Cara Menghilangkan Activate Windows

Cara Menghilangkan Activate Windows

Cara Menghilangkan Activate Windows


Di komputer maupun laptop yang memiliki sistem operasi Windows 8, 7 ataupun 10, biasanya akan ada sebuah notifikasi yang menyebutkan bahwa Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu terhadap sistem operasi yang terpasang pada komputer ataupun laptop Anda tersebut.



Biasanya di bagian kanan bawah akan ada sebuah notifikasi yang bertuliskan 'Activate Windows'. Bagi beberapa orang mungkin notifikasi ini tidaklah menganggu dan dibiarkan saja. Namun banyak juga yang merasa tidak nyaman dan terganggu dengan adanya notifikasi ini.

Padahal sebenarnya notifikasi berupa 'Activate Windows' ini hanyalah sebuah pesan yang harusnya Anda konfirmasi. Pesan ini digunakan oleh para pendiri Windows untuk memverifikasi apakah Windows yang Anda gunakan tersebut asli atau hanyalah duplikat. Jika Windows Anda asli maka Anda pastinya akan bisa melakukan aktivitas pada Windows yang Anda miliki.


Cara Menghilangkan Activate Windows



Windows sendiri memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk setiap lisensi yang dimiliki. Untuk mengetahui apa saja notifikasi tersebut beserta dengan penjelasanya secara lengkap maka simaklah penjelasan berikut ini untuk mengetahui informasinya.

1. Licensed: jika Anda meng-install sistem operasi Windows di dalam laptop maupun notebook yang Anda miliki. Dan ada notifikasi ini, maka sistem operasi Windows yang ada pada laptop ataupun notebook Anda sudah termasuk ke dalam legal atau berlisensi. Dalam artian, maka Windows yang terpasang sudah diaktifkan. Dengan begitu tidak akan ada notifikasi berupa 'Activate Windows' di dalam laptop atau notebook Anda yang terinstall Windows tersebut.

2. Initial Grace Period: jika sistem operasi yang Anda install sudah terpasang. Namun masih ada notifikasi seperti ini. Maka Anda belum melakukan aktivasi pada sistem operasi Windows yang terpasang tersebut. Maka dari itu Anda perlu untuk melakukan aktivitas terlebih dahulu pada Windows yang Anda miliki jika ingin menghilangkan notifikasi ini. Atau jika Anda sedang terhubung ke dalam internet, atau Anda sedang onlien. Maka Windows bisa juga menjalankan program berupa aktivasi Windows secara alami dengan terhubung dengan internet. Maka Anda tidak perlu bersusah payah untuk melakukan aktivitas secara manual.

3. Additional Grace Period: jika Anda berada di masa tenggang aktivasi Windows pada laptop atau notebook maka notifikasi ini akan muncul. Jika Anda tidak segera melakukan aktivasi maka sistem operasi Windows yang ada pada laptop atau notebook Anda akan mengalami produk gagal. Dengan begitu maka Anda harus meng-install ulang sistem operasi yang dimiliki oleh laptop Anda. Jadi berhati-hatilah dengan notifikasi ini jika Anda tidak ingin melakukan instllasi ulang pada sistem operasi Windows yang Anda miliki.


Baca Juga : Cara Menghilangkan Embun Di Jam Tangan Secara Permanen



4. Notificatoin Period: jika Anda menggunakan Windows 8 atau 10. Kemudian Anda mengganti salah satu perangkat hardware yang ada pada laptop Anda. Maka Anda perlu melakukan aktivitas ulang pada laptop tersebut. Hal ini dikarenakan jika terdapat komponen baru yang ada pada sebuah laptop dengan sistem operasi Windows maka secara otomatis Windows akan mengetahui bahwa produk tersebut sudah tidak sama dengan produk aslinya.

Maka dari itu, Windows mengeluarkan kebijakan untuk melakukan aktivitas ulang setelah terpasang hardware baru di dalam sebuah laptop atau apapun barang elektronik yang terpasang sistem operasi Windows ini.

5. Non-genuine Grace Period: jika muncuk notifikasi seperti itu, maka Windows yang Anda gunakan di dalam laptop anda tersebut tidaklah asli. Hal ini, dikarenakan sudah terdapat banyak orang yang melakukan pembajakan terhadap sistem operasi Windows. Nah, jika pembajakan ini dilakukan, maka mereka bisa dengan mudahnya membuat salinan dari sistem operasi yang sudah dibuat oleh perusahaan Windows.

6. Unlicensed: jika notifikasi ini muncul maka, Windows yang ada pada laptop anda tidak berlisensi. Sama seperti seblemunya jika Windows yang ada tidak berlisensi maka besar kemungkinan bahwa Windows yang terpasang di laptop Anda tersebut berasal dari hasil bajakan yang tidak bertanggung jawab. Maka berhati-hatilah dalam Anda membeli sebuah laptop, jangan sampai Anda tertipu.

Nah karena Anda susah mengetahui berbagai macam notifikasi yang mungkin muncul di dalam laptop Anda yang memiliki Windows 8 atau 10. Kemudian, untuk mengatasi masalah notifikasi  'Activate Windows' yang ada pada laptop Anda. Maka beberapa langkah berikut ini, harus Anda perhatikan dengan seksama.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam regedit. Caranya dengan menekan tombol Windows + R, secara bersamaan. Setelah itu tuliskan regedit pada kolom pencarian dan tekan tombol Enter untuk masuk ke dalam bagian regedit.

2. Setelah Anda msuk ke dalam regedit, selanjutnya folder Software - Microsoft - Windows NT - CurrentVersion - SoftwareProtectionPlatform - Activation. Jika Anda sudah masuk ke dalam folder tersembut maka Anda bisa melakukan proses aktivasi mulai dari sini.

3. Pada bagian selanjutnya yaitu REG_DWORD Anda akan mendapatkan notifikasi tombol berupa manual. Dalam hal ini Anda cukup memilih tombol modifity dan mengkliknya untuk melanjutkan aktivasi.

4. Pada bagian DWORD, muncul angka 0, maka ubahlah angka yang ada pada layar tersebut menjadi 1. Namun, dalam standarnya untuk Windows aktifasinya adalah 0, maksudnya aktivasi yang dilakukan oleh Windows tersebut dapat dilakukan secara otomatis tanpa melakukan tahap-tahap seperti ini. Selanjutnya, jika Anda merubah angkanya menjadi satu, maka aktivasi secara otomatis yang biasanya dilakukan oleh Windows akan dimatikan. Jadi Anda akan melakukan aktivasi Windows secara manual.

Nah itulah tadi cara mudah untuk menghilangkan notifikasi  'Activate Windows' di dalam laptop yang anda miliki.

Jika Anda menggunakan Windows Vista maka Anda juga bisa melakukan langkah-langkah tersebut untuk mengaktifkan sistem operasi Windows Vista yang terpasang pada laptop Anda. Perbedaanya hanyalah pada bagian folder untuk mencari di namakan letak aktivasi yang bisa Anda ubah. Untuk selanjutnya masihlah sama yaitu merubah angka menjadi 1.

Dengan melakukan aktivitas pada sistem operasi Windows yang Anda miliki membuat Anda menjadi nyaman dan merasa tenang saat melakukan berbagai aktivasi dengan laptop Anda tersebut. Sewaktu-waktu jika Anda memerlukan sebuah file dari Laptop Anda, dan file tersebut masih berada di dalam laptop yang sistem operasi Windows nya belum teraktivitas. Besar kemungkinan jika jangka waktu untuk melakukan aktivasi sudah habis, maka Anda akan kesulitan dalam menyelamatkan dan mengambil data-data penting yang Anda miliki pada laptop tersebut.

Maka dari itu, berhati-hati dalam menggunakan laptop. Perhatikan setiap notifikasi yang muncul di dalam laptop Anda dengan sebaik-baiknya. Semua itu dilakukan untuk menjaga keamanan data yang ada pada laptop. Selain itu, jika Anda sudah melakukan aktivasi maka Anda akan merasa aman dan nyaman saat menggunakan laptop tersebut. Halangan dan rintangan berupa produk sistem operasi Windows filed atau kadaluarsa tidak akan pernah Anda temui jika sudah mengaktivasi Windows yang terpasang di laptop Anda tersebut.

Jika Anda masih belum mengaktivasi Windows maka selamat mencoba beberapa langkah di atas untuk mengaktifkan Windows Anda.