Cara Menghilangkan Angin Duduk Dalam Tubuh Secara Alami

Cara Menghilangkan Angin Duduk Dalam Tubuh Secara Alami

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara menghilangkan angin duduk, apa yang muncul dibenak anda ketika mendengar kata angin duduk ? pasti anda beranggapan bahwa angin duduk ini adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyaknya duduk di depan kipas angin ataupun sering duduk di luar rungan yang terkena hhembusan angin. Jika persepsi anda seperti itu maka anda salah mengartikannya, lebih baik kita baca penjelasan mengenai cara menghilangkan angin duduk dibawah ini untuk memperjelas penjelasannya.


Cara Menghilangkan Angin Duduk Dalam Tubuh Secara Alami


Penyakit memang saat ini sering menjadi momok besar bagi masyarakat.  Adanya banyak penyakit yang ada saat ini memang membuat banyak orang takut jika mereka memiliki penyakit yang dapat menyebabkan tubuh mereka sakit atau lemah. Banyaknya penyakit yang ada saat ini membuat banyak orang lebih berhati-hati dalam menjaga tubuhnya supaya tidak terkena penyakit. Bayangkan saja, seseorang yang sedang duduk saja bisa langsung meninggal tanpa ada penyakit yang menimpanya. 

Memang kematian dapat datang kapan saja dan dimana saja. Namun, walaupun begitu Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh Anda. Saat ini angin pun dapat menyebabkan  penyakit dan kematian. Bagi Anda yang pernah mengalami angin duduk mungkin telah mengetahui rasanya.  Angin duduk atau anginan merupakan sejenis penyakit yang ditandai dengan nyeri pada dada, biasanya jika seseorang mengalami angin duduk maka saat bernafas dadanya akan merasakan sakit yang teramat sangat. 


Cara Menghilangkan Angin Duduk Dalam Tubuh


Biasanya untuk keluhan yang dirasakan seseorang saat terkena angin duduk ialah tubuh merasa lelah, pusing, mual, gelisah, sesak napas yang amat nyeri di dada. Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam keadaan darurat untuk pertolongan pertama orang yang terkena angin duduk.

1. Dudukan seseorang yang terkena angin duduk serileks mungkin. Buka kerah baju supaya tidak sesak. Jangan dikerumuni biarkan penderita mendapat udara yang segar atau dapat langsung diberi aspirin sebelum dibawa ke rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lainnya. 

2. Salah satu pertolongan pertama yang harus dihindari ialah mengerok penderita. Mungkin bagi orang Jawa kerokan adalah salah satu cara untuk menyembuhkan angin duduk. Namun, hal ini ternyata salah. Hal lain yang jangan dilakukan ialah jangan memberinya balsam ataupun hal lain seperti minyak angin atau lainnya.

3. Apabila Anda menemukan penderita yang langsung pingsan maka pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan ialah menidurkan penderita ke alas yang keras. Pastikan jika penderita memang tidak sadarkan diri. Jika memang tidak sadarkan diri baru Anda beri pertolongan dengan melakukan penekanan pada dada atau kompresi pada dada. Kompresi itu sendiri diberikan 100 kali per menit. Jika penderita dengan pertolongan tersebut sudah sadar miringkan penderita tersebut untuk mencegah muntah penderita tersebut. 




Dan yang perlu diperhatikan lagi ialah setelah pertolongan diatasi dilakukan dan penderita sadar, jangan berikan makan dan  minum penderita. Istirahatkan saja penderita serileks mungkin dan bawa pasien ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan lanjutan.

4. Bagi seseorang yang telah memiliki riwayat jantung lebih baik selalu melakukan medical check up  secara rutin. Untuk mendapatkan beberapa perusahaan cegahan terkenal angin duduk, karena memang angin duduk sering menyerang seseorang secara tiba-tiba.

      Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pertolongan pertama saat melihat seseorang yang terserang Angin duduk. Adapun penyebab angin duduk sendiri mudah diketahui berdasarkan jenisnya. Inilah beberapa penyebab banyak orang terkena angina duduk.


1. Untuk penyebab Angina stabil atau angina pektoris 


Angina stabil ialah penyebab angin duduk paling umum, karena angina stabil ini merupakan jenis angina yang disebabkan oleh jantung koroner. Penyakit ini disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah yang menuju ke jantung sehingga menyebabkan pasokan oksigen ke jantung terganggu. Penyebab angina stabil ini dikarenakan beraktivitas yang sangat menguras tenaga atau beraktivitas fisik, stres pikiran , berolahraga atau suhu yang sangat dingin ataupun panas.

Yang paling sering dilakukan banyak orang ialah makan yang berlebihan dan merokok. Selain makan berlebih dapat menyebabkan angin duduk, makan berlebih juga dapat menyebabkan obesitas dan penyakit lainnya. Untuk rasa sakit yang dirasakan pada angina stabil ini, nyeri dada yang dirasakan hanya berlangsung singkat. Namun, rasa sakit ini apabila Anda rileks, duduk dan beristirahat maka lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya.


2. Untuk penyebab Angina tidak stabil atau sindrom koroner


Angin tidak stabil ini ialah sejenis gangguan penyakit jantung karena adanya penyumbatan pembuluh darah ke otot jantung berkurang akibat plak. Jika plak ini pecah maka akan menyebabkan luka pada pembuluh darah dan darah dapat menggumpal dan menghambat aliran darah tersebut. Untuk penyebab angina tidak stabil ini terjadi sekitar 30 menit. Untuk angina tidak stabil ini lebih parah dibanding angina stabil. Pasalnya untuk angina tidak stabil, rasa nyerinya akan lama walaupun Anda telah beristirahat dan rileks. Saat Anda terkena angina tidak stabil ini lebih baik Anda langsung konsultasi ke dokter atau petugas medis lainnya.


3. Untuk penyebab Angina Mikrovaskular


Angina Mikrovaskular merupakan penyakit koroner yang berkaitan dengan jantung yang mempengaruhi pembuluh darah arteri koroner. Gangguan ini sering terjadi pada wanita. Gangguan ini terjadi atau kambuh kembali saat penderita mengalami gangguan emosional dari dirinya ataupun terpancing orang lain. Namun tenang jika Anda dapat meredakan emosi Anda, rasa sakit yang Anda rasakan akan hilang dengan sendirinya selama beberapa menit. Dan bersikaplah rileks kembali untuk cepat menyembuhkan gangguan ini. Penyebab dari gangguan ini karena emosional penderita.


4. Untuk penyebab Angin Varian atau Angina Prinzmetal


Untuk angina jenis ini memang jarang terjadi dibandingkan angina yang diatasnya. Angina ini terjadi karena arteri koroner mengalami penyempitan dalam pemasok darah dan oksigen ke jantung. Penyempitan ini  ada karena spasme. Gangguan ini sebenarnya tidak tentu penyebabnya. Namun, biasanya akan datang tiba-tiba dan kapan saja. Namun biasanya lebih sering terjadi pada malam hari.

Angin duduk memang sering disebut sebagai serangan jantung karena memang kejadiannya secara tiba-tiba dan mendadak. Maka dari itu, banyak orang yang langsung panik dan langsung membawanya ke rumah sakit apabila mendapati salah seorang dari keluarganya terkena angina duduk ini. Walaupun cara paling efektif ialah membawanya ke dokter namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau dilakukan saat Anda mendapati saudara, teman ataupun keluarga Anda. 

Anda juga harus mengetahui ciri-ciri mengenai perbedaan masuk angin dan angin duduk supaya Anda tidak salah dalam penanganannya. 


Untuk angin duduk sendiri Anda akan merasakan sakit di bagian dada atau sesak karena kegiatan yang berat, stress, emosional yang tidak terkontrol, cuaca dan lainnya. Untuk masuk angin sendiri ditandai dengan nyeri atau pegal-pegal pada anggota tubuh, mual, tidak nafsu makan, kembung. Itulah beberapa perbedaan masuk angin dan angin duduk yang harus Anda ketahui supaya tidak salah saat akan membantu orang yang sedang terkena angin duduk. 

Penanganan untuk seseorang yang terkena angin duduk dengan masuk angin memang beda dan harus sangat diperhatikan. Karena biasanya seseorang yang terkena masuk angin setelah dikerok akan sembuh. Namun, tidak untuk seseorang yang terkena angin duduk. Saat seseorang yang terkena angin duduk dikerok maka akan semakin parah karena akan semakin menyumbat pembuluh darah menuju jantung.