Skip to main content

Cara Menghilangkan Oli Pada Pakaian

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenai ccara menghilangkan oli pada pakaian dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata oli pada pakaian, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai cara menghilangkan oli pada pakaian ini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat Menbaca.



Cara Menghilangkan Oli Pada Pakaian


Mencuci pakaian merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap individu. Namun, bagaimana jika kegiatan mengasyikan seperti mencuci pakaian ini terganggu oleh noda bandel yang membuat setiap individu bekerja dua kali lebih keras ? Ya, noda-noda pada pakaian memang memiliki berbagai macam jenis, mulai dari noda yang biasa saja dan mudah hilang, hingga noda pakaian yang membandel pada saat dibersihkan.

Salah satu contoh dari noda dengan jenis yang terkenal sulit untuk dibersihkan yaitu noda oli. Oli memang terkenal menjadi salah satu bahan yang memiliki tekstur lengket karena mengandung minyak. Oli bahkan dikenal dapat meresap serta melekat pada serat kain pakaian. Oleh sebab itulah, apabila oli menempel pada pakaian seseorang, maka noda tersebut tidak akan mudah untuk dihilangkan.

Namun, dengan berkembangnya kehidupan manusia serta banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, kini noda oli pada pakaian bukanlah masalah besar, alasannya tentu saja karena kini banyak ditemukan cara untuk menghilangkan noda-noda membandel tersebut.

Karena oli dapat menjadi salah satu noda membandel yang berupa cairan pelumas dan sering didapati oleh setiap individu pada mesin kendaraan, baik mobil, motor, sampai sepeda, maka noda semacam oli yang bisa jadi menempel pada baju harus segera dilakukan pembersihan agar noda tersebut semakin mudah dihilangkan. Lalu, apa saja cara khusus yang dapat dilakukan oleh setiap individu sepain menggunakan produk pembersih ?

Cara Menghilangkan Oli Pada Pakaian


Ini dia cara khusus yang bisa Anda coba untuk menghilangkan noda membandel atau oli pada pakaian

.

1. Memanfaatkan cairan cuka untuk membasmi noda oli yang membandel.


Cuka terkenal sebagai cairan uang biasa digunakan untuk membuat acar. Namun selain manfaat tersebut, ternyata cuka juga dapat memberikan banyak manfaat lain, salah satunya yaitu mengangkat noda oli pada pakaian. Cara untuk menggunakan cuka sebagai penghilang noda oli pun cukup sederhana yakni dengan cara menuangkan cuka di atas noda oli yang mengenai pakaian dan mendiamkannya selama beberapa menit.

Selain hanya dengan menuangkan cuka pada noda, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi untuk menyikat noda oli membandel agar hasil dari penggunaan cuka sebagai penghilang noda oli bisa terlihat dengan jelas.


2. Memanfaatkan minyak tanah.


Minyak tanah memang menjadi salah satu cairan yang kurang disenangi oleh beberapa orang karena bau yang ditimbulkannya. Namun jangan salah, minyak tanah ini memiliki berbagai macam fungsi selain digunakan sebagai bahan bakar. Fungsi lain dari minyak tanag sendiri yaitu sebagai penghilang noda oli pada pakaian. Noda oli yang menempel pada baju kesayangan dapat hilang dengan cara menuangkan beberapa tetes minyak tanah pada bagian yang terkena noda tersebut.


Baca Juga : Cara Mengatasi Rasa Cemburu Yang Berlebihan


Setelah diraca cukup merata pada bagian noda, Anda bisa mendiamkan olesan minyak tanah pada noda oli tersebut selama beberapa saat. Berikutnya, Anda bisa menggosok atau mengucek noda oli agar noda tersebut dapat luntur dan hilang. Langkah terakhir, Anda bisa melanjutkan proses pembersihan noda dengan cara mencuci pakaian yang telah diberi minyak tanah sebelumnya. Hal ini sendiri berguna untuk menghilangkan bau menyengat yang ditimbulkan oleh minyak.


3. Menggunakan Terpentin atau yang biasa dikenal dengan getah pohon pinus.


Tak banyak yang mengetahui bahwa terpentin atau getah pohon pinus memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu dapat dipakai untuk menghilangkan noda-noda yang membandel, seperti noda oli maupun cat pada pakaian kesayangan. Cara untuk menggunakan getah ini pun cukup mudah, yakni Anda hanya perlu mengoleskan sedikit getah pada bagian pakaian yang terkena noda oli, setelah itu Anda hanya perlu mendiamkannya selama beberapa saat.

Cara ini bahkan telah terbukti, sebab dalam jangka waktu tertentu setelah Anda mengoleskan getah, maka noda oli yang tampak melekat pada pakaian akan segera memudar dengan sendirinya. Setelah dirasa proses menghilangkan noda oli selesai dilakukan, dan oli pada pakaian tersebut memudar, maka Anda bisa segera mencuci pakaian dengan deterjen untuk memastikan bahwa noda oli benar-benar hilang.


Anda tidak perlu terburu-buru untuk membuang baju yang terkena noda oli, sebab sejatinya noda membandel semacam oli ini dapat dihilangkan dengan berbagai cara, baik cara alami, maupun cara instant. Salah satu penemuan yang membuat cara menghilangkan noda oli pada pakaian dapat dilakukan secara instant yaitu dengan hadirnya berbagai detergen yang memiliki kualitas semakin baik.

Akan tetapi, tetap saja banyak individu yang merasa tidak puas hanya dengan menggunakan detergen untuk menghilangkan noda membandel secara maksimal. Namun, tidak ada salahnya juga bagi Anda menggunakan produk pembersih untuk menghilangkan noda oli yang menempel pada pakaian.

Maka dari itu, untuk mengatasi noda oli pada baju secara instant menggunakan detergent atau produk pembersih, Anda bisa menggunakan dua jenis produk pembersih yang telah terkenal mampu mengatasi noda membandel yakni pembersih dengan jenis produk serbuk untuk menyerap kelebihan oli dan pembersih dengan jenis produk cair untuk mengangkat noda oli yang telah terserap pada serat-serat kain.

Kedua jenis produk tersebut tentu memiliki fungsi masing-masing untuk mengatasi masalah pada saat mencuci pakaian. Anda bisa memilih diantara kedua jenis produk tersebut, mana yang sekiranya mampu mengatasi masalah pada pakaian. Lalu apa saja contoh produk berbentuk serbuk maupun cair yang dapat mengatasi noda oli atau noda membandel lainnya ? Ini dia jawabannya.


Produk Pembersih Pakaian


A. Produk Pembersih Berbentuk Serbuk

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa setiap jenis produk pembersih memiliki fungsi masing-masing dalam menghilangkan noda membandel pada pakaian, produk dengan jenis atau bentuk serbuk ini juga memiliki fungsi utama, yaitu menyerap oli yang baru saja  tertumpah atau tepercik pada baju dan masih dalam kondisi basah. Pada saat Anda mengetahui bahwa pakaian yang Anda miliki terdapat noda oli dan masih berada dalam keadaaan basah, maka Anda harus sesegera mungkin menaburkan salah satu serbuk halus seperti bedak bayi, tepung maizena, atau bubuk soda kue.

Hal tersebut sangat berguna untuk mengurangi peresapan oli pada serat kain, sebab noda oli yang masih basah tersebut secara otomatis akan terserap oleh serbuk yang telah Anda taburkan tersebut. Namun, bagaimana jika noda oli yang ada pada pakaian sudah meresap dan mengering ? Maka solusinya Anda bisa menggunakan produk dengan jenis atau bentuk cair dibawah ini.


B. Produk Pembersih Berbentuk Cair

Inilah yang ditunggu-tunggu bagi semua individu yang seringkali memiliki masalah dengan noda membandel pada pakaian. Ya, produk berbentuk cair memang memiliki peran sangat penting untuk menghancurkan noda membandel semacam oli yang pada dasarnya merupakan minyak yang sulit untuk dihilangkan.

Baik noda oli pada pakaian tersebut masih dalam keadaan basah atau sudah kering, Anda tetap memerlukan paling tidak satu produk cair seperti detergen cair, sabun cuci piring, atau shampoo. Hal inilah yang sangat berguna untuk melawan noda oli, baik yang masih berada di permukaan kain pakaian Anda maupun yang sudah terserap oleh serat-serat kain.