran 2 m x 0.5 m. Ikan lele tersebut dari ukuran 5 - 7 cm.

Pastikan air yang ada di kolam cukup, jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit. Usahakan pas ya. Anda juga bisa menambahkan tanaman untuk tempat bersembunyi ikan lele untuk menunjang perkembangan ikan lele tersebut.

Makanan lele bisa menggunakan pelet yang tersedia di toko toko. Pemberian pelet ini cukup 2 kali sehari atau juga bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan ikan lele tersebut. Jika Anda ingin makanan alami, Anda juga bisa menggunakan hewan hewan lain seperti kerang dan bekicot dan lainnya. Hal yang harus Anda perhatikan adalah bedakan pasokan makanan dari lele yang sudah agak besar dan lele yang masih berukuran kecil. Karena seperti yang sudah dibahas hal ini akan menghambat pertumbuhan lele tersebut. Tujuan nya juga adalah ikan ikan lele tersebut mendapat kan pasokan makanan yang sama.


Cara budidaya ikan lele menggunakan cara modern


Pada dasarnya, sang pembudidaya melakukan ternak lele dengan beberapa cara. Cara tersebut juga banyak sekali macamnya. Namun teknik budidaya menggunakan cara modern ini tentu banyak diminati oleh pembudidaya. Pasalnya, jika dengan teknik ini maka hasil panen yang dihasilkan lebih banyak dua kali lipat dibandingkan cara tradisional.

Budidaya ini menggunakan teknik yang dalam Budidaya nya menggunakan ikan ikan yang pemeliharaan nya mudah dan cepat. Untuk budidaya ikan biofok dalam proses pertumbuhan nya dapat lebih cepat daripada ikan lele jumbo biasa. Ikan ini juga dapat hidup dengan baik dan dalam keadaan normal dalam air yang airnya kotor dan juga bau
Ada dua metode dalam ternak lele ini.

Anda bisa mulai dari bibit bibit kecil yang nantinya akan Anda kelola sendiri dan kemudian jika sudah besar dan juga layak kawin, maka Anda bisa langsung membudidayakannya. Atau anda bisa memilih langsing membeli ikan yang siap kawin untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Anda dapat menjual hasil panen panen tersebut karena tentunya permintaan pasar dari desa maupun kota terhadap lele sangat lah banyak. Karena rasa daging lele yang lezat menjadi salah satu alasan banyak nya peminat ikan yang satu ini.


Cara pembesaran ikan lele dengan cara modern


Dengan cara yang cukup modern yang prosesnya tidak tergolong jorok dan kotor Anda bisa mendapatkan keuntungan 2 kali lipat. Anda bisa melakukan budidaya lele di ruangan dengan presentasi Untung yang lebih besar. Jika Anda memilih untuk menggunakan cara pembesaran dengan cara modern langkah yang bisa diambil adalah anda dapat menggunakan inovasi pakan lele organik. Hal ini akan menghemat biaya pengeluaran Anda tetapi tidak menyusutkan keuntungan Anda, justru keuntungan Anda semakin meningkat.

Dengan menggunakan makanan itu Anda dapat mengurangi porsi dari biasanya. Bagaimana bisnis lele tentu sangat menguntungkan bukan. Tergantung bagaimana Anda sebagai petani apakah dapat mengolah atau tidak.


Akhir Kata


Demikianlah cara ternak lele yang baik dan menguntungkan untuk pemula, semoga dengan adanya artkel ini, teman teman semua dapat terbantu untuk membudidayakan lele dan semoga sukses