Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Untuk Wajah Berjerawat

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Untuk Wajah Berjerawat

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Untuk Wajah Berjerawat


Berbicara tentang tomat, semua orang pasti sudah mengenalinya. Buah yang satu ini ternyata banyak sekali memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk kesehatan mata. Harganya yang sangat murah pun membuat buah yang satu ini mudah dijangkau dan ditemui dimanapun. Bahkan, untuk bisa mendapatkan buah yang satu ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang.

Cukup menanamnya di pekarangan rumah ataupun di kebun, anda sudah bisa mendapatkannya secara gratis. Meskipun memberikan manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, tetapi tetap masih ada juga loh orang-orang yang tidak suka dengan buah tomat! Mengapa ya ada orang yang tidak suka dengan buah tomat? Padahal kan makan buah tomat tidak mati, justru malah memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan. Mungkin bagi kalian yang tidak suka makan buah tomat harus membaca tulisan ini sampai selesai. Karena pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang berbagai macam manfaat buah tomat bagi kesehatan yang begitu luar biasa. Penasaran apa saja? Yuk mari, langsung saja kita simak artikel selengkapnya.


Manfaat Tomat untuk Kesehatan


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, manfaat buah tomat bagi kesehatan sungguh luar biasa. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut ini beberapa manfaat yang dihasilkan jika mengomsusmsi tomat.


Mencegah Kanker

Selain bermanfaat sebagai bahan makanan, ternyata tomat juga memilik ikhasiat yang sangat positif untuk kesehatan tubuh, yaitu untuk mencegah kanker. Jika seseorang setiap hari mengkonsumsi 10 porsi tomat, orang tersbeut akan sangat sulit sekali terkena kanker prostat. Mengapa hal tersebut bisa ataupun dapat terjadi ? Karena tomat memiliki kandungan likopen dan juga likopen yang terkandung dalam tomat sangat ampuh sekali dalam mencegah kanker, terutama kanker prostat. Maka dari itu bagi anda yang tidak ingin terkena kanker, silahkan saja deh makan buah tomat sebanyak-banyaknya, hehe.


Mencegah Penyakit Jantung

Selain dapat mencegah kanker, buah tomat ternyata sangat berkhasiat untuk mencegah datangnya penyakit jantung. Seseorang yang memiliki kadar likopen yang tinggi di dalam tubuhnya akan sangat sulit sekali terkena serangan jantung. Hal ini disebabkan karena kandungan asam salisilat yang terkandung pada buah tomat dapat mencegah pengentalan darah pada tubuh.


Melancarkan Pencernaan

Tomat juga bisa melancarkan pencernaan manusia. Hal ini disebabkan karena kandungan serat, air, dan juga mineral yang terdapat dalam tomat dapat membantu proses pencernaan. Mineralnya merangsang pengeluaran air liur sehingga dapat menambah nafsu makan. Kandungan asam malat dan asam sitrat pada tomat dapat mencegah terbentuknya batu empedu. Tomat juga dapat mencegah radang usus buntu dan saluran pernapasan.


Baca Juga : 8 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan



Mempertajam Penglihatan

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Penglihatan pun akan semakin tajam jika anda mengkonsumsi buah tomat secara rutin setiap hari. Alhasil jika mata anda sudah sehat anda akan sangat sulit sekali terkena penyakit mata. Seperti : rabun dekat, rabun jauh, katarak, dan yang lain sebagainya. Maka dari itu, jika anda ingin mata anda selalu sehat dan jauh dari penyakit apapun, rutinloah dalam mengkonsumsi buah tomat.


Manfaat Tomat untuk Wajah Berjerawat


Saat ini, jerawat masih menjadi salah satu hal yang dipermasalahkan oleh seseorang, baik pria maupun pria. Sebab, dengan adanya jerawat di wajah tentu akan sangat memperjelek penampilan. Penampilan yang jelek akibat jerawat yang hadir di wajah tentu akan membuat kita tidak percaya diri nantinya saat bertemu dengan lawan bicara. Maka dari itu, anda harus dapat menemukan solusi yang tepat untuk dapat menghilangkan jerawat yang ada di wajah anda.

Bahkan tidak hanya menghilangkan jerawat saja, tetapi juga mencegah jerawat tersebut datang kembali. Penasaran bagaimana solusinya? Solusinya adalah dengan membuat masker tomat. Hingga saat ini, masker tomat masih menjadi solusi yang sering digunakan oleh orang-orang untuk menghilangkan jerawat dan juga mencegahnya datang kembali. Kandungan-kandungan yang terdapat pada buah tomat memang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Bagi anda yang memang benar-benar serius ingin menghilangkan jerawat dengan menggunakan masker tomat, silahkan ikuti beberapa cara membuat masker tomat untuk wajah berjerawat di bawah ini.


Cara Membuat Masker Tomat untuk Wajah Berjerawat


Untuk membuat masker tomat sebenarnya sangat sederhana. Anda tinggal membuat jus tomat dengan blender seperti ingin membuat jus tomat biasa. Tetapi tidak untuk diminum, melainkan dioleskan ke muka sebagai masker. Untuk menambahkan khasiatnya, jus tomat ini biasanya dicampur dengan bahan¬bahan alami lain yang berkhasiat. Misalnya, jeruk nipis, lemon, yoghurt, madu, oatmeal, alpukat dan lain¬lain. Berikut adalah beberapa kombinasi jenis masker tomat untuk wajah berjerawat yang bisa anda coba.

Masker Tomat dan Maizena

Haluskan tomat dengan cara diblender dan campurkan dengan 1 sendok makan maizena. Aduk secara merata sampai membentuk adonan pasta. Aplikasikan secara merata pada muka dan leher. Diamkan selama 15 menit, atau sampai masker mengering. Kemudian bilas dengan air hangat, dilanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori¬pori. Selain bisa menghilangkan jerawat, kombinasi 2 bahan ini bisa mengurangi kadar minyak pada muka dan mampu menghauskan kulit.


Masker Tomat dan Kentang

Sebelumnya kami juga pernah membahas tentang cara membuat dan manfaat masker kentang. Diantaranya untuk menghilangkan jerawat dan memutihkan kulit. Nah, saat ini kami akan mengkombinasikannya dengan jus tomat sehingga akan diperoleh masker muka yang sangat berkhasiat. Rebus 1 buah kentang berukuran sedang, kemudian haluskan. Haluskan tomat secara diblender. Campurkan kedua bahan itu sampai benar¬benar tercampur rata. Oleskan pada muka secara merata, biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat, lanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori¬pori.


Masker Tomat dan Mentimun

Kemain juga sudah membahas khusus tentang masker mentimun, baik cara membuatnya sampai manfaatnya. Serta kombinasinya dengan bahan¬bahan berkhasiat lain. Mentimun lebih berfungsi sebagai penyegar dan astringent. Kombinasi 2 bahan ini bisa membantu melenyapkan bekas jerawat, mengencangkan kulit dan membuat kulit terlihat segar dan muda. Campurkan jus tomat dengan parutan mentimun sampai tercampur rata. Aplikasian pada muka, hindari bagian mata. Diamkan selama 15¬20 menit kemudian bilas sampai bersih.


Tomat, Gula dan Jeruk Nipis

Haluskan tomat secara diblender, kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Tambahkan gula secukupnya dan aduk sampai rata. Oleskan ramuan itu pada muka sambil dipijit perlahan¬lahan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10¬15 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin untuk menujtup pori¬pori. Ritual ini bisa membantu membersihkan pori¬pori dari kotoran dan menutrisi kulit sekalian mengecilkan pori¬pori. Gula yang digunakan adalah gula merah. Bukan gula pasir.

Itulah beberapa kombinasi jenis masker tomat yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya datang kembali. Bagi anda yang tidak suka dengan tomat mudah-mudahan setelah membaca tulisan ini sampai selesai anda semua mendapatkan hidayah. Karena tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat yang sangat positif bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!