Macam Macam Penyakit Kulit Akibat Virus

Macam Macam Penyakit Kulit Akibat Virus

Macam Macam Penyakit Kulit


Penyakit kulit merupakan suatu penyakit yang menyerang kulit tubuh yang disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Penyakit kulit juga merupakan salah satu penyakit yang sangat dibenci oleh banyak orang karena dapat merusak penampilan. Jika penampilan sudah rusak, sudah secara pasti kita tidak akan percaya diri lagi saat bertemu dengan orang lain. Maka dari itu jika anda tidak ingin terkena penyakit kulit jangan malas untuk merawat kesehatan tubuh ya, terutama kesehatan kulit.


Macam-macam Penyakit Kulit


Ada banyak sekali macam-macam penyakit kulit yang sering menyerang banyak orang. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas macam-macam penyakit kulit yang sering menyerang orang Indonesia. Mengapa hanya orang-orang Indonesia saja yang saya bahas pada tulisan kali ini, karena ruang lingkup riset yang saya lakukan hanya pada orang-orang Indonesia saja. Berhubung saya tidak memiliki cukup uang untuk jalan-jalan ke luar negeri guna melakukan riset tentang penyakit kulit, hehe. Baiklah tanpa membuang-buang waktu dan juga kuota internet anda langsung saja kita simak pembahasan beberapa macam penyakit kulit yang sering menyerang banyak orang.


Panu


Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dijumpai di Negara beriklim tropis, terutama Indonesia. Sebenarnya tidak hanya Indonesia saja, ada banyak sekali Negara-negara yang beriklim tropis. Jadi, penyakit kulit yang satu ini tidak hanya menyerang orang-orang yang ada di Indonesia saja, melainkan orang-orang yang tinggal di daerah yang beriklim tropis. Panu disebabkan karena jamur. Jamur juga merupakan penyebab utama timbulnya panu. Memang sepintas tidak ada rasa sakit yang dirasakan saat penu menyerang kulit kita. Namun akan sangat mengganggu penampila dan Juga kebersihan diri yang sangat buruk dapat menjadi salah satu pemicu utama timbulnya panu. Oleh karena itu, meskipun tidak terlalu berbahaya tidak ada salahnya agar kita selalu menjaga kebersihan diri. Sebab panu dapat membuat penampilan kita menjadi jelek.


Kurap/Kadas


Sama seperti panu, kurap/kadas juga merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Namun kurap/kadas jauh lebih menyakitkan ketimbang panu. Jika panu hanya membuat penampilan menjadi jelek, kudas/karap juga membuat kita tidak merasa nyaman. Infeksi jamur yang terjadi di dalam tubuh dapat membuat rasa gatal. Bahkan jika dibiarkan dalam waktu lama, rasa gatal tersebut akan semakin parah. Kurap/kadas juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi dan juga benda-benda yang terkontaminasi dengan jamur. Dalam kasus besar, kurap/kadas yang menyerang kulit bagian kepala dapat menyebabkan rambut rontok bahkan kebotakan. Sama seperti panu, untuk menghindari serangan kurap/kadas pada kulit tubuh kita, usahakanlah untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dengan mandi secara teratur setiap hari dan menjauhi sesuatu yang kotor.


Jerawat


Macam-macam penyakit kulit selanjutnya yang sering menyerang banyak orang selanjutnya yaitu jerawat. Jerawat terjadi akibat folikel rambut tersumbat dengan kulit mati dan minyak yang mengakibatkan terjadinya peradangan. Jerawat dapat ditandai dengan adanya bintil merah hingga jerawat kistik yang dapat menimbulkan rasa nyeri. Jerawat biasanya sering menyerang bagian kulit wajah, pundak, punggung, dan juga dada. Jerawat dapat menyebabkan emosi yang tidak terkontrol. Jerawat biasanya juga sering meninggalkan bekas bopeng atau warna kulit yang meghitam.


Baca Juga : Pengertian Asi Eksklusif Menurut Who Dan Manfaatnya


Eksim


Eksim atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan dermatitis atopik merupakan kondisi kulit kronis yang menyebabkan serangan gatal-gatal yang kemudian menghilang untuk beberapa waktu. Eksim dapat menyebabkan kulit meradang dan timbulnya rasa gatal yang tidak tertahankan. Eksim biasanya sering menyerang kulit bagian kepala, dahi dan juga wajah. Sampai saat ini belum ditemukan apa penyebab utama orang-orang terserang eksim. Namun para pakar peneliti kulit mempercayai bahwa eksim terjadi karena adanya alergi pada kulit akibat makanan dan juga penyakit asma.


Penyebab Penyakit Kulit


Penyakit kulit tidak akan datang dengan begitu saja tanpa adanya  penyebab. Menurut hasil riset yang telah saya lakukan ada 5 hal yang menyebabkan seseorang terserang penyakit kulit, yaitu sebagai berikut.


Kebersihan Diri yang Sangat Buruk


Penyebab utama seseorang terserang penyakit kulit yaitu karena kebersihan diri yang sangat buruk. Orang-orang yang malas menjaga kebersihan dirinya akan sangat mudah sekali terserang penyakit kulit. Maka dari itu jika anda tidak ingin terserang penyakit kulit, usahakanlah untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan mandi secara teratur menggunakan air yang bersih dan hindari menggunakan alat-alat kecantikan yang belum teruji kualitasnya karena dapat menyebabkan alergi pada kulit nantinya.


Virus


Penyakit kulit juga bisa disebabkan oleh virus yang ada pada hewan peliharaan. Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan, usahakanlah untuk mencuci tangan dengan sabun hingga bersih untuk menghindari virus masuk ke pori-pori kulit. Karena hewan peliharaan merupakan salah satu pemicu utama masuknya virus ke pori-pori kulit


Bakteri


Selain kebersihan diri yang sangat buruk dan juga virus, bakteri juga merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit kulit. Bakteri bisa timbul pada makanan, handuk, dan juga pakaian yang kita pakai sehari-hari. Oleh karena itu tidak hanya kebersihan diri saja yang harus senantiasa kita perhatikan. Namun juga kebersihan makanan, handuk, dan juga pakaian yang kita pakai sehari-hari. Usahakanlah makanan yang kita makan, handuk yang kita gunakan untuk mandi dan pakaian yang kita gunakan sehari-hari bersih agar tidak terkontaminasi dengan bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kulit.


Alergi


Seperti yang sudah saya katakana di awal, penyakit kulit dapat disebabkan oleh alergi. Alergi dapat terjadi karena makanan yang tidak cocok pada tubuh kita. Alhasil, manifestasi dari alergi ini adalah penyakit kulit. Sudah sepatutnya kita menghindari jenis-jenis makanan yang tidak cocok pada tubuh agar kita terhindar dari alergi dan juga penyakit kulit.


Daya Tahan Tubuh yang Sangat Minim


Dan penyebab penyakit kulit yang terakhir yaitu daya tahan tubuh yang sangat minim. Dapat dikatakan orang-orang dengan daya tahan tubuh yang sangat minim merupakan orang yang mudah sakit-sakitan. Jika orang tersebut mudah sakit-sakitan, sudah secara pasti bakteri dan juga virus sangat mudah menyerang orang tersebut. Kebersihan diri pun juga senantiasa tidak terjaga dengan sempurna. Oleh karena itu, penyakit kulit dapat menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh yang sangat minim kapan saja.

Itulah macam-macam penyakit kulit dan juga penyebabnya. Sebenarnya ada banyak sekali macam-macam dan juga penyakit kulit yang lainnya. Namun hanya itulah yang bisa saya bahas berdasarkan hasil riset yang telah saya lakukan. Kesimpulan dari tulisan yang saya buat kali ini yaitu jika anda tidak ingin terserang penyakit kulit, usahakanlah untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan baik. Karena penyakit kulit merupakan penyakit yang dapat membuat penampilan kita menjadi jelek. Anda tentunya tidak maukan penamilan anda menjadi jelek? Sekian, semoga bermanfaat!