Cara Mengatasi Rasa Cemburu Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Cemburu Yang Berlebihan

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenai cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata rasa cemburu, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan ini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat Menbaca.



Cara Mengatasi Rasa Cemburu Yang Berlebihan


Kita sebagai manusia, makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Kita juga hidup sebagai manusia yang peka terhadap rangsang atau kondisi lingkungan sekitar. Hal ini mendorong kita hidup dalam rasa saling ketergantungan, saling membutuhkan antara satu sama lain. Selain itu, dalam menjalankan kehidupan kita sebagai manusia tidak luput dari rasa marah, emosi, sedih, gembira, bahagia dan lain sebagainya.

Kadang sebagaian manusia juga menyebut hal ini sebagai mood yang berpengaruh pada aktivitas bahkan ucapan dan sikap kita. Tidak bisa kita pungkiri lagi kalau memang suasana hati kita sedang tidak baik atau mood tidak baik, kita bisa saja melakukan sesuatu diluar kehendak kita. Hal ini yang nantinya akan menimbulkan kekecewaan bahkan kerugian untuk diri kita maupun orang lain.

Sama halnya dengan perasaan sedih yang kita alami itu akan menimbulkan banyak gangguan. Seperti timbulnya rasa cemburu. Tentu hal ini sudah tidak asing kagi di telinga anda bukan? Kalimat ini pasti sudah sering anda dengar dan bahkan sering di alami oleh orang-orang di sekitar kita. Perasaan ini akan timbul dengan sendirinya, tanpa perintah bahkan tanpa rencana, hehe. Hal ini bisa muncul kapan saja, dimanapun kita berada dan dengan siapa saja kita dapat merasakannya.

Biasanya rasa cemburu akan muncul apabila kita berada dalam suatu hubungan asmara dengan seseorang. Perasaan ini akan kita rasakan apabila kita mempunyai hubungan dan rasa saling menyayangi dengan lawan jenis.  Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika cemburu yang timbul menyerupai rasa iri terhadap seseorang yang ada di sekitar kita.

Banyak kata orang bahwa cemburu adalah bumbu dari sebuah hubungan, tidak lengkap rasanya bila hubungan berjalan dengan mulus-mulus saja tanpa adanya rintangan dan halangan yang menerpa seperti cemburu misalnya. Tetapi, apabila cemburu ini tumbuh secara berlebihan juga akan membawa dampak yang tidak baik dan lama-kelamaan akan menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya konflik yang lama kelamaan bisa menuju perpecahan.


Cara Mengatasi Rasa Cemburu Yang Berlebihan


Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang sedikit tips untuk menghilangkan atau minimal bisa mengurangi rasa cemburu anda yang berlebihan. Oke, simak uraian dibawah ini!:)


1. Ketahuilah alasan atau sebab


Hal ini yang menjadu dasar munculnya perasaan cemburu anda terhadap orang lain. Maka, cari tahulah apa yang menyebabkan alasan kita cemburu, karena rasa ini bisa saja timbul akibat permasalahan  yang sedang kita hadapi, rasa takut kehilangan, over protektif, posesif dan lain sebagainya. Bahkan sesuatu sebab lain yang tidak kita ketahui dan tidak kita sadari. Apabila kita bisa mengetahui apa sebab atau alasan kita cemburu, kita bisa intropeksi diri kita.


2. Lupakanlah masa lalu anda


Salah satu penyebab timbulnya rasa cemburu adalah karena kita tidak bisa melupakan masa lalu kita, hal ini memang sulit. Kadang kita udah berusaha melupakan tetap saja masih ada di pikiran dan membekas di hati. Banyak pepatah berkata yang lalu biarlah berlalu, kita harus sambut yang baru. Yap, betul sekali kita harus melupakan masa lalu kita, kuburlah kenangan kita dalam-dalam dan fokuslah pada masa sekarang atau masa depan. Terutama bagi kita yang sudah menjalankan hubungan dan berkomitmen untuk saling percaya dan lain-lain layaknya seorang pasangan lah ya, hehe.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Varises di Paha Secara Alami

3. Bersikaplah jujur dan terbuka


Pikiran yang kurang baik atau banyak orang sering menyebutnya negthink itu sangatlah tidak baik bagi anda yang menjalankan hubungan dengan orang lain, baik kekasih atau tidak. Hal ini tidak baik karena tidak menutup kemungkinan kita bisa suudzon terhadap orang lain. Oleh sebab itu, dalam hubungan asmara hendaklah kita berkata jujur apa adanya terhadap pasangan kita, hal ini banyak manfaatnya. Diantara nya agar kita bisa lebih saling mengetahui satu sama lain, lebih percaya, tidak menyesal di kemudian hari dan menutup kemungkinan kita bisa cemburu dengan pasangan kita, terutama cemburu yang berlebihan.


4. Berhentilah untuk berpikir negatif


Pikiran yang kurang baik atau negatif ini yang akan mendatangkan kecemburuan. Oleh sebab itu, kurangi lah anda untuk berpikir yang tidak-tidak karena imajinasi dan khayalan anda nanti cenderung akan ngelantur tanpa arah.


5. Carilah kegiatan yang postif dan bermanfaat


Ketika anda terbakar oleh api cemburu yang kian hari kian membara, layaknya anda menyikapimya dengan biasa dan jangan tergesa-gesa bahkan dengan emosi. Berusaha lah untuk tenang, walau sebenarnya berbeda dengan kata hati anda. Oleh sebab itu, isi lah waktu luang anda dengan hal-hal yang lebih bermanfaat dan positif, seperti contohnya hobby, dan masih banyak lagi. Hal ini secara tidak langsung akan membawa anda larut sejenak dalam api cemburu anda dan menuntut anda untuk berpikir secara sehat dan tenang.


6. Kuatkanlah rasa percaya diri anda


Apabila kita mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, cemburu sulit untuk datang pada diri kita. Karena, seringkali cemburu datang akibat dari rasa kurang percaya diri dan rasa rendah diri. Hal ini, ditandai dengan anggapan rendah orang lain tentang kualitas diri kita. Oleh sebab itu kita harus berupaya menambah rasa percaya diri untuk menghilangkan rasa cemburu.


7. Jangan bandingkan diri anda dengan orang lain


Hal ini tidak perlu dilakukan dalam hubungan asmara, karena akan menimbulkan kecemburuan bahkan bisa memicu timbulnya konflik. Sama halnya apabila kita dibandingkan dengan orang lain pasti kita akan merasa tidak nyaman, dalam hal apapun. Pada akhirnya, hal ini yang memicu timbulnya rasa tidak percaya diri.


8. Janganlah mudah mengambil keputusan


Dalam sebuah hubungan memang seharusnya kita menerapkan hubungan saling mempercayai satu sama lain. Apabila kita menemukan suatu permasalahn jangalah kita langsung mempercayai nya terlebih dahulu, akan tetapi kita harus mencari tahu apakah benar atau hanya kabar atau isu saja. Apabila anda hendak memutuskan suatu perkara anda harus mencari bukti dan kebenarannya terlebih dahulu.


9. Berceritalah terhadap orang lain


Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa cemburu. Utarakan uneg-uneg anda, atau bernegosiasilah untuk mencapai sebuah keputusan bersama yang menguntungan kedua belah pihak. Jangan hanya bergantung pada ego diri anda saja, karena sudah banyak disebutkan diatas bahwa dalam menjalin sebuah komitmen haruslah dilandasi dengan rasa percaya dan toleransi yang tinggi.


10. Kurangi ketergangungan terhadap orang lain


Hal terakhir yang harus anda ketahui, bahwasannya rasa ketergantungan kita terhadap seseorang ini juga menimbulkan rasa cemburu. Hal ini ditandai apabila ada salah seorang yang masuk, anda akan merasa tersisih dan hal ini lah yang menimbulkan adanya rasa cemburu. Selain itu, sikap ketergantungan ini juga tidak baik, karena selayaknya kita harus bersikaplah mandiri.


Penutup

Oke, bagaimana perasaan anda setelah membaca sedikit tips dari saya kali ini? Semoga bermanfaat dan dapat langsung diterapkan dakam kehidupan dan hubungan anda dengan orang lain. Selamat mecoba, semoga berhasil dan jangan pernah menyerah!:)