Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Polybag

Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Polybag

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenai cara menanam ubi jalar dalam polybag dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata cara menanam ubi jalar, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai cara menanam ubi jalar dalam polybag ini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat Menbaca.



Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Polybag

Ubi jalar merupakan salah satu tanaman yang telah lama dibudidayakan dan dimanfaatkan bagian  umbinnya untuk bahan makanan. Mungkin ada beberapa dari kalian pernah mengkonsumsinya walaupun tidak secara langsung karena umbi ini banyak digunakan sebagai bahan pangan dengan olahan  yang berbagai macam. Mungkin juga sangat lumba jika kalian mana nabi ubi jalar yang ditanam di kebun tersendiri namun apakah bisa menanam ubi jalar dalam politik dengan tempat yang terbatas.

Ubi jalar termasuk dalam salah satu komoditas lokal ataupun daerah yang mungkin tidak banyak orang tahu bagaimana cara penanaman nya dan pengolahan nya  hingga dapat diterima langsung oleh para konsumen untuk diolah.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai penanaman ubi jalar di dalam polybag tentunya akan lebih baik jika kita lebih tahu mengenai informasi-informasi penting apa saja mengenai ubi jalar yang mungkin belum tentu pernah kalian dengar.

Pada umumnya  ubi ditanam pada petani di persawahan atau  di perkebunan khusus karena tekstur tanahnya yang mendukung dan juga luas sehingga mendapatkan hasil panen upi yang banyak dan maksimal. Tetapi seiring berjalannya waktu mana kamu bicara tidak harus menggunakan lahan yang luas seperti diberitakan atau kebun dengan juga perkembangan teknologi budidaya kopi jalar banyak dikembangkan petani untuk mencoba agar bisa ditanam secara efisien menggunakan polybag, karung bekas, pot, maupun  wadah kecil lainnya.


Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Polybag


Berikut ini  akan kami sampaikan cara untuk menanam ubi jalar menggunakan polybag.


Langkah Pertama


Kalian harus melewati langkah membuat titip lebih jalar untuk membuat ppob jalar yang diperlukan tentunya umbi-umbian jalar kalian dapat memilih umbi yang telah matang dan usianya sudah cukup dua sehingga memiliki kondisi yang sehat dan memiliki kualitas yang baik.

Setelah kalian mendapatkan ubi yang berkualitas telah lagi tersebut menjadi dua bagian kemudian tusuk bagian dalam dari potongan menggunakan lidi untuk penyangga. Selesai ambil wadah yang tinggi dengan bibir wadah yang sempit seperti kelas kemudian isi dengan air bersih secukupnya lalu belahan umbi yang telah kalian potong dimasukkan ke dalam wadah.


Langkah Kedua


belahan umbi yang telah diberi penyangga dan dikatakan ke dalam gelas tersebut direndam cukup setengah bagian yang terkena air dengan posisi penyangga di bawah kemudian jam dan selama beberapa hari hingga akan tumbuh akar pada bagian bawah umbi dan juga tumbuh tunas jelas pada bagian atas  umbi.

Jika sudah terlihat beberapa tunas maka ambil umpet tersebut dari wadah per rendaman dan potong-potong bagian umbi yang terdapat tunas potongan-potongan tersebut yang akan menjadi beberapa bibit dan dapat disebarkan lebih dari satu pohon atau tanaman.


Baca Juga : Cara Pemijahan Ikan Gabus Di Kolam Secara Alami Dan Cepat


Selesai dengan masalah pembibitan kalian  selanjutnya akan melakukan penanaman bibit ubi jalar pertama kali yang perlu menyiapkan media tanam menggunakan campuran tanah halus dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.


Langkah Ketiga


kalian juga perlu menyiapkan tempat atau wadah seperti yang akan kita bahas ini menggunakan polybag. Kemudian kalian cukup masukkan media tanam yang sudah kalian campur merata ke dalam polybag hingga memenuhi pada lalu buatlah lubang di tengah pada wajah berukuran kurang lebih 10 cm kemudian masukkan tanaman bibit pada lubang yang telah kalian buat gunakan satu  bibit pada tiap wadah agar tanaman begitu bisalah bisa tumbuh dengan maksimal.


Langkah Keempat


Setelah ditanam tentunya  tanaman memerlukan perawatan dengan tentunya perlu disiram menggunakan air sebanyak 2 kali setiap harinya pada waktu pagi dan sore hari kecuali pesawat besi hujan tanaman tidak perlu disiram. Pada umumnya penyiraman menggunakan alat kembar atau alat khusus lain supaya alien air tidak selalu udara saat menimpa tanaman sehingga tanaman tidak rusak maupun layu.  Kalian tentunya harus angkat mempertahankan setiap dodol cara perawatan dari ubi jalar karena hal tersebut juga sangat menentukan kualitas umbi yang tumbuh di dalam tanah apakah akan menghasilkan hasil umbi yang baik dan berkualitas serta memiliki ukuran yang maksimal bola pun hanya ditanam melalui polybag saja.

Tanaman juga perlu di  pupuk akar tumbuh dan menghasilkan  umbi yang maksimal dan berkualitas maka dari itu lebih baik gunakanlah  pupuk  yang berasal dari kotoran sapi setiap 2 minggu sekali dengan takaran  sesuai kebutuhan. Cara menyebarkan popong juga tidak sembarangan caranya yaitu disebarkan secara merata di atas permukaan tanah terlebih di sekeliling bagian utama tanaman. Jika kalian menurutnya secara asal atau bahkan menutup bagian tumbuhan yang seharusnya berkembang maka tumbuhan tentunya dapat teracuni oleh pupuk yang kalian sebarkan secara tidak tepat karena pada dasarnya pokok tersebut juga berasal dari tanaman. Penyebaran pupuk cara cepat juga akan membantu penyerapan nutrisi ke dalam tanah nantinya akan diserap oleh akar umbi secara baik.

Tanaman ini harus dirawat secara rutin seperti cara-cara di atas selama 4 hingga 5 bulan maka tanaman obat jalar bisa dipanen uminya setelah itu. Selama itu juga pasti kan tanaman umbi yang kalian  rawat tidak terserang hama, walaupun hama hanya terlihat menyerang bagian batang dan daun tentunya hal tersebut akan sangat berpengaruh dengan perkembangan umbi yang berada di bawah tanah karena pemasok pertama makanan ke seluruh bagian tumbuhan terdapat pada bagian daun padahal bagian daun merupakan  area yang sangat rawan untuk terserang hama seperti ulat ataupun belalang.

Lebih mudahnya dan juga termasuk keuntungan kalian menggunakan polybag yaitu ketika panen kalian tidak perlu sulit sulit untuk melakukan panen yang bahkan jika kalian melakukannya dengan salah dapat merusak kualitas  umbi yang dihasilkan.

 Nah tidak sulit kan untuk melakukan budidaya penanaman ubi jalar dengan menggunakan polybag. Kualitas yang dihasilkan juga tidak berbatas dengan luas tempat yang digunakan namun bergantung dengan perawatan yang kita lakukan selama kurang lebih 5 bulan. Mungkin juga banyak orang yang sedikit untuk melakukan budidaya ini karena keterbatasan tempat namun dengan adanya hal yang telah disebutkan tadi tentunya akan membantu kalian yang ingin melakukan usaha untuk membudidayakan ubi jalar. Terlebih banyaknya minat pasaran untuk konsumsi ubi jalar namun  masih sedikitnya pemasok akan menjadikan peluang kalian untuk memasarkan hobby jalar makan terbuka luas.

 Sekarang ini ubi jalar juga tidak hanya dijual dalam bentuk  mentahan saja tetapi berbagai olahan juga telah dibuat dari bahan dasar ubi jalar. Dari situlah ubi jalar suka lebih banyak digunakan oleh para produsen makanan yang juga tentunya membutuhkan pemasok untuk terus mengisi bahan dasar yang mereka butuhkan.


Akhir Kata


Nah itu merupakan seluruh paparan informasi mengenai penanaman ubi jalar di dalam polybag dan juga beberapa tambahan informasi mengenai tips untuk melakukan budidaya ubi jalar agar hal-hal kecil yang mungkin dapat membuat proses budidaya fatal dapat kalian hindari.