Skip to main content

Cara Memasak Sarang Walet Yang Benar

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenaicara memasak sarang walet yang benar dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata sarang walet, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai cara memasak sarang walet yang benar ini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat menbaca


Burung walet adalah salah satu jenis burung yang populasi nya bisa dikatakan "banyak" di Asia Tenggara. Misalnya di negara Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Terlebih lagi di negara Indonesia. Negara negara beriklim tropis sangat lah cocok bagi tempat hidup dan berkembang biak bagi burung walet. Karena burung walet termasuk hewan yang dapat hidup di daerah tertentu apabila unsur kelembapan nya terpenuhi.

Oleh karena itu, maka tak heran jika negara Indonesia ini menjadi sektor terbesar dari spesies burung walet. Negara Indonesia yang memiliki julukan Negara Maritim mempunyai banyak pulau. Tak hanya pulau, sebagian besar wilayah negara Indonesia adalah lautan. Sehingga banyak sekali pantai pantai yang membuat burung ajaib ini tumbuh, berkembang, dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Setiap makhluk hidup di dunia ini tentu memiliki rumah masing masing untuk hidup, berteduh, melindungi diri, berkembang biak dan lainnya. Hal ini juga berlaku untuk walet. Sarang Walet itulah mungkin kalimat yang pas untuk rumah dari walet. Ya, burung walet menciptakan sendiri sarang nya dengan menngunakan air liur nya. Tanpa ada campuran atau terkontaminasi dengan material material lain, air liur yang digunakan adalah air liur mereka yang sudah mengeras.

Sarang ini biasanya terletak di plafon rumah atau di bagian atas dinding rumah. Biasanya rumah rumah yang sudah rusak atau sudah tidak terpakai dan tidak berpenghuni menjadi tempat favorit untuk dijadikan sarang oleh hewan ini. Sarang dibuat di atas untuk menghindari hama atau perusak perusak karena pada umumnya, sarang digunakan untuk tempat berkembang biak dan sebagai tempat untuk merawat anak.


Sarang walet ini juga termasuk sangat unik. Kenapa? Pasalnya setiap sarang dari masing masing "keluarga" walet itu dapat berbeda beda dan banyak sekali jenis nya. Perbedaan itu memiliki faktor faktor penyebab nya. Berikut adalah faktor faktor penyebab nya:

- Tingkat polusi di suatu daerah

Sebagai contoh, warna sarang walet di Kalimantan berwarna sangar putih , berbeda dengan warna sarang walet di daerah Jawa yang sedikit kekuningan.

- Tempat untuk membuat sarang

Tempat yang digunakan walet untuk membuat sarang juga berpengaruh. Maka dari itu, ada sebutan patahan,sudut dan mangkok.)

- Proses pencucian sarang walet

Maksud proses pencucian di sini adalah sentuhan tangan manusia. Faktor kebersihan dan perawatan menjadi kunci kualitas nya.

Sarang walet mempunyai sangat banyak manfaat. Berikut adalah contoh contoh manfaat dari sarang walet: Meningkatkan nafsu makan, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, Sebagian terapi penyembuhan bagi penyakit penyakit akibat yang disebabkan oleh kerusakan sel

Dapat digunakan sebagai kosmetik karena mengandung Epidermal Growth yang dapat memproduksi kolagen secara alami sehingga dapat membuat kulit menjadi bercahaya dan selalu awet muda.
Kandungan gliko protein, asam amino dan mineral yang tinggi sehingga sangat bagus untuk menjaga metabolisme tubuh agar selalu sehat.


Dapat mempercepat proses penyembuhan luka karena mengandung asam sialat dan kalsium yang membuat regenerasi sel sangat cepat sehingga luka akan segera tertutup Sumber anti oksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan pada sel, kanker dan juga penuaan dini. Sarang walet juga bisa diolah menjadi masakan jadi yang nikmat disantap.


Cara Memasak Sarang Walet Yang Benar


Berikut ada beberapa cara memasak sarang walet yang cukup sederhana. Langsung cek aja !


PERSIAPAN


Rendam sarang burung walet tersebut dalam air hangat (air dingin juga bisa) sekitar selama 45 - 60 menit. Bersihkan sisa sisa kotoran yang masih tertinggal dari proses perendaman. Ganti lah air rendaman sekitar 1-2 kali sampai benar benar bersih dari kotoran. Hati hati pada saat membersihkan agar tidak ada satupun helaian sarang burung yang ikut terbuang. Sarang burung walet siap dimasak.


SARAN PENYAJIAN


RESEP 1 (SEDERHANA DAN MUDAH)


Bahan :

100 gram sarang walet
600 ml air
Gula batu secukupnya

Cara membuatnya :

Masukan sarang burung yang sudah dibersihkan ke dalam mangkuk yang telah diisi 600 ml air
Tim atau kukus dengan api kecil hingga sedang sarang burung tadi selama kurang lebih 2 jam.
Setelah matang, tambah kan gula batu dalam keadaan panas setelah itu aduk aduk hingga gula tersebut mencair. Olahan sarang burung tadi siap disajikan, bisa disajikan secara panas atau pun nikmat disajikan dalam dingin.

RESEP 2 


Bahan :

50 gram sarang burung
100 gram gula batu
20 gram ginseng Amerika yang sudah dipotong tipis tipis
1 liter air mineral

Cara membuatnya :

Masukanlah bahan bahan di atas ke sebuah mangkuk keramik
Kukus/tim dengan api kecil hingga sedang selama kurang lebih sekitar 2 jam an
Sajikan pada saat hangat atau dingin (dimasukan ke dalam freezer terlebih dahulu)


RESEP 3 (SUP SARANG WALET YANG SEDERHANA)


Bahan :

100 gram sarang walet
Kaldu ayam
2 gelas air/ kurang lebih 400 ml
Pandan/jahe/sereh/daun mint

Cara membuatnya :

Didihkan 2 gelas air kedalam panci dengan menggunakan api sedang  Sambil menunggu air mendidih, tambahkan kaldu ayam untuk memberikan rasa kepada sup dan mengurangi rasa original dari sarang burung walet tersebut Anda juga bisa menambahkan alternatif perasa seperti pandan, jahe, sereh, daun mint, gula batu atau yang lainnya sesuai selera Anda. Setelah air mendidih, masukan sarang burung walet tersebut. Masak selama kurang lebih 2-3 menit dengan api sedang.


Sup sarang walet siap dihidangkan 


Sama halnya dengan daging ayam, sapi atau lain sebagainya. Tentunya ada juga pedagang pedagang nakal yang menjual produk tidak layak konsumsi. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan bagi penikmat kuliner. Nah, untuk Anda yang belum tahu bagaimana sih cara memilih sarang walet yang bisa dikonsumsi. Nah disini akan ada tips membeli sarang walet yang siap dikonsumsi. Bagaimana caranya? Langsung cek aja!

Carilah penjual sarang walet yang bisa menjamin bahwa produk nya bebas dari campuran bahan bahan pemutih atau bahan bahan kimia berbahaya lainnya. Anda bisa mencari referensi lewat teman, kerabt, sanak saudara, teman teman atau bahkan bisa lewat internet. Karena di era modern ini penggunaan bleaching atau pemutih untuk mencuci sarang sangat banyak.


Baca Juga : Cara Budidaya Walet Hemat Untuk Pemula


Cara yang paling aman adalah dengan membeli produk Pure Original Nest. Memang sih harganya lumayan mahal. Tapi harga selalu berbanding lurus dengan kualitas. Proses nya menggunakan sistem proses cabut kering. Sehingga sarang burung ini masih terlihat sama seperti bentuk aslinya (serat jaring). Jadi so pasti produk Pure Original Nest masih aman dan tidak berbahaya dan tidak mengandung pemutih atau bahan kimia berbahaya yang lainnya.

Pilih perusahaan yang memberikan after sale service. Perlu Anda ketahui sarang burung ini tidak dijual di sembarang tempat. Sarang burung pun sangat rentan pecah. Jika Anda memesan dan pada saat pengiriman sarang burung tersebut pecah, maka dari pihak penjual bersedia mengganti 100% dari barang yang sudah rusak. Nah, pilihlah perusahaan yang menjual produk dengan sistem tersebut


Akhir Kata


Inlah artikel tentang cara memasak sarang burung walet, semoga dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua dan selamat mencoba