Skip to main content

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Untuk Pemula Di Rumah

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenai cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula di rumah dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata budidaya ikan nila, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula di rumah ini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat Menbaca.



Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Untuk Pemula Di Rumah

Ikan nila  merupakan salah satu ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat indonesia. Melakukan usaha budidaya ikan nila merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan terlebih sekarang ini pasaran terbuka luas untuk konsumsi ikan ini. Namun banyak orang yang enggan melakukan usaha ini dikarenakan keterbatasan kepemilikan lahan.

Karena banyak orang beranggapan bahwa melakukan budidaya ikan nila memerlukan lahan yang cukup luas untuk membuat kolam sebagai tempat untuk mengembangbiakan ikan nila ini. Salah satu hal penting yang diperlukan dalam usaha ini yaitu meningkatkan efisiensi penggunaan lahan untuk membuat kolam. Dan jangan khawatir walaupun kolam dan kalian buat terhitung sempit namun pastinya akan menghasilkan jika kalian menggunakan cara budidaya yang benar.

Beberapa manfaat yang membuat ikan nila menjadi salah satu ikan yang banyak  dijadikan pilihan untuk dibudidayakan seperti ketahanan nya terhadap cuaca dan juga perubahan musim dikarenakan ikan nila dapat beradaptasi dengan baik. Dan juga ikan nila dapat berkembang biak dengan sangat cepat dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya terlebih jika nilai merupakan hewan omnivora yang tentunya akan mempermudah para pembudidayaan dalam pemilihan pakan. Karena segala kelebihannya itu ikan nila dapat terhindar dari serangan penyakit dan juga virus selama masa budidaya.

Sebenarnya inti dari metode kali ini adalah memperoleh akses sumber air yang baik dan terbebas dari polusi untuk mendukung keberlangsungan ikan ketika budidaya agar dapat menghasilkan ikan dengan kualitas yang baik pula. Nah kalian yang ingin memulai usaha budidaya ikan nila di sekitar rumah dengan keterbatasan lahan yang sempit dapat menggunakan metode budidaya menggunakan kolam terpal.

Kolam terpal menjadi pilihan dikarenakan pembuatannya yang mudah dan tidak memerlukan lahan yang luas dan juga tidak memerlukan modal yang terlalu banyak. Kolam terpal juga tidak membutuhkan penggalian tanah yang terlalu dalam seperti kolam kolam pada umumnya dan juga kolam terpal terhitung selamat air selama kolam terpal yang kalian gunakan tidak mengalami kebocoran atau sering-sering kalian periksa kondisinya apakah selalu baik.


Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Untuk Pemula Di Rumah


Berikut merupakan langkah langkah yang dapat kalian ikuti untuk melakukan usaha budidaya ikan nila dengan hanya membangun kolam di sekitar rumah, berikut ulasannya.


Tahap 1


Pertama tentunya kalian harus menyiapkan alat dan bahan untuk membangun kolam terpal untuk budidaya ikan nila yang akan kalian lakukan. Atau sebelumnya kalian harus tahu dari mana sumber air yang akan kalian gunakan untuk mengakhiri kolam ini. Kolam ikan yang kau yang buat cukup berukuran 50 kali 75 cm, dimana ukuran ini merupakan ukuran ideal agar ikan dapat berkembang biak dengan baik dan dapat terus  tumbuh dengan kualitas yang baik.

Buatlah kedalaman kolam sekitar 50 cm agar debit air tidak terlalu dangkal. Setelah selesai membangun kedalaman kolam  langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan yaitu membuat pinggiran kolam menjadi padat. Kalian cukup membuat tanggul di area sekeliling kolam menggunakan batako maupun batu bata untuk mendapatkan hasil yang pada dan  juga rata.
Setelah kolam terkondisi maka pasang terpal pada kolam, yang darahnya mirip dengan memasang terpal pada tambak ikan di pinggir pantai.


Baca Juga : Cara Budidaya Udang Windu Di Kolam Beton


Lalu kunci pinggir pinggir terpal dengan  meletakkan batu bata atau batako di atas terpal yang telah terpasang agar ujung-ujung pada  kolam tidak bocor ketika kehujanan. Setelah semua siap palu langkah berikutnya yaitu kalian ini kolam tersebut menggunakan air dari sumber air yang telah kalian pilih untuk memastikan apakah kolam bocor atau tidak  lalu langkah berikutnya lakukan pengeringan jadi air dan telah diisi bukan untuk  budidaya seterusnya.

Setelah melakukan pengeringan kalian  cek kembali sistem pengeluaran dan masuknya air untuk kolam agar habitat  ikan ketika berkembang terjaga dengan baik, setelah dikeringkan taburkan kapur ke dasar kolam sejumlah 25 g hingga 1 kg per meter persegi nya dan juga taburkan pupuk kandang ke dasar kolam sebanyak setengah kilogram per m2 nya. Lalu masukkan air ke dalam kolam dan biarkan endapan air berada di dalam kolam selama 5 hingga 7 hari hingga plankton plankton dapat dengan alami hidup di dalamnya.

Selesai dengan persiapan  kolam yang perlu kalian lakukan selanjutnya penyebaran  bibit dan perawatan bibit ikan nila.  Untuk mendapatkan bibit ikan lele kalian dapat membelinya di toko ikan atau dinas perikanan dan juga kalian harus memilih bibit ikan yang tentunya berkualitas. Bibit ikan nila yang berkualitas dapat dilihat dari sumber kalian membeli biji tersebut dan juga ukurannya yaitu berkisar antara 5 hingga 10 cm dan juga dapat dilihat dari tingkat keaktifannya  ketika berenang. Kepadatan dalam tempat berkembangnya jika nilai yaitu 5 hingga 10 bibit per m2nya hari ini bertujuan agar ikan nila dapat berkembang dengan maksimal.


Tahap 2


Langkah selanjutnya yang tak kalah penting yaitu memilih makan ikan nila yang tepat, dimana pakan ikan nila sendiri berisi 20 persen protein 70% karbohidrat dan 70% berisi lemak yang dapat kalian temukan dipelet pelet ikan yang dijual di toko  makanan hewan dan sebagai selingan nya kalian dapat menambahkan dedaunan sebagai makanan tambahan ikan nila.

Lalu selama enam bulan bahkan kalian memberikan makanan dengan cukup setiap harinya agar kita nilai dapat berkembang dan tumbuh dengan sehat agar hasil yang didapatkan maksimal walaupun dengan lahan yang terhitung cukup sempit. Ukuran nilai yang baik setelah 6 bulan  masa budidaya yaitu dengan berat sekitar 400 gram hingga 600 gram per ekornya.

Lah itu merupakan langkah langkah yang dapat kalian ikuti untuk melakukan budidaya ikan nila di rumah dengan lahan yang cukup terbatas, atau jika kalian terdapat keterbatasan modal kalian dapat melakukan pemilihan bibit dari ikan nilai yang telah kalian kalian sendiri. Yang terpenting yaitu memilih indukan yang berkualitas agar menghasilkan bibit ikan nila yang dapat kalian kembang biarkan  untuk seterusnya, tentunya kalian tidak hanya akan melewati sekali panen saja bukan maka dari itu sangat penting untuk memilih ikan nila dengan kualitas yang baik agar perputaran usaha terus berjalan.

Namun jika perlu kalian perhatikan bahwa ada beberapa hal yang mendapat membuat  gagal panen. Beberapa diantaranya yaitu yang pertama ikan mudah stres hal ini dikarenakan kondisi air tempat mereka berkembang kurang sesuai atau bisa dikatakan mereka tidak nyaman dengan kolam yang kalian buat, nah tentunya cara memperbaikinya yaitu dengan mengecek kembali sirkulasi air pada kolom kalian melakukan budidaya dan pastikan bahwa air selalu berada dalam kondisi yang baik salah satunya yaitu dengan keluar masuknya air yang lancar.

Walaupun pada awal sudah kami sebutkan bahwa ikan nila memiliki daya tahan tubuh yang tinggi untuk  terserang penyakit ataupun virus namun tidak menutup kemungkinan bahwa ikan nila dapat terserang penyakit  ataupun memiliki nafsu makan yang kurang, cara menangani nya yaitu pertama untuk ketika ikan terserang penyakit maka untuk ikan yang telah terinfeksi pisahkan ke tempat yang berbeda dengan ikan yang belum terinfeksi agar tidak menular.

Dengan terakhir yaitu mengenai nafsu makan ikan yang kurang hal itu dapat disebabkan karena kandungan vitamin yang berada pada makanan ataupun pelet yang kalian berikan terlalu berlebih untuk mengatasinya kalian dapat membeli POC NASA dan HARMONIK yang dapat kalian tahu bukan di toko makanan hewan untuk kalian berikan kepada ikan nilai yang kalian budidaya kan, setelah nafsu makan ikan telah kembali maka hentikan pemberian  obat tersebut.


Akhir Kata


Semoga dengan artikel ini teman teman semua dapat terbantu dan juga dengan artikel ini, semoga menambah wawasan dalam hal membudidayakan ikan nila di kolam terpal, selamat melakukan budidaya.