Cara Budidaya Bebek Petelur Yang Baik Untuk Pemula

Cara Budidaya Bebek Petelur Yang Baik Untuk Pemula

Pada kesempatan kali saya akan memberikan penjelasan mengenai cara budidaya bebek petelur yang baik bagi pemula dan kira kira apa yang muncul di benak ataupun dipikiran anda ketika mendengar kata bebek petelur, okey dari pada kamu bingung, lebih baik kamu baca artikel mengenai cara budidaya bebek petelur yang baik bagi pemulaini, agar pengetahuan anda bertambah !!!  Selamat Menbaca.




Cara Budidaya Bebek Petelur Yang Baik Untuk Pemula

Bebek merupakan salah satu hewan unggas yang ada di dunia ini. Spesies bebek juga termasuk banyak di Indonesia. Mulai dari ujung Sabang sampai Merauke banyak sekali bebek bebek yang ada. Tak hanya di Indonesia, bebek juga banyak berkeliaran misalnya di New Zealend. Di sana, bebek dibiarkan hidup di sungai yang notabene sungai tersebut digunakan untuk wisatawan asing untuk mengarungi sungai menggunakan perahu. Di sana juga, bebek tersebut bebas berkeliaran berkumpul dengan manusia dan bebas bereaksi dengan manusia.

Bebek memiliki ciri fisik yang termasuk kecil. Bebek mempunyai mulut atau conting yang panjang untuk memudahkan dalam mencari makan. Bebek juga mempunyai dua kaki yang memiliki selaput pada jari jari nya yang dapat digunakan untuk mencari makan atau bergerak di air. Walaupun hanya sekecil itu, bebek merupakan hewan yang termasuk berguna. Daging nya itu dapat digunakan sebagai olahan pangan misalnya seperti yang kita ketahui di lamongan.

Yak bebek goreng. Selain itu bulu nya dapat digunakan sebagai alternatif penggantian bulu ayam yang digunakan sebagai kemoceng. Tak hanya itu bebek juga dapat diambil telurnya untuk dikonsumsi juga, misalnya dibuat telur asin. Tak hanya itu bebek juga dapat dibudidayakan dan tentunya budidaya ini sangat menguntungkan. Apalagi dengan cara Budidaya Bebek yang juga tergolong mudah.


Cara Budidaya Bebek Petelur Yang Baik Untuk Pemula


Nah bagi Anda yang ingin budidaya bebek tetapi Anda belum tahu cara dan persiapan persiapan nya, Anda bisa melakukan ini :


Persiapan lokasi


Pada cara tradisional mungkin lokasi kandang bebek terletak dekat di dalam area persawahan atau lainnya untuk memudahkan saat menggembala dan mencari makan. Cara ternak modern jelas memperhatikan antara jarak kandang dengan jarak pemukiman. Pasukanya hal ini tentunya akan mempengaruhi pada perkembangan bebek itu sendiri. Usahakan cari lokasi yang tingkat kebisingan nya rendah. Tingkat kebisingan inilah yang akan mempengaruhi pada perkembangan bebek itu sendiri. Dan juga sebaliknya tentunya masyarakat juga akan terganggu dengan suara yang ditimbulkan akibat kebisingan dari si bebek itu sendiri.


Baca Juga : Cara Ternak Ikan Gabus di Dalam Drum Untuk Pemula


Pemilihan lokasi yang jauh dari pemukiman jangan sampai menutup kemungkinan untuk Anda untuk mencarikan lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan. Pasalnya, dalam jual beli bebek maupun telurnya pastinya Anda membutuhkan kendaraan untuk mengangkut barang tersebut atau untuk mendistribusikan nya tentu Anda butuh kendaraan. Sebagai seorang petani Anda harus pandai mengatur kandang Anda agar tidak terjadi kebisingan, kotoran yang menggangu masyarakat. Pilih lah juga lokasi yang legal agar tidak terjadi gusur menggusur yang nantinya akan merugikan Anda sendiri.


Penentuan bahan baku kandang


Pemilihan bahan baku seperti besi, kayu, seng dan lain sebagainya harus diperhatikan. Sebagai petani Anda harus memikirkan bagaimana membuat kandang bagi bebek senyaman mungkin baik itu untuk bebek atau untuk Anda dan lingkungan sekitar agar nantinya tidak mengganggu masyarakat yang lain. Kandang juga harus dipikirkan matang matang dan sedemikian rupa untuk memperoleh hasil yang maksimal.


Pembuatan kandang untuk anak bebek


Pembuatan kandang bagi anak bebek tentunya berbeda dengan kandang bebek dewasa. Kandang untuk anak bebek bisa menggunakan kandang box yang sedemikian rupa berukurang dari 1 m hingga 2 m dengan kapasitas anak bebek 50 anak.


Pembangunan kandang untuk bebek yang sudah remaja


Kandang ren, merupakan sebutan kandang bagi bebek bebek yang sudah memiliki umur remaja atau bebek Brower. Standar ini tentunya berbeda dengan pembangunan kandang anak bebek. Kandang ren atau bebek remaja ini memiliki ukuran dari 2 m - 3 m yang dalam satu kelompoknya dapat menampung 16 hingga 100 ekor bebek.


Pembangunan kandang untuk bebek yang siap bertelur 


Kandang yang digunakan untuk bebek siap bertelur adalah kandang. Induk betina dan jantan yang sudah siap kawin di masukan ke dalam satu wadah kandang agar nantinya bisa terjadi proses pembuahan. Kandang ini juga dapat digunakan untuk bebek kelompok. Jika ingin dijadikan kandang kelompok maka ukuran yang pas adalah 30 m x 2 m untuk 30 ekor bebek.


Pengaturan suhu pada kandang bebek


Suhu normal yang dibutuhkan oleh bebek adalah 39 derajat Celsius. Pengaturan suhu sangatlah penting, karena suhu pada kandang ini akan mempengaruhi produktivitas dari induk bebek bebek tersebut. Produktivitas untuk memproduksi telur sangat lah berpengaruh dari suhu, begitu pula pada perkembangan nya. Suhu yang pas akan meningkat produktivitas dan sangat menentukan hasil panen.


Pengaturan pada tingkat kelembaban di kandang bebek.


Tingkat kelembaban ini akan mempengaruhi perkembangan dan produktivitas untuk menghasilkan telur. Bebek bebek sangat nyaman hidup dalam lingkungan yang tidak begitu kering. Namun, kelembaban yang tinggi pula akan mengakibatkan bebek bebek rentan terhadap penyakit. Tingkat kelembaban yang pas yaitu sekitar 60% hingga 65%.


Penerangan lampu yang diterima kandang.


Faktor penerangan tentunya juga menjadi salah satu faktor untuk suksesnya panen telur ini. Penerangan ini harusnya disesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Kandang bebek yang masih anak, remaja dan bebek yang sudah dewasa tentunya berbeda sesuai dengan porsinya.


Perlengkapan untuk kandang 


Perlengkapan untuk kandang yang dibutuhkan misalnya adalah tempat makan dan tempat minum, dan juga sarang untuk dia bertelur sekaligus mengerami telur telur nya. Bagi kandang bebek yang tidak berkelompok biasanya di setting sedemikian rupa miring agar sang petani nantinya mudah untuk mengambil telur yang telah dihasilkan oleh bebek bebek tersebut.


Pemilihan bibit bibit untuk untuk bebek petelur


Pemilihan bibit juga termasuk sangat penting. Sebagai petani yang pandai Anda harus menyadari mana bibit bibit unggul yang akan Anda budidayakan. Telur telur ini juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan bibit tetas atau hanya sekedar ingin dikonsumsi. Perawatan terhadap bibit bibit ini yang nantinya akan berbeda dari yang lainnya.


Pembersih an kandang bebek


Kebersihan kandang adalah salah satu faktor yang paling penting. Hal ini akan mengacu pada perkembangan, kesehatan dan juga produktivitas dari bebek bebek tersebut. Sebaikya kandang bebek dibersihkan secara rutin agar tidak terjadi penyakit pada bebek bebek yang akan merugikan Anda.


 Pemberian gizi dan nutrisi kepada bebek


Pemberian makanan pun harus disesuaikan dengan porsinya. Intensitas pemberian makan ini harus menyesuaikan dengan kebutuhan dari bebek bebek tersebut mislanya 2 kali dalam sehari yaitu pagi hari dan sore hari.


Pemberian obat


Pemberian obat ini dilakukan jika ada bebek bebek yang mengalami penyakit. Sebagai petani yang baik tentunya Anda harus mengetahui bagaimana keadaan hewan hewan peliharaan Anda. Obat ini nantinya akan digunakan untuk kesehatan dari bebek bebek yang ada di kandang agar nantinya tidak semakin parah atau justru bahkan bisa menular dengan nama penyakit flu burung. Tetapi anda jangan khawatir. Obat dan vitamin juga dapat Anda lakukan sebagai upaya pencegahan.


Akhir Kata

Demikianlah artikel kali ini, yang membahas tentang cara budidaya bebek petelur yang baik bagi pemula ini, smoga dapat membantu teman teman yang ingin memulai beternak bebek petelur dan smoga berhasil dan sukses.